Aplikasi Remote TV Infrared Gratis

Rekomendasi 5 Aplikasi Remote TV Infrared Gratis : Terbaik !!

Posted on

Empat Pilar – Rekomendasi 5 Aplikasi Remote TV Infrared Gratis : Terbaik !!. Pernahkah Kalian kehilangan remote TV? Atau apakah Kalian sering merasa terganggu dengan banyaknya remote yang harus Kalian simpan? Jika iya, jangan khawatir! Ada solusi yang sempurna untuk masalah Kalian. Dengan menggunakan aplikasi remote TV infrared gratis, Kalian dapat mengubah smartphone Kalian menjadi remote TV yang praktis dan mudah digunakan.

Aplikasi remote TV infrared gratis adalah aplikasi yang memungkinkan Kalian mengontrol TV Kalian melalui smartphone menggunakan teknologi inframerah. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi ini ke ponsel pintar Kalian dan menghubungkannya dengan TV Kalian.

Kemudian, Kalian dapat dengan mudah mengontrol TV Kalian melalui ponsel Kalian, tanpa perlu mencari-cari remote yang hilang atau menyimpan banyak remote yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aplikasi remote TV infrared gratis terbaik yang dapat Kalian gunakan.

Remote Control

Secara umum, Remote Control digunakan untuk memberikan perintah dari jarak jauh kepada televisi atau perangkat elektronik lainnya seperti sistem stereo dan pemutar DVD.

Remote control untuk perangkat-perangkat ini umumnya berupa perangkat kecil nirkabel yang dipegang di tangan dan dilengkapi dengan sejumlah tombol untuk mengatur berbagai pengaturan, seperti saluran televisi, nomor trek, dan volume suara.

Pada sebagian besar perangkat modern dengan kontrol semacam ini, remote control memiliki semua kontrol fungsi sementara perangkat yang dikendalikan hanya memiliki beberapa kontrol utama yang mendasar.

Sebagian besar Remote Control berkomunikasi dengan perangkat yang dikendalikan melalui sinyal inframerah, dan beberapa menggunakan sinyal radio. Untuk mengoperasikan Remote Control, umumnya digunakan baterai kecil seperti AAA atau AA sebagai sumber daya.

Remote Control memiliki semua kontrol fungsi pada perangkat yang dikendalikan, sementara perangkat itu sendiri hanya memiliki beberapa kontrol utama yang penting.

Remote Control menjadi sangat penting dalam era modern yang ditandai dengan kenyamanan dalam gaya hidup. Oleh karena itu, Remote Control menjadi barang yang tak terpisahkan dalam paket penjualan barang elektronik.

Rekomendasi 5 Aplikasi Remote TV Infrared Gratis

Berikut ini saya share 5 aplikasi remot tv infrared gratisan yang bisa didownload dari playstore yang mendukung mayoritas merk tv yang ada di Indonesia.

1. SURE Universal Remote

Aplikasi ini sangat terkenal, bahkan telah diunduh sebanyak 35 juta kali pada saat artikel ini ditulis. Jika Kalian memiliki banyak perangkat modern dengan teknologi canggih di rumah, maka aplikasi ini sangat cocok karena memungkinkan Kalian mengontrol hampir semua perangkat tersebut hanya dengan menggunakan smartphone.

Bagi mereka yang tidak memiliki sensor IR di ponsel mereka, tidak perlu khawatir karena aplikasi ini menawarkan berbagai jenis koneksi seperti Wifi dan Bluetooth. Jika Kalian ingin menggunakan infrared, Kalian perlu menggunakan IR blaster.

Aplikasi SURE remote bisa menjadi alternatif aplikasi remote TV Samsung karena setelah saya mencobanya, ternyata bisa digunakan pada Samsung LED TV.

Unduh Aplikasi SURE Remote Control

Kelebihan:

  • Mudah untuk diatur
  • Mendukung koneksi Wifi dan Bluetooth
  • Mendukung perangkat dengan sensor IR
  • Banyak pilihan jenis perangkat dan merek yang lengkap
  • Perintah suara (untuk perangkat pintar)

Kekurangan:

  • Ukuran aplikasi yang cukup besar, melebihi 50 MB
  • Aplikasi ini memakan banyak sumber daya smartphone
  • Iklan yang cukup mengganggu dalam versi gratis.

2. Universal TV Remote Control

Aplikasi Universal TV Remote ini memiliki tampilan yang sederhana namun tetap elegan, dan bahkan mendukung fitur touchpad untuk mengontrol TV di rumah Kalian.

Aplikasi ini merupakan pilihan yang baik karena mendukung baik smart TV maupun TV tradisional, meskipun terdapat perbedaan dalam jenis koneksi yang digunakan untuk kedua jenis perangkat tersebut.

Untuk Smart TV, Kalian perlu menghubungkan kedua perangkat, yaitu TV dan smartphone, ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Baca Juga :  Cara Vakum AC Lama dan Baru : Panduan Lengkap

Sedangkan untuk TV dengan sensor inframerah, Kalian dapat menggunakan fitur inframerah di ponsel (jika tersedia). Penggunaannya sangat mudah karena tombol yang ada hampir sama persis dengan remote pada umumnya.

Unduh aplikasi Universal TV Remote Control

Kelebihan:

  • Tampilan sederhana
  • Fitur touchpad
  • Banyak pilihan merek yang didukung

Kekurangan:

  • Hanya dapat digunakan untuk TV
  • Iklan cukup mengganggu

3. Mi Remote Control (Rekomendasi)

Sebagian besar smartphone yang dilengkapi fitur inframerah biasanya telah memiliki aplikasi remote bawaan, salah satunya adalah Xiaomi yang umumnya dilengkapi dengan fitur IR dan aplikasi Mi Remote.

Namun, tidak perlu memiliki smartphone Xiaomi untuk menggunakan aplikasi Mi Remote Controller karena tersedia untuk diunduh secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi remote TV yang paling banyak digunakan karena mendukung berbagai peralatan elektronik di rumah, seperti TV, AC/penyejuk udara, Set Top Box, DVR, bahkan proyektor dan kipas angin. Tidak hanya mendukung IR, aplikasi ini juga mendukung koneksi WiFi untuk Smart TV.

Kalian tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas, karena setiap merek memiliki pilihan jenis remote yang dapat dipilih dengan panduan penggunaan yang sangat mudah.

Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi remote TV Akari dan aplikasi remote TV Polytron, karena merk-merk ini tidak tersedia di aplikasi lain.

Unduh aplikasi Mi Remote Controller

Kelebihan:

  • Gratis
  • Penggunaan yang mudah
  • Mendukung banyak merek
  • Mendukung berbagai peralatan dengan kontrol remote

Kekurangan:

  • Untuk smartphone yang tidak memiliki fitur IR, perlu menggunakan IR blaster/adapter inframerah
  • Iklan yang mengganggu, tetapi masih dalam batas yang wajar.

4. ASmart Remote IR

Aplikasi remote dari pengembang NXRSoft’s, meskipun memiliki embel-embel “smart”, sebenarnya tidak dirancang untuk smart TV dan hanya dapat bekerja dengan smartphone yang dilengkapi dengan infrared bawaan.

Aplikasi ini direkomendasikan untuk brand-brand handphone dan tablet seperti SAMSUNG Galaxy S4, S5, Note3, Galaxy Tab, serta HTC.

Selain berfungsi untuk TV, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk STB, AC, DVD/Bluray Player, proyektor, bahkan kamera DSLR.

Unduh aplikasi ASmart Remote IR

Kelebihan:

  • Gratis
  • Mendukung berbagai peralatan dengan kontrol remote

Kekurangan:

  • Iklan yang cukup mengganggu dalam versi gratis.

5. Universal TV Remote-Twinone

Saya sangat merekomendasikan aplikasi Universal TV Remote dari pengembang Twinone karena meskipun aplikasi ini gratis dan memiliki embel-embel “Contains Ads” di Play Store, saat digunakan ternyata tidak banyak iklan yang muncul sehingga tidak mengganggu penggunaan.

Iklan yang muncul hanya berupa banner kecil di bagian atas dan tidak menghalangi fungsi tombol remote.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa handphone Kalian dilengkapi dengan fitur inframerah. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dukungannya terhadap TV lama. Saya telah mencobanya dengan TV tabung produksi tahun 2002, dan tombol-tombolnya berfungsi dengan normal.

Unduh aplikasi Universal TV Remote

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai pengganti remote untuk TV LG maupun TV Toshiba.

Kelebihan:

  • Tampilan sederhana
  • Iklan yang muncul dalam batas yang “wajar”
  • Mendukung TV produksi lama

Kekurangan:

  • Fitur remote yang terbatas
  • Beberapa merek mengalami masalah, tetapi terdapat tombol “Fix Button” sebagai solusinya.

Daftar Hp Infrared untuk Remote TV

Sebagian besar aplikasi remote TV di atas memang masih menggunakan koneksi infrared. Sehingga akan berjalan normal jika hp yang digunakan juga memiliki fitur infrared.

Nah, jika ingin tau hp apa saja yang dibekali dengan fitur infrared, berikut kami sajikan beberapa pilihannya:

Merk HpModel Hp
XiaomiMi 9, Mi Note 10, Redmi Note 8, Mi 10, Redmi 5
Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, Redmi 7, Redmi S2 
Redmi Note 7, Mi A2 Lite, Redmi 5A, Redmi 8
SamsungGalaxy S6, Galaxy S4, Galaxy Note 4, Galaxy S5 
Galaxy S6 Edge
LGLG G5, LG G4, LG V20
HuaweiMate 20 Pro

 

Baca juga :

  1. Cara Memasukan Kode Remote TV : Semua Merk Terlengkap
  2. Kenali, Tips Merawat Remote TV Supaya Awet dan Tetap Terjaga
  3. Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV : Dengan Mudah

Penutup

Demikianlah artikel dari empatpilar.com ini, sudah memberikan ulasan mengenai rekomendasi 5 aplikasi remote TV infrared gratis. Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan fitur uniknya masing-masing yang pastinya dapat membantu memudahkan operasional TV Kalian, tanpa harus mencari remote TV fisik.

Baca Juga :  UDPATE Harga Printer HP Terbaru dan Terlengkap

Dalam era digital yang semakin maju, solusi seperti ini sangat membantu dan mempermudah kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menemukan aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *