cara install aplikasi di laptop

Cara Install Aplikasi di Laptop dengan Sistem Windows

Meski sudah menjadi salah satu gadget yang lazim digunakan, tapi tetap saja banyak orang masih bingung tentang cara install aplikasi di laptop. Apakah Anda salah satunya?

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa aplikasi sekarang ini sangatlah banyak jumlah dan jenisnya. Semuanya mulai dari yang gratis hingga berbayar. Salah satu sistem operasi yang banyak digunakan tentu saja adalah windows.

Namun, secanggih apapun gadget dan operating system nya, semua akan sia-sia jika tidak ada apps. Oleh karena, pelajari dengan baik mengenai cara installnya pada gadget tersebut. Berikut adalah beberapa metode untuk digunakan.

Menginstall dengan Melalui File.Exe

Metode pertama ialah menggunakan file.exe. Pertama – tama silahkan download terlebih dahulu aplikasi yang hendak di download dengan extensi “.exe”.

Jika sudah, lanjutkan membuka folder dengan nama download atau lainnya. Paling penting adalah folder yang biasa dipergunakan untuk menyimpan file hasil unggahan.

Selanjutnya, klik kanan pada aplikasi itu serta hal sama pada mouse Anda. Kemudian, pilih opsi open yang ada disana.

Selesai melakukan cara install aplikasi di laptop di atas? Apabila semua telah dilakukan, maka ikuti langkah selanjutnya seperti di bawah ini:

  1. Jendela user account control

Biasanya, tampilan jendela user account control akan tampil dimana Anda hanya perlu memilih OK. Lalu, instruksi mengenai penginstalan akan segera ditampilkan. Click saja tombol next disana.

Namun, ada proses penginstalan lain Anda harus memilih tipe, bahasa, format, serta lainnya. Semuanya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan masing – masing pengguna. Apabila proses instalasi ingin dilanjutkan, maka jangan lupa untuk memilih opsi “next”.

  1. Pilih folder

Ini adalah salah satu cara install aplikasi di laptop yang tidak boleh dilupakan. Jangan lupa menentukan folder mana yang nantinya dipakai guna menyimpan hasil instalasi.

Baca Juga :  Aplikasi untuk Jualan Online untuk Mendukung Bisnis Milenial

Apabila seluruh proses sudah rampung, maka opsi finish / close akan ditampilkan. Cukup pilih saja tombol tersebut dan aplikasi sudah siap untuk dipakai.

Cara Install Aplikasi di Laptop Melalui “Microsoft Store”

Langkah lainnya untuk dicoba ialah melalui microsoft store. Mula – mula, silahkan buka terlebih dahulu aplikasi microsoft store pada pc atau laptop.

Jika kesulitan, cukup ketikkan microsoft store pada bagian “search” di Windows. Apabila telah terbuka, maka carilah aplikasi yang hendak diinstal pada gadget tersebut.

Apabila sudah terpilih, silahkan pilih opsi “dapatkan” yang tersedia di sana. Jika berhasil terbuka, maka Anda bisa melanjutkan langkah dengan click tombol install.

Atau dapat juga mengklik ikon titik tiga yang terlihat dan klik install di perangkat saya. Selanjutnya, ikuti metode atau langkah di bawah ini.

  1. Tunggu proses download data

Setelah metode tersebut, maka cukup pilih tombol OK. Setelah itu, tunggu hingga aplikasi selesai dalam mendownload semua data yang dibutuhkan nantinya.

  1. Lihat proses download data

Mungkin Anda juga ingin melihat proses unggahan tersebut. Jika demikian, silahkan buka ikon windows lalu carilah apps yang diinstal.

Dari situ maka akan terlihat proses unggahan data yang sedang berlangsung. Anda hanya perlu menunggu sampai keseluruhan prosesnya selesai secara lengkap.

  1. Luncurkan atau launch

Setelah unggahannya selesai secara sempurna, maka selanjutnya ialah pilih pilihan launch atau luncurkan. Artinya, app itu sudah siap digunakan pada gadget atau PC Anda.

Selain keduanya Sebenarnya masih ada beberapa metode lainnya. Namun, cara install aplikasi di laptop bersistem windows di atas lah yang paling sering direkomendasikan.