Tips TV Kena Petir

Tips TV Kena Petir : Perhatikan Langkah-Langkahnya

Posted on

Empat Pilar – Tips TV Kena Petir : Perhatikan Langkah-Langkahnya. Dapatkan Tips TV Kena Petir: Perhatikan Langkah-Langkahnya di sini! Pelajari bagaimana melindungi TV Kalian dari petir dan langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Siapa yang tidak takut kehilangan TV kesayangan saat petir menyambar? Petir bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada perangkat elektronik, termasuk TV Kalian.

Untuk itu, penting sekali memahami Tips TV Kena Petir: Perhatikan Langkah-Langkahnya agar Kalian bisa melindungi TV dan perangkat elektronik lainnya di rumah Kalian.

Petir menghasilkan lonjakan tegangan besar yang bisa merusak komponen elektronik TV Kalian.

Kerusakan ini mungkin tidak langsung terlihat, tapi dampaknya bisa jangka panjang. Maka dari itu, pahami betul Tips TV Kena Petir: Perhatikan Langkah-Langkahnya untuk melindungi TV Kalian.

TV Kena Petir

Pertama, kita perlu memahami bahwa petir adalah fenomena alam yang melibatkan aliran listrik statis dengan voltase sangat tinggi, bisa mencapai jutaan volt dan dengan arus sekitar 20,000 Ampere.

Perbandingannya cukup mencengangkan jika kita melihat bahwa alat las listrik, misalnya, hanya menggunakan arus antara 200-450 Ampere.

Jika petir mengenai TV, energi yang sangat besar tersebut bisa merusak komponen elektronik di dalam TV. Kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat parah dan umumnya memerlukan perbaikan atau penggantian total.

Cara petir bisa masuk ke TV biasanya melalui dua jalur. Jalur pertama adalah melalui kabel antena.

Jika tuner TV rusak, ini biasanya menjadi indikasi bahwa petir masuk melalui kabel antena. Jalur kedua adalah melalui jaringan listrik PLN. Jika bagian power supply TV rusak, ini biasanya menandakan bahwa petir masuk lewat jaringan listrik.

Namun, meskipun jarang, petir juga bisa langsung mengenai TV jika kondisi memungkinkan. Misalnya, jika TV berada di dekat jendela yang terbuka saat petir menyambar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi perangkat elektronik kita dari petir, baik dengan menggunakan pelindung surge (alat yang bisa mengalirkan listrik berlebih ke tanah dan melindungi perangkat), atau dengan mencabut perangkat dari sumber listrik saat cuaca buruk atau petir.

Ciri-Ciri TV Kena Petir

Sebelum memahami Tips TV Kena Petir, nah tentu berikut adalah beberapa ciri bahwa TV Anda mungkin telah terkena sambaran petir:

1. TV Tidak Bisa Dinyalakan

ika TV Anda tiba-tiba tidak dapat dinyalakan meskipun sebelumnya berfungsi normal, ini bisa menjadi tanda bahwa TV telah tersambar petir, khususnya jika fenomena ini terjadi setelah cuaca buruk atau petir.

2. Bagian TV Rusak

Jika bagian tertentu dari TV, seperti tuner atau power supply, tiba-tiba rusak atau tidak berfungsi, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka telah terkena petir.

Jika tuner rusak, petir mungkin telah masuk melalui kabel antena, sedangkan jika power supply rusak, petir mungkin telah masuk melalui jaringan listrik PLN.

3. Komponen TV Terbakar

Jika Anda membuka TV dan melihat bahwa sebagian dari jalur PCB atau komponen lainnya tampak terbakar, ini juga bisa menjadi tanda bahwa TV Anda telah terkena sambaran petir. Kerusakan biasanya terjadi pada jalur grounding.

4. Komponen Fisik Rusak

Komponen fisik tertentu mungkin akan rusak atau pecah jika TV Anda terkena petir. Ini bisa mencakup elco capacitor yang meletus, IC atau transistor yang pecah, atau IC Memory EEPROM yang mengalami kerusakan data korup.

IC seperti EEPROM sangat sensitif terhadap perubahan voltase, sehingga kerusakan pada komponen ini sering terjadi saat terkena petir.

Kasus TV yang tersambar petir paling sering melibatkan petir yang masuk melalui jalur listrik PLN.

Meski jarang, petir juga bisa masuk melalui antena jika antena cukup tinggi atau berdekatan dengan pohon yang terkena petir.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Suara TV Hilang : Panduan Lengkap

Apakah TV yang terkena petir bisa diperbaiki tergantung pada seberapa parah kerusakannya dan sejauh mana petir masuk ke dalam mesin TV.

Dalam beberapa kasus, kerusakan mungkin ringan dan hanya melibatkan penggantian fuse atau dioda yang short.

Namun, dalam kasus yang lebih parah, perbaikan mungkin memerlukan penggantian komponen atau bahkan unit TV secara keseluruhan.

Sebaiknya, jika TV Anda terkena petir, bawa ke teknisi TV profesional untuk pemeriksaan dan perbaikan.

Biaya Service TV Kena Petir

Menonton TV saat hujan memang sangat menyenangkan, namun tentu ada risiko tersendiri, seperti terkena sambaran petir.

Jika kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, perbaikan mungkin bisa dilakukan dengan mudah dan biayanya relatif terjangkau.

Namun, jika kerusakan cukup serius hingga TV tidak bisa dinyalakan sama sekali, Anda mungkin perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup tinggi untuk service TV yang terkena petir. Biaya ini bisa jadi sebanding dengan membeli TV baru.

Berikut adalah perkiraan biaya untuk service TV yang terkena petir:

NomorJasaHarga
1Pengecekan*Rp 75.000,-
Jasa Service TV LCD & LED
131 inch kebawahRp 200.000,-
232 inch – 41 inchRp 250.000,-
342 inch keatasRp 350.000,-
Jasa Service TV Tabung
131 inch kebawahRp 150.000,-
232 inch ke atasRp 200.000,-

Biaya pengecekan hanya akan dikenakan jika Kalian memutuskan untuk tidak menggunakan layanan perbaikan kami. Jika Kalian memilih untuk melanjutkan dengan layanan kami, biaya pengecekan tersebut akan dihapus.

Perlu dicatat bahwa biaya ini tidak mencakup harga sparepart, hanya mencakup jasa perbaikan terkait.

Daftar harga service TV di atas hanyalah perkiraan umum, karena biaya aktual sangat tergantung pada komponen apa yang rusak akibat sambaran petir dan apakah perlu penggantian dengan yang baru.

Setiap komponen TV memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Jika Kalian yakin TV Kalian rusak karena petir, kami menyarankan Kalian segera mendatangi tempat perbaikan TV dan berkonsultasi dengan teknisi profesional.

Tips TV Kena Petir

Untuk mencegah televisi Kalian tersambar petir, berikut adalah beberapa langkah-langkah atau Tips TV Kena Petir :

1. Pasang Penangkal Petir

Penangkal petir adalah perangkat yang dirancang untuk melindungi struktur bangunan dan perangkat elektronik di dalamnya dari kerusakan akibat petir.

Penangkal petir bekerja dengan memfasilitasi jalur bagi petir untuk mengalir ke tanah, sehingga menjauhkan petir dari perangkat Kalian.

Pastikan penangkal petir tersebut terpasang dengan baik dan dihubungkan ke sistem grounding atau pentanahan yang baik juga.

2. Gunakan Surge Protector

Surge protector atau pelindung lonjakan listrik adalah perangkat yang melindungi perangkat elektronik dari lonjakan tegangan yang biasa terjadi saat petir menyambar.

Jika petir menyambar dan menimbulkan lonjakan listrik, surge protector akan membatasi tegangan tersebut dan mencegahnya merusak televisi Kalian.

3. Cabut Kabel Antena dan Listrik

Jika cuaca sedang buruk dan petir sering terjadi, lebih baik cabut kabel antena dan kabel listrik dari televisi Kalian.

Petir bisa merambat melalui kabel ini dan merusak televisi Kalian. Jadi, jika memungkinkan, lepaskan semua koneksi ini selama badai petir.

4. Pemasangan Antena yang Benar

Jika menggunakan antena luar ruangan, pastikan antena diletakkan dan dipasang dengan benar.

Jika mungkin, tempatkan antena sedekat mungkin ke tanah dan jauh dari pohon tinggi atau struktur lain yang mungkin menarik petir.

Ingatlah bahwa meskipun langkah-langkah ini bisa membantu mencegah kerusakan akibat petir, tidak ada cara yang sepenuhnya dapat menjamin perlindungan terhadap petir. Jadi, selalu berhati-hati selama musim petir.

Kesimpulan

Demikianlah artikel dari empatpilar.com, telah membagikan beberapa Tips TV Kena Petir.

Semoga langkah-langkah mengenai Tips TV Kena Petir, yang telah disebutkan dapat membantu Kalian dalam menjaga perangkat elektronik berharga ini.

Mengingat betapa pentingnya televisi dalam kehidupan sehari-hari kita, maka perawatan dan perlindungan yang tepat sangatlah penting.

Ingatlah, petir bisa sangat merusak dan biaya perbaikan atau penggantian bisa menjadi beban yang signifikan.

Baca Juga :  Kenapa TV Tiba Tiba Mati ? Ini Penyebab dan Solusinya

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan dan pengetahuan yang tepat tentang apa yang harus dilakukan saat petir melKalian dapat menjadi penentu dalam menjaga televisi Kalian tetap aman.

Perhatikanlah baik-baik langkah-langkah yang telah kami bagikan dan pastikan untuk menerapkannya.

Menghadapi petir tidak perlu menjadi momen menakutkan jika Kalian tahu bagaimana mengantisipasinya.

Mari kita jaga bersama keamanan perangkat elektronik kita dengan cerdas dan hati-hati.

Terima kasih telah membaca  artikel mengenai Tips TV Kena Petir ini dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *