Pengertian Resistor Film Metal

Pengertian Resistor Film Metal, Spesifikasi Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Resistor Film Metal, Spesifikasi Serta Kelebihan dan Kekurangannya. Pengertian Resistor Film Metal adalah komponen elektronik yang sangat penting dalam berbagai aplikasi listrik dan elektronik.

Resistor Film Metal adalah tipe resistor yang terbuat dari film logam yang dibungkus pada substrat keramik atau fiberglass. Resistor ini memiliki nilai resistansi yang tetap dan stabil pada rentang suhu yang luas.

Karena itu, resistor film metal sering digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan toleransi resistansi yang ketat dan kestabilan termal yang tinggi.

Artikel ini akan membahas secara rinci tentang Pengertian Resistor Film Metal, cara kerjanya, jenis-jenisnya, serta aplikasi umumnya.

Kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang resistor film metal. Jadi, mari kita mulai.

Pengertian Resistor Film Metal

Resistor film logam atau resistor film metal adalah resistor yang terbuat dari lapisan tipis logam yang dideposisikan pada bekas keramik.

Seperti namanya, cara kerja resistor ini sama seperti kawat resistansi. Namun, karena ketebalan, lebar, dan panjang dapat dikontrol secara akurat, resistor film logam dapat diproduksi dengan toleransi yang tinggi.

Keunggulan lain dari resistor metal film adalah stabilitas jangka panjangnya yang baik karena dapat berusia lebih lama dan dilindungi oleh lapisan metal sehingga tidak mengalami degradasi dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, resistor film logam menjadi pilihan populer untuk resistor aksial bertimbal dan digunakan dalam jumlah besar.

Konstruksi dan Pembuatan Resistor Film Metal

Setelah mengetahui Pengertian Resistor Film Metal selanjutnya Konstruksi dan Pembuatan Resistor Film Metal. Resistor film metal diproduksi dengan menempatkan lapisan logam pada batang silinder keramik yang memiliki kemurnian tinggi. Semakin tebal lapisan film metal yang ditempatkan, semakin stabil nilai resistornya.

Biasanya, ketebalan film antara 50 hingga 250 nm digunakan karena ketebalan material pada kisaran tersebut cenderung memberikan tingkat stabilitas jangka panjang yang lebih besar.

Beberapa teknik yang berbeda dapat digunakan untuk membuat resistor film metal, namun yang paling umum adalah sputtering.

Metal yang umumnya digunakan adalah nikel kromium (NiCr), tetapi metal lain seperti emas dengan platinum atau tantalum nitrida dapat digunakan untuk aplikasi khusus.

Setelah film diendapkan, tutup ujung logam ditekan ke atas logam yang diendapkan untuk membuat kontak dengan film resistif dan memiliki lead incorporated.

Tahap selanjutnya adalah memangkas nilai resistensi ke angka yang diperlukan. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan laser untuk memotong heliks ke dalam film metal.

Proses ini memperpanjang panjang elemen metal dan mengurangi lebar jalur pembawa saat ini, sambil tetap menjaga ketebalan material yang tersimpan pada kisaran optimal untuk stabilitas jangka panjang.

Keakuratan pemangkasan laser berarti bahwa resistor film metal dapat dibuat dengan toleransi yang sangat dekat.

Toleransi 0,1%, 0,25%, 0,5%, 1%, dan 2% tersedia. 1% dan 2% adalah yang paling banyak tersedia dan toleransi yang ketat ini memungkinkan sirkuit mempertahankan keulangan yang baik dari satu unit ke unit berikutnya.

Resistor film metal juga mempertahankan koefisien resistansi suhu yang baik, biasanya turun antara 50 hingga 100 ppm/°K.

Tahap terakhir dalam pembuatan resistor film metal adalah menambahkan lapisan pelindung dan tanda-tanda. Lapisan pelindung biasanya terdiri dari resin yang ditambahkan dalam beberapa lapisan yang dipanggang secara individual.

Gelang warna juga ditambahkan sebagai penanda nilai resistor film metal dan karakteristik terkait lainnya.

Aplikasi dan Penggunaan Resistor Film Metal

Resistor bertimbal film metal saat ini hampir menjadi standar yang digunakan karena biaya, keandalan, dan ketersediaan produk yang baik.

Resistor ini menawarkan toleransi yang tinggi serta memberikan stabilitas jangka panjang yang baik dan koefisien resistansi suhu yang baik sehingga dapat digunakan dengan keyakinan untuk sebagian besar aplikasi.

Baca Juga :  Contoh Cara Menghitung Nilai Resistor Secara Lengkap

Namun, saat menggunakan resistor ini, baiknya dioperasikan di bawah rating maksimum mereka.

Ini adalah prosedur standar untuk setiap desain dan seringkali dapat dijalankan pada maksimum 50 hingga 60% dari rating maksimum mereka.

Karena ukuran dan konstruksinya, resistor film logam tidak cocok untuk aplikasi di mana mungkin terjadi transien gelombang. Resistor komposisi karbon lebih cocok karena dapat mentolerir transien yang jauh lebih baik.

Juga, karena potongan heliks untuk memotong resistensi, resistor ini mungkin sedikit induktif.

Meskipun ini baik untuk sebagian besar aplikasi, kinerja mereka mungkin terpengaruh oleh induktansi yang disebabkan oleh heliks ketika memotong pada wilayah microwave.

Namun, untuk frekuensi ini, resistor pemasangan permukaan mungkin lebih cocok untuk digunakan dalam aplikasi ini.

Keuntungan lain dari resistor film metal adalah mereka menghasilkan tingkat kebisingan yang rendah karena konstruksi dan teknologi yang mereka gunakan.

Spesisfikasi Resistor Metal Film

Setelah mengetahui Pengertian Resistor Film Metal, berikutnya adalah spesifikasi resistor film metal:

  1. Nilai toleransi ±0,1%, ±0,25%, ±0,5%, ±1%, & ±2%
  2. Nilai resistansi berkisar dari kurang dari 1Ω hingga 10MΩ
  3. Suhu operasi maksimum resistor adalah 175°C
  4. Umur beban (% perubahan lebih dari 1000 jam) adalah 1
  5. Koefisien tegangan 0,0%/V
  6. Noise maksimum adalah 0,2 V/V
  7. Koefisien suhu ±50 hingga ±100 ppm/°C

Kode Warna Resistor Metal Film

Umumnya, kode warna untuk resistor film logam terdiri dari tiga pita warna untuk menunjukkan nilai resistensi, dan pita keempat untuk menunjukkan toleransi.

Dua pita pertama menunjukkan dua digit pertama dari nilai resistensi, sedangkan pita ketiga menunjukkan jumlah nol setelah digit pertama tersebut.

Contohnya, jika pita ketiga berwarna merah, maka nilai resistensi memiliki dua angka nol setelah dua digit pertama.

Sedangkan jika pita ketiga berwarna emas, maka nilai resistensi memiliki lima angka nol setelah dua digit pertama.

Pita keempat menunjukkan toleransi dalam persen. Pita coklat atau merah mewakili toleransi 1%, sedangkan pita emas atau perak mewakili toleransi 10%.

Selain itu, jika ada pita tambahan, biasanya menunjukkan koefisien suhu. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada pabrikan dan nomor suku cadang.

Kelebihan Resistor Film Metal

Setelah mengetahui Pengertian Resistor Film Metal, berikutnya adalah beberapa kelebihan dari resistor jenis metal film:

1. Presisi tinggi

Teknologi pemotongan laser yang digunakan dalam pembuatan resistor metal film memberikan nilai resistansi yang lebih presisi dan akurat. Keakuratan nilai resistansi ini sangat diperlukan dalam rangkaian yang membutuhkan tingkat kinerja yang tinggi.

2. Tingkat noise rendah

Resistor metal film memiliki tingkat noise yang kecil karena menggunakan bahan metal. Hal ini sangat bermanfaat untuk rangkaian yang memproses frekuensi dan sistem digital.

3. Stabilitas yang lebih baik

Lapisan metal film pada resistor menggunakan substrat keramik yang memiliki kemurnian yang baik sehingga tidak terjadi oksidasi pada permukaan resistor. Keuntungan ini memberikan kehandalan dan stabilitas resistansi yang baik pada resistor.

4. Peringkat daya besar

Resistor metal film dirancang dengan peringkat daya tinggi, sehingga cocok digunakan untuk berbagai keperluan.

Kekurangan Resistor Film Metal

Berikut adalah beberapa kekurangan dari resistor film metal:

1. Harga lebih mahal

Resistor film metal memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan resistor jenis lainnya.

2. Peringkat daya maksimal hanya 3 Watt

Resistor film metal memiliki peringkat daya maksimal yang terbatas hanya sebesar 3 Watt.

3. Sensitif terhadap perubahan suhu

Resistor film metal sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Hal ini dapat menyebabkan nilai resistansi menjadi tidak stabil.

4. Tidak tahan terhadap lonjakan arus yang tiba-tiba

Resistor film metal tidak tahan terhadap lonjakan arus yang tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada resistor.

5. Tidak cocok digunakan pada sirkuit frekuensi tinggi

Resistor film metal tidak cocok digunakan pada sirkuit frekuensi tinggi karena dapat mempengaruhi kinerja rangkaian.

Kesimpulan

Dalam rangkaian elektronik, resistor merupakan salah satu komponen penting yang digunakan untuk mengontrol aliran arus listrik.

Pengertian Resistor Film Metal adalah salah satu jenis resistor yang menggunakan teknologi pemotongan laser untuk menghasilkan nilai resistansi yang presisi dan akurat.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Resistor, Ketahui Sebelum Menggunakannya

Meskipun memiliki kelebihan dalam presisi nilai resistansi, tingkat noise rendah, stabilitas yang baik, dan peringkat daya yang tinggi, resistor film metal juga memiliki beberapa kekurangan seperti harga yang lebih mahal, sensitif terhadap perubahan suhu, dan tidak cocok digunakan pada sirkuit frekuensi tinggi.

Dalam penggunaannya, penting untuk memperhatikan karakteristik dan kecocokan resistor film metal dengan kebutuhan rangkaian elektronik.

Dengan memahami pengertian dan karakteristik dari resistor film metal, diharapkan dapat membantu dalam pemilihan dan penggunaan resistor yang tepat dalam rangkaian elektronik..

Demikian ulasan yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Pengertian Resistor Film Metal. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *