Pengertian Input Output

Pengertian Input Output dan Contohnya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Input Output – Perangkat input dan output merupakan bagian dari sistem mikroprosesor dan memiliki fungsi yang sama pentingnya dalam sebuah komputer. Tanpa kedua perangkat ini, komputer tidak akan dapat bekerja. Jika processor adalah otak dari komputer, maka kedua perangkat ini (input dan output) adalah bagian tubuh dari komputer yang berfungsi untuk mendukung proses pengolahan data (input). Perangkat input dan output atau sering disebut dengan istilah I/O memiliki tugas yang berbeda, perangkat input bertugas untuk menerima dan menyalurkan perintah yang masuk dan kemudian akan diproses. Sedangkan untuk perangkat output berfungsi dalam menampilkan hasil proses masukan. Semakin banyak I/O yang digunakan, maka kinerja komputer akan semakin cepat.

Input dan output juga istilah yang umum digunakan dalam komputer. Input merujuk pada proses dimana perangkat tambahan, seperti keyboard, mouse, atau scanner, terhubung ke komputer melalui port yang tersedia dan mentransfer data dari luar ke dalam komputer untuk diolah oleh mikroprosesor. Output merujuk pada data yang dihasilkan oleh komputer, seperti dokumen cetak, data grafis, atau data audio dan video. Perangkat output, seperti monitor atau printer, digunakan untuk menampilkan atau mencetak data yang telah diproses oleh mikroprosesor.

Pengertian Input Output

Berikut Pengertian dari input dan output yang pelu kalian ketahui secara umum:

1. Pengertian Input

Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat Input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor

2. Pengertian Output

Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinput menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat Output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

Beberapa Contoh Perangkat Input

1. Keyboard

Keyboard ada dalam berbagai macam untuk terhubung ke komputer, bisa berupa USB atau wireless dan ada juga yang menggunakan bluetooth. Keyboard ini memiliki fungsi sebagai perangkat input untuk memasukkan perintah seperti simbol, teks, atau angka.

2. Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk menggerakkan cursor atau pointer di layar monitor komputer. Mouse biasanya terhubung melalui USB atau wireless.

3. Joystick

Joystick juga merupakan salah satu perangkat input yang memiliki bentuk tongkat yang dapat digerakkan ke segala arah. Joystick memiliki beberapa fungsi, di antaranya untuk bermain game dan juga dapat digunakan untuk implementasi pada kursi roda bermotor.

4. Scanner

Perangkat ini kerjanya mirip dengan mesin foto copy yang berfungsi untuk menyalin objek atau mengcopy grafik, teks, atau gambar dalam bentuk digital. Scanner juga ada dalam beberapa macam, di antaranya: Handy Scanner, Flatbed Scanner, dan PSC Scanner.

Baca Juga :  Ketahui, Perbedaan PLC Modular dan Compact Secara Jelas

5. Light Pen

Light Pen adalah perangkat input yang digunakan untuk keperluan menggambar teknis atau grafis di komputer. Cara kerja komputer untuk membaca light pen adalah dengan menggunakan sensor yang dimilikinya.

Beberapa Contoh Perangkat Output

1. Printer

Printer adalah salah satu perangkat output device komputer yang fungsinya adalah untuk mencetak hasil dari proses atau perintah komputer dalam bentuk kertas. Hasil cetakan bisa berupa gambar atau tulisan, tergantung pada media cetaknya. Printer ada dalam beberapa macam, di antaranya: Printer Laserjet, Printer Inkjet, dan Printer Dotmatrik.

2. Monitor

Monitor merupakan perangkat output device yang menampilkan data atau informasi secara grafis di layar CPU atau Central Processing Unit. Monitor umumnya menampilkan data atau informasi dalam bentuk tampilan grafis sehingga pengguna dapat melihat apa yang sedang diolah oleh komputer melalui layar monitor. Ada beberapa jenis monitor, di antaranya: Monitor LED, Monitor CRT, dan Monitor LCD.

3. Speaker

Speaker adalah perangkat output device yang berfungsi untuk mengeluarkan informasi dari hasil pemrosesan CPU yang berupa audio atau suara.

4. Plotter

Plotter adalah salah satu perangkat yang pertama kali mampu mencetak gambar dalam ukuran besar, seperti gambar engineering dan arsitektur. Plotter mencetak gambar dengan menggunakan pena tinta. Fungsi plotter sama dengan printer, hanya saja plotter mampu mencetak gambar dalam ukuran yang lebih besar.

 

Demikian ulasan mengenai Pengertian Input dan Output dan Contohnya Secara Lengkap, semoga mudah kalian pahami dan bisa menambah wawasan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *