Pengertian Konektor Rj 45

Pengertian Konektor Rj45 : Fungsi, Cara Kerja dan Harganya

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Konektor Rj45 : Fungsi, Cara Kerja dan Harganya. Dapatkan pemahaman mendalam tentang Pengertian Konektor RJ45, Fungsi, Cara Kerja dan Harganya. Artikel ini akan membantu Kalian memahami konektor jaringan ini lebih baik.

Jaringan komputer sering dianggap sebagai suatu sistem yang rumit dan sulit dipahami. Namun, sebenarnya, jika kita mulai mengenal komponen-komponennya, kita akan melihat bahwa sistem ini sangat logis dan efisien.

Salah satu komponen penting dalam jaringan ini adalah konektor RJ-45. Jadi, apa sebenarnya pengertian dari konektor RJ45? Bagaimana fungsi dan cara kerjanya? Dan berapakah harganya? Mari kita coba bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Konektor RJ-45 adalah sebuah jenis konektor yang digunakan untuk kabel jaringan Ethernet dan jenis kabel serupa.

Nama RJ-45 sendiri singkatan dari Registered Jack-45. Konektor ini memiliki 8 pin dan biasanya digunakan untuk jaringan LAN (Local Area Network).

Pengertian Konektor RJ45

Konektor RJ45 adalah jenis konektor yang banyak digunakan pada kabel ethernet dalam struktur jaringan Local Area Network (LAN) dan struktur jaringan lainnya.

RJ singkatan dari Registered Jack, sebuah stKalianr dalam peralatan jaringan yang menentukan bagaimana konektor dipasang dan urutan kabel.

Kalian dapat menemukan konektor ini pada kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) atau Shield Twisted Pair (STP) yang terhubung ke transceiver.

Konektor RJ45 memiliki delapan pin, yang berarti kabel dengan konektor RJ45 mempunyai delapan kabel terpisah. Jika Kalian memeriksa ujung kabel ethernet, Kalian akan menemukan delapan kabel tersebut.

Masing-masing kabel memiliki warna yang berbeda dan urutannya tidak boleh acak. Ada aturan yang menentukan urutan kabel tersebut.

Selain itu, dari delapan kabel tersebut, empat diantaranya memiliki warna polos dan empat lainnya memiliki garis.

Fungsi Konektor RJ45

Setelah tahu Pengertian Konektor Rj45, selanjutnya RJ45 adalah sejenis konektor yang biasanya digunakan dalam sistem jaringan komputer dan telekomunikasi.

Nama ‘RJ’ dalam RJ 45 singkatan dari ‘Registered Jack’, dan ’45’ merujuk pada urutan spesifik konektor ini dalam standar yang diterapkan.

Berikut beberapa fungsi utama konektor RJ45:

1. Transmisi Data

Fungsi utama konektor RJ 45 adalah untuk transmisi data. Konektor ini memfasilitasi transfer data digital antara perangkat yang berbeda dalam jaringan komputer, seperti komputer, router, dan switch.

2. Konektivitas Ethernet

Konektor RJ 45 sangat umum digunakan dalam aplikasi jaringan Ethernet. Ini memungkinkan perangkat keras jaringan seperti komputer dan server untuk terhubung ke jaringan Ethernet dan berkomunikasi satu sama lain.

3. Kemudahan Instalasi dan Penggunaan

Dengan menggunakan konektor RJ45, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan dan melepaskan perangkat keras jaringan tanpa perlu alat khusus. Ini membuat proses pengaturan dan pemeliharaan jaringan menjadi lebih efisien dan mudah.

4. Perlindungan dari Arus Listrik

Konektor RJ45 biasanya dilengkapi dengan mekanisme perlindungan untuk mencegah kerusakan perangkat akibat lonjakan arus listrik.

5. Deteksi dan Perbaikan Masalah Jaringan

Konektor RJ 45 juga dapat membantu mendeteksi dan memperbaiki masalah dalam jaringan. Misalnya, jika data tidak dikirim atau diterima dengan benar, ini mungkin menunjukkan bahwa ada masalah dengan konektor RJ45 atau kabel yang terhubung dengannya.

Cara Kerja Konektor RJ45

Masih dalam pembahasan Pengertian Konektor Rj45, selanjutnya konektor RJ-45 bekerja dengan cara menghubungkan perangkat keras ke jaringan menggunakan kabel Ethernet.

Kabel ini biasanya memiliki delapan kabel tembaga kecil di dalamnya, masing-masing disebut “pasangan berpilin” atau “twisted pair” dalam bahasa Inggris.

Masing-masing pasangan berpilin ini ditandai dengan warna khusus yang memudahkan pengguna dalam penginstalan.

Berikut ini cara kerja konektor RJ-45:

  1. Pemilihan Kabel Ethernet:
    Pengguna harus memilih kabel Ethernet yang tepat untuk digunakan. Ada beberapa jenis kabel Ethernet yang umum digunakan, seperti Cat 5, Cat 5e, Cat 6, dan Cat 7. Pilihan kabel ini biasanya tergantung pada kecepatan transmisi data dan jarak yang dibutuhkan.
  2. Menghubungkan Kabel dengan Konektor RJ-45:
    Kabel Ethernet harus dipasang ke dalam konektor RJ-45. Ini biasanya melibatkan proses “crimping”, di mana kabel dipotong ke panjang yang tepat, lalu pasangan berpilin di dalam kabel dipisahkan dan diatur sesuai dengan standar tertentu (biasanya standar T568A atau T568B).
  3. Penggunaan Kabel Ethernet yang Sudah Terpasang:
    Setelah kabel Ethernet dipasang ke konektor RJ-45, kabel tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat keras ke jaringan. Misalnya, kabel mungkin dihubungkan antara komputer dan router, atau antara switch dan server.
  4. Transmisi Data:
    Ketika kabel Ethernet terhubung dan jaringan siap, data dapat mulai ditransmisikan. Data dikodekan menjadi sinyal listrik oleh perangkat sumber, kemudian sinyal ini dikirim melalui kabel Ethernet. Setiap pasangan berpilin dalam kabel membawa sinyal ini, dengan setiap pasangan berpilin mengirim dan menerima data dalam bentuk sinyal.
  5. Penerimaan Data:
    Perangkat tujuan kemudian menerima sinyal ini dan mendekodekannya kembali menjadi data.
Baca Juga :  Mengenal Fitur Baru DNS Chrome : Pahami Pengertiannya

Perlu diperhatikan bahwa hanya empat dari delapan kabel di dalam kabel Ethernet yang digunakan untuk transmisi data dalam kebanyakan aplikasi jaringan.

Sementara empat kabel lainnya biasanya tidak digunakan dalam pengoperasian sehari-hari, tetapi mungkin digunakan untuk keperluan lain seperti Power over Ethernet (PoE) atau dalam aplikasi jaringan yang lebih lanjut.

Jenis-Jenis Konektor RJ45

Dalam hal konfigurasi dan kebutuhan, jenis konektor RJ 45 dibedakan menjadi beberapa macam. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai setiap jenis konektor RJ 45:

1. Kabel Cross Over

Pada jenis kabel cross over, konektor RJ45 digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat.

Misalnya, saat menghubungkan router ke router atau menghubungkan komputer ke AP radio, kabel cross over dapat digunakan.

2. Kabel Straight Through

Pada jenis kabel straight through, konektor RJ45 digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki yang berbeda.

Contohnya adalah saat menghubungkan komputer ke switch. Dalam proses pengaturan, konektor RJ 45 merupakan soket yang paling umum digunakan.

3. Kabel Roll Over

Kabel roll over memiliki konfigurasi yang paling sederhana. Untuk membuatnya, kita hanya perlu membalik fungsi kabel dari satu sisi ke sisi lainnya.

Kabel roll over digunakan dalam beberapa jenis jaringan, contohnya adalah koneksi antara komputer dan router.

4. Kabel CAT

Konektor RJ 45 juga digunakan pada kabel CAT. CAT merupakan perangkat yang sering digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network).

Fungsinya adalah untuk mentransmisikan data antara beberapa perangkat yang terhubung dalam jaringan ethernet.

Umumnya, ada dua jenis kabel yang sering digunakan dalam jaringan ethernet, yaitu kabel UTP dan STP. Kedua jenis kabel ini membutuhkan konektor RJ 45 dalam penggunaannya.

Cara Pemasangan RJ45

Setelah mengetahui Pengertian Konektor Rj45, nah saat memasang konektor RJ45 pada kabel jaringan adalah proses yang memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci dari langkah-langkah yang telah Kalian sebutkan:

1. Mengurutkan Kabel

Sebelum memasukkan kabel ke dalam konektor RJ45, penting untuk memastikan bahwa kabel telah diurutkan dengan benar sesuai dengan skema warna yang telah ditentukan. Ada dua skema pengurutan warna kabel yang umum digunakan, yaitu T-568A dan T-568B.

Kalian harus memilih salah satu skema tersebut dan konsisten menggunakannya di seluruh instalasi jaringan Kalian. Dalam skema T-568A, urutan warna dari pin 1 sampai 8 adalah: Hijau Putih, Hijau, Oranye Putih, Biru, Biru Putih, Oranye, Coklat Putih, dan Coklat. Sementara dalam skema T-568B, urutannya adalah: Oranye Putih, Oranye, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat.

2. Memasukkan Kabel ke Konektor RJ45

Setelah kabel diurutkan dengan benar, kabel tersebut bisa dimasukkan ke dalam konektor RJ45.

Pastikan bahwa ujung kabel menempel dengan rapat pada ujung konektor dan setiap kabel berada pada jalur yang benar.

3. Menjepit Konektor

Setelah kabel dimasukkan ke dalam konektor, langkah selanjutnya adalah menjepit konektor menggunakan tang crimping.

Pastikan untuk menjepit dengan kuat agar semua pin konektor menembus isolasi kabel dan membuat kontak yang baik dengan konduktor kabel.

4. Mengujicoba Kabel

Langkah terakhir adalah mengujicoba kabel menggunakan kabel tester. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa semua koneksi telah dibuat dengan benar dan kabel siap digunakan.

Jika tester menunjukkan adanya masalah, Kalian mungkin perlu memotong ujung kabel dan memasang konektor baru.

Ingatlah bahwa praktek adalah kunci untuk menjadi ahli dalam memasang konektor RJ45. Jangan ragu untuk berlatih beberapa kali sebelum melakukan instalasi jaringan yang sebenarnya.

Daftar Harga Connector Rj45 Terbaru

Berikut adalah Daftar Harga Connector Rj45 Terbaru, yang perlu kalian ketahui :

Harga Vascolink Connector Rj45 Cat6 GOLD EZ Li 50pcs RJ45 Cat 6 ANTI GAGALRp49,800
Harga Belden RJ45 Connector Cat.6 (Konektor RJ-45 Cat6 : AP700008) ORIGINALRp316,500
Harga Connector Barrel rj45 coupler cat 5 6 7 - Sambungan rj45 - Barel rj-45Rp8,300
Harga Vascolink Konektor RJ45 Cat5e 100PcsRp34,000
Harga Kabel LAN UTP 20M RJ45 Cat 5e Cable 20 Meter terpasang konektor cat5eRp26,800
Harga Konektor RJ45 Cat6 Vascolink Gold Ez Lite / Anti Gagal ECERANRp2,042
Harga Konektor RJ45 NYK CAT5E MURAH - Jack Connector RJ 45 CAT 5E - 100pcsRp27,000
Harga BELDEN AP700007 Konektor RJ45 Connector RJ45 Cat. 5ERp82,000
Harga belden connector rj45 cat5Rp85,000
Harga Konektor RJ 45 Original Belden Connector RJ45 Cat5E Isi 50pcsRp90,000
Baca Juga :  Perbedaan Username dan Password, Yang Perlu Kalian Ketahui

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat empatpilar.com sampaikan tentang Pengertian Konektor Rj45, fungsi, cara kerja, serta harganya.

Semoga dengan adanya artikel ini, pemahaman Kalian tentang konektor RJ-45 semakin jelas dan mendalam.

Konektor RJ-45 memang menjadi komponen penting dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam menjalin koneksi jaringan yang baik dan stabil.

Dalam memilih dan membeli konektor RJ-45, pertimbangkanlah faktor-faktor seperti kualitas, kompatibilitas dengan perangkat yang Kalian gunakan, dan tentu saja harganya.
Ingatlah, produk berkualitas tinggi mungkin memerlukan investasi lebih awal, namun pada akhirnya dapat menghemat biaya karena durabilitas dan kinerja yang lebih baik.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini, Kalian dapat membuat keputusan yang tepat terkait penggunaan dan pembelian konektor RJ-45.

Terima kasih telah meluangkan waktu Kalian untuk membaca artikel mengenai Pengertian Konektor Rj45 ini.

Selamat beraktivitas dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/pengertian-konektor-rj-45/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *