Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air

Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air? Ini Dia Penjelasannya

Posted on

Empat Pilar – Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air? Ini Dia Penjelasannya. Pompa air merupakan perangkat yang penting dalam sistem distribusi air di rumah, gedung, atau bahkan area industri. Untuk memastikan pompa air bekerja secara efektif, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah kapasitor.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berapa ukuran kapasitor pompa air yang tepat untuk memastikan kinerja optimal. Kami akan menjelaskan dengan detail berbagai aspek terkait kapasitor pompa air dan memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan.

Dengan memahami ukuran kapasitor yang tepat, Kalian akan dapat memaksimalkan kinerja pompa air Kalian dan menghindari masalah yang mungkin timbul.

Fungsi Kapasitor Pompa Air

Walaupun komponen ini berukuran kecil dan sering dianggap sepele, namun nyatanya kapasitor pada pompa air memiliki fungsi penting lho! Tanpa komponen ini mungkin pompa air dirumah Anda tidak akan berfungsi. Berikut ini pembahasan lengkapnya:

1. Kapasitor Pompa Air Sebagai Start

Fungsi utama dari kapasitor pada pompa air, kipas angin, atau kulkas adalah sebagai start atau pendorong awal ketika pompa air pertama kali dinyalakan. Saat pompa air diaktifkan, dinamo pompa air akan berputar dengan bantuan arus listrik yang telah tersimpan di dalam kapasitor.

Jika kapasitor dilepas dan pompa air dinyalakan, maka hanya akan terdengar dengungan atau pompa air tidak akan berputar. Oleh karena itu, jika pompa air di rumah Anda tidak berputar dan hanya mengeluarkan dengungan, kemungkinan besar kapasitor pompa air tersebut bermasalah.

2. Kapasitor Pompa Air Sebagai Running

Selain itu, terdapat beberapa pompa air yang dilengkapi dengan 2 kapasitor. Kapasitor pertama berfungsi sebagai start (dengan nilai kapasitansi yang lebih besar), sedangkan kapasitor kedua berfungsi sebagai running (dengan nilai kapasitansi yang lebih kecil).

Biasanya, kapasitor running pada pompa air berfungsi untuk membedakan fase antara lilitan bantu dan lilitan utama, serta menentukan arah putaran dinamo tergantung pada penempatan kapasitor tersebut.

Pemasangan kapasitor running juga tidak boleh sembarangan, dan ukurannya harus sesuai dengan nilai dinamo pompa air. Jika ukuran kapasitor terlalu besar, maka dinamo akan mengeluarkan dengungan, cepat panas, dan bisa menyebabkan kerusakan atau terbakar.

Dengan demikian, kapasitor pada pompa air memiliki peran penting sebagai pendorong awal (start) dan dalam menjaga kinerja pompa air agar beroperasi dengan baik selama pemakaian (running). Pastikan kapasitor pompa air Anda berfungsi dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.

Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air ?

Perlu diingat bahwa saat kita memutuskan untuk mengganti kapasitor pompa air, pengetahuan tentang bagaimana cara menyambung jalur kabel kapasitor tersebut sangatlah penting.

Sebab, pemasangan kapasitor yang tidak sesuai dengan jalurnya bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin pompa air. Salah satu contoh dampak negatifnya adalah terbakarnya gulungan dinamo pompa air.

Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penyambungan jalur kabel kapasitor pompa air, kita harus jeli dan teliti dalam memperhatikan warna kabelnya.

Selain itu, sebagai langkah antisipatif, bisa juga dilakukan dengan cara memfotonya sebelum membongkar jalur kabel tersebut. Jadi, jika terjadi kebingungan saat proses pemasangan, kita bisa mengacu pada foto yang telah diambil sebelumnya.

Adapun posisi kapasitor pada mesin pompa air biasanya terletak di dalam bagian yang terlindung plastik. Sebagai catatan, nilai kapasitor pada mesin pompa air berbeda-beda tergantung pada jenis atau merk pompa air tersebut.

Berikut adalah Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air:

Baca Juga :  Cara Kerja Relay DPDT (Double Pole Double Throw Relay) Secara Lengkap

  1. Kapasitor Pompa Air Shimizu PS 128 memiliki nilai kapasitor 8 μF.
  2. Kapasitor Pompa Air Sanyo dengan daya 125 Watt memerlukan kapasitor berukuran 12 μF.
  3. Kapasitor Pompa Air dari merk National memiliki nilai kapasitor 4 μF.
  4. Kapasitor Pompa Air Panasonic memiliki nilai kapasitor 4 μF.
  5. Kapasitor Pompa Air GoldStar memiliki nilai kapasitor sebesar 14 μF.
  6. Kapasitor Pompa Air Hitachi memiliki nilai kapasitor 12 μF.
  7. Kapasitor Pompa Air GrunFos memerlukan kapasitor dengan ukuran 8 μF.
  8. Kapasitor Pompa Air jenis Jet Pump memiliki rentang nilai kapasitor antara 14 μF hingga 30 μF.

Semoga penjelasan ini membantu dan memudahkan Kalian dalam mengganti dan menyambung jalur kabel kapasitor pompa air. Selalu utamakan kehati-hatian dan keakuratan dalam setiap langkah pengerjaannya.

Cara Mengganti Kapasitor Pompa Air

Setelah memahami Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air, nah selanjutnya berkaitan dengan penggunaan pompa air yang terlalu sering, dapat secara perlahan menyebabkan penurunan performa kapasitor. Misalnya, kapasitor tak lagi mampu menyimpan arus listrik, yang disebabkan oleh pengeringan cairan elektrolit jika menggunakan tipe kapasitor elektrolit. Hal ini juga mengakibatkan pompa air enggan berputar.

Karakteristik rusaknya kapasitor seperti ini umumnya, mesin masih bisa dinyalakan, tetapi membutuhkan dorongan manual untuk berputar pertama kali.

Untuk memverifikasi kerusakan, kita bisa memeriksa bentuk fisik kapasitor, apakah mengalami pembengkakan atau bocor cairan elektrolit. Sementara itu, langkah-langkah yang tepat dan aman dalam mengganti kapasitor pompa air adalah sebagai berikut:

  • Pastikan untuk memutus sumber listrik PLN ke pompa air dan mengamankan area di sekitar pompa.
  • Buka penutup kapasitor, biasanya bagian ini mudah ditemukan ditandai dengan bagian yang menonjol.
  • Sebelum melepas kapasitor lama, perhatikan juga jalur kabel untuk mencegah kesalahan saat instalasi, karena bagian ini penting.
  • Biasanya ada pelindung kabel berbentuk selongsong atau pin, lepaslah selongsong ini dengan tang, agar lebih mudah menghubungkan kabel kapasitor pompa air pengganti. Jika tidak ada selongsong, Anda bisa menggunakan isolasi hitam sebagai pengaman di kabel.
  • Cara pemasangan kapasitor bisa dibolak-balik, karena tidak ada polaritas. Setelah selesai mengganti, bungkus kembali koneksi kabel dengan pelindung yang telah dilepas.
  • Jika semua telah diperiksa dan dianggap aman, coba hidupkan kembali pompa air listrik.

Harga Kapasitor Pompa Air

Perlu Anda ketahui, harga kapasitor untuk pompa air juga bervariasi dan tergantung berapa besar ukurannya. Jadi, semakin besar ukuran kapasitor maka akan semakin tinggi pula harganya.

Anda dapat membeli komponen ini di toko elektronik offline ataupun online, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Umumnya, kapasitor pompa air dijual dengan harga mulai dari Rp. 16.000 – Rp. 165.000.

Ukuran KapasitorHarga KapasitorMarketplace
6uF/450vKisaran Rp 16.000Tokopedia
8uF/450v (York)Kisaran Rp 29.000Lazada
15uF/400v-450vKisaran Rp 33.000Tokopedia
20uF/450v (Shimizu)Kisaran Rp 77.300Bukalapak
30uF/300v-450v (Shimizu) Kisaran Rp 165.000Tokopedia

Penutup

Sekian penjelasan yang telah empatpilar.com berikan tentang ukuran kapasitor pompa air. Semoga setelah membaca artikel ini, Kalian dapat lebih memahami tentang kapasitor pompa air dan pentingnya mengetahui ukurannya.

Tidak ada satuan yang pasti mengenai berapa ukuran kapasitor pompa air, karena hal tersebut sangat bergantung pada jenis dan kebutuhan pompa air itu sendiri.

Namun, mengenal lebih jauh tentang hal ini tentunya akan memberi kita pengetahuan tambahan dalam menangani permasalahan yang mungkin muncul terkait dengan pompa air.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional jika Kalian memiliki keraguan atau pertanyaan lebih lanjut. Ingatlah, pemahaman yang baik tentang peralatan kita adalah kunci untuk pemanfaatan yang optimal dan pemeliharaan yang efektif. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Kata Pencarian Terpopulerberapakah ukuran kapasitor pompa air sanyo,Nilai kapasitor mesin pompa air gold star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *