Penyebab TV Gambarnya Setengah

Ketahui Penyebab TV Gambarnya Setengah Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Ketahui Penyebab TV Gambarnya Setengah Secara Lengkap. Apa penyebab TV gambarnya setengah? Artikel ini akan menjelaskan berbagai faktor yang dapat menyebabkan masalah ini dan memberikan solusi praktis untuk mengatasinya. Temukan jawaban lengkap Kalian di sini!

Apakah Kalian pernah mengalami masalah ketika menonton acara favorit di TV Kalian dan tiba-tiba gambarnya hanya muncul setengah? Atau mungkin Kalian mengalami situasi di mana gambar di layar TV Kalian tampak terpotong atau terbagi menjadi dua bagian? Jika ya, Kalian tidak sendirian.

Banyak orang menghadapi masalah ini, dan terkadang itu bisa sangat mengganggu saat sedang menikmati hiburan di depan TV.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci Penyebab TV Gambarnya Setengah dan memberikan solusi praktis untuk mengatasinya. Jadi, jika Kalian ingin memahami masalah ini dan mengetahui cara memperbaikinya, bacalah terus!

Penyebab TV Gambarnya Setengah

Dibawah ini kami akan membedakan menjadi dua versi yaitu pada TV tabung dan lcd atau LED, karena pada dasarnya penyebabnya berbeda, mesin didalamnya pun sudah tidak sama walaupun kerusakannya sama yaitu masalah pada gambarnya. Berikut adalah Penyebab TV Gambarnya Setengah yang perlu kalian pahami dengan baik :

1. Gambar Setengah Pada TV Tabung

Pada umumnya, televisi tabung memiliki tampilan gambar yang terkadang terpotong setengah atau bergerak ke atas dan ke bawah.

Potongan gambar tersebut seringkali disertai dengan garis-garis. Meskipun kasusnya bervariasi, penyebab umum dari gambar yang terpotong tetaplah sama.

Secara umum, kerusakan tersebut terjadi karena tegangan suplai bagian vertikal tidak mencapai IC, terutama pada bagian (+). Tegangan suplai tersebut berasal dari flyback, khususnya tegangan (-12) dan (+12) volt.

Tegangan vertikal ini disuplai dengan tegangan simetris. Namun, Kalian dapat mencoba mengganti dioda IN4007 dengan yang normal. Untuk memastikan, Kalian bisa mengukur dioda tersebut.

2. Gambar Setengah Pada TV LCD dan LED

Kerusakan pada gambar pada TV LED umumnya disebabkan oleh ketidakfungsian IC COF yang terletak di sisi panel LCD.

Terdapat empat IC COF, dan jika salah satu atau seluruhnya tidak berfungsi, akan menyebabkan kerusakan pada gambar. Hal ini terjadi karena jalur yang menghubungkan IC tersebut terputus.

Dalam hal ini, Kalian perlu segera menyambungkan kembali jalur yang terputus. Untuk menemukan lokasi jalur yang terputus, Kalian dapat membuka plastik pembungkus yang sudah terpasang di sekitar IC COF.

Kalian perlu mengukur keempat IC tersebut untuk menemukan yang rusak dengan membandingkan tegangan.

Jika ada perbedaan tegangan yang signifikan antara satu IC dengan yang lainnya, kemungkinan besar IC tersebut yang rusak.

Penyebab Layar TV Bergaris-Garis dan Cara Mengatasinya

Nah setelah memahami Penyebab TV Gambarnya Setengah, ada juga penyebab layar TV bergaris dan cara mengatasinya. Mengetahui penyebab layar TV bergaris-garis sangat penting agar dapat menemukan cara mengatasinya.

Terkadang, penyebabnya mungkin bukan masalah serius yang memerlukan bantuan dari tukang reparasi TV.

Namun, jika masalah tersebut terus berlanjut dan tidak dapat diatasi dengan cara sederhana, mungkin sudah waktunya untuk memperbaiki atau bahkan mengganti TV tersebut.

Berikut ini adalah rangkuman penyebab umum layar TV bergaris-garis beserta cara mengatasinya:

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Suara TV Hilang : Panduan Lengkap

1. Kendurnya Solderan IC Vertikal

Salah satu penyebab utama garis-garis pada layar TV adalah kendurnya solder IC vertikal. Garis-garis yang terlihat pada TV dapat berupa garis vertikal, garis horizontal, atau garis trapesium.

Salah satu gangguan yang ditimbulkan oleh garis horizontal adalah ketidakmunculan atau terhalangnya sebagian besar gambar oleh garis-garis horizontal.

Untuk mengatasi jenis kerusakan ini, Kalian perlu melakukan penyolderan ulang pada IC vertikal hingga tidak ada solder yang kendur.

Jika setelah penyolderan masih belum berhasil, periksa juga komponen Elco di sekitar IC Vertikal.

Jika ada yang terlihat rusak atau terdapat tKalian-tKalian korsleting, segera gantilah dengan komponen yang normal.

Jangan lupa juga untuk memeriksa resistor vertikal. Jika terdapat kerusakan atau tKalian-tKaliannya, segera perbaiki sebelum menjadi lebih parah.

Jika setelah semua langkah tersebut diambil tetap terdapat garis-garis horizontal pada TV, langkah terakhir adalah mengganti IC vertikal dengan yang baru.

2. Kendurnya Elco Horizontal

Salah satu penyebab umum lainnya dari layar TV yang bergaris-garis adalah kendurnya elco horizontal.

Kendurnya elco horizontal ini dapat menyebabkan munculnya garis-garis vertikal pada TV. Selain itu, garis vertikal juga dapat muncul akibat adanya kerusakan short.

Kadang-kadang, elco pada bagian horizontal mengalami short, yang dapat menyebabkan tegangan voltase yang tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamati dengan teliti tKalian-tKalian kerusakan yang mungkin terjadi.

3. Kawat Yoke (jug/konde) Putus

Penyebab lain dari layar TV yang bergaris-garis adalah adanya kawat yoke yang putus. Hal ini dapat menyebabkan munculnya garis-garis trapesium atau membuat gambar pada layar TV menjadi berbentuk trapesium yang tidak teratur, terutama dengan bagian bawah yang terlihat lebih sempit.

Untuk mengatasi masalah ini, Kalian perlu menyambungkan kembali kawat yoke yang terputus.

Setelah melakukan penyambungan, coba periksa TV Kalian, kemungkinan besar masalah akan teratasi.

4. Masalah di Elco Dekat IC Vertikal

Penyebab terakhir dari layar TV yang bergaris-garis adalah adanya masalah pada elco yang terletak dekat dengan IC vertikal drop dan sudah mengembung.

Keadaan ini mengakibatkan munculnya garis-garis di bagian atas layar yang biasa disebut dengan blanking.

Untuk mengatasi masalah blanking ini, Kalian perlu memeriksanya menggunakan Avometer. Jika elco tersebut sudah tidak layak, maka perlu dilakukan penggantian elco.

Namun, perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti, karena hal ini dapat mempengaruhi elco yang berada di sekitarnya.

Penutup

Dalam mengakhiri, sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui berbagai penyebab TV gambarnya setengah.

Pengetahuan ini membantu kita dalam merawat dan menjaga perangkat elektronik kita agar tetap berfungsi dengan baik dan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Dengan memahami berbagai kemungkinan permasalahan yang dapat mempengaruhi tampilan gambar di televisi kita, kita bisa mengantisipasi dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Akhir kata, perawatan dan pengetahuan adalah kunci untuk mengoptimalkan fungsi dan keawetan perangkat TV kita.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Penyebab TV Gambarnya Setengah ini, bisa menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi Kalian semua. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/penyebab-tv-gambarnya-setengah/,srrvice tv layar separoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *