Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik

Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik yang Bisa Kalian Gunakan

Posted on

Empat Pilar – Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik yang Bisa Kalian Gunakan. Selamat datang di panduan lengkap untuk Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik. Jika Kalian ingin mencari cat lantai yang dapat memberikan perlindungan, keindahan, dan daya tahan untuk lantai rumah Kalian, Kalian berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai merk cat lantai ternama yang tersedia di pasaran dan memberikan wawasan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kami tentang produk-produk tersebut.

Tidak dapat disangkal bahwa lantai adalah salah satu elemen penting dalam setiap rumah. Memilih merk cat lantai yang tepat dapat meningkatkan tampilan interior rumah Kalian dan memberikan perlindungan ekstra dari keausan, noda, dan goresan. Namun, dengan begitu banyak pilihan di pasaran, mungkin sulit untuk menentukan merk cat lantai mana yang paling cocok untuk Kalian. Karena itu, kami menyusun panduan ini untuk membantu Kalian membuat keputusan yang cerdas dalam memilih merk cat lantai terbaik.

Jadi, mari kita mulai dengan mengeksplorasi pilihan-pilihan terbaik yang bisa Kalian pertimbangkan.

Apa Itu Cat Lantai?

Cat lantai, atau sering juga disebut epoxy lantai, adalah jenis cat khusus yang digunakan untuk mengembalikan kilau dan kesan mulus pada lantai suatu gedung, restoran, bandara, atau rumah.

Bahan pelapis lantai ini biasanya terbuat dari campuran poliamina dan resin, membuatnya tahan lama dalam melapisi lantai.

Tidak hanya itu, cat lantai juga memiliki daya tahan yang kuat terhadap risiko kerusakan akibat reaksi kimia dan mudah dalam pemasangannya.

Efeknya yang mengilap akan memberikan kesan licin dan menawan pada lantai. Hal ini cocok digunakan untuk memberikan kesan kebersihan dan keeleganan pada ruangan.

Fungsi Cat Epoxy Lantai Secara Mendalam

Lantai, sebagai bagian yang sering kali mendapat tekanan dan gesekan dari berbagai aktifitas, memang sangat rentan mengalami kerusakan. Apalagi jika lantai tersebut berada di area yang sering dilewati atau digunakan untuk menaruh benda-benda berat. Hal tersebut menyebabkan perlunya lapisan tambahan yang dapat melindungi permukaan lantai. Di sinilah peran dari cat epoxy lantai.

1. Perlindungan dari Kerusakan Fisik

Salah satu fungsi utama dari cat epoxy lantai adalah memberikan lapisan tambahan yang kuat untuk melindungi lantai dari berbagai jenis kerusakan fisik. Misalnya, saat ada benda berat yang jatuh atau bergeser di atasnya, lantai yang telah dilapisi dengan cat epoxy cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah retak atau pecah. Lapisan epoxy ini memiliki kemampuan untuk menyebar beban dan tekanan secara merata, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada lantai.

2. Pencegahan Kecelakaan dengan Sifat Anti Licin

Selain fungsi proteksi fisik, cat epoxy lantai juga memiliki sifat khusus yang membuatnya tidak licin. Ini sangat penting, terutama di area yang berisiko tinggi terhadap tumpahan cairan atau kondisi basah. Dengan adanya lapisan epoxy, risiko terpeleset dan terjatuh dapat diminimalisir.

3. Perlindungan dari Sengatan Listrik Statis

Beberapa jenis cat epoxy khususnya dirancang untuk melindungi lantai dari sengatan listrik statis. Listrik statis bisa menjadi sumber bahaya, terutama di lingkungan industri yang menggunakan peralatan elektronik sensitif atau bahan kimia mudah terbakar. Dengan lapisan cat epoxy anti statis, risiko kebakaran atau kerusakan peralatan elektronik karena sengatan listrik dapat ditekan.

Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik

Setelah kalian mengetahui berbagai hal tentang cat lantai hingga cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik yang Bisa Kalian Gunakan dari berbagai merek berikut ini:

1. Cat Lantai Epoxy Upox Dana Paint

Harga: Rp 85.000

Cat lantai Upox Dana Paint memiliki daya lekat yang sangat baik dan memberikan tampilan akhir yang mengkilap.

Satu paket cat lantai Upox Dana Paint terdiri dari dua komponen, yaitu cat dan pengering. Cat lantai ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis bahan bangunan, seperti beton, baja, maupun kayu.

Hasil akhir dari penggunaan cat ini akan membuat lantai tampak mengkilap serta tahan terhadap zat kimia rumah tangga. Selain itu, cat ini terbuat dari bahan epoxy yang memiliki daya lekat yang sangat baik.

Secara teknis, Upox memiliki daya sebar sekitar 10 – 20 meter dengan waktu kering sentuh selama 2 jam, dan kering keras dalam waktu 24 jam. Campuran cat yang sudah diaduk disarankan digunakan sebelum 8 jam dengan menggunakan thinner High gloss.

Keunggulan lain dari Upox Dana Paint adalah kemampuannya untuk menutupi pori-pori semen, merapikan retakan kecil, dan menghilangkan bau semen. Anda dapat membeli cat lantai ini di platform Shopee.

Baca Juga :  Kloset Duduk VS Kloset Jongkok Mana Yang Terbaik? Simak Ulasannya

2. Cat Lantai Puffin Epoxy Multi-Layer

Harga: Rp 95.000

Cat lantai Puffin satu set ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan lantai di rumah.

Satu set cat lantai Puffin ini berisi cat, hardener, dan thinner. Penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan semua komponen, aduk hingga merata, lalu aplikasikan langsung ke lantai.

Puffin Epoxy Multi-Layer memiliki daya sebar sebesar 2 m2 per kg dengan ketebalan 300 mikron. Tersedia beragam pilihan warna sesuai dengan keinginan untuk menghiasi lantai Anda.

Cat lantai ini dapat digunakan di area seperti lantai garasi, dapur, WC, dan lain-lain. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menggunakan cat dasar terlebih dahulu, yaitu primer epoxy Puffin. Anda dapat membeli cat lantai ini melalui Shopee.

3. Cat Lantai Propan Multipox MX-99

Harga: Rp 100.000

Cat lantai epoxy dua (2) komponen dari Propan ini memiliki daya rekat yang bagus untuk berbagai macam substrat, seperti beton, gipsum, besi, GRC, kayu, dan lain-lain. Pengaplikasiannya pun mudah, bisa menggunakan kuas atau roll.

Produk dari Propan ini juga memiliki daya tahan yang baik terhadap berbagai bahan kimia rumah tangga seperti minyak goreng, saus, garam, kecap, dan lain-lain. Selain itu, cat ini juga tahan terhadap bahan kimia ringan seperti oli, solar, dan zat-zat asam.

Ukuran dimensi produk ini adalah 19 x 16 x 14 cm dengan berat 2 kg. Untuk mendapatkan cat lantai ini, Anda bisa membelinya melalui Shopee.

4. Cat Lantai Lapangan Propan Teknokote

Harga: Rp 215.000

Cat lantai dari Propan ini berbahan dasar air, tidak berbau, dan memiliki sifat anti selip.

Produk cat lantai Propan ini sangat cocok digunakan untuk berbagai lapangan indoor maupun outdoor, seperti lapangan tenis, badminton, dan basket. Tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti hijau, putih, abu, biru, dan kuning.

Propan Teknokote terbuat dari bahan dispersi polymer, filler, dan pigmen dalam air. Cat ini mampu membentuk lapisan film yang fleksibel dan memiliki daya rekat yang kuat pada lantai yang terbuat dari beton ataupun aspal.

Keunggulan lain dari cat lantai ini adalah tidak berbau, tahan terhadap sinar UV, anti selip, cepat kering, dan mudah diaplikasikan. Anda dapat membeli cat lantai ini melalui Shopee.

5. Cat Lantai Lapangan Nippon Paint SportsKote

Harga: Rp 330.000

Cat lantai Nippon Paint SportsKote memiliki keunggulan tahan terhadap sinar matahari, gesekan, dan anti jamur.

SportsKote dari Nippon Paint ini dibuat dari bahan emulsi sintetis yang dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan, khususnya sangat direkomendasikan untuk lapangan olahraga.

Keunggulan utama dari SportsKote adalah ketahanannya terhadap sinar matahari, fleksibel dan kuat sehingga tahan lama, serta daya tahan terhadap gesekan yang tinggi. Selain itu, cat ini juga cepat kering dan mampu melawan pertumbuhan jamur, menjadikannya lebih awet.

Pengerjaan aplikasi cat ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas atau roll, dengan waktu pengeringan sentuh sekitar 30 menit dan waktu pengeringan tekan selama 2 jam. Interval pengecatan selanjutnya dapat dilakukan setelah 2 jam.

6. Cat Lantai Polyfloor Epoxy

Harga: Rp 554.000

Polyfloor Epoxy adalah cat lantai akhir dua komponen yang berbasis solvent, dengan bahan baku yang terpilih untuk menghasilkan kualitas cat lantai yang sangat baik dan tahan terhadap abrasi.

Keunggulan dari cat lantai ini adalah permukaannya tidak licin, sehingga aman bagi anak-anak, memiliki tampilan dekoratif yang mengkilap, dan memiliki daya tekan yang kuat. Selain itu, cat ini mudah dibersihkan dan tahan terhadap bahan kimia.

Untuk hasil terbaik, Anda dapat mengkombinasikan antara Polyfloor Epoxy PFT-253-2K SB dengan Polyfloor Primer PFP-241-2K SB. Untuk lapisan dasar, gunakan epoxy top coat Polyfloor PFT-253-2K SB. Anda dapat membeli cat lantai ini melalui Shopee.

7. Cat Lantai Propan Decofloor 5Kg

Harga: Rp 490.000

Decofloor Color dari brand Propan adalah pilihan yang cocok untuk dekorasi lantai dan dinding.

Cat Decofloor ini merupakan cat satu (1) komponen dengan bahan acrylic water based, yang mampu menghasilkan hasil akhir dekoratif yang indah dan unik.

Kemampuan cat Decofloor ini memungkinkan penetrasi hingga ke retakan halus pada substrat seperti beton, sehingga memberikan hasil yang lebih halus dan rapi. Selain itu, cat ini juga tahan terhadap bahan kimia rumah tangga, kotoran, minyak, dan berbagai substansi lainnya.

Keistimewaan lainnya adalah ketahanan terhadap cuaca, gesekan, serta ramah lingkungan. Kalian dapat membeli cat lantai ini melalui Shopee untuk mempercantik lantai atau dinding rumah Kalian.

8. Cat Lantai Epogreen EPG-233-2K WB

Harga: Rp 1.632.800

Cat lantai generasi terbaru dari Epogreen memiliki kemampuan aplikasi untuk indoor maupun outdoor.

Cat lantai ini merupakan kombinasi bahan dasar resin epoxy, acrylic, dan water based, menghasilkan hasil yang berbeda dari cat lantai lainnya. Dibandingkan dengan epoxy solvent based tradisional, cat ini lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Epogreen sangat cocok digunakan untuk kebutuhan lantai pabrik maupun rumah yang terbuat dari beton. Selain itu, cat ini juga bisa diaplikasikan pada dinding dengan ketebalan yang lebih tipis dibandingkan pada lantai.

Baca Juga :  Perbedaan Resolusi Layar UHD dan FHD Secara Lengkap

Keunggulan lain dari cat lantai ini adalah tidak berbau, ramah lingkungan, dan tahan terhadap sinar matahari. Kalian dapat membeli cat lantai ini melalui platform Tokopedia untuk mempercantik lantai atau dinding ruangan Kalian.

9. Cat Lantai Epotone Pro – Cat Epoxy

Harga: Rp 81.000

Cat lantai EpoTone Pro sangat cocok digunakan untuk melindungi permukaan beton/semen, logam, dan kayu.

Pengaplikasian cat lantai EpoTone Pro ini sangat mudah, Kalian dapat menggunakan roller, kuas, maupun air spray. Bahan yang digunakan terdiri dari dua komponen, yaitu resin epoxy dan hardener polyamide.

Keunggulan cat lantai ini termasuk kemampuannya untuk membentuk lapisan yang mengkilap dan keras sehingga tahan lama, fleksibel, dan memiliki daya lekat yang prima. Selain itu, cat ini juga tahan terhadap berbagai zat kimia rumah tangga.

Cat lantai EpoTone Pro hadir dalam berbagai pilihan warna menarik, seperti merah, biru cerah, kuning, hijau tua, hitam, putih, abu-abu tua, dan abu-abu terang. Kalian dapat membeli cat ini melalui Shopee untuk perlindungan dan penampilan yang optimal bagi lantai dan permukaan lainnya.

10. Cat Lantai Bitafloor 5kg

Harga: Rp 212.000

Cat lantai Bitafloor acrylic polymer memiliki daya rekat kuat dan tahan terhadap sinar matahari.

Cat lantai ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis lantai, termasuk marka jalan, helipad, taman bermain, dan lapangan olahraga. Cat ini memiliki kemampuan tahan lama, daya rekat yang kuat, ketahanan terhadap sinar matahari, serta bersifat ramah lingkungan.

Untuk penggunaannya, pastikan lantai dalam kondisi bersih dan kering. Campurkan silika ke dalam cat, lalu tambahkan air sebanyak 10% dan aduk hingga merata. Selanjutnya, aplikasikan cat tersebut ke lantai menggunakan semprotan, kuas, atau roller.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk melapis lantai dengan cat ini sebanyak 2 hingga 3 kali. Kalian bisa membeli cat lantai ini melalui Shopee.

Penutup

Dalam perjalanan mencari estetika rumah yang sempurna, pemilihan cat lantai menjadi salah satu elemen krusial yang tak boleh diabaikan. Keberadaannya tak hanya memberi tampilan estetika, tetapi juga menentukan kualitas dan daya tahan lantai rumah Kalian.

Seiring berjalannya waktu, banyak merk cat lantai yang muncul dengan klaim sebagai yang terbaik. Namun, sebagai konsumen cerdas, penting bagi kita untuk memilih dengan bijak, berdasarkan ulasan dan kualitas yang teruji. Ingatlah selalu bahwa “Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik” bukan sekedar label, melainkan janji kualitas yang akan menemani setiap langkah Kalian di rumah.

Itu saja uraian secara lengkap dari empatpilar.com mengenai Rekomendasi Merk Cat Lantai Terbaik. Selamat memilih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *