Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited

Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited : Pahami dengan Baik

Posted on

Empat Pilar – Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited : Pahami dengan Baik. Pelajari perbedaan antara Unmetered dan Unlimited dalam dunia hosting, dan temukan layanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, perbedaan antara Unmetered dan Unlimited menjadi topik yang sering diperdebatkan dalam dunia hosting.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan pemahaman yang baik tentang perbedaan ini akan membantu Kalian memilih layanan yang paling cocok dengan kebutuhan Kalian.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Unmetered dan Unlimited, dan menjawab pertanyaan yang sering diajukan seputar topik ini.

Pengertian Bandwidth

Sebelum memahami Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited, Kalian harus memahami Apa itu Bandwidth?. Pengertian bandwidth secara lengkap adalah jumlah kapasitas maksimum dalam proses pertukaran data antara server dan client, yang diukur dalam bit per detik (bps).

Artinya, bandwidth merupakan besaran transfer maksimum yang dapat dilakukan dalam satu waktu tertentu.

Namun, dalam terminologi website, pengertian bandwidth memiliki sedikit perbedaan. Bandwidth pada website merujuk pada kapasitas data atau pengguna yang dapat mengakses website tersebut.

Semakin tinggi kapasitas bandwidth yang dimiliki, semakin banyak pengguna yang dapat mengakses website dengan lancar.

Sebaliknya, semakin rendah kapasitas bandwidth, semakin sedikit pengguna yang dapat mengakses website dengan baik, dan dapat menyebabkan masalah seperti loading yang lambat.

Penting bagi pemilik website untuk memperhatikan kapasitas bandwidth yang dimiliki. Semakin besar kapasitas bandwidth, semakin cepat pertukaran data yang dapat terjadi dalam satu waktu.

Satuan ukuran bandwidth adalah Mbps (Megabit Per Second). Sebagai contoh, jika kapasitas bandwidth adalah 1000 Mbps, maka jumlah data maksimum yang dapat masuk dan mengakses website adalah 1000 Mbps per detik.

Perlu diingat bahwa bandwidth hanya berhubungan dengan kapasitas data yang dapat masuk dalam hitungan detik, dan tidak memiliki korelasi dengan kecepatan internet.

A. Pengertian Unmetered Bandwidth

Unmetered bandwidth adalah bandwidth tanpa batasan yang diinginkan. Dalam hal ini, seperti namanya, jumlah transfer data tidak dipantau.

Jadi, jika Kalian memiliki paket unmetered bandwidth 50 Mbps, kecepatan Kalian dibatasi pada 50 Mbps dan hanya itu.

Kalian dapat mentransfer data pada 50 Mbps tanpa batasan berapa banyak data yang Kalian transfer. Ini tidak diukur.

Hal ini seperti mendapatkan paket broadband tanpa batasan data. Jika Kalian memilih paket 50 Mbps, Kalian dapat menggunakannya sepanjang hari dan tidak ada biaya tambahan untuk itu.

Inti dari rencana tak terukur adalah harga tetap sederhana untuk kecepatan tertentu. Kalian tidak perlu khawatir tentang berapa banyak data yang ditransfer oleh server Kalian.

Jika perusahaan hosting menawarkan unmetered bandwidth berarti mereka menawarkan jumlah bandwidth yang ditetapkan (misalnya, 1Gbps) yang dapat Kalian gunakan sebanyak yang Kalian suka. Kecepatan server maksimum terbatas tetapi jumlah data yang dapat Kalian transfer tidak.

Perbedaan antara unmetered bandwidth dan metered bandwidth mudah dilihat. Dengan hosting terukur, jumlah data yang Kalian gunakan dipantau oleh penyedia hosting dan Kalian ditagih sesuai dengan jumlah tersebut setiap bulan (semakin banyak pengunjung situs yang Kalian miliki, semakin banyak biaya yang akan dikenakan).

Unmetered hosting tidak dimonitor (tidak ada batasan jumlah data yang dapat Kalian transfer), hanya kecepatan di mana Kalian dapat mentransfernya.

Alih-alih ditagih untuk berapa banyak data yang Kalian gunakan, Kalian selalu ditagih satu tarif tetap yang dapat diprediksi.

Kelebihan dan Kekurangan Unmetered Bandwidth

Ada beberapa manfaat utama dari unmetered bandwidth, salah satunya adalah menjadi satu-satunya pengguna sumber daya server Kalian.

Kalian dan perusahaan Kalian dapat mengontrol dan mengelola semua yang disimpan di server. Ini akan mengurangi waktu downtime karena sistem tidak dibagikan.

Selain itu, pengguna spesifik Kalian yang mengakses informasi akan dapat melakukannya dengan kecepatan penuh.

Unmetered bandwidth juga dapat membantu meningkatkan keamanan. Perusahaan Kalian akan dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke server karena server yang didedikasikan hanya untuk Kalian.

Kalian bahkan dapat mengontrol alamat IP mana yang dapat mengakses server tersebut. Semua kontrol yang dapat disesuaikan ini tentu dapat meningkatkan keamanan.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Alamat IP Website dengan Mudah & Cepat

Namun, ada beberapa kelemahan dari unmetered bandwidth. Yang pertama adalah biaya. Sama seperti dedicated server, unmetered bandwidth lebih mahal.

Sebuah dedicated server biasanya digunakan oleh satu perusahaan untuk mengelola situs mereka. Ada biaya tambahan yang mungkin terkait dengan unmetered bandwidth dan dedicated server.

Oleh karena itu, unmetered bandwidth akan lebih mahal bagi pelanggan yang mencarinya.

B. Pengertian Unlimited Bandwidth

Banyak perusahaan hosting mengklaim menawarkan “unlimited” bandwidth sebagai opsi terbaik.

Kita juga suka hal-hal seperti streaming film tak terbatas dan buffet makanan tak terbatas, jadi ketika ada penawaran bandwidth tak terbatas, kita mengharapkan sesuatu yang tidak terbatas.

Namun, hal pertama yang harus diketahui tentang unlimited bandwidth adalah bahwa itu tidak benar-benar tak terbatas.

Selalu ada faktor pembatas. Untuk satu, kecepatan juga terbatas. Jadi, Kalian tidak akan mendapatkan kecepatan yang benar-benar tak terbatas – itu tidak ada. Kecepatan selalu terbatas pada paket apapun yang Kalian pilih.

Bagian “unlimited” pada unlimited bandwidth adalah batas transfer atau setidaknya seharusnya seperti itu.

Paket unlimited bandwidth adalah paket metered bandwidth dengan batas transfer yang lebih tinggi untuk jumlah data yang dapat Kalian transfer.

Jadi, pada koneksi terukur, jika Kalian memiliki batas data 100 GB, unlimited bandwidth mungkin memiliki batas transfer 500 GB.

Namun, perusahaan hosting tidak mengungkapkannya secara jelas. Sebaliknya, mereka mengandalkan fakta bahwa Kalian tidak akan pernah menggunakan 500 GB, yang sebenarnya mungkin saja terjadi.

Oleh karena itu, dengan paket unlimited bandwidth, Kalian harus memperhatikan batasan data yang sebenarnya di sana.

Jadi, meskipun unlimited bandwidth terdengar menarik, pastikan Kalian memahami batasan data yang sebenarnya sebelum memilih paket tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Unlimited Bandwidth

Unlimited bandwidth juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan pertama dari unlimited bandwidth adalah akses yang mudah ke server tanpa batasan penggunaan bandwidth. Ini berguna jika perusahaan memiliki beberapa situs di bawah server yang sama.

Keuntungan kedua dari unlimited bandwidth adalah kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Kalian.

Lebih banyak lalu lintas ke situs perusahaan dapat memberi kesempatan lebih banyak untuk menawarkan dan menjual produk atau jasa.

Meskipun ini tidak menjamin peningkatan penjualan, perusahaan memiliki lebih banyak peluang untuk mencapai tujuan tersebut.

Namun, unlimited bandwidth juga memiliki beberapa kelemahan. Unlimited bandwidth biasanya terkait dengan shared server yang memiliki lebih banyak pengguna.

Semakin banyak pengguna di server, semakin besar kemungkinan kekurangan customer support. Jika terjadi masalah pada salah satu server, mungkin ada antrian panjang untuk bantuan teknis.

Mempunyai unlimited bandwidth juga dapat menimbulkan biaya tambahan. Kalian mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk unlimited disk space, layanan domain, bandwidth hosting, dan database storage.

Oleh karena itu, penting untuk memahami seluk beluk perjanjian layanan dengan baik.

Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited ?

Meskipun ada beberapa paket hosting “unlimited” yang bagus di luar sana, namun sebaiknya memilih paket hosting unmetered.

Namun, apapun pilihan paket hosting yang dipilih, perlu melakukan penelitian terlebih dahulu.

Ketika membicarakan tentang bandwidth, lebih baik berpikir secara realistis. Lebih baik menggunakan layanan unmetered hosting dari penyedia yang transparan tentang layanan yang mereka tawarkan, daripada menggunakan rencana “unlimited” yang menyembunyikan syarat dan ketentuan di balik bahasa pemasaran yang menarik.

Sebagai contoh, paket JavaPipe unmetered VPS hosting menyediakan informasi yang jelas tentang jumlah bandwidth (1 atau 10Gbps), RAM, dan penyimpanan yang ditawarkan.

Tidak ada kebingungan, dan tidak perlu khawatir akan ada kejutan di kemudian hari (hanya hosting yang cepat dan terjangkau di VPS yang aman).

Simak tabel Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited, di bawah ini :

FaktorUnmeteredUnlimited
Bandwidth tracking (Pelacakan Bandwidth)Penggunaan bandwidth keseluruhan tidak dipantau sama sekali dan user hanya memiliki alokasi kecepatan bandwidth dasar.Unlimited bandwidth secara teknis menyiratkan tidak ada batas atas penggunaan. Namun, penggunaannya masih dilacak.
Bagaimana jika Anda menghabiskan data yang dialokasikan?Tidak ada batas atas (upper limit) sehingga tidak ada kemungkinan menghabiskan data.Unlimited bandwidth adalah mitos semata dan umumnya memiliki plafon/batas (ceiling) yang tinggi. Jika Anda menghabiskannya, Anda harus membeli bandwidth tambahan.
HargaHarga tetap hanya dikenakan untuk kecepatan, yang umumnya lebih tinggi dari metered bandwidth. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang data exhausting.Seperti yang telah disebutkan, unlimited bandwidth tidak benar-benar unlimited. Anda dikenakan biaya untuk transfer data dengan plafon tinggi, yang lebih mahal daripada metered tetapi lebih murah daripada paket unmetered.
Siapa yang harus memilihnya?Semua website yang data-heavy atau media-heavy atau high-traffic harus memilih unmetered bandwidth.Selalu berhati-hati dalam membaca fine print dengan unlimited bandwidth untuk memahami batas paling atas. Website tingkat menengah yang membutuhkan bandwidth lebih tinggi dapat melakukannya.
Baca Juga :  Pengertian Konektor (Connector) : Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

Penutup

Dalam rangkuman, perbedaan antara Unmetered dan Unlimited pada layanan hosting sering kali menimbulkan kebingungan di kalangan pengguna.

Unmetered berarti penyedia layanan hosting tidak mengukur atau membatasi bandwidth yang digunakan, namun tetap ada batasan fisik berdasarkan infrastruktur.

Sementara Unlimited mengacu pada tidak adanya batasan penggunaan sumber daya, seperti ruang penyimpanan dan bandwidth, tetapi dalam praktiknya sering kali terdapat batasan yang diberlakukan untuk menjaga kinerja dan stabilitas server.

Sebagai pengguna, penting untuk memahami perbedaan kedua istilah ini agar dapat memilih paket hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Kalian.

Pastikan untuk membaca ketentuan layanan dengan teliti dan berkomunikasi dengan penyedia layanan untuk memastikan Kalian mendapatkan apa yang Kalian butuhkan.

Ingatlah, kebijaksanaan dalam memilih layanan hosting akan berdampak langsung pada kualitas dan keberhasilan situs web Kalian.

Itu saja yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *