Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm

Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm? Simak Ulasan Lengkapnya

Posted on

Empat Pilar – Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm? Simak Ulasan Lengkapnya. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan segala sesuatu yang perlu Kalian ketahui tentang ukuran TV 16 inch dan bagaimana mengonversikannya ke dalam ukuran sentimeter yang lebih umum.

Dengan pemahaman yang baik tentang ukuran TV, Kalian dapat membuat keputusan yang lebih cerdas saat membeli TV baru atau menyesuaikan tata letak ruangan Kalian.

Ukuran TV 16 inch mengacu pada ukuran diagonal layar televisi yang dinyatakan dalam inci. Namun, bagi beberapa orang, ukuran dalam inci mungkin sulit untuk dipahami dengan mudah.
Oleh karena itu, mengonversi ukuran TV 16 inch ke dalam sentimeter dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang ukuran sebenarnya. Mari kita lihat bagaimana cara melakukannya.

Mengenai Inci

Inci, atau inch, adalah satuan ukuran panjang yang terdapat dalam sistem imperial. Dalam notasi stKalianr internasional, inci dilambangkan dengan “in” dan juga simbol dua tKalian kutip (“). Istilah inch berasal dari kata dalam Bahasa Inggris Kuno, yaitu “Ince” atau “ynce”.

Ada beberapa bahasa lain yang memiliki padanan istilah ini, seperti “pouce” dalam Bahasa Perancis, “pollice” dalam Bahasa Italia, “pulgada” dalam Bahasa Spanyol, “tum” dalam Bahasa Swedia, dan “tumme” dalam Bahasa BelKalian, yang semuanya berarti “ibu jari”.

Berdasarkan sejumlah sumber, istilah inch awalnya merujuk pada jarak antara ujung jari dengan ruas pertama ibu jari.

Sebuah penjelasan lain menyebutkan bahwa inch didefinisikan sebagai “yard”, yaitu jarak antara hidung Raja Henry I dari Inggris dengan ibu jarinya.

Penggunaan ukuran inci ini umum dalam sistem pengukuran di Inggris dan Amerika. Inci juga digunakan sebagai satuan stKalianr ukuran panjang di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris.

Di Jepang, ukuran inci kerap digunakan untuk komponen elektronik, seperti ukuran layar. Sebagian besar negara di Eropa juga menggunakan inci untuk menyatakan ukuran layar berbagai perangkat elektronik, termasuk televisi, telepon seluler, dan laptop.

Berapakah Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm? (Rasio 16:9)

Rasio 16:9 adalah proporsi layar TV yang paling sering digunakan, karena ukurannya yang sangat cocok untuk berbagai keperluan, seperti bermain game, menonton film, dan sebagainya. Rasio 16:9 pada TV 16 inci merujuk pada ukuran diagonalnya.

Oleh karena itu, dengan rasio 16:9, ukuran TV 16 inci dalam cm adalah 40.6 cm dengan lebar 35.4 cm dan tinggi 19.9 cm, seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut:

Berapa Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm? (Rasio 4:3)

Meski jarang ada TV 16 inci dengan rasio 4:3, masih penting untuk mengetahui ukurannya dalam cm. Dengan rasio layar 4:3, ukuran TV 16 inci dalam cm adalah 40.6 cm dengan lebar 32.5 cm dan tinggi 24.4 cm, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

Kesimpulannya, jika Kalian menanyakan ukuran TV 16 inci dalam cm, jawabannya adalah 40.6 cm, yang merupakan ukuran diagonal layarnya. Perbedaan antara rasio 16:9 dan 4:3 terletak pada lebar dan tinggi layar TV 16 inci dalam cm.

Cara Menghitung 16 Inch Menjadi Cm

Setelah memahami Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm, kini saatnya diperluas pengetahuan kalian bahwa dalam sistem metrik, 1 inch setara dengan 2,54 cm. Sedangkan 1 cm sekitar setara dengan 0,39370787 inch. Dengan kata lain, untuk mengonversi inch ke sentimeter, nilai inch yang diinginkan perlu dikalikan dengan 2,54 cm.

Baca Juga :  Cara Memilih Ukuran TV Yang Ideal dan Sesuai Ruangan Rumah

Rumus sederhana untuk mengubah inch menjadi cm adalah B = A x 2,54. Di mana A adalah panjang dalam inch dan B adalah panjang dalam cm. Dengan demikian, jika ingin menghitung berapa cm panjang 16 inch, cukup kalikan 16 inch dengan 2,54 cm.

Berikut adalah 3 contoh soal dan solusinya.

Contoh 1:

Sebuah benda memiliki panjang 16 inch. Berapa panjangnya dalam sentimeter?

Cara menghitung:
B = A x 2,54
B = 16 inch x 2,54 cm
B = 40,64 cm

Jadi, panjang benda tersebut adalah 40,64 cm.

Contoh 2:

Sebuah produsen ponsel pintar meluncurkan produk terbaru dengan layar berukuran 6,5 inci. Bagaimana mengonversinya ke dalam cm?

Cara menghitung:

B = A x 2,54
B = 6,5 inch x 2,54 cm
B = 16,51 cm

Jadi, panjang layar tersebut adalah 16,51 cm.

Contoh 3:

Seorang wanita memiliki tinggi 65 inch. Berapa cm tingginya?

Cara menghitung:
B = A x 2,54
B = 65 inch x 2,54 cm
B = 165,1 cm

Jadi, tinggi wanita tersebut adalah 165,1 cm.

Berikut adalah konversi 16 inch ke cm:

  • 16 inch = 40,64 cm
  • 16,1 inch = 40,894 cm
  • 16,2 inch = 41,148 cm
  • 16,3 inch = 41,402 cm
  • 16,4 inch = 41,656 cm
  • 16,5 inch = 41,91 cm
  • 16,6 inch = 42,164 cm
  • 16,7 inch = 42,418 cm
  • 16,8 inch = 42,672 cm
  • 16,9 inch = 42,926 cm

Tips Mengukur TV dan Rak TV Supaya Pas

Sebelum membeli TV, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar ukuran TV dan rak TV sesuai.

Nah sudah memahami Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm, selanjutnya adalah cara untuk mengukur TV dan rak TV:

1. Mengukur TV

Langkah pertama adalah mengukur TV dari sisi diagonal untuk mendapatkan ukuran yang ditentukan oleh pabrik.

Misalnya, jika TV yang digunakan memiliki ukuran 32 inci, artinya diagonalnya sekitar 81 cm dari sudut kanan atas ke sudut kiri bawah atau sebaliknya.

2. Mengukur dari Layar ke Layar

Perlu diingat bahwa ukuran dalam inci pada TV merujuk pada ukuran layar, bukan ukuran keseluruhan TV.

Oleh karena itu, saat mengukur, jangan mengukur dari tepi bezel ke bezel atau bingkai TV. Kesalahan ini sering terjadi dan dapat mengakibatkan pengukuran yang tidak akurat.

3. Memberikan Sedikit Ruang Kosong saat Menempatkan TV

TV LED umumnya ditempatkan di rak atau ruang yang terbatas. Meskipun demikian, penting untuk memberikan sedikit ruang kosong saat menempatkan TV di ruang yang sempit. Dengan cara ini, TV akan lebih nyaman untuk dilihat.

4. Mengatur Jarak Pandang dengan Aspek Rasio

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengatur aspek rasio TV sesuai dengan jarak pandang. Meskipun TV dengan aspek rasio 4:3 dan 16:9 mungkin memiliki panjang diagonal yang sama, misalnya TV dengan ukuran 16 inci, namun area layar mereka berbeda.

TV standar cenderung memiliki layar yang lebih lebar dan gambar yang lebih kotak, sedangkan TV dengan layar lebar memiliki gambar yang lebih lebar secara horizontal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memastikan bahwa ukuran TV dan rak TV yang dipilih sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Baca juga :

  1. Ukuran TV 24 Inch Berapa Cm? Berikut Penjelasannya
  2. Penjelasan Mengenai Ukuran TV 42 Inch Berapa Cm
  3. Cara Memilih Ukuran TV Yang Ideal dan Sesuai Ruangan Rumah

Penutup

Sebagai penutup, diharapkan artikel dari empatpilar.com ini, bisa memberikan pemahaman yang jelas mengenai konversi ukuran televisi dari inch ke centimeter, khususnya untuk penjelasan  Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm. Sebagai catatan, ukuran TV 16 inch setara dengan 40,64 cm.

Ingatlah bahwa pemilihan ukuran televisi tidak hanya sebatas konversi ukuran, tetapi juga mempertimbangkan ruang dan kenyamanan dalam menonton. Jadi, jangan terburu-buru dalam memilih ukuran TV.

Lakukan penelitian yang cukup, pertimbangkan faktor-faktor yang relevan dan pilihlah yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Kalian. Akhirnya, selamat menikmati pengalaman menonton TV Kalian yang baru.

Baca Juga :  Cara Mematikan Timer AC Midea : Mudah Banget !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *