Rangkaian Intercom Satu IC

Gambar Rangkaian Intercom Satu IC Yang Mudah Dipahami

Posted on

Empat Pilar ā€“ Gambar Rangkaian Intercom Satu IC Yang Mudah Dipahami. Rangkaian Intercom Satu IC menjadi solusi komunikasi jarak dekat yang efisien dan mudah dipasang. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang keunggulan dan cara kerja perangkat ini.

Dalam dunia yang serba canggih dan terkoneksi, komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Salah satu bentuk komunikasi yang umum digunakan adalah intercom.

Intercom merupakan sistem komunikasi internal yang memungkinkan komunikasi antara dua atau lebih orang dalam jarak yang dekat.

Kali ini, kita akan membahas Rangkaian Intercom Satu IC, solusi komunikasi yang praktis dan efisien dengan beragam keunggulan.

Rangkaian Intercom Satu IC adalah sistem komunikasi yang menggunakan satu IC (Integrated Circuit) sebagai komponen utamanya.

Sistem ini dirancang untuk mempermudah instalasi dan mengurangi biaya produksi, sekaligus meningkatkan kualitas suara dan koneksi.

Pengertian Intercom

Intercom adalah alat komunikasi elektronik yang terhubung menggunakan satu kabel. Meskipun memiliki dua kabel output, salah satunya ditanam atau dikubur ke dalam tanah.
Pada masa sebelum HP, intercom sangat populer digunakan untuk berkomunikasi dengan tetangga, orang sekitar, bahkan hingga luar desa.

Karena hanya terhubung melalui jalur kabel, pengguna intercom harus membeli kabel untuk dihubungkan ke jalur utama.

Meskipun begitu, penggunaan intercom pada masa itu sangat seru dan populer karena tidak memerlukan pulsa atau kuota internet untuk berkomunikasi.

Seiring perkembangan teknologi, amplifier untuk intercom semakin besar dan bahkan ada yang memiliki daya hingga 1000 watt.

Namun, yang paling umum digunakan adalah amplifier OCL 150-300 watt dengan transistor jengkol. Keuntungan dari daya besar adalah suara yang dihasilkan tetap keras meskipun dalam jarak yang jauh.

Fungsi dan Kegunaan Intercom

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, intercom sering digunakan di kantor-kantor yang memerlukan komunikasi jarak jauh di antara karyawan dalam satu gedung atau bangunan.
Meskipun handphone dan internet sedang berkembang pesat, keduanya memerlukan biaya pulsa dan paket internet.

Bayangkan jika harus menggunakan handphone berkali-kali untuk menghubungi rekan kerja di kantor.

Dengan adanya intercom, saluran intercom dapat digunakan untuk berkomunikasi antar karyawan dengan lebih profesional.

Tentu saja, ini lebih mudah dan lebih murah. Ini adalah fungsi dan manfaat utama dari intercom.

Gambar Rangkaian Intercom Satu IC

Rangkaian Intercom Satu IC adalah sebuah alat komunikasi elektronik yang menggunakan Integrated Circuit (IC).

IC adalah sebuah komponen elektronik yang terdiri dari beberapa transistor, dioda, dan resistor yang dilapisi dengan bahan epoxy dan memiliki beberapa terminal atau kaki. IC dengan tipe LM380 adalah jenis power amplifier (PA).

IC LM380 memiliki 14 kaki yang terbuat dari logam sebagai terminal atau penghubung listrik di dalamnya.

Urutan nomor kaki pada IC dapat dikenali dengan melihat dari atas (top view) dan berlawanan dengan arah putaran jarum jam, dimana kaki nomor 1 biasanya berada di dekat cowakan dan di atasnya ada tanda titik (hitam atau putih).

IC LM380 dapat digunakan sebagai power amplifier pada rangkaian Interkom Satu IC.
Rangkaian ini terdiri dari dua unit, yaitu unit pertama yang terdiri dari LS1 dan rangkaian elektronik untuk mengatur intensitas suara dan penggantian posisi dengar-bicara, dan unit kedua yaitu LS2.

Antara unit I dan unit II dirangkai dengan kabel berukuran 2 x 0,75 mm dan dapat ditempatkan paling jauh 25 m.

Rangkaian Intercom Antar Ruang Full Duplex

Dengan menggunakan interkom full duplex, tidak diperlukan lagi tombol PTT sehingga terasa seperti bicara langsung berhadapan.

Interkom ini cocok digunakan untuk menghubungkan 2 ruangan yang berjauhan dan membutuhkan komunikasi yang aktif.

Baca Juga :  5 Cara Monetisasi Instragram Buat Keuntungan Bisnis Kalian

Kita dapat berbicara dengan rekan kerja atau keluarga tanpa harus memegang alat.

Rangkaian interkom full duplex menggunakan komponen yang mudah dicari dan populer di toko elektronik.

IC LM386 digunakan sebagai power amplifier, sementara preamp menggunakan transistor 3904. Komponen penting lainnya adalah speaker dan mikrofon kondensor.

Untuk sumber daya, dapat menggunakan charger hp dengan tegangan 5V. Interkom full duplex ini hanya menyerap arus kurang dari 100mA saat speaker berbunyi, sehingga tidak perlu khawatir menyita biaya listrik.

Sebelum di bikin ke PCB, rangkaian interkom full duplex diuji terlebih dahulu menggunakan PCB lubang IC.

Jika hasilnya memuaskan, maka dapat dirancang PCB untuk tujuan produksi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa interkom full duplex ini dapat berfungsi dengan baik, suara dapat keluar dan dapat berbicara satu sama lain tanpa harus menekan tombol PTT.

PCB Interkom Full Duplex didesain menggunakan Proteus dengan desain yang kecil agar mudah dimasukkan ke dalam kotak universal.

Pengaturan volume merupakan hal yang penting, disetel volume sampai tepat di bawah titik feedback. Untuk kotak atau casing, dapat menggunakan box plastik universal.

Cara Mengoperasikan Intercom

Setelah memahami Rangkaian Intercom Satu IC, selanjutnya penggunaan interkom umumnya dibagi menjadi dua, yaitu untuk penggunaan di kantor dan penggunaan di tempat umum, keduanya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk penggunaan di kantor, pengoperasiannya sangat mudah, yaitu hanya perlu mengangkat gagang interkom dan memilih saluran yang diinginkan.

Setelah itu, tekan tombol ā€œCā€ atau Calling untuk memanggil dan tunggu sampai keluar nada panggilan seperti pada telepon biasa.

Sedangkan untuk penggunaan di tempat umum atau di kompleks yang luas, perangkat interkom harus dihidupkan terlebih dahulu dengan memilih saluran yang diinginkan. Setelah tersambung, pembicaraan dapat dilakukan.

Selain dua penggunaan dasar pada interkom yang telah dijelaskan, ternyata interkom juga dapat digunakan pada perangkat HT (Handy Talkie).

Dalam penggunaannya, hampir mirip dengan penggunaan interkom pada umumnya, yaitu Kalian harus menemukan saluran yang tepat untuk menyambung dengan lawan bicara Kalian.

Fitur Intercom Helm

Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh intercom helm:

1. Komunikasi Antar Pengendara

Fitur utama dari intercom helm adalah memungkinkan komunikasi antar pengendara. Ini membantu pengendara untuk tetap terhubung saat berkendara bersama dalam kelompok.

2. Komunikasi dengan Pembonceng

Dengan intercom helm, pengendara juga dapat berkomunikasi dengan pembonceng tanpa harus melepas tangan dari setang motor. Ini sangat membantu saat berkendara di jalan ramai atau saat membutuhkan instruksi dari pembonceng.

3. Koneksi dengan Perangkat Lain

Banyak intercom helm juga memiliki fitur untuk terhubung dengan perangkat lain seperti ponsel, pemutar musik, atau GPS.

Ini memungkinkan pengendara untuk mendengarkan musik atau menerima petunjuk arah tanpa harus melepas tangan dari setang motor.

4. Kualitas Suara yang Baik

Intercom helm menawarkan kualitas suara yang baik dan jelas, sehingga mempermudah komunikasi antar pengendara dan pembonceng.

Beberapa model intercom helm juga memiliki fitur pengaturan volume dan equalizer untuk menyesuaikan suara sesuai kebutuhan.

5. Desain yang Kompak

Intercom helm dirancang dengan desain yang kompak dan ringan, sehingga tidak menambah berat pada helm.

Beberapa model intercom helm juga memiliki desain yang elegan dan stylish, sehingga cocok digunakan oleh berbagai jenis pengendara.

Penutup

Dalam kesimpulan, Gambar Rangkaian Intercom Satu IC Yang Mudah Dipahami ini merupakan alternatif sempurna bagi mereka yang ingin membangun sistem komunikasi rumahan yang efisien dengan biaya rendah.

Rangkaian ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa kesulitan.

Dengan desain sederhana dan bahan yang mudah ditemukan, rangkaian intercom satu IC ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin belajar tentang elektronika.

Selain itu, rangkaian ini juga memungkinkan penyesuaian yang lebih besar sesuai kebutuhan pengguna.

Baca Juga :  Cara Unlock Telkomsel Orbit Semua Operator, Mudah Dilakukan

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Rangkaian Intercom Satu IC ini, bisa menjadi referensi yang bermanfaat dan membantu Kalian dalam mengembangkan proyek elektronik selanjutnya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *