Takaran Oli Shock Depan Honda Beat

Tips Takaran Oli Shock Depan Honda Beat Yang Benar : Perhatikan Agar Tidak Keliru

Posted on

Empat Pilar – Tips Takaran Oli Shock Depan Honda Beat Yang Benar : Perhatikan Agar Tidak Keliru. Ingin mengetahui tips takaran oli shock depan Honda Beat yang benar? Pelajari cara mengganti dan merawat oli shock depan Honda Beat Kalian dengan panduan lengkap ini!

Kendaraan yang nyaman dan aman merupakan impian setiap pengendara, khususnya bagi pemilik Honda Beat.

Oleh karena itu, perawatan berkala sangat diperlukan, salah satunya adalah mengganti oli shock depan. Dalam artikel ini, kita akan membahas Tips Takaran Oli Shock Depan Honda Beat Yang Benar beserta informasi penting lainnya.

Mengganti oli shock depan Honda Beat dengan takaran yang benar sangat penting untuk menjaga kenyamanan berkendara dan umur panjang shock depan.

Fungsi Oli Shock Pada Motor

Oli pada shock breaker depan motor berfungsi untuk melumasi bagian batang dan per yang berada di dalam tabung shock.

Oli ini terus bersirkulasi ketika digunakan saat motor berjalan. Salah satu tujuannya adalah agar daya redam getaran menjadi lebih baik sehingga pengendara merasa lebih nyaman saat mengendarai motor.

Fungsi oli shock absorber yang paling umum adalah untuk mengurangi efek benturan saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau berlubang dengan bantuan per atau pegas berupa koil.

Shockbreaker hanya akan berhenti bekerja ketika mobil diperbaiki atau diangkat saat mencuci mobil.

Dapat dikatakan bahwa fungsi utama oli shock absorber adalah melumasi komponen agar mobil dapat dikendarai dengan aman. Selain itu, oli ini juga dapat mengendalikan pergerakan mobil agar tidak terpental.

Jenis-Jenis Oli Shock

Oli shock absorber dibagi menjadi dua jenis, yakni oli shock absorber tipe oli dan oli shock absorber tipe gas. Berikut penjelasannya.

1. Oli Shock Absorber Tipe Oli

Peran dari oli shock absorber tipe oli adalah untuk menyesuaikan pergerakan mesin yang dikendalikan oleh katup kontrol yang membuat pergerakan mobil menjadi lebih sulit.

Oli shock absorber tipe oli akan mudah mengalir di bagian suspensi shock absorber.

Oli jenis ini banyak digunakan untuk keperluan rute dan lingkungan perkotaan. Hal itu bertujuan untuk memudahkan pengendalian mobil ketika melewati jalan yang berguncang. Sehingga, pengendara tetap merasa nyaman dan aman.

2. Oli Shock Absorber Tipe Gas

Lalu, apa kegunaan dari oli shock absorber tipe gas? Meskipun fungsi dari kedua jenis oli ini sama-sama untuk meredam getaran, jenis oli tipe gas memiliki tekanan yang lebih rendah.

Selain itu, kandungan gas nitrogen dalam komponen shock absorber dapat mengatasi peningkatan suhu dari fluida hidrolik dan mampu menstabilkan laju katup kejut.

Kinerja dari oli shock absorber tipe gas juga lebih baik karena dapat mengendalikan kemudi pada kecepatan tinggi bahkan.

Sehingga, oli dapat bekerja secara maksimal dan tahan lama. Shock absorber jenis ini memang cocok digunakan oleh kendaraan berbeban berat, seperti truk.

Mengenal Shockbreaker

Shock absorber adalah salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk meredam energi benturan antara roda dengan kerangka kendaraan. Hal ini membuat kendaraan dapat memberikan kenyamanan saat digunakan.

Kami ingin memberikan informasi mengenai takaran oli shock depan Honda Beat secara lengkap beserta beberapa informasi lain yang terkait dengan oli shock depan.

Mungkin ada di antara kalian yang ingin mengganti oli shock Honda Beat tetapi belum mengetahui ukurannya.

Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi yang dibutuhkan pada kesempatan ini. Setelah kalian membaca informasi ini, kalian akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Jika kalian ingin mengetahui informasi lengkap tentang ukuran oli shock depan Beat, kalian dapat melihat informasi tersebut secara lengkap bersamaan dengan beberapa informasi lainnya yang akan kami berikan di bawah ini.

Tips Takaran Oli Shock Depan Honda Beat Yang Benar

Ukuran oli shock depan pada motor menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kenyamanan saat berkendara.

Hal ini juga berlaku pada Honda Beat dan Supra X 125. Meski keduanya adalah motor yang berbeda, namun ukuran oli shock-nya tidak terlalu jauh berbeda.

Baca Juga :  Cara Setting Pelampung Karburator : Panduan Mudah Pemula

Hal ini dikarenakan volume tabung shock depan pada kedua motor tersebut sebenarnya kurang lebih sama.

Sebagai informasi, shock depan pada motor berfungsi untuk menyerap guncangan dan getaran saat berkendara, sehingga perlu perawatan secara berkala.

Takaran oli yang tepat pada shock depan juga sangat penting agar motor tetap nyaman dikendarai.

Untuk takaran oli shock Beat sendiri, hal ini akan disesuaikan dengan tipe motor yang dimiliki. Honda Beat memiliki beberapa tipe, seperti Honda Beat karburator, FI, FI eSP, dan Pop.

Setiap tipe motor memiliki takaran oli shock depan yang berbeda-beda, sehingga penting untuk mengetahui takaran oli yang tepat agar motor tetap nyaman dikendarai dan dapat berfungsi dengan optimal.

Oleh karena itu, bagi pemilik Honda Beat yang ingin mengetahui takaran oli shock depan yang tepat untuk motor mereka, dapat melihat informasi tersebut pada tabel mengenai Takaran Oli Shock Depan Honda Beat di bawah ini.

Tipe MotorTakaran Oli Shock Depan
Honda Beat Karbu76 ml
Honda Beat FI65 ml
Honda Beat FI eSP62 ml
Honda Beat Pop62 ml

Ini akan membantu menjaga kondisi shock depan yang baik dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Harga Oli Shock Depan Honda Beat

Apabila kalian tertarik untuk membeli oli shock depan Beat, maka kalian bisa membeli oli shock original untuk motor Honda dengan harga Rp 31.000 dengan kapasitas oli adalah 175 ml. Untuk langsung dapat membeli oli shock tersebut bisa tekan tombol beli dibawah.

Daftar Harga Oli Shock Beat Terbaru:

Harga SEAL SHOCK DEPAN+SEAL ABU+OLI SHOCK SUPRA/BEAT/VARIORp22,900
Harga PAKET AS SHOCK PLUS SEAL OLI & PER SHOCK DEPAN BEAT VARIO 110 KARBURp140,000
Harga oli shock dan seal shock depan beat scoopy vario 125 all metic hondaRp28,000
Harga paket seal shock depan + 1set tutup abu + 2botol oli shock beat/varioRp17,600
Harga Paket Oli Sil Seal Shock Sok Depan Beat Fi Esp Pop StreetRp24,500
Harga SEAL SHOCK DEPAN SIL ABU OLI SHOCK SOK SUPRA BEAT VARIO MATIC HONDARp23,000
Harga Paket Oli Sil Seal Shock Sok Depan Beat Vario Scoopy Spacy lama KarbuRp24,500
Harga Paket As Shock Seal Shock Seal Abu Oli Shock BeaT FI- Scoopy FI KzlRp95,000
Harga oli shock dan seal shock set beat scoopy mio vario jupiter z jupiterRp25,000
Harga Paket Oli Shock Seal Sok Plus Sil Tutup Abu beat fi Esp Pop StreetRp34,000

Waktu Ganti Oli Shock Depan Honda Beat

Setelah mengetahui takaran dan harga oli shock depan untuk Honda Beat, hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk mengganti oli shock depan.

Pergantian oli shock depan yang tepat akan membantu menjaga kondisi shock depan tetap baik dan memperpanjang usia pakai motor.

Untuk waktu ganti oli shock depan pada motor, umumnya dilakukan setelah motor menempuh jarak sekitar 20.000 km.

Namun, jika sepeda motor jarang digunakan dan belum mencapai jarak tersebut, waktu ganti oli tersebut sekitar 2-3 tahun.

Hal ini dikarenakan meskipun motor jarang digunakan, kondisi oli shock depan tetap dapat memburuk seiring waktu.

Jika penggantian oli shock depan dilakukan tepat waktu, maka akan membantu menjaga kualitas oli dan mencegah kerusakan pada bagian shock depan.

Pergantian oli shock depan juga dapat membantu menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan waktu ganti oli shock depan dan selalu merawat motor dengan baik.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi shock depan secara berkala agar dapat mengetahui kondisinya dan mengambil tindakan yang tepat jika ditemukan masalah.

Cara Merawat Shock Depan Honda Beat

Selain mengetahui takaran dan harga oli shock depan serta waktu yang tepat untuk menggantinya, hal penting lainnya dalam menjaga kondisi shock depan Honda Beat adalah melakukan perawatan yang tepat.

Dengan melakukan perawatan yang benar, maka usia pakai dari shock depan Honda Beat dapat lebih lama dan hal tersebut juga akan berdampak positif pada kualitas oli shock depan.

Berikut adalah beberapa tips perawatan shock depan Honda Beat yang dapat dilakukan:

1. Hindari Jalan Rusak

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menghindari jalanan yang rusak atau bergelombang.

Kondisi jalan yang rusak atau bergelombang dapat membuat beban kerja pada shockbreaker menjadi lebih besar, sehingga dapat mengurangi masa pakai dari shockbreaker itu sendiri.

2. Perhatikan Bobot Muatan

Selanjutnya, perhatikan beban muatan pada motor. Setiap kendaraan bermotor sudah dilengkapi dengan batas beban muatan yang dapat ditanggung.

Baca Juga :  Apa Saja Penyebab Radiator Motor Bocor? dan Cara Mengatasinya

Beban muatan yang berlebihan dapat memberikan beban kerja lebih pada shockbreaker, sehingga dapat memperpendek usia pakai shockbreaker tersebut.

3. Bersihkan Secara Rutin

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah membersihkan shock secara rutin. Kondisi shock yang tidak dibersihkan secara rutin dapat menyebabkan masuknya kotoran ke dalam shockbreaker dan dapat menyebabkan kebocoran pada seal.

Hal tersebut dapat mengurangi masa pakai shockbreaker itu sendiri. Oleh karena itu, selalu membersihkan shock depan Honda Beat secara rutin agar dapat memperpanjang usia pakai shock depan dan menjaga kualitas oli shock depan tetap baik.

Penutup

Dalam rangkuman, telah empatpilar.com bahas mengenai tips takaran oli shock depan Honda Beat yang benar.

Penting bagi setiap pengendara Honda Beat untuk memahami pentingnya menjaga kualitas shock depan dan memastikan bahwa takaran oli yang digunakan sesuai dengan rekomendasi produsen.

Dengan mengikuti tips yang telah disampaikan, seperti menggunakan oli yang sesuai, mengukur takaran oli dengan benar, serta melakukan perawatan rutin, Kalian akan menjaga kenyamanan berkendara sekaligus memperpanjang umur shock depan motor Kalian.

Semoga informasi yang telah disajikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Kalian para pengguna Honda Beat.

Tetap utamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara dengan menjaga kondisi shock depan secara optimal.

Itu saja yang bisa kami berikan mengenenai Takaran Oli Shock Depan Honda Beat. Selamat mencoba dan selamat berkendara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *