Cara Purge Clear Cache Cloudflare

Cara Purge Clear Cache Cloudflare : Panduan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Purge Clear Cache Cloudflare : Panduan Mudah. Bingung cara purge clear cache Cloudflare? Tenang, panduan mudah ini akan membantu kamu mengoptimalkan performa situs dengan cepat dan mudah. Ayo, cek langkah-langkahnya!

Mau tahu cara purge clear cache Cloudflare dengan mudah? Kamu datang ke tempat yang tepat! Artikel ini akan membahas tuntas tentang panduan mudah cara purge clear cache Cloudflare yang bisa kamu lakukan dengan cepat, sehingga situsmu akan kembali optimal tanpa masalah. Yuk, langsung saja kita bahas!

Apa itu Cloudflare ?

Apa itu Cloudflare ?

Cloudflare adalah layanan Content Delivery Network (CDN) dan Web Security yang mudah didapatkan dan gratis. Cloudflare dianggap sebagai CDN terbaik karena mampu memberikan layanan yang maksimal. Cloudflare memiliki tiga paket, yaitu Pro, Bisnis, dan Enterprise.

CDN adalah sistem yang menyediakan konten dengan cepat kepada pengguna akhir dan tersedia di berbagai data center di internet.

Konten yang didistribusikan melalui CDN biasanya berupa konten statis. Konten tersebut disebarkan ke beberapa data center, sehingga ketika konten statis di-loading dari web, pengguna akan menerima konten dari lokasi yang terdekat dengan CDN, bukan lewat server web-nya.

Cloudflare memiliki keunggulan dalam hal ini, karena website pengguna dapat lebih cepat ter-loading oleh pengguna akhir di mana saja.

Meskipun CDN sebenarnya tidak gratis, Cloudflare memberikan layanan CDN gratis dengan tambahan fitur lainnya.

CDN dapat menghemat bandwidth hingga 50%, dan Cloudflare mengklaim memiliki lebih dari 20 data center yang tersebar di seluruh dunia.

Para pengembang sangat menyukai CDN karena dapat menghemat bandwidth hingga 50%, dan website dapat menjadi 2x lebih cepat.

Meskipun website sudah menggunakan plugin W3 Total Cache, website tersebut tidak akan secepat website yang menggunakan CDN Cloudflare.

Fitur-fitur Unggulan pada CloudFlare

Sebelum mengetahui Cara Purge Clear Cache Cloudflare, ada beberapa fitur unggulan dari Cloudflare yang dapat dimanfaatkan adalah:

1. Mirroring

Konten dari situs pengguna akan disalin ke setiap data center Cloudflare. Hal ini memungkinkan website pengguna untuk diakses lebih cepat oleh pengunjung yang berada jauh dari server utama.

2. Caching

Cloudflare melakukan caching pada waktu dan kondisi tertentu. Fitur ini akan menghemat bandwidth hosting, terutama jika webhosting memiliki limit pada bandwidth. Koneksi akan berjalan ke arah pengunjung dan server.

3. Firewall

Fitur ini melindungi website pengguna dari ancaman keamanan. Selain itu, pengguna dapat memblokir IP dari negara tertentu sehingga dapat menentukan visitor mana yang dapat mengakses website.

4. Analytics

Fitur ini memonitor semua aktivitas di website pengguna, seperti jumlah request selama 24 jam terakhir, jumlah pengunjung unik, asal pengunjung, dan juga bandwidth yang digunakan selama 24 jam.

5. Railgun

Fitur ini dapat mempercepat website hingga 300%. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna versi berbayar atau jika jasa hosting yang digunakan memiliki kerjasama dengan Cloudflare.

Fungsi Cloudflare

Setelah memahami definisi dan fitur-fiturnya, terdapat beberapa fungsi Cloudflare yang penting untuk diaktifkan pada website:

1. Memberikan kecepatan akses pada pengunjung website

Dengan mengaktifkan Cloudflare, pengunjung dapat mengakses website lebih cepat karena konten dari website akan disimpan di server proxy Cloudflare yang tersebar di beberapa negara.

2. Memonitor trafik yang berbahaya pada website

Cloudflare dapat memfilter dan mengidentifikasi lalu lintas internet yang berbahaya, seperti serangan DDoS dan hacking. Fitur ini dapat membantu melindungi website dari serangan cyber dan memastikan keamanannya.

3. Meningkatkan kinerja situs web karena memiliki server proxy yang tersebar di beberapa negara

Dengan adanya server proxy yang tersebar di berbagai negara, Cloudflare dapat mempercepat kinerja situs web karena konten dari situs web dapat diakses dari server yang lebih dekat dengan lokasi pengunjung.

Baca Juga :  Cara Memperkuat Sinyal XL 4G LTE dengan Ampuh : Panduan Lengkap

4. Cloudflare dapat digunakan sebagai cache konten statis untuk website, seperti gambar, CSS, Javascript, dan lainnya

Fitur caching pada Cloudflare dapat mempercepat waktu muat website dengan menyimpan konten statis pada server proxy. Hal ini akan mengurangi waktu untuk mengambil data dari server asli dan meningkatkan kecepatan website.

5. Cloudflare bisa mengurangi penggunaan resource server

Dengan adanya fitur caching, server asli dapat menghemat sumber daya dengan mengurangi jumlah permintaan yang diterima untuk konten statis. Hal ini dapat mengurangi penggunaan resource server dan meningkatkan kinerja website secara keseluruhan.

Cara Purge Clear Cache Cloudflare

Cache adalah proses penyimpanan sementara data atau halaman HTML dan gambar sebuah website untuk mengurangi penggunaan bandwidth dan mempercepat loading server.

Dengan kata lain, cache adalah teknologi yang membantu menampilkan halaman website lebih cepat.

Pengguna Cloudflare pasti sangat terbantu dengan fitur minimize cache dan juga dapat meningkatkan kecepatan website. Namun, terkadang perlu dilakukan pembersihan cache yang tidak terhapus pada Cloudflare.

Pada panduan ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai purge atau pembersihan cache pada Cloudflare.

Silakan Cara Purge Clear Cache Cloudflare berikut ini:

1. Login ke Cloudflare

Pertama, login ke dashboard Cloudflare terlebih dahulu dengan mengunjungi tautan Dash.cloudflare.com. Masukkan email dan password Kalian, lalu klik tombol login.

2. Pilih Domain Yang Akan Di Manage.

Jika Kalian memiliki banyak nama domain dalam satu akun Cloudflare, maka Kalian dapat memilih salah satu domain yang akan ditambahkan dan diubah DNS-nya (menu ini tidak tersedia jika Kalian hanya memiliki satu domain). Langsung lanjut ke langkah nomor 3 jika Kalian hanya memiliki satu domain.

3. Melakukan Purge caching

  • Setelah login, Kalian akan melihat banyak fitur yang ditawarkan oleh Cloudflare. Pilih fitur Caching terlebih dahulu.

  • Kemudian pilih Configuration.

  • Kalian akan diberikan dua pilihan, yaitu “purge everything” dan “custom purge”.

Jika Kalian memilih opsi custom purge, Kalian akan diarahkan ke halaman di mana Kalian dapat memasukkan URL yang tepat untuk item yang harus dibersihkan.

Saya menyarankan fitur custom purge bagi Kalian yang ingin membersihkan halaman-halaman tertentu tanpa menghapus cache halaman lain.

Sedangkan “purge everything” berarti Kalian akan menghapus semua cache resource yang ada pada website Kalian. Fitur ini sangat disarankan jika Kalian ingin melakukan pembersihan cache secara menyeluruh pada website Kalian.

  • Jika Kalian setuju, klik tombol “purge everything” dan kemudian klik tombol “confirm purge everything” yang muncul.

Kelebihan Cloudflare

Setelah memahami Cara Purge Clear Cache Cloudflare, selanjutnya selain memiliki banyak fitur, layanan Cloudflare juga memiliki berbagai kelebihan, antara lain:

  1. Cloudflare dapat menyembunyikan alamat IP asli dari web hosting. Hal ini dapat menghindari serangan hacker dan melindungi server dari serangan DDoS.
  2. Cloudflare dapat membuat cache web sehingga sumber daya untuk memuat situs menjadi lebih cepat dan beban server berkurang.
  3. Cloudflare memberikan perlindungan optimal terhadap serangan DDoS dengan mengubah aspek keamanan web.
  4. Jika situs Anda mengalami masalah dan tidak dapat diakses, Cloudflare akan terus melayani data cache sampai situs bisa diakses kembali.
  5. Jika registrar tidak memberikan pilihan untuk menambahkan DNS records, kita bisa menggunakan nameservers dari Cloudflare dan menambahkan host DNS records di sana.
  6. Cloudflare adalah layanan yang menawarkan fitur gratis jika ingin menambahkan beberapa domain sekaligus.
  7. Kita bisa memblokir akses situs dari wilayah atau negara tertentu jika kita mengalami banyak serangan dari negara-negara tersebut.
  8. Terakhir, Cloudflare menyediakan SSL gratis bagi pengguna yang dapat digunakan pada shared host. Penting untuk memiliki SSL Certificate karena dapat meningkatkan keamanan dan integritas website serta memperoleh kepercayaan dari pengunjung.

Penutup

Demikianlah panduan mudah yang empatpilar.com berikan mengenai cara purge clear cache Cloudflare yang telah kita bahas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian bisa memastikan bahwa pengunjung situs Kalian selalu mendapatkan konten terbaru dan tercepat dari server Kalian.

Baca Juga :  Sejarah Internet dan Manfaatnya Secara Lengkap

Selain itu, mengosongkan cache Cloudflare secara berkala juga membantu Kalian dalam mengurangi kemungkinan kesalahan atau masalah yang mungkin timbul akibat data lama yang tersimpan.

Jadi, jangan ragu untuk menerapkan panduan ini dan nikmati keuntungan dari performa situs web yang lebih baik serta pengalaman pengguna yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *