Apa Itu L298n Motor Driver

Apa Itu L298n Motor Driver? dan Cara Menggunakan L298n Motor Driver

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu L298n Motor Driver? dan Cara Menggunakan L298n Motor Driver. Dalam dunia robotika dan elektronika, pengendali motor memainkan peran penting dalam mengontrol dan memberi daya pada berbagai jenis motor.

Salah satu pengendali motor populer adalah L298N Motor Driver. Baik Kalian seorang hobiis maupun seorang profesional, memahami konsep dan fungsionalitas L298N Motor Driver adalah hal yang penting.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam arti, fitur, dan cara menggunakan L298N Motor Driver dengan efektif. Mari kita langsung mulai dan temukan keajaiban dari pengendali motor yang kuat ini.

Apa Itu L298n Motor Driver?

Modul motor driver L298n adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan arah rotasi motor DC. Keunggulannya membuat modul ini populer dan sering kali digunakan bersama mikrokontroler Arduino.

Motor driver ini, sesuai dengan namanya, memanfaatkan IC L298n yang dirancang dengan skema H-Bridge. Oleh karena itu, skema ini dapat mengontrol beban induktif pada gulungan kumparan. Seperti yang kita ketahui, motor listrik terdiri dari gulungan kumparan yang membawa beban induktif yang signifikan.

Selain itu, dalam rangkaian IC ini, terdapat transistor-transistor logic (TTL) dengan gerbang NAND. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengubah arah putaran motor.

L298n Motor Driver Pinout

Setelah memahami Apa Itu L298n Motor Driver? nah berikut adalah L298n Motor Driver Pinout :

  1. Pin Out
    Ini adalah pin yang digunakan untuk terhubung ke kutub motor. Tidak ada kutub negatif dan positif pada pin ini, jadi kabel bisa dihubungkan ke kutub motor dalam urutan apa pun.
  2. Pin IN
    Pin ini dihubungkan ke pin Digital Arduino dan digunakan untuk menentukan arah rotasi motor yang dihubungkan ke driver l298n. Sebagai contoh, jika IN1 diatur ke HIGH dan IN2 ke LOW, motor akan berputar searah jarum jam. Namun, jika IN1 diatur ke LOW dan IN2 ke HIGH, motor akan berputar berlawanan arah jarum jam. Logika HIGH dan LOW ini ditentukan dalam kode Arduino.
  3. Pin Enable
    Pin ini digunakan sebagai sumber tegangan tambahan untuk meningkatkan kecepatan motor DC. Jika kita menghubungkan tegangan 12 Volt ke pin ini, kecepatan motor akan meningkat. Pin Enable A digunakan untuk meningkatkan tegangan dan kecepatan motor di sisi kiri (Output 1 dan 2), sementara pin Enable B digunakan untuk meningkatkan tegangan dan kecepatan motor di sisi kanan (Output 3 dan 4).
  4. Pin 12 V
    Pin ini digunakan untuk terhubung ke sumber tegangan 12 Volt DC.
  5. Pin 5 V
    Pin ini digunakan untuk terhubung ke sumber tegangan 5 Volt DC.
  6. Pin GND
    Pin ini digunakan untuk terhubung ke ground Arduino.
  7. Pin Jumper
    Pin ini digunakan untuk terhubung ke sumber tegangan tambahan jika kecepatan motor dirasa kurang.

Data Singkat Driver Motor L298N (Spesifikasi)

Motor Driver L298N adalah perangkat yang dapat digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan arah putaran dari dua motor DC atau satu motor stepper. Ini merupakan komponen yang sangat penting dalam pembuatan banyak proyek robotik dan otomatisasi.

Berikut adalah spesifikasi lebih lanjut tentang Motor Driver L298N:

  1. Tegangan Input:
    Perangkat ini dapat menerima tegangan input antara 3.2V sampai 40V. Ini berarti bahwa perangkat ini sangat fleksibel dan dapat digunakan dengan berbagai jenis baterai atau sumber listrik.
  2. Driver:
    Motor Driver L298N ini berfungsi sebagai jembatan ganda (Dual H Bridge) untuk dua motor DC. Ini memungkinkan untuk mengendalikan arah dan kecepatan putaran dari dua motor DC secara independen.
  3. Catu Daya:
    Perangkat ini membutuhkan catu daya sebesar 5V untuk berfungsi dengan baik.
  4. Arus puncak:
    Perangkat ini dapat menangani arus puncak hingga 2 Amper.
  5. Kisaran operasi:
    Kisaran operasi normal untuk perangkat ini adalah 0 hingga 36 mA.
  6. Konsumsi Daya Maksimum:
    Perangkat ini dapat mengkonsumsi daya hingga 20W pada suhu 75℃.
  7. Suhu penyimpanan:
    Perangkat ini dapat disimpan pada suhu antara -25℃ hingga +130℃. Ini memastikan bahwa perangkat dapat bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan.
  8. Keluaran pin 10:
    Jika pin ini digunakan sebagai pin output, maka ia akan menghasilkan sumber tegangan IC sebesar 5V.
  9. Ukuran:
    Motor Driver L298N ini memiliki dimensi 3.4 cm x 4.3 cm x 2.7 cm, membuatnya cukup kecil dan kompak untuk dipasang dalam berbagai jenis proyek.
Baca Juga :  Pengertian Peltier : Manfaat dan Kelebihannya Secara Lengkap

1. Diagram Blok Driver Motor L298N

Di bawah ini adalah diagram blok Driver Motor L298N.

2. Diagram Blok Driver Motor L298N

Di bawah ini adalah diagram Rangkaian Driver Motor L298N.

Cara Kerja IC L298N

Pembahasan mengenai Apa Itu L298n Motor Driver, selanjutnya adalah IC L298N merupakan driver motor yang berfungsi untuk mengendalikan putaran dan kecepatan motor DC. Ia mengandung dua rangkaian H-bridge, yang membuatnya mampu mengendalikan dua motor DC secara independen.

Berikut adalah cara kerja L298N:

1. Prinsip Kerja

IC ini bekerja berdasarkan prinsip H-Bridge. H-Bridge adalah konfigurasi rangkaian elektronik yang memungkinkan tegangan untuk diaplikasikan pada beban dalam dua arah berlawanan. Ini sangat penting dalam kontrol motor DC, di mana perubahan arah rotasi motor bisa dicapai dengan membalik kutub negatif dan positif.

2. Kontrol Arah

Dalam IC L298N, ada empat saklar (dalam konteks ini, transistor). Mari kita anggap mereka sebagai S1, S2, S3, dan S4. Bila saklar S1 dan S4 ditutup (dihubungkan) dan saklar S2 dan S3 terbuka (diputus), arah putaran motor adalah searah jarum jam. Sebaliknya, bila saklar S1 dan S4 terbuka dan saklar S2 dan S3 ditutup, arah putaran motor akan berlawanan dengan arah jarum jam.

3. Kontrol Kecepatan

Kecepatan motor dapat dikendalikan dengan menggunakan PWM (Pulse Width Modulation). Dengan mengubah lebar pulsa, Anda bisa mengubah kecepatan motor. Pin Enable pada L298N digunakan untuk ini. Dengan memberikan sinyal PWM ke pin Enable, kita bisa mengontrol kecepatan motor.

4. Perlindungan Overcurrent

L298N juga dilengkapi dengan fitur perlindungan overcurrent. Jika arus yang mengalir melalui motor melebihi batas yang ditentukan, IC ini secara otomatis akan memutus sirkuit untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

5. Pengendalian Dua Motor

Seperti disebutkan sebelumnya, L298N memiliki dua H-Bridge, yang memungkinkan kontrol independen atas dua motor DC. Ini sangat berguna dalam aplikasi seperti robot mobil, di mana dua motor perlu dikontrol secara terpisah.

Dengan demikian, L298N memungkinkan kita untuk mengontrol arah putaran, kecepatan, dan melindungi motor dari overcurrent. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk aplikasi kontrol motor DC.

Aturan Penggunaan Driver Motor L298N (Ini penting)

Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci terkait aturan penggunaan driver motor L298N, terutama berkaitan dengan ketentuan sumber tegangan Integrated Circuit (IC) dan motor:

Jika motor yang Kalian gunakan memiliki tegangan kerja di bawah 5V, contohnya 3V, sumber daya IC dan motor harus dipisahkan. Kalian perlu memberikan input tegangan sesuai dengan kebutuhan motor ke pin 8, yakni 3V. Untuk ini, Kalian harus membuka (meng-nonaktifkan) jumper 1. Sementara itu, untuk sumber tegangan IC (pin 10), berikan tegangan sebesar 5V sesuai dengan spesifikasi IC.

Jika Kalian menggunakan motor dengan tegangan kerja dalam kisaran 5 – 12V, sumber tegangan untuk IC dan motor dapat disatukan. Pada pin 8, berikan tegangan sebesar 12V. Untuk pin 10, tidak perlu memberikan input tegangan dari luar. Jangan lupa, untuk kondisi ini, tutup (aktifkan) jumper 1. Dengan demikian, IC akan mendapatkan tegangan dari pin 8.

Jika Kalian menggunakan motor dengan tegangan kerja di atas 12V, sumber tegangan untuk IC dan motor harus dipisahkan. Meskipun IC regulator yang digunakan pada driver ini (yakni LM78M05) dapat menerima Vin hingga 35V berdasarkan datasheet, untuk mencegah panas yang berlebih, disarankan untuk membuka (meng-nonaktifkan) jumper 1 (pin 1) apabila tegangan motor tidak lebih dari 12V. Jika tegangan kerja motor adalah 24V, berikan tegangan 24V ke pin 8, berikan tegangan 5V ke pin 10, dan pastikan jumper 1 (pin 1) terbuka (nonaktif).

Penting untuk memastikan bahwa ground mikrokontroler dan ground pada driver L298N dipadukan atau menjadi common ground. Jika tidak, sistem tidak akan dapat berfungsi.

Mohon selalu periksa dan pastikan setiap koneksinya dengan benar sebelum memberikan daya ke sistem Kalian untuk mencegah kerusakan yang tidak perlu.

Gambar Driver Motor L298N Arduino

Gambar di atas menunjukkan rangkaian Motor L289N Arduino, yang memiliki beberapa keterangan sebagai berikut:

  1. Modul L298N diberi daya oleh sumber Daya 5 Volt DC dari Arduino.
  2. Arah putaran motor di sisi kanan dan kiri berbeda karena koneksi kabel pada kutub motor untuk tegangan positif dan negatif yang berbeda.
  3. Seperti yang kita ketahui, untuk mengubah arah putaran pada motor DC, kita hanya perlu mengubah koneksi kutub positif dan negatif pada motor.
Baca Juga :  Pengertian NFB (No Fuse Breaker) : dan Harga NFB

Catatan:

  • Penyediaan daya untuk modul L298N tidak harus menggunakan 5 volt dari Arduino, tetapi dapat menggunakan baterai 5 Volt atau baterai 12 Volt yang akan dihubungkan ke Pin 12 Volt pada modul L298N.
  • IN1 dan IN2 digunakan untuk mengatur arah putaran Motor Sebelah Kiri.
  • IN3 dan IN4 digunakan untuk mengatur arah putaran Motor Sebelah Kanan.

Penutup

Kesimpulannya, Apa Itu L298n Motor Driver? nah L298n Motor Driver adalah komponen penting dalam dunia robotika dan otomasi. L298n memfasilitasi pengendalian motor DC dan stepper, dan dengan demikian mengaktifkan gerakan dan operasionalitas dalam berbagai sistem mekanis.

Menggunakan L298n Motor Driver bukanlah tugas yang rumit jika Kalian memahami prinsip dasarnya dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tepat.

Sampai di sini, pembahasan empatpilar.com tentang apa itu L298n Motor Driver dan cara menggunakannya. Semoga informasi ini membantu Kalian dalam memahami lebih lanjut mengenai alat ini dan bagaimana cara kerjanya.

Selamat mencoba dan jangan ragu untuk terus bereksperimen dengan L298n Motor Driver untuk mewujudkan inovasi-inovasi baru dalam proyek robotika atau otomasi Kalian. Selamat berkarya! Kata Pencarian TerpopulerMATERI L298N MOTOR DRIVER,menjelaskan apa itu driver motor l298n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *