Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop

Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop Yang Perlu Kalian Ketahui. Temukan kelebihan dan kekurangan ban motor Dunlop dalam artikel ini. Pertimbangkan berbagai aspek sebelum memutuskan untuk membeli ban motor Dunlop.

Selamat datang, pembaca setia! Pada artikel kali ini, kita akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop. Ban motor adalah komponen penting yang menunjang performa dan keamanan kendaraan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami berbagai aspek terkait ban motor, terutama jika kita ingin membeli ban baru. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Mengenal Ban Motor Merek Dunlop

Ban motor merek Dunlop adalah produk ban pabrikan Amerika Serikat yang sangat terkenal dan terbukti kualitasnya.

Bahkan, Dunlop adalah brand terbesar di dunia dan sudah dipercaya secara internasional. Di Indonesia, ban Dunlop sudah dipasarkan sejak tahun 1997 oleh PT. Sumi Rubber.

Ban Dunlop memiliki daya cengkram yang kuat dan dapat melewati medan apapun dengan baik. Selain itu, ban ini tahan terhadap semua cuaca, baik panas maupun hujan, sehingga sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

Harga dari ban motor Dunlop juga cukup terjangkau, hanya sekitar 150 ribuan saja. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang memilih ban motor Dunlop sebagai pilihan yang baik.

Cara Membaca Ukuran Ban

Membaca ukuran ban pada sebuah motor sebenarnya tidaklah sulit. Kalian dapat membaca ukurannya berdasarkan kode metrik yang tertera pada ban.

Untuk menemukan kode metrik tersebut, Kalian perlu mengetahui ciri-cirinya. Kode metrik pada ban motor biasanya ditKaliani dengan tKalian garis miring (/), seperti contohnya 90/90 – 17 M/C44P.

Bagaimana cara membaca kode metrik tersebut? Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghapal urutannya agar dapat mengetahui angka tersebut menunjukkan ukuran yang mana. Berikut ini adalah cara membaca kode metrik pada ban motor:

  • Angka pertama menunjukkan ukuran lebar tapak ban. Jika mengacu pada contoh di atas, maka lebar tapak ban tersebut adalah 90mm.
  • Angka kedua menunjukkan aspek rasio, yaitu perbandingan antara tinggi tapak ban dengan lebar tapak ban. Dalam hal ini, jika dihitung berdasarkan contoh di atas, section width atau lebar tapak ban adalah 90% dari 90mm, yaitu sebesar 81mm.
  • Angka ketiga menunjukkan ukuran velg. Berdasarkan contoh di atas, ukuran velg tersebut adalah 17 inchi.

Dengan memahami cara membaca kode metrik pada ban motor, Kalian dapat dengan mudah mengetahui ukuran ban yang sesuai dengan motor Kalian.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop

Jika Kalian ingin mengetahui secara lengkap tentang kekurangan dan kelebihan dari ban motor Dunlop, Kalian dapat melihat informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop selengkapnya di bawah ini.

a. Kelebihan Ban Motor Dunlop

Apa saja kelebihan ban motor Dunlop yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya? Berikut adalah beberapa kelebihan dari ban motor Dunlop yang perlu Kalian ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya :

1. Daya Cengkram Kuat

Salah satu kelebihan dari ban Dunlop adalah daya cengkramnya yang kuat, karena teknologi-teknologi yang digunakan dan bentuk ban yang sedikit melengkung.

Hal ini membuat ban motor Dunlop dapat mencengkram dengan baik saat menikung.

Tak hanya itu, kekuatan ban motor Dunlop juga tidak kalah dengan jenis medan yang dilewati, baik itu pada medan yang baik maupun yang rusak. Sehingga para pengguna akan tetap merasa nyaman saat menggunakan ban motor ini.

2. Tahan Segala Cuaca

Ban motor Dunlop juga cocok digunakan dalam berbagai kondisi cuaca, baik panas maupun hujan.

Daya cengkram ban motor tetap terjaga meskipun kondisi jalan mengalami perubahan saat digunakan. Hal ini menjadi salah satu kelebihan ban motor Dunlop.

3. Harga Terjangkau

Kelebihan terakhir dari ban motor Dunlop adalah harganya yang masih cukup terjangkau dibandingkan beberapa pesaingnya seperti ban Michelin.

Harga ban motor Dunlop dibanderol mulai dari 150 ribuan saja, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan ban motor Dunlop.

b. Kekurangan Ban Motor Dunlop

Meskipun ban motor Dunlop memiliki beberapa kelebihan, namun terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan ban motor Dunlop:

1. Tidak Tahan Lama

Sebagian besar jenis ban motor Dunlop dibuat menggunakan material soft compound yang membuat ketahanan ban motor tidak lama.

Oleh karena itu, banyak orang mengeluh karena ban motor Dunlop tidak memiliki umur yang panjang. Namun, hal tersebut juga tergantung pada durasi pemakaian ban.

Baca Juga :  Telat Perpanjang SIM? Ini Solusi Terbaik Yang Bisa Dilakukan

2. Tidak Banyak Varian

Kekurangan ban motor Dunlop selanjutnya adalah kurangnya varian ban motor yang dapat dipilih.
Jika dibandingkan dengan pesaingnya, ban motor Dunlop hanya menyajikan sedikit varian ban motor. Sehingga para pengguna tidak memiliki banyak pilihan varian ban.

3. Tingkat Keausan Tidak Rata

Kekurangan terakhir ini umumnya terjadi pada jenis ban motor yang cekung atau curved tyre. Jenis ban ini cenderung lebih cepat habis pada bagian tengah, sementara bagian samping masih sangat tebal. Terutama untuk kendaraan yang sering digunakan di jalan yang lurus.

Tipe & Harga Ban Motor Dunlop

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah tipe dan harga ban motor Dunlop.

Dengan melihat informasi tentang tipe dan harga ban Dunlop yang akan kami berikan, Kalian dapat memilih tipe ban motor yang sesuai.

Berikut adalah beberapa tipe ban motor Dunlop beserta harga terbarunya:

1. Ban Dunlop On-Road

Tipe BanFitur BanHarga Ban
Ban Dunlop TT900Daya cengkram & handling sangat baik, cocok digunakan untuk sehari-hari diperkotaanRp 92.000 – Rp 277.000
Ban Dunlop TT901Desain telapak sporty yang cocok untuk performa tinggiRp 100.000 – Rp 186.000
Ban Dunlop TT902Desain telpak soprty menggunakan soft compound menjadikan daya cengkram baik dan Rolling resistance rendahRp 137.000 – Rp 225.000
Ban Dunlop D102Menggunakan bahan Compound terbaru dan blok telapak yang besar sehingga dapat memberikan stabilitas ketika menikung ataupun jalan lurusRp 180.000 – Rp 350.000
Ban Dunlop D104Dirancang dengan telapak sporty memakai bahan soft compound menjadikan daya cengkram lebih baik serta anti slip pada saat di tikungan dan stabil di jalan basah maupun kering.Rp 130.000 – Rp 170.000
Ban Dunlop D108Bentuk telapak sporty menggunakan soft compound menjadikan daya cengkram lebih baik serta anti slip pada saat di tikungan dan stabil di jalan basah maupun kering.Rp 105.000 – Rp 215.000
Ban Dunlop D110Jenis ban Tubeless ini memiliki pola telapak sporty menggunakan bahan soft compound menjadikan daya cengkram baikRp 110.000 Rp 325.000
Ban Dunlop D115Bahan compound yang kuat serta tahan lama untuk berkendara di kota dan sangat cocok di jalanan basahRp 130.000 – Rp 366.000
Ban Dunlop D214Ban yang mudah dikendalikan dan nyaman digunakan. Sangat cocok untuk sepeda motor berkapasitas 250ccRp 700.000 – Rp 1.700.000
Ban Dunlop D222Memiliki handling yang sempurna, baik dijalanan kering ataupun basahRp 500.000 – Rp 1.500.000
Ban Dunlop D609Ban Trail on road yang memiliki performa tinggi dan sangat stabil saat digunakanRp 700.000 – Rp 1.800.000
Ban Dunlop D610Ban Trail on road yang memiliki performa tinggi dan sangat stabil saat digunakanRp850,000
Ban Dunlop SPORTMAX alpha-13 SPBan radial dengan performa tinggi untuk sirkuit balap dengan daya cengkram tinggiRp 1.600.000 – Rp 3.200.000
Ban Dunlop SPORTMAX GPR-300Ban dengan teknologi radial yang dapa meningkatkan daya cengkram pada jalan basah dan keringRp 700.000 – Rp 2.500.000
Ban Dunlop SCOOTSMARTDikembangkan menggunakan teknologi tinggi untuk ban motor berukuran kecilRp 175.000 – Rp 350.000

Tipe ban Dunlop pertama yang kami rekomendasikan adalah ban on-road atau ban yang digunakan di jalan beraspal.

Tipe ban ini umumnya cocok digunakan sebagai ban kendaraan sehari-hari karena memang dirancang untuk digunakan di jalan.

2. Ban Dunlop Off-Road

Tipe BanFitur BanHarga Ban
Ban Dunlop DGX-01Di buat secara khusus untuk para penggemar grasstrack dan adventure yang dapat digunakan pada medan jalan yang lebih luasRp 500.000 – Rp 1.000.000
Ban Dunlop K950Memiliki pola telapak blok dengan daya cengkram kuat khusus untuk jalan off-roadRp 175.000 – Rp 200.000
Ban Dunlop D952Ban Off road yang dibuat secara khusus untuk para penggemar adventureRp 600.000 – Rp 1.200.000
Ban Dunlop D605Ban trail yang dapat digunakan untuk berbagai jenis jalan mulai dari off-road hingga on-roadRp 350.000 – Rp 500.000
Ban Dunlop GEOMAX MX52Ban terbaru yang dibuat untuk jalanan medium sampai hard dan di sempurnakan untuk motorcross paling kompetitif di duniaRp 680.000 – Rp 1.200.000

Tipe ban Dunlop selanjutnya adalah ban off-road. Bagi Kalian yang suka menggunakan motor trail, tipe ban Dunlop ini akan sangat cocok untuk motor Kalian. Berikut adalah beberapa tipe ban Dunlop off-road yang bisa Kalian pilih.

Berapakah Biasanya Umur Sebuah Ban ?

Umur ideal untuk mengganti ban motor adalah sekitar 12 hingga 15 bulan, terutama jika ban tersebut sering digunakan.

Namun, perlu diketahui bahwa ban depan dan belakang memiliki usia yang berbeda. Ban belakang memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan ban depan karena bagian belakang menopang beban yang lebih berat.

Baca Juga :  Rekomendasi CDI Yang Cocok Buat Honda Vario : Untuk Semua Merk

Umur maksimal untuk ban belakang adalah sekitar 10 bulan saja. Paling lama, ban motor harus diganti pada usia 2 tahun karena dapat membahayakan aktivitas berkendara Kalian jika tidak diganti.

Ban yang sudah aus dan tidak layak pakai akan berbahaya saat digunakan pada medan yang sulit. Namun, jika Kalian sangat jarang menggunakan motor tersebut, maka masa pakainya dapat lebih lama.

Tipe-Tipe Untuk Ban Dunlop?

Dunlop menawarkan berbagai jenis ban motor yang cocok untuk berbagai keperluan. Berikut adalah daftar tipe ban motor Dunlop:

1. SCOOTSMART 2

Ini adalah tipe ban untuk skuter premium yang dirancang agar nyaman saat digunakan dalam aktivitas berkendara sehari-hari.

2. D604

Tipe ban ini adalah ban dual purpose yang dirancang untuk digunakan pada jalan on-road agar stabil dan tahan lama saat digunakan.

3. SPORTMAX Q-LITE

Jenis ban tipe ini biasa dipasangkan pada motor balap dengan performa yang di desain lebih awet dari ban biasa. Performa pakainya sangat lincah dan menambah kepercayaan diri di arena balap.

4. TT900

Ban ini memiliki handling serta daya cengkram yang memuaskan sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan ban motor Dunlop yang telah kita bahas.

Terlepas dari kekurangannya, tak dapat dipungkiri bahwa Dunlop tetap menjadi salah satu pilihan utama para pengendara motor.

Dengan kombinasi kinerja, keamanan, dan kenyamanan yang ditawarkannya, ban motor Dunlop mampu memberikan pengalaman berkendara yang optimal.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli ban motor Dunlop, pastikan Kalian telah mempertimbangkan kebutuhan serta kondisi jalan yang sering Kalian lalui.

Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan merawat ban Kalian, agar performanya tetap maksimal dan umur pakainya lebih lama.

Semoga informasi dari empatpilar.com mengenai Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop ini, bermanfaat dan membantu Kalian dalam menentukan pilihan yang tepat. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman bersama ban motor Dunlop. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/kelebihan-dan-kekurangan-ban-motor-dunlop/,ban motor dunlop street enduro,kekurangan ban motor dunlop,review ban motor dunlop,usia pakai ban dunlop tt900

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *