Antivirus Portable Terbaik

6 Rekomendasi Antivirus Portable Terbaik, Untuk Flasdisk Kalian

Posted on

Empat Pilar – 6 Rekomendasi Antivirus Portable Terbaik, Untuk Flasdisk Kalian. Virus komputer dan malware bisa merusak sistem operasi dan mengancam data penting Kalian.

Meskipun Kalian telah memasang antivirus pada komputer atau laptop, tetapi kadang-kadang virus masih bisa masuk dan menginfeksi sistem Kalian.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan seperti ketidakcocokan program antivirus dengan sistem operasi atau kurangnya pembaruan rutin dari antivirus.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi terbaik adalah dengan menggunakan antivirus portable terbaik. Antivirus portable terbaik adalah program keamanan yang dapat diinstal pada flash drive atau USB.

Dengan demikian, Kalian dapat membawa antivirus ini kemanapun Kalian pergi dan menggunakannya pada komputer atau laptop mana saja tanpa harus menginstal program antivirus pada setiap komputer yang Kalian gunakan.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa antivirus portable terbaik yang dapat membantu melindungi data Kalian dari virus dan malware.

Antivirus Portable Terbaik

Saat ini, flashdisk menjadi pilihan populer untuk penyimpanan data yang mudah dibawa-bawa. Ukurannya yang kecil dan ringkas membuatnya praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Namun, masalahnya, flashdisk sangat rentan terhadap virus.

Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memasang antivirus portable di dalam flashdisk. Antivirus portable adalah antivirus yang tidak perlu diinstal dan dapat langsung dijalankan dari flashdisk.

Dengan antivirus portable, Anda dapat melakukan scanning virus dengan mudah kapan saja dan di mana saja yang Anda inginkan. Hal ini akan membuat flashdisk Anda lebih aman.

Anda ingin tahu antivirus apa saja yang dapat digunakan langsung dari flashdisk?

Apa Fungsi dari Antivirus ?

Fungsi utama dari Antivirus adalah memberikan perlindungan dan keamanan pada data komputer dari serangan virus.

Sehingga pengguna komputer tersebut akan merasa aman dan nyaman dalam menyimpan data mereka.

Virus komputer biasanya menyebar melalui media penyimpanan seperti flashdisk dan perangkat lain, selain itu virus bisa juga masuk pada saat kita browsing atau mengakses internet. Untuk itu pengguna harus lebih sering melakukan update pada antivirus.

Cara Kerja Antivirus

Umumnya, cara kerja antivirus adalah sebagai berikut:

1. Melakukan deteksi dengan menggunakan database signature virus (Virus Signature Database). Ini dilakukan dengan mencari tanda-tanda virus menggunakan kode virus yang telah dianalisis oleh pembuat antivirus.

Dengan cara ini, deteksi virus lebih cepat dan dapat diandalkan, tetapi tidak dapat mendeteksi virus baru hingga database yang baru diinstal ke sistem.

Oleh karena itu, database ini dapat diperoleh dengan mengunduh pembaruan atau dengan berlangganan.

2. Mendeteksi dengan melihat cara virus bekerja. Ini adalah pendekatan baru yang merupakan teknologi terapan dalam Sistem Deteksi Intrusi (IDS).

Pendekatan ini juga disebut sebagai Behaviour blocking detection. Cara ini menggunakan kebijakan yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan virus.

Jika ada aktivitas yang tidak wajar dari perangkat lunak menurut kebijakan yang diterapkan, maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut.

Rekomendasi Antivirus Portable Terbaik

Antivirus portabel untuk flashdisk sangat berguna bagi kita yang sering melakukan transfer data di komputer umum.

Selain menjaga keamanan data di flashdisk, antivirus ini juga dapat mengidentifikasi virus yang terdapat di dalamnya sebelum kita memasukkannya ke dalam laptop pribadi.

Sayangnya, kebanyakan komputer umum di Indonesia kurang memperhatikan penggunaan antivirus. Bahkan, laptop pribadi pun seringkali diabaikan masalah keamanannya terkait antivirus.

Untuk itu, dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa rekomendasi antivirus portabel terbaik yang dapat digunakan di flashdisk.

Penting untuk diingat bahwa antivirus untuk flashdisk minimal harus dapat digunakan secara portabel.

Berikut adalah daftar lengkap Antivirus Portable Terbaik untuk flashdisk menurut kami :

1. Comodo Cleaning Essentials (CCE)

Antivirus portabel pertama yang memiliki fitur yang cukup lengkap adalah Comodo Cleaning Essential.

Antivirus ini dapat menghapus malware, rootkit, file tersembunyi, dan registri key berbahaya yang tersembunyi dalam sistem.

  • Untuk menggunakan Comodo Cleaning Essentials (CCE) Portable, Kalian hanya perlu mengekstrak file CCE ke dalam flashdisk.
  • Kemudian, klik CCE.exe dan pilih Custom Scan untuk melakukan scan pada memori flashdisk saja. Setelah itu, pilih memori penyimpanan flashdisk dan klik Scan.
  • Sebelum melakukan scan, disarankan untuk melakukan update database virus agar antivirus mampu mendeteksi virus jenis terbaru.
  • Jika tidak tersambung dengan jaringan, Kalian dapat memilih opsi Skip dan melakukan scan dengan database yang ada secara offline.
Baca Juga :  Bagaimana Cara Upload Foto di Google?

Penting untuk diingat bahwa melakukan update database virus sangat penting untuk menjaga keamanan komputer dari serangan virus terbaru.

2. ClamWin Portable

ClamWin adalah antivirus opensource yang dapat digunakan untuk menghapus virus, spyware, adware, atau ancaman lainnya.

Antivirus ini juga dapat otomatis mengupdate database saat tersambung dengan internet, sehingga kemampuannya untuk mendeteksi virus selalu up to date.

Berikut adalah cara menggunakan ClamWin Portable Antivirus:

  • Download file aplikasinya di portableapps.com
  • Setelah selesai download, install dan arahkan ke folder flashdisk. Ini tidak akan menginstall aplikasi ke dalam file system, tetapi hanya mengekstrak file aplikasi ke dalam flashdisk. Akan muncul folder baru yang bernama “ClamWinPortable”.
  • Buka folder tersebut dan jalankan aplikasi ClamWinPortable.exe untuk melakukan scanning virus.
  • Awalnya Kalian akan diminta untuk melakukan update database, klik Yes jika tersambung dengan internet.
  • Setelah selesai update database, akan muncul tampilan ClamWin Free Antivirus yang simple. Kalian dapat langsung memilih drive USB Kalian dan klik Scan.

3. Norton Power Eraser (NPE)

Antivirus untuk flashdisk ketiga adalah Norton Power Eraser. Banyak review yang mengatakan bahwa aplikasi ini “agak agresif” karena terkadang dapat salah mendeteksi program atau file berbahaya yang ada pada flashdisk.

Setelah diuji dengan scan file activator, ternyata Norton langsung mendeteksi virus dan merekomendasikan untuk menghapusnya.

Namun, Norton masih memberikan pilihan untuk menghapus atau tidak menghapus file tersebut.

Untuk menggunakan Norton Power Eraser Portable untuk scan virus di flashdisk, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh file antivirus Norton Power Eraser di buy-download.norton.com (untuk Windows 7 ke atas) atau buy-download.norton.com (untuk Windows XP atau Vista).
  • Buka aplikasinya.
  • Pilih Scan Folder untuk melakukan scan pada folder dan pilih Scan File untuk melakukan scan hanya pada file tertentu.
  • Klik Run Now.
  • Jika ada program atau file berbahaya yang terdeteksi, hasil scan akan menampilkan pilihan untuk menghapus aplikasi atau file tersebut.
  • Pilih aplikasi atau file yang ingin dihapus dan klik Fix Now. Maka, file yang diduga virus tersebut akan langsung dihapus dari flashdisk.

Kekurangan yang paling terasa dari antivirus ini adalah tidak dapat melakukan scan pada keseluruhan flashdisk. Hanya ada pilihan untuk scan satu folder atau satu file saja.

4. McAfee Stinger

Seperti aplikasi antivirus portabel lainnya, McAfee Stinger dapat digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus di flashdisk.

Pendeteksian virus pada aplikasi ini juga tidak terlalu agresif, seperti yang terbukti dengan lolosnya aplikasi activator yang diuji.

Untuk melihat daftar lengkap virus yang dapat dideteksi oleh McAfee Stinger, silakan buka menu Advanced > Threat List.

Berikut adalah cara menggunakan McAfee Stinger Portable:

  • Unduh file antivirus di www.mcafee.com
  • Buka aplikasinya dan pilih Customize my scan.
  • Centang pada memori flashdisk yang ingin discan, lalu pilih Scan.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Pastikan untuk melakukan scan secara rutin dan mengupdate database virus agar McAfee Stinger -Portable dapat mendeteksi virus dengan efektif.

5. Spybot Search and Destroy

Spybot – Search & Destroy dapat mendeteksi dan menghapus virus, terutama spyware, secara otomatis.

Namun, pada versi gratisnya, Kalian hanya dapat menghapus spyware saja. Untuk menghapus virus, harus membeli lisensi minimal personal edition.

Berikut adalah cara menggunakan antivirus Spybot Search and Destroy Portable:

  • Unduh aplikasinya di portableapps.com
  • Ekstrak aplikasinya di flashdisk.
  • Jalankan SpybotPortable.exe > pilih Show details di pojok kanan bawah.
  • Pilih File Scan.
  • Pilih Add Folder(s) > klik USB dan terakhir klik OK.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah versi gratisnya tidak dapat digunakan untuk menghapus virus di flashdisk.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, kita dapat melakukan deteksi virus pada flashdisk dan status menunjukkan file sudah terhapus.

Namun, ketika dicek, file tersebut masih ada. Setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata file yang terdeteksi virus hanya dapat dihapus pada versi berbayar.

6. Eset USB Driver security

Rekomendasi terakhir untuk Kalian yang mencari antivirus terbaik untuk flashdisk adalah USB Drive Security dari Eset.

Ini adalah antivirus berbayar dan kualitasnya sudah terbukti karena merupakan produk dari Eset.

Baca Juga :  Aplikasi Menggambar di Android Secara Praktis,

DriveSecurity menggunakan mesin antivirus ESET NOD32 yang merupakan pemenang penghargaan dalam mendeteksi dan menghapus virus, spyware, Trojan, worm, rootkit, adware, dan ancaman internet lainnya.

Kesimpulan

Dalam era digital saat ini, melindungi perangkat kita dari ancaman virus dan malware sangatlah penting.

Salah satu cara yang efektif untuk melindungi perangkat kita adalah dengan menggunakan antivirus. Namun, terkadang kita memerlukan solusi antivirus yang portable dan mudah digunakan di berbagai perangkat.

Setelah melakukan riset dan pengujian, kami merekomendasikan beberapa antivirus portable terbaik yang dapat Kalian gunakan untuk melindungi perangkat Kalian.

Diantaranya adalah AVG Antivirus Portable, ClamWin Portable, dan Bitdefender Antivirus Free Edition Portable.

Ketiga antivirus tersebut memiliki fitur yang kuat dan dapat digunakan dengan mudah, bahkan untuk pengguna awam sekalipun.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan antivirus portable tidaklah cukup untuk melindungi perangkat Kalian secara keseluruhan.

Pastikan untuk selalu mengupdate perangkat dan menghindari tindakan yang dapat membahayakan keamanan perangkat Kalian.

Dengan menggunakan antivirus portable terbaik yang kami rekomendasikan, Kalian dapat lebih tenang dan merasa lebih aman ketika menggunakan perangkat Kalian.

Jangan ragu untuk mencoba dan menemukan antivirus portable yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Itulah pembahasan dari empatpilar.com mengenai 6 Rekomendasi Antivirus Portable Terbaik, Untuk Flasdisk Kalian. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *