Pengaturan Antena Telkom 4

Cara Pengaturan Antena Telkom 4, dengan 4 Metode Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Pengaturan Antena Telkom 4, dengan 4 Metode Lengkap. Antena Telkom 4 adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam menjaga kualitas sinyal televisi dan internet Kalian.

Dengan melakukan pengaturan yang tepat pada antena ini, Kalian dapat memastikan bahwa Kalian mendapatkan sinyal yang optimal dan menghindari gangguan atau gangguan yang mungkin terjadi.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang pengaturan antena Telkom 4 dan bagaimana Kalian dapat meningkatkan kualitas sinyal Kalian dengan langkah-langkah yang mudah. Jadi, mari kita mulai dan jelajahi dunia pengaturan antena Telkom 4!

Ikuti panduan komprehensif kami untuk memahami dan mengoptimalkan Pengaturan Antena Telkom 4. Tingkatkan koneksi Kalian dan bermain di liga yang sama dengan para ahli teknologi!

Satelit Telkom 4

Satelit Telkom-4, juga dikenal sebagai Satelit Merah Putih, merupakan satelit komunikasi geostasioner yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Peluncuran satelit ini berlangsung pada 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu lokal, atau 12.18 WIB, menuju posisi orbitnya di 108 derajat garis bujur timur.

Satelit Telkom 4 dikenal memiliki banyak transponder yang aktif.

Untuk para pengguna parabola, daftar frekuensi TV dari Satelit Telkom 4 bisa menjadi referensi. Ada puluhan saluran TV lokal dan nasional yang mengisi frekuensi transponder Telkom 4.

Seiring waktu, jumlah satelit Telkom 4 terus meningkat, dengan lebih dari 60 saluran yang terdapat di transponder Telkom 4.

Karenanya, penting untuk mengetahui daftar saluran di transponder ini, mengingat perubahan dan penyesuaian yang sering terjadi belakangan ini.

Sebagian besar siaran televisi yang terdapat di transponder Telkom 4 sebenarnya disiarkan oleh satelit Palapa D yang beberapa bulan terakhir ini tidak aktif.

Beberapa stasiun TV nasional yang telah pindah ke Telkom 4 antara lain MCN grup, SCTV, Indosiar, RTV, dan belasan stasiun lokal. Selain itu, satelit Telkom 4 juga sering disebut sebagai satelit merah putih.

Satelit Telkom 4 tidak hanya menawarkan puluhan saluran TV gratis, tetapi juga digunakan oleh beberapa penyedia layanan TV berbayar seperti K Vision, NEX Parabola, Trans Vision, dan MNC Vision.

Pengaturan Antena Telkom 4

Bagi kamu pengguna parabola, kamu wajib tau bagaimana cara Pengaturan Antena Telkom 4. Adapun pengaturan yang benar itu seperti ini:

1. Pengaturan Antena Telkom 4 dengan Menambahkan Satelit Baru

Cara pertama untuk mengatur Satelit Telkom 4 adalah dengan menambahkan satelit baru ke penerima antena Telkom 4. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, tekan tombol Menu pada remote control dari receiver Kalian.
  • Selanjutnya, pilih opsi ‘Daftar Satelit’ dari menu yang ditampilkan.
  • Periksa apakah satelit Telkom 4 sudah ada dalam daftar atau belum.
  • Jika belum ada, Kalian perlu menambahkannya. Caranya adalah dengan menekan tombol ‘Tambah’ yang ada di remote control.
  • Setelah itu, masukkan data untuk Satelit Telkom 4 dan garis bujur satelit, yaitu 108.0°E.
  • Terakhir, pilih ‘Simpan’ untuk menyimpan pengaturan baru yang telah Kalian buat.

2. Pengaturan Antena Telkom 4 dengan Menambahkan Transponder Baru

Setelah menambahkan satelit, langkah selanjutnya adalah menambahkan transponder baru. Tujuan utama dari menambahkan transponder baru ini adalah untuk bisa menerima sinyal dari Telkom 4. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Cek pada daftar Satelit Telkom 4 apakah sudah ada transponder atau belum.
  • Jika belum, Kalian bisa menambahkannya dengan menekan tombol ‘Tambah’ yang berwarna merah di remote control receiver Kalian.
  • Selanjutnya, masukkan frekuensi untuk transponder baru. Untuk frekuensi transponder Telkom 4, Kalian perlu memasukkan angka 3720 V 32727.
  • Setelah itu, simpan pengaturan yang baru saja Kalian buat.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian seharusnya bisa melakukan pengaturan Satelit Telkom 4 dengan menambahkan satelit dan transponder baru.

3. Pengaturan Antena Telkom 4 dengan Mengatur Antena Telkom 4

Mengatur Antena Telkom 4 dengan Cara Setting Satelit Telkom 4
Setelah itu, lakukan pengaturan pada antena Telkom 4 dengan langkah-langkah berikut:

a. Tekan tombol SAT pada receiver atau cari menu Pengaturan antena yang tersedia di receiver. Kemudian, atur antena Telkom 4 dengan menggunakan data berikut ini:

Baca Juga :  Daftar Frekuensi TV Digital Lampung : UPDATE Terbaru

  • Satelit: Telkom 4.
  • Daya LNB: Pilih on atau auto.
  • Frekuensi LNB: Pilih 5150.
  • DiSeqC 1.0: Jika tidak menggunakan Switch DiSeqC, matikan. Jika menggunakan, pilih yang sesuai dengan -konektor switch yang terhubung ke LNB C Band.
  • DiSeqC 1.1: Pilih Off jika tidak menggunakan penggerak disk parabola atau positioner.
  • 22k: Pilih off jika tidak menggunakan DiSeq 22k.

b. Jika pengaturan antena berhasil, maka akan terlihat level intensitas sinyal. Jika tidak muncul, berarti ada kesalahan dalam pengaturan data tersebut.

4. Cara Setting Satelit Telkom 4 dengan Mengatur Arah Antena

Langkah terakhir adalah mengatur arah antena. Hal ini penting dilakukan agar kualitas siaran yang diterima menjadi baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur arah antena Telkom 4:

  • Pastikan disk parabola terpasang pada tiang yang kokoh dan tegak lurus.
  • Arahkan titik 0 pada LNB parabola ke arah barat.
  • Kendurkan penyetel sudut elevasi dan inklinasi disk parabola.
  • Miringkan posisi parabola ke arah Utara sekitar 2-4 derajat.
  • Arahkan disk parabola ke atas layaknya payung terbalik.
  • Gerakkan disk parabola perlahan ke arah barat atau timur sebesar 10–30 derajat sambil memantau kualitas sinyal.
  • Setelah muncul indikator kualitas sinyal, gerakkan perlahan hingga mencapai level kualitas sinyal maksimal.

Jika telah mendapatkan sinyal terbaik, kencangkan kembali seluruh baut dan mur, lalu lakukan pemindaian satelit untuk mendapatkan siaran televisi melalui satelit Telkom 4.

Antena Telkom 4 Tidak Ada Sinyal? Berikut Penyebabnya

Setelah memahami Pengaturan Antena Telkom 4, nah selanjutnya jika Kalian sudah mengikuti langkah-langkah di atas namun masih belum mendapatkan sinyal, munkin penyebabnya seperti di bawah ini.

1. Perubahan Frekuensi

Perubahan frekuensi channel adalah hal yang sering terjadi bagi pengguna antena parabola. Dalam kasus ini, ada kemungkinan channel tertentu tiba-tiba hilang atau tidak dapat diakses padahal sebelumnya dapat ditonton dengan jelas.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat mengatur ulang frekuensi channel yang bermasalah tersebut saja. Informasi tentang frekuensi channel biasanya dapat ditemukan di akun media sosial atau situs web resmi dari channel tersebut.

2. Perubahan Kebijakan dari Pemilik Saluran Televisi

Belakangan ini telah menjadi perbincangan hangat bahwa salah satu perusahaan saluran televisi mencabut izin siar channel mereka dari beberapa layanan parabola atau receiver merek tertentu.

Hal ini bukanlah masalah baru bagi pengguna parabola yang telah lama, mengingat kasus serupa pernah terjadi beberapa kali sebelumnya.

Untuk masalah ini, sayangnya tidak ada yang dapat Anda lakukan. Jika izin siar dicabut dari parabola yang kalian beli, satu-satunya cara untuk menonton channel yang diinginkan adalah dengan mengganti parabola tersebut.

Perubahan ketentuan dan kebijakan semacam ini dapat terjadi tanpa pemberitahuan sebelumnya dan dapat terjadi kapan saja.

3. Receiver Parabola Bermasalah

Selanjutnya, mungkin saja masalah terletak pada receiver parabola yang kalian miliki. Biasanya, tanda-tanda masalah ini adalah ketiadaan siaran yang dapat ditemukan sama sekali.

Untuk mengetahui apakah receiver parabola bermasalah atau tidak, ada dua langkah yang dapat kalian lakukan:

  • Cobalah menggunakan kabel receiver yang berbeda.
  • Cobalah menggunakan receiver parabola yang berbeda.

Karena harga kabel receiver lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli satu unit receiver baru, kami menyarankan kalian untuk mencoba langkah pertama terlebih dahulu.

Jika kalian sudah mengganti kabel dan masalah masih belum teratasi, maka kemungkinan Anda perlu mengganti receiver dengan yang baru.

4. Dseg Bermasalah

Terakhir, kemungkinan masalah terletak pada dseg atau switch parabola yang Kalian miliki. Kalian dapat mengetahui masalah ini ketika tidak ada sinyal yang terdeteksi sama sekali, bahkan intensitas sinyal yang ditampilkan hanya 0%.

Dseg atau switch adalah konektor yang menghubungkan sinyal dari LNB. Switch ini terdiri dari beberapa channel, sehingga hanya satelit dari channel yang bermasalah yang tidak dapat ditampilkan oleh parabola.

Untuk mengatasi masalah ini, Kalian dapat mencoba mengganti dseg atau switch parabola terlebih dahulu. Harganya relatif terjangkau dan dapat ditemukan di toko-toko elektronik atau toko online.

Jika setelah mengganti switch masih ada sinyal yang tidak tertangkap oleh parabola, kemungkinan masalahnya disebabkan oleh LNB yang rusak.

LNB juga merupakan salah satu komponen penting dari parabola yang berfungsi untuk menangkap sinyal satelit. Harganya biasanya berkisar antara 100 ribu hingga 150 ribu per unit. Kalian dapat melihat tutorial yang tersedia di YouTube untuk panduan pemasangan LNB baru.

Baca Juga :  Cara Menambah Channel TV Digital : Tips Mudah

 

Baca juga :

  1. Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger : UPDATE Terbaru
  2. Cara Menambah Satelit Telkom 4: Lengkap + Daftar Frekuensinya
  3. UPDATE Frekuensi K Vision C Band di Telkom 4 Terbaru

Kesimpulan

Sebagai penutup, kami berharap bahwa informasi yang telah empatpilar.com berikan tentang cara pengaturan Antena Telkom 4 dengan 4 metode lengkap ini bisa menjadi panduan yang berguna bagi Kalian.

Kami telah membahas berbagai metode, mulai dari penentuan posisi yang ideal, penyesuaian sudut, pengecekan koneksi, hingga pemeliharaan rutin yang harus Kalian lakukan untuk mendapatkan penerimaan sinyal yang optimal.

Tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia teknologi ini, termasuk mengatur antena Kalian sendiri. Tetapi, jika Kalian merasa kesulitan, selalu ada pilihan untuk mencari bantuan profesional.

Jangan biarkan tantangan teknis menghalangi Kalian mendapatkan kualitas komunikasi terbaik. Ingatlah bahwa pemahaman yang baik tentang perangkat Kalian adalah kunci utama untuk menikmati manfaatnya secara maksimal.

Semoga Kalian berhasil dalam upaya pengaturan antena Telkom 4 Kalian dan dapat menikmati layanan yang luar biasa dari provider ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/pengaturan-antena-telkom-4/,seting lmb telkom 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *