Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara

Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara ? Simak Ulasannya

Posted on

Empat Pilar – Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara ? Simak Ulasannya. Penasaran bagaimana bintang laut berkembang biak? Simak ulasan lengkap mengenai proses reproduksi bintang laut yang menarik dan unik ini!

Mau tahu bagaimana Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara? Simak Ulasannya di sini! Bintang laut merupakan hewan laut yang unik dan menarik.

Selain bentuk tubuhnya yang indah, cara berkembang biaknya juga menjadi perhatian. Artikel ini akan membahas cara bintang laut berkembang biak serta informasi menarik lainnya.

Mengenal Bintang Laut

Meskipun dalam bahasa Inggris disebut sebagai starfish (ikan bintang), bintang laut sebenarnya sangat berbeda dengan ikan.

Terdapat sekitar 1.800 spesies Asteroidea yang hidup di alam bebas, seperti yang ditemukan oleh para ilmuwan.

Bintang laut termasuk hewan invertebrata yang tergolong dalam filum Echinodermata. Mereka memiliki simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan.

Seperti kebanyakan hewan invertebrata lainnya, bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantunya bergerak.

Rangka mereka hanya berfungsi sebagai pelindung. Bintang laut bergerak menggunakan sistem vaskular air.

Kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular berfungsi untuk membantu gerakan dan makan.

Bintang laut merayap di dasar laut dengan kecepatan yang cukup rendah, menggunakan kaki-kaki tabungnya.

Bintang laut terkenal karena kemampuannya untuk meregenerasi anggota tubuh yang hilang. Kemampuan ini terlihat pada lengan fleksibel yang menempel pada cakram pusatnya.

Ketika bintang laut mengalami amputasi, mereka akan mengalami fase penyembuhan terlebih dahulu untuk menutup luka yang terbuka. Setelah luka sembuh, baru bintang laut dapat mulai menghasilkan sel-sel baru.

Proses regenerasi dapat memakan waktu beberapa bulan bahkan bertahun-tahun, dan pertumbuhan anggota tubuh baru terjadi pada fase akhir.

Jika fase ini tidak berjalan dengan baik, anggota tubuh baru yang tumbuh dapat berubah bentuk.

Habitat dan Sebaran Bintang Laut

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lebih dari 2.000 spesies bintang laut yang hidup di lautan.

Hewan ini memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi dan dapat hidup di sebagian besar habitat laut di seluruh dunia, mulai dari perairan tropis, sub-tropis, hingga kutub.

Secara lebih spesifik, habitat bintang laut meliputi kawasan pesisir, perairan tropis, ekosistem lamun, terumbu karang, dataran lumpur, perairan hangat, hingga lautan dalam.

Namun, perlu diperhatikan bahwa bintang laut hanya dapat ditemukan di perairan air asin dan tidak dapat hidup di perairan tawar.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan regulasi osmotik yang terbatas pada hewan ini, sehingga mereka hanya bisa hidup di lingkungan laut yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi.

Klasifikasi Bintang Laut

Sebelum kalian memahami Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara?. Nah bintang laut termasuk dalam kelas Asteroidea dalam klasifikasi ilmiah dan memiliki sebaran spesies yang sangat luas di seluruh samudera.

Meskipun beberapa orang mungkin bingung tentang kingdom hewan ini, bintang laut sebenarnya termasuk ke dalam kingdom Animalia. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah taksonomi atau klasifikasi ilmiahnya:

FiturRTPRTCP
Wujud sempurnaRTP adalah singkatan dari Real-Time Transport Protocol.RTCP adalah singkatan dari Real-Time Transport Control Protocol.
DasarIni terutama digunakan untuk menyimpan aliran media.Ini terutama digunakan untuk memantau statistik transmisi dan QoS.
Fitur yang DisediakanIni menawarkan interoperabilitas.Ini mengatur kinerja pertukaran data dengan menghasilkan umpan balik.
PelabuhanIni menggunakan nomor port genap.Ini menggunakan nomor port ganjil.
Paket BerisiIni berisi jenis muatan, nomor urut, stempel waktu, dll.Ini berisi laporan pengirim dan penerima.
HubunganIni mendefinisikan struktur paket untuk data real-time.Ini beroperasi bersama dengan RTP.
Identifikasi SumberIni menggunakan pengidentifikasi 32-bit.Ini menggunakan informasi tekstual.

Bintang laut terbagi menjadi 36 famili, di antaranya adalah:
  • Asteriidae
  • Brisingidae
  • Echinasteridae
  • Asterinidae
  • Goniasteridae
  • Ophidiasteridae
  • Pterasteridae

Selain itu, bintang laut juga terbagi menjadi lebih dari 370 genus dan sekitar 2.000 spesies yang tersebar di seluruh lautan, mulai dari kedalaman intertidal (dangkal) hingga abyssal (dalam).

Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara ? Simak Ulasannya

Inilah berbagai fakta menarik mengenai bintang laut, berkaitan dengan perilaku dan cara berkembang biaknya. Simak Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara ? :

1. Proses Reproduksi Bintang Laut secara Seksual

Proses perkembangbiakan bintang laut memiliki keunikan tersendiri. Bintang laut dapat bereproduksi baik secara seksual maupun aseksual, namun sebagian besar spesies bintang laut lebih memilih bereproduksi secara seksual.

Baca Juga :  Cara Kerja Mesin Drone : Pengertian dan Komponen Drone

Pada proses reproduksi seksual, bintang laut jantan dan betina melepaskan sperma dan sel telur ke dalam air atau secara eksternal.

Sperma kemudian menggunakan ekornya yang mirip cambuk untuk bergerak menuju sel telur. Ketika sperma mencapai sel telur, ia melepaskan bahan kimia yang membantu memecahkan lapisan sel telur dan membuahi sel tersebut.

Setelah sel telur dibuahi, proses pembelahan dan pembentukan embrio bintang laut dimulai.

Embrio tersebut kemudian berkembang menjadi larva mikroskopis yang memiliki lengan bersilia, disebut pluteus. Larva ini mulai tumbuh dan akhirnya berkembang menjadi bintang laut.

2. Reproduksi Bintang Laut secara Aseksual

Di sisi lain, beberapa spesies bintang laut juga melakukan reproduksi secara aseksual. Reproduksi aseksual biasanya terjadi ketika bintang laut mengalami luka atau berada di bawah tekanan lingkungan.

Pada reproduksi aseksual, bintang laut melepaskan sebagian dari tubuhnya yang kemudian tumbuh menjadi bintang laut baru.

Proses reproduksi ini dikenal sebagai autotomi atau fisi. Hal ini sangat unik, bukan?

3. Tahap larva

Setelah terjadi pembuahan, tahap selanjutnya adalah tahap larva. Telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi larva dengan kepala, mata, dan lengan.

Larva ini akan mengambang bebas di air laut. Setelah semakin matang, ia akan menetap di dasar laut yang menjadi tempat ia berkembang menjadi bintang laut dewasa.

Lama tahap larva bergantung pada spesies bintang laut. Pada beberapa spesies, tahap larva dapat berlangsung dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Setelah larva mencapai tahap dewasa, ia akan menempel pada permukaan padat dan mengalami proses metamorfosis menjadi bintang laut dewasa.

4. Pelepasan Larva ke dalam Air

Setelah terjadi pembuahan telur, larva bintang laut akan dilepaskan ke dalam air. Larva tersebut akan mengikuti arus laut dan mencari makanan, seperti plankton dan bahan organik lainnya.

Lama waktu yang diperlukan bagi larva bintang laut untuk tumbuh dan berkembang tergantung pada spesiesnya.

Pada beberapa spesies, larva akan tinggal di laut dan memakan plankton selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Setelah mencapai tahap pertumbuhan yang cukup, larva tersebut kemudian akan menetap di dasar laut dan berubah menjadi bintang laut ‘remaja’ atau lebih dewasa. Setelah itu, bintang laut siap untuk menjalani kehidupannya di alam bebas.

5. Menjadi Larva yang Menetap di Dasar Laut

Setelah larva bintang laut mencapai ukuran tertentu, biasanya ia akan menetap di dasar laut dan mengalami proses metamorfosis menjadi bintang laut remaja.

Proses ini biasanya terjadi dalam rentang waktu dua hingga empat minggu. Pada tahap bintang laut remaja, tubuh mereka sudah menyerupai bintang laut dewasa.

Selama tahap ini, bintang laut akan mengalami perkembangan yang signifikan seperti pengembangan lengan, pembentukan mata, dan sistem pembuluh air.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini berbeda-beda pada setiap spesiesnya, bisa memakan waktu antara beberapa minggu hingga satu tahun.

Setelah sepenuhnya terbentuk, bintang laut siap untuk mulai bereproduksi dan mengulangi siklus hidupnya.

Jenis Bintang Laut

Selain kelomang, Starfish adalah binatang yang sering kita jumpai di tepi pantai. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis bintang laut unik dengan warna-warna indah, yaitu:

1. Astropecten articulatus

Bintang laut ini berasal dari keluarga Astropectinidae dan lebih dikenal dengan nama royal starfish. Warna tubuhnya cerah dengan bagian tengah berwarna ungu dan pada tepi berwarna jingga.

Jenis spesies ini ditemukan di Samudra Atlantik Barat pada area permukaan laut hingga kedalaman 200 meter. Hewan bintang ini berkembangbiak dengan cara seksual dan aseksual.

2. Acanthaster planci

Spesies ini disebut dengan bintang laut mahkota duri. Kebiasaannya sangat unik, yaitu memangsa polip karang yang keras dan berbatu. Jumlah lengannya lebih dari lima dan memiliki warnanya cerah.

Diantara spesies bintang laut lainnya, ukurannya termasuk besar atau sekitar 25-35 cm. Habitat spesies mahkota duri berada di lautan Australia dan sekitarnya. Kebiasaannya yang memangsa karang dapat menyebabkan gangguan ekosistem, misalnya jika terjadi ledakan populasi maka bisa merusak karang, sehingga jumlahnya harus dikendalikan.

3. Fromia monilis

Jenis bintang laut ini berasal dari famili Goniasteridae, cirinya adalah memiliki ujung lengan dan pusat cakram berwarna merah cerah, sedangkan bagian lainnya lebih pucat. Fromia monilis dapat ditemukan di Samudra Hindia dan Pasifik Barat.

Makanan kesukaannya adalah spons laut, detritus (fragmen tubuh organisme yang sudah mati), dan invertebrata kecil. Bintang laut ini hidup secara soliter dan aktif di malam hari (nokturnal).

4. Culcita novaeguineae

Bintang laut ini memiliki bentuk mirip dengan terumbu karang atau batu berbentuk bantal. Lengan bintang laut ini sangat pendek dan bentuk tubuhnya agak menggelembung. Habitat alaminya terdapat pada kawasan perairan hangat di Indo-Pasifik.

Diameter tubuhnya mencapai 30 cm dengan warna yang bervariasi dan berbintik-bintik. Pada saat masih muda, bentuknya berbentuk pentagon (bersisi lima) dan agak pipih.

Baca Juga :  Apa Itu Welder? : Pengertian, Jenis dan Tips Menjadi Welder

5. Protoreaster nodosus

Bentuk dari jenis bintang laut ini disebut sebagai bintang laut bertanduk atau bintang laut chocolate chip.

Habitat alaminya terdapat pada perairan dangkal yang hangat di kawasan Indo-Pasifik.

Warnanya yang cerah biasanya antara oranye, merah, atau cokelat. Bintang laut bertanduk merupakan karnivora oportunistik dengan makanan berupa karang keras, spons, siput, hingga bulu babi.

Sayangnya, populasi jenis ini semakin menurun karena banyak yang diambil untuk diperdagangkan.

6. Linckia laevigata

Bintang laut biru ini sangat indah dengan warna biru cerah yang mencolok. Sama seperti beberapa jenis spesies lainnya, hewan ini tinggal di perairan dangkal di kawasan Indo-Pasifik.

Jenis ini dapat tumbuh hingga diameter 30 cm dan sering terlihat berada di dekat terumbu karang atau rumput laut.

Sayangnya, populasi jenis ini semakin menurun karena penjualan untuk cenderamata dan ancaman alami dari predator seperti ikan buntal, udang harlequin, dan anemon laut.

7. Solaster dawsoni

Jenis bintang laut ini dinamai bintang laut matahari pagi karena memiliki banyak lengan dan warna tubuh yang mirip dengan matahari terbit.

Spesies ini berasal dari keluarga Solasteridae dan biasa ditemukan di Samudra Pasifik utara.

Berbeda dengan bintang laut lain yang biasanya hidup di perairan dangkal, Solaster dawsoni hidup di kedalaman 420 meter di bawah permukaan laut.

Bintang laut ini dikenal sebagai kanibal dan mampu bergerak lebih cepat dibandingkan spesies starfish lainnya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang telah empatpilar.com sampaikan mengenai bagaimana bintang laut berkembang biak dengan cara yang unik dan menarik.

Melalui proses regenerasi, fragmentasi, dan reproduksi seksual, bintang laut menunjukkan kemampuan adaptasi yang luar biasa dalam menghadapi berbagai kondisi lingkungan.

Selain itu, keberagaman cara berkembang biak ini menjadi salah satu faktor penting dalam memastikan kelangsungan hidup spesies ini.

Semoga informasi mengenai Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara? yang kami sajikan di artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai kehidupan biota laut yang kaya akan keanekaragaman.

Jangan lupa untuk selalu menjaga dan melestarikan ekosistem laut agar bintang laut dan spesies lainnya dapat terus hidup dan berkembang di alam.

Terus simak ulasan menarik lainnya hanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *