Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125

Yuk, Kenali Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125 Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Yuk, Kenali Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125 Secara Lengkap. Telusuri berbagai oli yang bagus untuk Honda Vario 125 dalam artikel ini. Dapatkan panduan lengkap dengan tips pemilihan, FAQ, dan rekomendasi produk terbaik.

Mempunyai Honda Vario 125 merupakan investasi yang bagus. Oleh karena itu, merawatnya dengan baik sangat penting, dan salah satu cara utamanya adalah menggunakan oli yang tepat.

Artikel ini akan membahas berbagai oli yang bagus untuk Honda Vario 125, memberikan panduan lengkap untuk pemilihan, dan menjawab pertanyaan umum yang mungkin Anda miliki.

Pemilihan oli yang tepat untuk Honda Vario 125 Anda penting karena dapat mempengaruhi kinerja mesin, efisiensi bahan bakar, dan umur mesin.

Selain itu, oli yang bagus juga akan mengurangi gesekan antar komponen mesin, sehingga mengurangi keausan dan meningkatkan umur komponen.

Pengertian Oli Mesin

Oli mesin, atau yang sering disebut sebagai minyak pelumas mesin, berperan penting dalam melumasi mesin.

Ada berbagai jenis oli mesin yang tersedia, tergantung pada kebutuhan penggunaan mesin yang berbeda-beda, agar dapat menambah atau memperpanjang umur pakai mesin.

Pada dasarnya, semua jenis oli mesin memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai bahan pelumas untuk menjaga agar mesin dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin dan penyekat.

Oli mengandung lapisan-lapisan halus yang dapat mengurangi benturan antar logam dan mencegah goresan serta keausan pada komponen mesin.

Namun, untuk beberapa keperluan tertentu, terkadang diperlukan aplikasi khusus pada fungsi tertentu, sehingga oli dituntut untuk memiliki sejumlah fungsi tambahan.

Misalnya, untuk mesin diesel yang beroperasi pada kecepatan rendah namun dengan temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin, dibutuhkan oli yang mampu mengatasi oksidasi, penumpukan deposit, dan perkaratan pada logam-logam bearing.

Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125

Jika Kamu menggunakan motor matic seperti Honda Vario 125 PGM-FI, namun bingung memilih oli yang tepat, tidak ada salahnya untuk melihat pembahasan tentang oli yang baik untuk Honda Vario 125 yang kami berikan hari ini.

Dengan mengetahui merek oli yang bagus untuk motor Honda Vario 125, Kamu dapat memilih sendiri merek oli yang tepat untuk sepeda motor Kamu. Hal ini juga dapat membantu mengurangi biaya perawatan motor Kamu.

Berikut berikan rekomedasi Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125

1. Oli AHM MPX

Oli pertama yang direkomendasikan untuk Honda Vario 125 adalah Oli AHM MPX, yang diproduksi oleh Astra Honda Motor.

Oleh karena itu, oli ini sangat cocok digunakan pada Honda Vario 125 karena tingkat kekentalannya telah disesuaikan untuk jenis motor matic keluaran Honda.

Dalam hal harga, Oli AHM MPX masih tergolong murah, dengan harga termurah sekitar 35 ribu rupiah untuk kapasitas oli 0,8 liter.

Oleh karena itu, sangat cocok bagi Kamu yang ingin menghemat biaya perawatan sepeda motor dengan memilih oli motor ini.

2. Oli Top 1 Action Matic

Rekomendasi oli berikutnya untuk Honda Vario 125 adalah oli Top 1 Action Matic. Merk oli Top 1 sudah dikenal luas dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Namun, Oli Top 1 Action Matic ini memiliki masa pakai yang tidak terlalu lama karena menggunakan bahan dasar minyak sintetis. Harga Oli Top 1 Action Matic adalah sekitar 36 ribu rupiah untuk kapasitas oli 0,8 liter.

3. Oli Federal Matic 30

Oli berikutnya yang cocok untuk Honda Vario 125 adalah oli Federal Matic 30. Harga oli ini juga terjangkau, yaitu sekitar 35 ribu rupiah untuk 800 ml.

Oli ini dilengkapi dengan fitur Active Moly yang membuatnya bekerja lebih maksimal dalam melindungi mesin dari gesekan antar komponen dan menjaga suhu mesin tetap dingin.

4. Oli Repsol Matic 10W30 4T

Oli Repsol Matic menjadi salah satu rekomendasi oli untuk semua jenis motor matic, termasuk Honda Vario 125.

Oli Repsol Matic dapat menjaga mesin tetap awet dan tahan lama serta memberikan performa yang baik pada mesin.

Baca Juga :  6 Oli yang Bagus Buat Yamaha New Vixion : Saran Terbaik

Harga oli Repsol Matic sekitar sama dengan harga oli yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu sekitar 35 ribu rupiah saja untuk oli Repsol Matic 4T.

5. Oli Enduro Matic

Oli Enduro Matic yang diproduksi oleh Pertamina bisa menjadi pilihan oli mesin yang tepat untuk motor Honda Vario 125.

Bahan aditif molybdenum pada oli ini mampu mengurangi tingkat gesekan pada mesin sehingga menjadi lebih rendah.

Harga oli Enduro Matic juga masih terjangkau, sekitar 37 ribu rupiah saja.

6. Oli Shell Advance Scooter

Oli Shell Advance Scooter memiliki bahan dasar sintetis yang mampu mengurangi gesekan pada mesin, menjaga suhu mesin tetap dingin, dan meningkatkan ketahanan mesin.

Dilengkapi dengan teknologi RCE Shell Advance yang meningkatkan performa mesin menjadi lebih maksimal.

Oli ini direkomendasikan untuk Honda Vario 125 yang memiliki kapasitas mesin besar dan performa yang hKamul. Harga oli Shell Advance Scooter sekitar 51 ribu rupiah.

7. Oli Shell Advance Ultra Scooter 4T

Jika Kamu ingin meningkatkan performa motor Honda Vario 125 dengan menjaga kualitas mesin, salah satu rekomendasi oli mesin adalah Shell Advance Ultra Scooter 4T. Kualitas oli mesin ini sudah teruji dan terbukti.

Namun, harga oli Shell Advance Ultra Scooter memang cukup mahal, sekitar 84 ribu rupiah untuk kapasitas oli 0,8 liter.

8. Oli Castrol Power 1 Scooter 10W-40

Jika Kamu ingin meningkatkan performa mesin motor matic, Oli Castrol Power 1 Scooter bisa menjadi pilihan yang tepat. Oli ini sangat cocok untuk mesin 4 tak matic, termasuk Honda Vario 125.

Harga oli Castrol Power 1 Scooter juga masih terjangkau, sekitar 40 ribu rupiah saja.

9. Oli Castrol Activ Matic 10W-30

Oli Castrol Activ Matic cocok untuk digunakan pada motor Honda Vario 125. Oli ini dapat menjaga suhu mesin tetap dingin dan memberikan performa mesin yang maksimal. Harga oli Castrol Activ Matic juga masih terjangkau, yaitu sekitar 35 ribu rupiah.

10. Oli Motul Scooter 4T

Oli Motul Scooter memiliki tingkat kekentalan dan daya tahan yang setara dengan oli Repsol yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun, oli ini juga dilengkapi dengan teknologi HC-Tech yang menjaga mesin matic tetap dingin sehingga menghasilkan performa maksimal.

Sayangnya, harga oli Motul Scooter dua kali lipat lebih mahal dari harga oli yang telah disebutkan, yaitu sekitar 70 ribu rupiah.

Pentingnya Oli Mesin Bagi Sepeda Motor

Setelah memahami Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125, selanjutnya mesin motor bekerja dengan cara bergesekan antar komponen di dalamnya. Pergesekan ini membuat mesin cepat panas, aus, dan rusak.

Jika terus terjadi dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin motor.

Oli mesin sangat diperlukan sebagai pelumas. Peran oli sangat penting bagi mesin motor untuk memastikan pergesekan pada mesin tidak menimbulkan kerusakan. Berikut adalah fungsi oli pada mesin motor:

1. Meminimalisir Temperatur Mesin

Oli berfungsi meredam panas pada mesin. Panas pada mesin diakibatkan oleh gesekan antar komponen pada mesin.

Semakin jauh jarak tempuh dan lama penggunaan, maka panas akan terus meningkat. Oli memiliki tugas untuk meredam panas yang menyelimuti dinding mesin.

2. Membersihkan Mesin

Mesin akan menjadi kotor seiring penggunaan karena terjadi gesekan, panas, dan hasil pembakaran.

Oli yang berkualitas memiliki kemampuan untuk membersihkan komponen mesin dari hasil pembakaran tersebut.

3. Suara Mesin Lebih Halus

Jika terdengar suara kasar pada mesin saat mesin dinyalakan, bisa jadi karena oli sudah menurun kualitasnya.

Oli berkualitas memiliki zat-zat yang dapat meminimalisir gesekan pada silinder dan piston sehingga suara pergesekan lebih halus.

Oli yang tidak pernah diganti atau sudah menurun kualitasnya tidak mampu lagi melumasi gesekan yang terjadi. Akibatnya, gesekan tersebut menimbulkan suara yang terdengar sampai keluar mesin.

4. Mencegah Korosi

Komponen mesin menggunakan bahan logam yang seiring waktu dapat terjadi korosi atau karat.

Pelumas yang menyelimuti komponen mesin dapat meminimalisir proses oksidasi antara udara dan komponen sehingga tidak menyebabkan karat.

Jenis Pelumas Motor yang Perlu Diketahui

Jenis oli pada sepeda motor terdiri dari tiga jenis yaitu oli mesin, oli gardan, dan oli rem. Ketiganya memiliki tugas dasar yang sama yaitu melumasi, namun masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

1. Oli Mesin

Oli mesin bertugas melumasi komponen mesin dari gesekan piston. Gesekan yang sering terjadi membuat komponen cepat aus dan panas.

Oli mesin relatif lebih cepat diganti dibanding oli jenis lain karena letaknya di dalam mesin yang sering mengalami panas ekstrim.

Seiring dengan perkembangan teknologi mesin yang dikeluarkan oleh pabrikan motor, Evalube terus berinovasi menciptakan oli yang tidak hanya melumasi, namun juga mampu menjaga kinerja mesin tetap optimal seperti baru.

Baca Juga :  Dimana Saja Tempat Bayar Pajak Motor dan Mobil? Simak Ulasannya

2. Oli Gardan

Oli gardan adalah pelumas yang bertugas untuk melumasi pergerakan gear ratio pada sistem transmisi agar perputaran gear menjadi lancar.

Oli gardan hanya diperlukan pada motor matic saja. Sama pentingnya seperti oli mesin, oli gardan juga harus rutin diganti.

Jika kualitasnya menurun maka akan menyebabkan suara kasar saat motor berjalan.

3. Oli Rem

Oli rem adalah pelumas yang berfungsi untuk meminimalkan panas antara cakram dan kampas rem. Panas terjadi akibat gesekan antara cakram dan kampas saat melakukan pengereman.

Umur rem biasanya panjang sehingga jarang diganti, namun sebaiknya selalu memeriksa kondisi minyak rem secara berkala.

Kesimpulan

Sebagai penutup, telah kita bahas secara lengkap mengenai oli yang bagus untuk Honda Vario 125, salah satu motor matik yang paling populer di Indonesia.

Penting untuk selalu menjaga kualitas oli mesin agar performa motor tetap prima dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

Selalu pastikan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan kebutuhan pengendara, serta rutin melakukan penggantian oli sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dalam memilih oli yang bagus untuk Honda Vario 125, beberapa merek terbaik yang bisa dipertimbangkan antara lain AHM MPO, Yamalube, Shell Advance, dan Castrol. Tetapi, tidak kalah penting untuk menggali informasi dan memahami keunggulan serta kekurangan dari setiap produk oli yang ada di pasaran.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli mesin atau bengkel resmi Honda untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan motor Kamu.

Ingatlah, perawatan yang baik terhadap motor Kamu tidak hanya sebatas pada pemilihan oli yang bagus, namun juga meliputi perawatan rutin lainnya seperti pengecekan ban, rem, rantai, dan komponen lainnya.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125 ini, memberikan wawasan dan membantu Kamu dalam memilih oli yang terbaik untuk Honda Vario 125 Kamu. Selamat berkendara dan tetap utamakan keselamatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *