Startup Pengertian Dan Contoh

Startup: Pengertian Dan Contoh Aplikasi Startup

Tahukah Kamu kalau Indonesia merupakan tuan rumah dari 2. 200 startup? Angka itu sekaligus menempatkan Indonesia di urutan kelima negara dengan startup paling banyak di dunia!

Luar biasa sekali, ya?

Eksisnya startup dan perkembangan yang tinggi di Indonesia membuktikan kalau bidang usaha ini sangat menjanjikan.

Tetapi, sebelum sampai di titik ini, bisnis startup mempunyai cerita perjalanan yang tidak singkat.

Startup Adalah?

 

Startup adalah perusahaan rintisan yang sedang dalam tahap pengembangan. Baik pengembangan dalam produk, pelayanan, pangsa pasar, model bisnis, dan lain- lain.

Startup diibaratkan perusahaan yang masih remaja, masih banyak perubahan dan masih dalam tahap pendewasaan.

Jika startup sudah dewasa, maka dapat dianggap selaku perusahaan yang sesungguhnya.

 

Karakteristik bisnis startup

 

Untuk mengindetifikasi perbedaan penting antara bisnis startup dan juga bisnis usaha kecil menengah, selanjutnya merupakan karaktersitik startup:

– Modal yang digunakan akan terkait dengan pergerakan bisnis

– Usia perusahaan kurang dari 3 tahun

– Pendapatan perusahaan selama satu tahun kurang dari USD 100. 000

– Berfokus pada perkembangan bidang usaha yang cepat

– Produk yang diperoleh umumnya merupakan usaha buat mengisi pasar dan juga menanggapi keinginan masyarakat yang belum ada sebelumnya

– Mengandalkan lebih banyak teknologi

informasi dan elektronik

– Model bisnis yang adaptif sesuai keinginan pasar

 

Tips dalam Mendirikan Bisnis Startup

 

1. Bentuk tim yang solid dan jaga konsistensi

2. Terus bertanya, jangan berpuas diri

3. Carilah Investor yang bisa menguntungkan bidang usaha Anda

4. Idealisme penting, mentor lebih penting

5. Selalu buat roadmap usaha

6. Andalkan Digital Marketing

7. Percaya Diri!

 

Jenis- Jenis Startup di Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan dan berkembangnya perusahaan rintisan( startup) di berbagai aspek mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga permainan.

Nyatanya kehadiran macam- macam usaha startup ini bisa membantu masyarakat buat mempermudah dari segala segi. .

Nah, berikut adalah beberapa contoh startup asal Indonesia:

 

1. Gojek

– Siapa yang tidak tahu Gojek? Startup yang bergerak di bidang transportasi ini telah berdiri sejak tahun 2010 dan jadi salah satu pelopor aplikasi ojek online di Indonesia.

2. Tokopedia

–Startup yang satu ini merupakan salah satu program toko online terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga baru saja melakukan merger dengan Gojek dan membentuk GoTo.

3. Traveloka

–Startup ini dapat dibilang merupakan pemain terkuat di industri travel online di Indonesia. Layanan yang mereka tawarkan juga beragam. Mulai dari booking karcis pesawat sampai memesan karcis tempat wisata.

4. Ruangguru

–Apakah Kamu sering melihat iklannya di Televisi? Maklum, saat ini Ruangguru sudah menjelma jadi startup pembelajaran online yang paling dominan di Indonesia.

5. HaloDoc

–Nama HaloDoc sudah melekat dengan aplikasi kesehatan online. Tak heran, sebab HaloDoc memang menawarkan bermacam layanan yang menarik. Contohnya seperti konsultasi langsung dengan Dokter.

6. Bibit

–Jika Anda senang berinvestasi, tentu Anda tidak asing dengan Benih. Startup ini dapat menolong konsumennya untuk berinvestasi reksa dana dengan cara gampang dan efisien.

7. TaniHub

– Apakah Kamu mau membeli sayur- mayur segar? Startup yang satu ini bisa menolong Kamu. Karena TaniHub menjual berbagai bahan makanan fresh yang berasal dari para petani di Indonesia.

 

Saat ini Kamu telah mengenali apa itu startup dan gimana karakter yang wajib dipunyai oleh suatu startup. Tidak hanya itu, Kamu juga telah berlatih mengenai asal usul singkat startup.

Demikian yang bisa kita sampaikan mengenai startup yang kamu di indonesia mudah- mudahan bisa membantu menambah ilmu yang bermanfaat dan Dapat kasih.