Biaya service AC Mobil

Inilah perkiraan Biaya service AC pada tahun 2021

Empatpilar.com – Biaya Service AC Mobil. Banyak faktor yang bisa membuat kita merasa nyaman saat berada dalam mobil. Salah satu faktornya yaitu saat AC mengalami kerusakan atau ketidakstabilan dalam bekerja.

Masalah yang muncul juga berfariasi, misalnya saja AC mati, mengeluarkan bau tak sedap, bahkan mengeluarkan suhu panas secara tiba-tiba. Kerusakan yang muncul pada AC bisa menjadi salah satu alasan ketidaknyamanan saat menaikan mobil.

Saat AC mengalami kerusakan, tentu saja hal yang harus Anda lakukan yaitu dengan membawa AC ketukang service. Terkadang, harga yang harus Anda bayarkan untuk melakukan perbaikan AC tidaklah murah.

Berikut ini adalah beberapa harga perbaikan AC sesuai dengan kerusakannya

Biaya Service AC Mobil Mengeluarkan Bau

Salah satu penyebab AC harus melakukan service yaitu AC mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika Anda tidak tahu apa yang menjadi penyebab utama dari rusaknya AC tersebut, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan.

Hal itu bertujuan agar sumber bau yang ada bisa terdeteksi dan segera melakukan tindakan yang tepat. Untuk biaya pengecekan serta perbaikan AC kisaran harga Rp200.000 dan untuk biaya kebersihan, Anda harus mengeluarkan uang sejumlah Rp200.000

Service AC Mobil Panas dan Dingin Tiba-Tiba

Selain AC bau, AC bisa tiba-tiba mengeluarkan udara yang panas atau sebaliknya. Kerusakan tersebut bisa karena adanya kerusakan pada magnetic clutch yang membuat AC tiba-tiba mengalami panas dan sebaliknya.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan berkisar antara Rp300.000 hingga Rp500.000. Biaya yang mahal karena harus mengganti magnetic clutch. Harga yang berlaku sesuai dengan tipe AC pada mobil Anda.

Biaya Service Kondensor AC Mobil

Dalam AC, kondensor bertugas untuk mengubah freon gas menjadi bentuk cair dengan melakukan proses kondensasi. Jika kondensor ini mengalami kerusakan tentu saja akan membuat AC mobil tidak mengeluarkan hawa dingin.

Anda harus menyiapkan biaya antara Rp100.000 hingga Rp600.000 untuk melakukan pengecekan dan juga perbaikan kondensor. Hal itu sesuai dengan tipe AC yang ada pada mobil Anda.

Biaya Service Freon Mudah Habis

Salah satu kerusakan yang sering kali terjadi pada AC mobil yaitu adanya kerusakan pada Freon mobil. Saat freon mengalami kebocoran, Anda harus menambal dan mengisi kebocoran pada freon.

Biaya yang harus Anda butuhkan untuk menambal kebocoran kisaran Rp100.000 hingga Rp400.000. Sedangkan biaya untuk mengisi freon kisaran Rp150.000 hingga Rp350.000. Beda tipe AC akan mempengaruhi harga service AC mobil.

Biaya Service AC Mobil Mati

Kerusakan AC mobil yang paling parah yaitu jika AC tidak bisa bekerja. Dalam hal ini AC mengalami kerusakan hingga akhirnya mati. AC mati bisa karena oleh kerusakan komponen penting pada AC.

Jika kompresor mengalami kerusakan, maka hal yang harus Anda lakukan yaitu mengganti kompresor. Tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Paling tidak, Anda harus menyiapkan uang kisaran 1 juta hingga 3 juta.

Tak hanya kerusakan pada kompresor, banyak faktor yang menyebabkan kerusakan pada AC. Kerusakan tersebut dapat diketahui jika Anda membawa mobil ke tukang service AC.

Biaya yang harus Anda siapkan untuk mengecek mobil sekitar Rp200.000 dan jika ditemukan kerusakan komponen dan harus diganti Anda memerlukan biaya Rp300.000 hingga Rp3.000.000.

Demikian artikel mengenai biaya service AC mobil. Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa tahu berapakah uang yang harus Anda siapkan untuk setiap kerusakan.

Untuk mengetahui berbagai macam informasi dari artikel ini, baca juga artikel kami yang lainnya. Terima kasih.