Pengertian Furniture

Pengertian Furniture : Fungsi dan Macam-Macam Furniture

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Furniture : Fungsi dan Macam-Macam Furniture. Dalam artikel ini, Kalian akan mempelajari pengertian furniture, fungsi dan jenis-jenisnya secara lengkap.

Nikmati perjalanan melalui dunia furnitur yang memikat ini untuk membantu Kalian membuat pilihan yang tepat untuk rumah atau kantor Kalian.

Siapa yang bisa hidup tanpa furniture? Tak ada yang bisa, kan? Furniture atau furnitur adalah elemen penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Apakah itu di rumah, kantor, atau tempat umum lainnya, furniture memiliki peran besar dalam mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi dengan ruang kita.

Furniture adalah objek yang dapat dipindahkan dan digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas manusia seperti duduk, tidur, atau menyimpan barang.

Sebagai tambahan, furniture juga digunakan untuk memegang objek pada ketinggian yang sesuai untuk bekerja (sebagai meja) atau untuk menyimpan barang (sebagai lemari dan rak).

Pengertian Furniture

Dalam terminologi bahasa Prancis, “furniture” berasal dari kata “fourniture”, yang pada gilirannya ditemukan dari kata “fournir”. Ini mengarah pada konsep perabotan rumah atau ruangan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa furniture merujuk pada perabotan rumah seperti meja, kursi, lemari, dan lainnya yang terletak dalam ruangan tertentu.

Pada zaman modern, variasi furniture sangat beragam, dan setiap negara memiliki karakteristik desain furniture uniknya sendiri.

Contohnya, di Indonesia, desain furniture kita cenderung menampilkan unsur artistik, dengan bahan dasar kayu yang kerap digunakan dalam pembuatan perabotan rumah. Kondisi ini tak terlepas dari kekayaan sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia, termasuk kayu.

Dalam pengertian lain, furniture diartikan sebagai mebel dan juga bisa dianggap sebagai perabot rumah. Furniture sering digunakan untuk menyimpan atau menempatkan barang, seperti dalam lemari, rak, atau laci.

Furniture juga sering dijadikan tempat untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti meja dan kursi. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai jenis furniture buatan lokal selalu diminati, baik oleh konsumen domestik maupun internasional.

Fungsi Furniture

Setelah memahami Pengertian Furniture, selanjutnya selain berfungsi sebagai alat penyimpanan dan media untuk melakukan aktivitas, furniture memiliki berbagai fungsi lain yang penting.

1. Sebagai Penyempurna Hunian

Furniture berperan penting dalam melengkapi dan memperindah suatu hunian atau tempat tinggal. Tanpa keberadaan furniture, sebuah rumah atau apartemen akan terasa kosong dan kurang nyaman.

2. Mendukung Aktivitas

Dalam konteks bangunan seperti perkantoran, furniture sangat berperan dalam mendukung aktivitas yang dilakukan. Misalnya, meja dan kursi yang nyaman akan mendukung produktivitas kerja karyawan.

3. Menambah Nilai Perusahaan

Furniture kantor yang berkualitas dan estetik bisa menambah nilai suatu perusahaan. Misalnya, mebel ruang kerja yang nyaman dan menarik dapat memotivasi karyawan, menciptakan suasana kerja yang positif dan mendukung produktivitas.

4. Membawa Estetika dan Nilai Seni

Furniture juga memiliki peran penting dalam aspek estetika dan nilai seni sebuah ruangan. Pemilihan furniture yang tepat dapat menciptakan nuansa dan atmosfer tertentu pada ruangan tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua furniture akan cocok dengan setiap desain interior. Oleh karena itu, sebelum membeli furniture, penting untuk mempertimbangkan apakah furniture tersebut cocok dengan desain interior ruangan dan apakah fungsi serta nilai seni furniture tersebut memenuhi kebutuhan ruangan tersebut.

Ini akan membantu memastikan bahwa furniture yang dipilih tidak hanya berfungsi dengan baik, tapi juga tampak estetis dan harmonis dengan ruangan tempatnya diletakkan.

Macam-Macam Furniture

Setelah mengerti Pengertian Furniture, berikutnya ada beragam jenis furnitur yang tersedia, oleh karena itu, sebelum membeli furnitur, kita sebaiknya memahami berbagai jenisnya. Dengan begitu, kita bisa mengetahui apa yang kita butuhkan saat membeli furnitur.

Pada artikel ini, dekorunik akan mengulas berbagai jenis furnitur berdasarkan konstruksinya. Karena jenis furnitur ini lah yang bisa menentukan kualitas perabotan tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis furnitur yang perlu Kalian ketahui.

1. Furnitur Mobile

Furnitur Mobile adalah tipe furnitur yang dikenal karena fleksibilitasnya, sebab perabotan ini bisa dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke lainnya.

Salah satu ciri khas furnitur Mobile adalah adanya roda pada bagian bawahnya, yang tentu saja memudahkan dalam memindahkannya.

Baca Juga :  Pengertian Plat Lantai : Fungsi dan Kelebihan Plat Lantai

Namun, meski fleksibel dan mudah dipindahkan, furnitur Mobile memiliki kelemahan tersendiri. Komponen roda pada furnitur ini cenderung cepat rusak, sebab sering digunakan dan menjadi titik tekanan saat perabotan dipindahkan. Oleh karena itu, penting bagi Kalian untuk memahami risiko ini sebelum memutuskan untuk membeli furnitur jenis ini.

2. Furnitur Knockdown

Furniture Knockdown adalah jenis furnitur yang fungsinya hampir sama dengan furnitur Mobile, yaitu sangat fleksibel untuk dipindahkan.

Jenis furnitur ini sangat sesuai untuk Kalian yang sering mengubah desain ruangan, sehingga proses pemindahan perabotan tidak akan terlalu merepotkan.

Ciri khas dari furnitur ini adalah komponen-komponennya yang bisa dibongkar pasang. Pada beberapa sudutnya, terdapat engsel yang memudahkan proses pembongkaran dan pemasangan kembali.

Namun, Kalian perlu berhati-hati jika menggunakan furnitur jenis ini dan sering membongkarnya. Hal ini karena engsel yang sering dibongkar pasang bisa lebih mudah rusak. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan hal ini sebelum memilih furnitur Knockdown.

3. Furnitur Free Standing

Jenis furnitur ini mungkin sudah tidak asing bagi kita, bahkan kita sering menggunakannya setiap hari.

Furnitur Free Standing berbeda dengan dua jenis furnitur sebelumnya, karena tidak bisa dibongkar pasang dan bersifat lebih permanen.

Meskipun bersifat permanen, furnitur ini masih dapat dipindahkan ke tempat lain. Namun, untuk beberapa perabotan yang besar, memindahkannya mungkin membutuhkan bantuan lebih banyak orang.

Beberapa contoh perabotan rumah tangga yang termasuk dalam kategori furnitur Free Standing adalah meja makan, sofa, dan lemari.

4. Furnitur Inflatable

Jika Kalian menginginkan perabotan yang minimalis atau tidak membutuhkan banyak ruang, Kalian bisa mencoba jenis furnitur ini.

Furnitur inflatable sangat sesuai untuk digunakan di rumah dengan konsep minimalis, karena setelah selesai digunakan, perabotan ini bisa dilipat untuk penyimpanannya.

5. Furnitur Built In

Furnitur Built In termasuk dalam kategori perabotan rumah tangga yang bersifat permanen, karena setelah dipasang, furnitur ini tidak dapat dipindahkan.

Biasanya, furnitur jenis ini dimanfaatkan untuk mengisi lahan sempit dengan perabotan. Misalnya, ruang kosong di bawah tangga bisa dibuat menjadi lemari penyimpanan. Oleh karena itu, furnitur ini bersifat permanen, karena desain dan pembuatannya disesuaikan dengan ruang yang tersedia.

Furnitur jenis ini sangat cocok bagi Kalian yang memiliki rumah dengan konsep minimalis, karena dapat memanfaatkan setiap ruang kosong untuk diisi perabotan.

Namun, sebelum memilih furnitur ini, Kalian harus mempertimbangkan dampak negatifnya. Karena setelah dipasang, furnitur ini tidak dapat dipindahkan. Kalian juga perlu mempertimbangkan desain yang digunakan, agar Kalian tidak berkeinginan untuk merubahnya di masa mendatang.

6. Furnitur Transformable

Bagi Kalian yang memiliki rumah minimalis dan ingin mengoptimalkan penggunaan ruang untuk perabotan rumah, sangat disarankan untuk menggunakan furnitur Transformable. Furnitur ini dikenal karena manfaatnya yang multifungsi.

Misalnya, kursi meja makan yang biasanya digunakan untuk duduk, dapat diubah bentuknya menjadi tangga. Atau tempat tidur yang bisa diubah menjadi sofa, dan masih banyak lagi.

Namun, tantangan dalam proses pembuatan furnitur ini adalah memerlukan keahlian khusus. Menggabungkan dua fungsi menjadi satu bentuk tidaklah mudah.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika furnitur seperti ini memiliki harga yang cukup tinggi. Tetapi, jangan khawatir, karena manfaat yang diberikan sebanding dengan harganya.

Apasih Furniture Yang Baik Itu?

Sudah memahami Pengertian Furniture kan? Nah Umumnya, furniture memiliki bentuk geometri yang mengandung sudut-sudut lancip yang berpotensi membahayakan orang-orang. Untuk mencegah hal ini, diperlukan adanya standar dalam proses pembuatan furniture agar tidak menimbulkan risiko yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa standar yang perlu dipenuhi agar furniture layak digunakan dan aman, khususnya untuk kantor:

1. Memenuhi standar nasional/internasional

Produsen furniture kantor harus memperhatikan hal ini sebelum memproduksi atau memasarkan produk mereka. Produk harus mendapatkan izin atau cap dari Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Standar Internasional (ISO).

2. Produk yang ramah bagi keluarga

Hal ini sangat penting karena anak-anak juga harus dapat menggunakan furniture tersebut tanpa risiko kecelakaan, luka, atau bahaya lainnya.

3. Standar material yang digunakan

Pemilihan material untuk membuat furniture perlu diperhatikan. Material tersebut harus diuji kekuatan dan ketahanannya terhadap sinar radiasi UV, tahan terhadap goresan, dapat didaur ulang, serta bebas dari CFC (Chlorofluorocarbon). Selain itu, penggunaan material tersebut perlu dilakukan dengan teknik penyelesaian yang baik.

4. Sesuai dengan standar ergonomi

Sebuah furniture tidak dapat dikatakan sebagai furniture jika tidak memenuhi standar ergonomi. Ergonomi harus diperhatikan agar dapat digunakan oleh semua orang (desain universal).

5. Memenuhi persyaratan keamanan

Sebelum diproduksi secara massal, furniture perlu diuji keamanannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau bahaya.

Baca Juga :  √ Pengertian Pasir Zeolit : Sifat dan Fungsi Pasir Zeolit

Jika produsen furniture tidak mengikuti anjuran atau persyaratan yang ditetapkan secara nasional atau internasional, dampaknya bisa sangat fatal.

Misalnya, konsumen dapat terluka dengan mudah dan kepercayaan mereka terhadap produsen tersebut akan hilang, sehingga mereka enggan untuk membeli furniture dari produsen tersebut.

Namun, jika produsen furniture mengikuti dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan secara nasional atau internasional, pengguna akan merasa aman, produsen furniture tersebut bisa dipercaya, dan konsumen akan memilih untuk membeli furniture dari produsen yang sama di masa mendatang.

Oleh karena itu, sebuah furniture yang baik harus memenuhi berbagai ketentuan seperti lulus uji standar nasional dan internasional, ramah bagi keluarga, menggunakan material yang sesuai, memenuhi standar ergonomi, serta memenuhi persyaratan keamanan.

Kesimpulan

Dalam rangkuman, furniture atau perabot rumah tangga memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Dari Pengertian Furniture, fungsi, hingga beragam jenis furniture, kita dapat melihat betapa beraneka dan pentingnya furniture dalam mendukung aktivitas dan kenyamanan di rumah.

Masing-masing furniture memiliki peran tersendiri sesuai dengan desain dan fungsinya, baik sebagai elemen dekoratif maupun penunjang fungsi dan efisiensi ruangan.

Pemilihan furniture yang tepat dapat mempengaruhi suasana, kenyamanan, bahkan produktivitas di dalam rumah.

Oleh karena itu, pemahaman tentang pengertian dan fungsi furniture, serta jenis-jenisnya sangatlah penting untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan fungsional.

Jangan ragu untuk selalu berkreasi dan eksplorasi berbagai macam furniture yang ada, sebab kenyamanan ruangan Kalian adalah prioritas utama.

Itu saja ulasan dari empatpilar.com mengenai Pengertian Furniture. Dengan demikian, ruangan Kalian bukan hanya sekedar ruang, tetapi juga sebuah tempat yang mewakili kepribadian dan gaya hidup Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *