Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish

Yuk Pahami, Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Yuk Pahami, Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish Secara Lengkap. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish. Mari kita selami lebih dalam mengenai kedua model populer ini.

Ohayo! Untuk kamu yang sedang mencari kendaraan roda dua yang trendi dan stylish, pasti Honda Scoopy tidak asing lagi di telinga kamu.

Dengan dua varian utamanya, Scoopy Sporty dan Scoopy Stylish, masing-masing memiliki karakteristik yang membuatnya unik. Maka dari itu, mari kita telusuri perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish secara lengkap.

Banyak orang bertanya-tanya, apa sih yang membedakan antara Scoopy Sporty dan Stylish? Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengenal lebih dekat kedua varian ini.

Mengenal Motor Honda Scoopy

Honda Scoopy adalah salah satu merek skuter matik yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor, yang merupakan pedagang sepeda motor Honda di Indonesia.

Sepeda motor ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2010 sebagai respons terhadap popularitas yang terus meningkat dari skuter matik otomatis di pasar sepeda motor Honda di Indonesia.
Honda Scoopy bertujuan untuk bersaing dengan Suzuki Let’s dan Yamaha Fino.

1. Generasi pertama (2010-2013)

Generasi pertama Honda Scoopy (2010-2013) diperkenalkan oleh PT Astra Honda Motor pada tanggal 20 Mei 2010.

Honda Scoopy sebelumnya telah dikenal di Thailand karena tampilannya yang unik dan berbeda dari skuter-skuter sebelumnya.

2. Generasi kedua (2013-2017)

Generasi kedua Honda Scoopy (2013-2017) diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor pada tanggal 6 Februari 2013 dengan desain dan sistem injeksi baru, yaitu Honda PGM-FI. Pada tanggal 13 Mei 2015, Honda Scoopy generasi kedua diluncurkan dengan penambahan fitur baru, yaitu ESP (Enhanced Smart Power) dan ISS (Idling Stop System), serta tetap menggunakan sistem injeksi Honda PGM-FI.

3. Generasi ketiga (2017-2020)

Generasi ketiga Honda Scoopy (2017-2020) diperkenalkan oleh PT Astra Honda Motor pada tanggal 29 Maret 2017.

Generasi ini dilengkapi dengan fitur ESP (Enhanced Smart Power) dan ISS (Idling Stop System), serta lampu depan utama yang menggunakan LED. Pada tanggal 20 Februari 2019, dilakukan pembaruan terhadap striping dan grafis Honda Scoopy generasi ketiga.

Model ini mempertahankan desain versi 2017 dengan velg berukuran 12 inci dan fitur-fitur modern yang sesuai dengan kebutuhan pengendara motor di era digital saat ini. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah power charger yang memungkinkan pengisian daya ponsel saat sedang berkendara.

Honda Scoopy 2019 dilengkapi dengan soket listrik yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel pintar dan mengisi daya ponsel saat sedang berkendara.

Secara tampilan, Honda Scoopy memiliki desain yang klasik dengan nuansa motor retro Eropa, namun fitur-fiturnya sudah modern. PT Astra Honda Motor memasarkan Honda Scoopy dengan desain retro modern.

4. Generasi keempat (2020-sekarang)

Generasi keempat Honda Scoopy (2020-sekarang) diperkenalkan oleh PT Astra Honda Motor pada tanggal 10 November 2020.

Generasi ini dilengkapi dengan fitur ESP (Enhanced Smart Power) dan ISS (Idling Stop System), serta lampu utama yang menggunakan LED.

Ada dua varian rangka yang digunakan, yaitu Enhanced Smart Architecture Frame (ESAF) untuk varian Stylish dan Prestige yang dilengkapi dengan Smart Key System, Answer Back System, dan Anti Theft Alarm, serta Kunci Kontak Bermagnet Otomatis untuk varian Sporty dan Fashion.

A. Honda Scoopy Sporty

Honda Scoopy Sporty terbaru dirilis pada tahun 2022. Terdapat dua pilihan warna, yaitu Sporty Black dan Sporty Red.

Scoopy Sporty Black adalah pilihan yang paling sederhana dibandingkan dengan varian dan warna lainnya.

Skutik ini didominasi oleh warna hitam dengan sedikit aksen merah di bagian depan dan tengah bodinya. Scoopy Sporty Black sangat cocok dipilih bagi mereka yang menyukai penampilan yang sederhana.

Khusus untuk Honda Scoopy Sporty, hanya tersedia warna glossy, tidak ada opsi dengan finishing doff. Warna Sporty Red juga memiliki tampilan glossy.

Bagi mereka yang tidak suka dengan stripping atau stiker bergaris di bodi depannya, dapat dilepas. Sehingga warna bodinya terkesan solid dengan satu warna saja, yaitu merah atau hitam.

Baca Juga :  Oli SGO vs Enduro Kelebihan dan Kekurangan

Speedometer menggunakan kombinasi gaya analog dan digital. Setang motor masih menggunakan warna krom dengan panel berwarna silver glossy.

Di bagian kanan terdapat tombol Idling Stop System (ISS), karena semua varian New Scoopy sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Untuk sistem pengereman, semua varian Scoopy sudah dilengkapi dengan Combi Brake System (CBS) atau sistem pengereman ganda.

Lampu utama Scoopy Sporty menggunakan LED projector yang memberikan cahaya yang lebih terang. Lampu utama dikelilingi oleh cincin Daytime Running Light (DRL) berwarna putih yang memberikan kesan lebih elegan.

Bagian kaki-kaki skutik ini berwarna hitam pekat tanpa ada paduan warna lainnya. Saat ini, Honda Scoopy Sporty 2022 dapat dibeli dengan harga Rp 20.3 jutaan untuk OTR DKI Jakarta.

B. Honda Scoopy Stylish

Honda Scoopy Stylish juga tersedia dalam dua varian warna, yaitu Stylish Red dan Stylish Brown. Keduanya menggunakan finishing doff yang memberikan kesan elegan.

Pilihan Stylish Red dapat dikatakan sebagai yang paling mewah dibandingkan dengan warna lain dari All New Scoopy 2022.

Untuk Stylish Red, stripping-nya hadir dalam warna merah tua dan abu-abu muda. Sedangkan untuk Stylish Brown, stripping-nya berwarna abu-abu muda.

Saar ini, Honda Scoopy Stylish dijual dengan harga Rp 21.3 jutaan untuk OTR Jakarta. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, joknya kini telah diberi perpaduan dua warna, yaitu coklat dan hitam.
Cover CVT-nya dilapisi dengan warna hitam dan silver dengan finishing glossy. Step untuk kaki pembonceng memiliki warna silver dan terbuat dari bahan alumunium yang lebih tahan lama.

Honda Scoopy 2022 memiliki empat varian, yaitu Fashion, Sporty, Stylish, dan Prestige. Scoopy Fashion dan Sporty merupakan varian yang lebih rendah, sedangkan Scoopy Stylish dan Prestige berada di varian yang lebih tinggi. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan Sporty, harga Stylish sedikit lebih tinggi.

Fitur-fitur Scoopy Stylish sangat modern, seperti indikator lengkap di speedometer, penggunaan sistem smart key untuk kunci, dan starter yang sepenuhnya elektrik. Scoopy Stylish sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati berkendara dengan lebih mudah.

Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish Secara Lengkap

Setelah Kalian memahami spesifikasi Honda Scoopy, mari kita kembali ke pokok pembahasan mengenai perbedaan antara Scoopy Sporty dan Stylish.

Perbedaan tersebut terletak pada warna yang ditawarkan, fitur pada masing-masing varian, dan tentu saja perbedaan utama dari setiap varian tersebut adalah harga pembelian.

Bagi Kalian yang ingin mengetahui detal mengenai Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish, silakan lihat informasinya di bawah ini :

1. Warna Velg Scoopy Sporty dan Stylish

Perbedaan pertama antara Scoopy Sporty dan Stylish adalah warna velg. Velg Scoopy Sporty memiliki warna hitam, sedangkan velg Scoopy Stylish memiliki warna chrome. Namun, model dan dimensi velg kedua varian tersebut tetap sama.

2. Warna Body Scoopy Sporty dan Stylish

Selain perbedaan pada warna velg, terdapat juga perbedaan pada warna body. Scoopy Sporty hadir dalam warna hitam dan merah, sedangkan Scoopy Stylish hadir dalam warna coklat dan merah.

3. Striping Scoopy Sporty dan Stylish

Meskipun kedua varian motor Scoopy memiliki warna merah yang sama, terdapat perbedaan pada striping.

Honda Scoopy Sporty memiliki desain tambahan pada bagian tengah bodi. Sedangkan Scoopy Stylish memiliki tambahan desain pada bagian list bodi motor.

4. Sistem Kunci Scoopy Sporty dan Stylish

Perbedaan selanjutnya terletak pada sistem kunci Honda Scoopy. Scoopy Stylish dan Prestige dilengkapi dengan sistem kunci Keyless. Sedangkan Scoopy Sporty dan Fashion masih menggunakan sistem kunci lama.

5. Speedometer Scoopy Sporty dan Stylish

Perbedaan berikutnya terdapat pada bagian speedometer. Speedometer Scoopy Stylish dan Prestige dilengkapi dengan indikator Baterai atau Aki serta indikator Keyless Smart Key.

Fitur-fitur ini membantu pengendara dalam memantau kondisi baterai dan memberikan informasi tentang penggunaan sistem kunci pintar. Sementara itu, pada Scoopy Sporty dan Fashion, fitur-fitur tersebut tidak tersedia.

6. Sistem Starter Scoopy Sporty dan Stylish

Perbedaan selanjutnya terdapat pada bagian sistem starter. Varian Scoopy Stylish tidak dilengkapi dengan kick starter, yang artinya motor ini hanya menggunakan sistem starter elektrik untuk menghidupkan mesinnya.

Sementara itu, pada varian Scoopy Sporty, terdapat kedua sistem starter, yaitu kick starter dan elektrik starter. Pengguna dapat memilih metode starter yang sesuai dengan preferensi atau situasi tertentu.

7. Bobot Scoopy Sporty dan Stylish

Perbedaan berikutnya terletak pada bobot motor. Varian Scoopy Stylish memiliki berat bersih sebesar 94 kg, sedangkan varian Scoopy Sporty memiliki berat bersih sebesar 95 kg.

Baca Juga :  Pengertian Indent Motor : dan Kenapa Harus Indent Motor?

Perbedaan ini disebabkan oleh adanya kick starter pada varian Scoopy Sporty, yang membuatnya sedikit lebih berat dibandingkan dengan Scoopy Stylish.

8. Harga Scoopy Sporty dan Stylish

Perbedaan paling utama antara kedua varian ini terletak pada HARGA HONDA SCOOPY. Harga motor Scoopy Sporty adalah 20 juta rupiah, sedangkan harga motor Scoopy Stylish adalah 21 juta rupiah. Dengan demikian, perbedaan harga antara kedua varian tersebut adalah 1 juta rupiah.

Kesimpulan

Sebagai penutup, Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish memang cukup signifikan. Bukan hanya dari segi penampilan eksternal, tapi juga fitur-fitur internalnya.

Masing-masing varian menawarkan keunggulan dan ciri khas tersendiri yang sesuai dengan preferensi dan gaya hidup penggunanya.

Scoopy Sporty dengan aura dinamis dan kekinian, cocok bagi Kalian yang menginginkan motor dengan nuansa sporty dan berjiwa muda.

Sementara Scoopy Stylish hadir dengan sentuhan elegan dan mewah, menunjukkan kesan sophisticated bagi pengendaranya.

Pilihan terbaik tentunya tergantung pada kebutuhan dan gaya hidup masing-masing pengguna. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan, serta efisiensi bahan bakar dalam memilih kendaraan roda dua Kalian.

Semoga artikel dari empatpilar.com ini bisa membantu Kalian dalam memahami Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish secara lengkap.

Pada akhirnya, keputusan berada di tangan Kalian. Pilihlah varian Scoopy yang paling sesuai dengan karakter dan gaya hidup Kalian, dan pastikan pengalaman berkendara Kalian menjadi lebih menyenangkan dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *