Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam

9 Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam : Panduan Pemula !!

Posted on

Empat Pilar – 9 Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam : Panduan Pemula !!. Ketika menonton TV, hal yang paling menjengkelkan adalah ketika gambar tiba-tiba hilang atau menjadi buram. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti cuaca buruk atau gangguan sinyal. Namun, salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan antena dalam.

Antena dalam adalah jenis antena yang dipasang di dalam ruangan, dan umumnya digunakan untuk menerima siaran televisi analog. Namun, antena dalam juga bisa digunakan untuk menerima siaran televisi digital, tergantung pada jenis antena dan kondisi lingkungan sekitar.

Pengertian Antena

Pada dasarnya, antena berfungsi sebagai alat penerima dan pengirim gelombang elektromagnetik. Alat ini memiliki sifat pasif, yang berarti tidak bertugas sebagai penguat sinyal, melainkan hanya untuk memfokuskan sinyal pada frekuensi tertentu.

Antena umumnya terbuat dari bahan konduktor, di mana material logam seringkali menjadi pilihan. Berbagai bentuk antena tersedia, mulai dari kabel, bulat, hingga memanjang.

Antena menggunakan satuan ukuran dB dalam kinerjanya untuk memfokuskan sinyal. Semakin tinggi nilai dB, maka semakin jauh jangkauan dan jarak tempuh antena. Sebaliknya, semakin rendah nilai dB, maka jarak antena semakin dekat.

Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam

Ternyata, semakin jauh rumah Kalian dari menara penyiaran televisi, maka semakin lemah kekuatan sinyal yang diterima oleh antena. Hal ini menyebabkan kualitas siaran televisi menjadi buruk dan terlihat seperti dikepung oleh semut.

Tentunya kondisi ini membuat Kalian merasa tidak nyaman saat menonton TV. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam rumah.

1. Gunakan Antena Berkualitas

Kualitas antena yang digunakan sangat mempengaruhi hasil tangkapan gambar di TV. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan hanya antena berkualitas untuk memperoleh gambar TV yang lebih jernih dan memuaskan.

Di pasaran, tersedia berbagai produk antena televisi dengan berbagai bentuk dan jenis. Namun, Kalian tidak perlu mencoba-coba antena yang memiliki bentuk unik, cukup pilih antena dalam berkualitas terbaik.

Kami merekomendasikan antena dalam jenis yagi sebagai pilihan yang tepat untuk digunakan dengan TV. Dengan menggunakan antena berkualitas, Kalian bisa menikmati tayangan TV dengan kualitas gambar yang lebih baik dan jernih.

2. Pilih Antena yang Berbahan Aluminium

Pada umumnya antena terbuat dari logam karena memiliki sifat konduksi yang baik. Misalnya antena yang terbuat dari besi, baja, stainless steel, dan aluminium.

Dari berbagai pilihan produk antena, sebaiknya pilih antena TV yang terbuat dari bahan aluminium.

3. Gunakan Kabel Coaxial Berkualitas Tinggi

Untuk menikmati tayangan TV yang jelas, pastikan menggunakan peralatan yang baik untuk menghubungkannya, termasuk kabel yang digunakan. Kabel yang berkualitas tinggi dapat menghantarkan sinyal dengan baik, sehingga hasil tangkapan gambar TV lebih jernih.

Biasanya, saat membeli antena dalam, Kalian akan mendapatkan paket lengkap dengan kabel coaxial atau kabel antena TV. Sayangnya, kabel bawaan seringkali kurang berkualitas, sehingga hasil tangkapan gambar TV kurang memuaskan.

Oleh karena itu, sebaiknya membeli kabel coaxial yang berkualitas tinggi meskipun harganya sedikit lebih mahal. Dengan kabel yang berkualitas, Kalian bisa menikmati tayangan TV dengan lebih puas karena gambar yang tampil lebih jernih dan memuaskan.

4. Coba Sesuaikan Ukuran Kabel Antena

Ternyata kumparan kabel antena juga akan mempengaruhi bagaimana sinyal yang ditangkap oleh antena mengalir di dalamnya.

Jadi coba pasang kabel ini secara efektif dan efisien. Kalian bisa memasangnya dengan pas tanpa terlalu banyak membungkuk atau berguling. Ini hanya dilakukan untuk memperlancar aliran sinyal TV di kabel.

5. Pasang Antena dengan Arah yang Benar

Salah satu cara agar TV jernih dengan antena dalam adalah mengatur arah antena dengan tepat. Sebagian besar antena TV di Indonesia diarahkan ke barat untuk mendapatkan sinyal siaran televisi yang optimal.

Namun, hal ini tidak selalu berlaku mutlak karena dapat dipengaruhi oleh tempat tinggal Kalian. Untuk mengetahui arah antena yang tepat, Kalian bisa meniru posisi antena tetangga.

Baca Juga :  6 Penyebab Kompresor AC Mati : Cara Mengatasi dengan Mudah

Perhatikan dengan cermat arah antena dan tingkat kemiringannya untuk mendapatkan sinyal siaran televisi yang lebih baik dan jernih.

6. Letakkan Antena di Posisi yang Tepat

Posisi antena TV sangat mempengaruhi kualitas gambar yang ditayangkan di TV. Oleh karena itu, pastikan mencari lokasi yang tepat untuk meletakkan antena agar dapat menangkap sinyal dengan baik.

Selain memperhatikan arahnya, ketinggian antena juga sangat penting untuk memperoleh sinyal yang optimal. Meskipun lokasi untuk meletakkan antena indoor terbatas, Kalian tetap bisa menempatkannya di posisi yang tepat.

Sebaiknya, letakkan antena pada ketinggian antara 5 meter hingga 10 meter dari permukaan tanah. Jika rumah Kalian bertingkat, posisikan antena di lantai dua. Jika tidak, letakkan antena pada sudut ruangan pada posisi yang agak tinggi atau di atas lemari/bufet.

Intinya, cari posisi yang tepat dengan ketinggian ideal untuk mendapatkan sinyal siaran televisi yang optimal dan menikmati tayangan TV dengan kualitas gambar yang lebih baik dan jernih.

7. Perbaiki Pengaturan Tuner

Jika Kalian menggunakan tuner digital, sebaiknya Kalian mengatur ulang tuner tersebut. Sebab, terkadang kualitas gambar yang kurang bagus disebabkan karena tuner tidak bisa menangkap sinyal dengan sempurna.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Kalian lakukan pengaturan kembali tuner digital yang Kalian gunakan.

8. Bersihkan Antena TV

Antena TV yang kotor juga mempengaruhi hasil tangkapan gambar di TV Kalian. Meskipun yang Kalian gunakan antena indoor, bukan berarti tidak bisa kotor.

Oleh karena itu, cobalah bersihkan antena tersebut. Barangkali ada jamur, lumut, bahkan karat yang menutupi kabel. Hanya dengan membersihkannya, semua kotoran tadi bisa hilang.

9. Tambahkan Boster Berkualitas

Jika gambar TV Kalian masih kurang jernih, sebaiknya tambahkan booster TV yang berkualitas untuk memperoleh hasil tangkapan gambar TV yang lebih jernih.

Saat ini sudah banyak merek booster TV berkualitas yang tersedia di pasaran. Meskipun harganya agak mahal, tetapi hasilnya tidak akan mengecewakan.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya mencari informasi lebih detail tentang booster TV berkualitas yang tersedia saat ini. Dengan begitu, bisa melakukan perbandingan sebelum memutuskan untuk membeli produk tertentu.

Tips Memilih Antena TV yang Tepat

Setelah mengetahui Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam, selanjutnya penting untuk memahami bagaimana cara memilih antena TV yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih antena TV yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik:

1. Ketahui Jenis TV yang Digunakan

TV yang paling banyak digunakan saat ini adalah TV LCD/LED dan TV tabung. TV LCD/LED memiliki daya tangkap sinyal yang kurang baik, sedangkan TV tabung memiliki daya tangkap sinyal yang lebih tinggi. Jika Kalian memiliki TV LCD/LED dan tinggal jauh dari menara pemancar sinyal TV, sebaiknya memilih antena luar ruangan. Untuk TV tabung, Kalian dapat menggunakan antena dalam.

2. Perhatikan Posisi Antena dan Kabel yang Berkualitas

Untuk mendapatkan gambar TV yang lebih jernih, pastikan posisi antena dan kabel yang digunakan berkualitas. Jika tidak ingin mengganti kabel antena, bisa mencari kabel coaxial bawaan yang berkualitas. Coaxial yang berkualitas memiliki jumlah serabut yang lebih tebal dan kawat konduktor yang lebih besar sehingga dapat menangkap sinyal dengan lebih baik.

3. Perhatikan Deretan Pada Antena TV

Setiap antena TV memiliki deretan yang padat atau panjang. Semakin padat dan panjang sebuah antena, maka daya tangkap sinyal akan semakin tinggi. Oleh karena itu, Kalian harus memilih antena TV yang memiliki ciri-ciri tersebut untuk menghasilkan gambar tayangan yang lebih jernih.

Cara Memasang Antena Dalam

Antena dalam televisi seringkali sulit menangkap sinyal siaran dengan baik, sehingga dibutuhkan trik khusus agar televisi dapat menampilkan gambar yang jernih dan berkualitas.

Berikut adalah cara agar TV jernih dengan antena dalam:

  • Siapkan antena indoor yang akan dipasang.
  • Letakkan antena indoor pada posisi yang strategis dan lebih tinggi lebih baik.
  • Pasang atau hubungkan kabel antena ke televisi.
  • Jika menggunakan booster, hubungkan juga kabel antena ke booster, kemudian hubungkan kabel booster ke televisi.
  • Jika antena membutuhkan suplai tegangan, hubungkan antena ke listrik.
  • Jika antena memiliki tombol on/off, nyalakan antena terlebih dahulu.
  • Nyalakan televisi.
  • Jika gambar masih kurang jernih, putar arah antena hingga mendapatkan kualitas gambar terbaik.
  • Setelah mendapatkan kualitas gambar terbaik, ikat antena pada dudukan agar posisinya tetap.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian dapat menikmati tayangan TV dengan gambar yang lebih jernih dan berkualitas.

Antena TV Dalam Terbaik

Sesuai dengan namanya antena indoor atau antena dalam dipasang didalam ruangan. Bagi yang akan membeli antena indoor, berikut ini daftar pilihan antena TV indoor yang bagus :

1. PF HD 14

Antena PF HD 14 dapat digunakan pada TV analog dan digital, terutama pada televisi berukuran 32 inci ke bawah. Terbuat dari besi dan plastik sehingga ringan dan mudah dipindah-pindah.

Baca Juga :  Perbedaan Smart TV dan Android TV : Pahami Sebelum Memiliki

2. Toyosaki TYS-468AW

Antena ini didesain untuk TV UHF channel 21-26 pada frekuensi UHF, VHF, dan FM. Dapat menangkap sinyal di kisaran 20-30 db dan dilengkapi dengan booster, anti petir, serta fitur lainnya. Bisa diputar 90 derajat untuk mencari sinyal siaran yang lebih jernih.

3. PX HDA-5000

Antena hybrid ini dapat digunakan di dalam dan luar ruangan, menangkap sinyal pada frekuensi UHF 470-890 MHz dan frekuensi VHF 47-230 MHz. Dilengkapi dengan Low Noise Amflipier untuk meningkatkan kualitas sinyal hingga 20 db dan STB untuk gambar yang lebih jernih.

4. Krisbow HD-300

Antena ini dapat menangkap sinyal UHF dan VHF, dilengkapi dengan kontrol penguat sinyal yang dapat diatur manual. Desainnya ramping dan memanjang sehingga mudah diletakkan di mana saja.

5. Philips sdv8622T

Philips sdv86T juga merupakan produk hybrid, yaitu bisa diletakan didalam maupun luar ruangan yang dapat menangkap frekuensi UHF serta VHF. Selain itu antena ini juga dilengkapi dengan fitur penyaring suara, sehingga bisa menghilangkan suara bising yang muncul pada saat TV kurang jernih.

 

Baca juga :

Penutup

Demikianlah panduan pemula mengenai cara agar TV jernih dengan antena dalam. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, diharapkan kualitas gambar pada televisi dapat lebih jernih dan berkualitas.

Namun, perlu diingat bahwa pemilihan antena yang tepat juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas sinyal siaran televisi. Pastikan untuk memilih antena yang sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas.

Selain itu, posisi antena dan kabel yang berkualitas juga turut berpengaruh pada hasil tangkapan gambar di TV. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan posisi dan kabel antena dengan seksama.

Dengan mengikuti semua tips dan trik yang telah dijelaskan, diharapkan Kalian dapat menikmati tayangan TV dengan gambar yang lebih jernih dan berkualitas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *