Pengertian Kabel NYM

Pengertian Kabel NYM : Fungsi, Jenis dan Manfaat Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Kabel NYM : Fungsi, Jenis dan Manfaat Secara Lengkap. Temukan apa itu Pengertian Kabel NYM, jenis-jenisnya, manfaatnya, dan penggunaannya yang umum. Pelajari juga cara memilih dan merawat kabel NYM yang optimal untuk memastikan kinerja dan keamanan.

Halo, pembaca yang bersemangat! Selamat datang di artikel yang akan menjelajahi seluk-beluk dari Pengertian Kabel NYM.

Siapkan diri Kalian untuk belajar tentang apa, mengapa, dan bagaimana kabel NYM ini beroperasi.

Pengertian Kabel NYM adalah jenis kabel listrik yang digunakan dalam instalasi rumah, perkantoran, dan bangunan komersial lainnya.

Kabel ini memiliki keunggulan utama yaitu fleksibilitas tinggi dan resistensi terhadap berbagai kondisi lingkungan.

Dengan tiga atau lebih konduktor tembaga di dalam lapisan isolasi PVC, Kabel NYM dirancang untuk memberikan hasil yang optimal di lingkungan kering dan basah. Namun, kabel ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan di bawah tanah atau air.

Pengertian Kabel NYM

Kabel NYM merupakan tipe kabel yang sering kita jumpai digunakan di area perumahan dan gedung.

Kabel ini sangat fleksibel untuk berbagai lingkungan, baik itu untuk instalasi di dalam ruangan maupun pada lingkungan luar yang kering atau lembab.

Salah satu keunikan dari kabel NYM adalah memiliki lebih dari satu inti. Sebagai contoh, kabel NYM dapat memiliki 2, 3, atau bahkan 4 inti. Selain itu, kabel NYM dilengkapi dengan dua lapisan isolator.

Lapisan isolator pertama berada di bagian dalam kabel, berfungsi melindungi setiap inti kabel. Sedangkan lapisan isolator kedua, atau yang biasa disebut jaket pelindung, berada di bagian luar kabel. Lapisan isolator ini umumnya dibuat dari material PVC.

Kode yang tertera pada kabel NYM memiliki makna sebagai berikut:

  • N: Ini berarti kabel tersebut memiliki standar yang memadai dengan komponen konduktor berbahan inti tembaga.
  • Y: Ini berarti kabel tersebut memiliki lapisan pelindung yang dibuat dari PVC.
  • M: Ini berarti selubung kabel tersebut dibuat dari material PVC.

Bagian-Bagian Kabel NYM

Kabel NYM digunakan untuk berbagai keperluan listrik dan instalasi. Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa bagian kabel NYM yang perlu diketahui oleh semua orang.

1. Konduktor

Konduktor adalah bagian paling penting dari kabel NYM karena berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari sumber ke perangkat yang membutuhkan daya.

Konduktor kabel NYM tersedia dalam berbagai ukuran, tergantung pada arus listrik yang diperlukan dan jarak yang harus dilalui.

Bahan konduktor yang umum digunakan adalah tembaga karena memiliki konduktivitas listrik yang baik.

Namun, untuk aplikasi yang membutuhkan kabel yang lebih fleksibel, aluminium dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih ekonomis, meskipun konduktivitasnya lebih rendah.

2. Isolasi PVC

Bagian kabel NYM dengan isolasi PVC adalah komponen penting dalam instalasi listrik rumah tangga.

Kabel NYM terdiri dari beberapa konduktor tembaga yang dilapisi isolasi PVC berwarna putih dan dilengkapi dengan lapisan pelindung luar PVC berwarna abu-abu.

3. Selubung

Selubung luar dan dalam pada kabel NYM merupakan bagian penting untuk melindungi kabel dari kerusakan dan gangguan eksternal.

Selubung luar terbuat dari bahan PVC yang kuat dan tahan lama, sehingga dapat melindungi kabel dari kontak dengan air, debu, dan kerusakan mekanis.

Selubung dalam terdiri dari beberapa lapisan, termasuk isolasi kabel, penahan suhu, dan penguat, yang berfungsi untuk melindungi kabel dari kebocoran arus dan panas berlebihan.

Kabel dengan selubung luar dan dalam yang baik akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap lingkungan eksternal, meningkatkan umur pakai kabel, serta mencegah kerusakan atau kecelakaan listrik.

4. Lapisan Pembungkus Inti

Lapisan pembungkus inti terbuat dari bahan PVC yang fleksibel dan tahan terhadap gesekan. Selain itu, lapisan ini juga mampu menahan panas dan api sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran.

Fungsi Kabel NYM

Setelah memahami Pengertian Kabel NYM, selanjutnya kabel NYM memiliki peran yang penting dalam instalasi listrik. Berikut ini adalah beberapa fungsi kabel NYM yang perlu diketahui:

1. Menghantarkan Listrik

Fungsi utama kabel NYM adalah menghantarkan daya listrik dari sumber listrik, seperti PLN, ke berbagai perangkat listrik di dalam gedung atau bangunan.

Kabel NYM mampu menghantarkan listrik dengan tegangan kerja maksimal 450/750V AC.

2. Melindungi Jalur Kelistrikan

Kabel NYM dilapisi dengan bahan isolasi PVC berwarna hitam dan dilindungi dengan lapisan pelindung kain untuk melindungi kawat tembaga di dalamnya dari kerusakan fisik dan pengaruh lingkungan eksternal, seperti kelembaban dan debu.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Solder dan Fungsinya : Ketahui Secara Lengkap

Kabel ini juga memberikan perlindungan terhadap bahaya arus listrik yang dapat timbul akibat korsleting atau hubungan pendek.

3. Menghindari Gangguan Interferensi Listrik

Kabel NYM dirancang dengan konstruksi yang dapat menghindari gangguan interferensi listrik yang mungkin terjadi pada kabel.

Dalam instalasi listrik yang kompleks, interferensi listrik dapat menyebabkan gangguan pada perangkat listrik, sehingga penggunaan kabel NYM dapat membantu mengurangi risiko terjadinya gangguan tersebut.

4. Memudahkan Instalasi Listrik

Kabel NYM dapat dipasang dengan mudah dan cepat, sehingga sering digunakan dalam instalasi listrik di rumah atau bangunan dengan sistem listrik yang sederhana.

Selain itu, kabel NYM juga memiliki fleksibilitas yang baik sehingga dapat dipasang di berbagai jenis ruangan atau bangunan.

Secara keseluruhan, kabel NYM memiliki fungsi penting dalam instalasi listrik dan menjadi pilihan yang tepat untuk instalasi listrik yang sederhana, seperti di rumah, kantor, atau bangunan dengan sistem listrik tegangan rendah hingga menengah.

Arti Kode Kabel NYM

Kabel NYM memiliki kode dan simbol tertentu pada labelnya yang memberikan informasi tentang spesifikasi dan karakteristik kabel tersebut.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai arti kode/simbol pada kabel NYM dan labelnya:

1. Kode NYM

Kode NYM merujuk pada jenis kabel dengan isolasi PVC dan lapisan pelindung kain. NYM adalah singkatan dari “Not-Armed, PVC-Insulated, and PVC-Sheathed Cable”, yang berarti kabel yang tidak berlapis baja, berisolasi PVC, dan dilapisi PVC.

2. Ukuran Kabel

Ukuran kabel pada kabel NYM biasanya ditunjukkan dengan huruf setelah kode NYM. Misalnya, NYM 2.5 mm² berarti kabel NYM dengan ukuran penampang 2,5 mm². Kabel NYM tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1,5 mm² hingga 16 mm².

3. Tegangan Kerja

Tegangan kerja kabel NYM ditunjukkan dengan dua angka pada label kabel, seperti 300/500V atau 450/750V.

Angka pertama menunjukkan tegangan kerja maksimal dalam kondisi listrik AC, sedangkan angka kedua menunjukkan tegangan kerja maksimal dalam kondisi listrik DC.

4. Konstruksi Kabel

Konstruksi kabel pada kabel NYM ditunjukkan dengan huruf setelah ukuran kabel. Misalnya, NYM 2.5 mm² C berarti kabel NYM dengan ukuran penampang 2,5 mm² dan konstruksi kabel berinti tunggal (C). Konstruksi kabel pada kabel NYM dapat berupa berinti tunggal (C) atau berinti banyak (S).

5. Sertifikasi

Kabel NYM yang telah lulus uji sertifikasi akan memiliki tanda sertifikasi pada labelnya, seperti tanda SNI atau tanda CE.

Tanda sertifikasi ini menunjukkan bahwa kabel telah memenuhi standar kualitas dan keselamatan yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi.

Secara keseluruhan, kode/simbol pada kabel NYM dan labelnya sangat penting untuk memilih kabel yang sesuai dengan instalasi listrik.

Informasi ini membantu dalam menentukan ukuran kabel yang diperlukan, tegangan kerja yang aman, serta konstruksi dan sertifikasi yang dibutuhkan untuk memastikan kinerja dan keselamatan kabel yang optimal.

Jenis-Jenis Kabel NYM

Masih dalam pembahasan Pengertian Kabel NYM, nah kabel NYM adalah kabel listrik yang dilengkapi dengan isolasi dan lapisan pelindung. Ada beberapa jenis kabel NYM berdasarkan jumlah inti dan penggunaannya:

1. Kabel NYM 2 inti

Kabel ini terdiri dari dua konduktor atau inti dan digunakan untuk mengalirkan listrik pada aplikasi yang membutuhkan dua fase.

Biasanya digunakan dalam instalasi listrik rumah tangga, seperti untuk stopkontak, saklar, dan lampu.

2. Kabel NYM 3 inti

Kabel ini terdiri dari tiga konduktor atau inti dan digunakan untuk mengalirkan listrik pada aplikasi yang membutuhkan tiga fase.

Biasanya digunakan dalam instalasi listrik untuk industri, gedung bertingkat, atau bangunan yang membutuhkan pasokan listrik yang besar.

3. Kabel NYM 4 inti

Kabel ini terdiri dari empat konduktor atau inti dan digunakan untuk mengalirkan listrik pada aplikasi yang membutuhkan tiga fase dan satu netral.

Biasanya digunakan dalam instalasi listrik untuk peralatan listrik seperti mesin pengelasan atau peralatan laboratorium.

4. Kabel NYM 5 inti

Kabel ini terdiri dari lima konduktor atau inti dan digunakan untuk mengalirkan listrik pada aplikasi yang membutuhkan tiga fase, satu netral, dan satu kabel tanah.

Biasanya digunakan dalam instalasi listrik untuk mesin besar atau instalasi listrik pada gedung bertingkat.

5. Kabel NYM 7 inti

Kabel ini terdiri dari tujuh konduktor atau inti dan digunakan untuk mengalirkan listrik pada aplikasi yang membutuhkan tiga fase, tiga netral, dan satu kabel tanah.

Biasanya digunakan dalam instalasi listrik untuk mesin industri atau instalasi listrik pada gedung yang sangat besar.

Setiap jenis kabel NYM memiliki kegunaan yang berbeda tergantung pada kebutuhan instalasi listrik yang dilakukan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami kebutuhan listrik pada proyek tertentu sebelum memilih jenis kabel NYM yang sesuai. Selain itu, perlu juga memastikan bahwa pemilihan kabel sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Manfaat dan Kegunaan Kabel NYM

Nah ketika kalian sudah memahami Pengertian Kabel NYM, selanjutnya ketahui juga manfaat dan kabel NYM. Kabel NYM adalah jenis kabel yang biasanya digunakan dalam instalasi listrik rumah tangga dan bangunan komersial karena memiliki beberapa manfaat dan kegunaan yang penting.

Baca Juga :  10 Ampere Berapa Watt? Ini Penjelasannya

Berikut beberapa manfaat dan kegunaan Kabel NYM:

1. Media Penghantar Arus Listrik

Fungsi utama dari kabel NYM adalah sebagai media penghantar arus listrik dari sumber ke peralatan listrik.

Kabel ini dirancang untuk menahan beban listrik tertentu sehingga aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

2. Dapat Dipasang Dimana Saja

Kabel NYM dapat dipasang langsung pada dinding, atap, atau lantai karena memiliki lapisan isolasi yang cukup tebal. Ini membuat kabel NYM menjadi solusi yang efisien untuk instalasi listrik di rumah atau bangunan.

3. Harga Terjangkau

Kabel NYM cenderung lebih murah dibandingkan dengan jenis kabel lainnya. Ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk instalasi listrik.

4. Tahan Terhadap Kondisi Lembab

Kabel NYM dapat digunakan dalam kondisi yang lembab atau basah, asalkan diberikan pelindung tambahan seperti pipa kedap air.

Ini sangat berguna untuk instalasi listrik di lokasi yang sering terkena air atau kelembaban tinggi, seperti kamar mandi atau dapur.

5. Mudah Ditemukan

Kabel NYM mudah ditemukan di pasaran, baik toko bangunan fisik maupun toko online. Ini memudahkan ketika Anda membutuhkan kabel tersebut untuk instalasi listrik.

6. Bermacam Ukuran

Kabel NYM tersedia dalam berbagai ukuran, sesuai dengan kebutuhan beban listrik yang akan dialiri. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih ukuran kabel yang paling tepat untuk kebutuhan spesifik kalian.

Penutup

Sebagai penutup, kami berharap Kalian sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu kabel NYM, fungsi utamanya, jenis-jenis yang tersedia, dan manfaat yang ditawarkannya.
Dengan demikian, Kalian dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang kapan dan di mana harus menggunakan kabel NYM dalam proyek Kalian.

Ingatlah bahwa selalu penting untuk memilih tipe kabel yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik Kalian untuk memastikan keamanan dan efisiensi.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Pengertian Kabel NYM ini, bisa memberikan wawasan yang bermanfaat dan mendalam tentang kabel NYM dan membantu Kalian memahami perannya yang penting dalam dunia kelistrikan.

Terima kasih telah menyimak dan jangan ragu untuk menghubungi kami jika Kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *