Cara Kerja Kompresor AC : Pengertian dan Cara Perawatan Kompresor AC

Posted on

Empat Pilar – Cara Kerja Kompresor AC : Pengertian dan Cara Perawatan Kompresor AC. Tidak ada yang lebih baik daripada AC yang bekerja dengan baik di hari panas yang terik. Namun, apa yang sebenarnya terjadi di balik layar yang membuat kesejukan ini menjadi kenyataan? Itulah topik kita hari ini: Cara Kerja Kompresor AC: Pengertian dan Cara Perawatan.

Dalam panduan lengkap ini, kita akan membongkar misteri di balik kompresor AC dan bagaimana merawatnya agar tetap bekerja pada performa optimalnya.

Kompresor AC adalah jantung dari sistem pendingin. Tanpa kompresor, AC Anda tidak akan mampu melakukan tugas utamanya, yaitu menyejukkan udara.

Pengertian Kompresor AC

Kompresor AC merupakan komponen kunci dalam sistem AC, yang bisa disebut sebagai jantung dari AC atau unit tenaga. Ketika AC dinyalakan, kompresor bertugas mengubah refrigeran (gas) dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi.

Gas bertekanan tinggi ini kemudian akan diproses lebih lanjut di kondensor. Penjelasan singkat di atas memberikan gambaran tentang apa itu kompresor AC, namun juga penting untuk mengetahui fungsi dari komponen ini.

Bagian-Bagian Kompresor AC

Agar fungsi kompresor AC bisa dijalankan sebagaimana mestinya, komponen ini dirancang dengan terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi berlainan sebagai berikut :

  1. Katup Isap (Suction Valve):
    Bagian ini berfungsi untuk memasukkan gas refrigeran ke dalam silinder. Katup isap biasanya dibuat dari baja khusus yang disebut “compressor valve steel.”
  2. Katup Buang (Discharge Valve):
    Bagian ini berfungsi untuk mengeluarkan gas yang telah dikompresi dari silinder. Katup buang juga terbuat dari bahan yang sama seperti katup isap, yaitu “compressor valve steel.”
  3. Katup Servis (Service Valve):
    Bagian ini digunakan untuk melakukan uji coba atau perbaikan pada kompresor dan sistem pendingin secara keseluruhan.
  4. Reservoir atau Bak Penampungan:
    Tempat penampung minyak yang digunakan untuk melumasi seluruh bagian kompresor.
  5. Silinder (Cylinder):
    Ruang di mana proses kompresi gas refrigeran terjadi.
  6. Piston:
    Bagian yang bergerak naik turun dalam silinder untuk mengkompresi gas refrigeran.
  7. Crankshaft:
    Bagian yang mengubah gerakan rotasi motor menjadi gerakan naik turun piston.
  8. Motor:
    Sumber tenaga utama untuk menggerakkan kompresor.
  9. Sistem Penyegelan (Sealing System):
    Mencegah kebocoran gas refrigeran dan minyak pelumas dari dalam kompresor.
  10. Sistem Pelumasan (Lubrication System):
    Melumasi komponen-komponen kompresor agar dapat bergerak dengan lancar dan meminimalkan gesekan yang dapat merusak komponen tersebut.

Dengan kerja sama dari semua bagian ini, kompresor AC dapat berfungsi dengan efisien dan efektif dalam mendinginkan ruangan.

Fungsi Kompresor AC

Sebelum memahami Cara Kerja Kompresor AC, pahami dulu fungsi dari kompresor AC. Nah fungsi kompresor AC adalah kegunaan atau peran yang bisa dihadirkan untuk membantu jalannya AC. Semua peran dan fungsi kompresor ini tidak terlepas dari sistem saluran AC itu sendiri.

Adapun lebih jelasnya ada pada beberapa penjelasan seperti berikut ini yang patut sekali Anda baca dan pahami betul setiap detail nya.

1. Penyedot Freon

Kompresor AC yang memiliki ukuran cukup besar memiliki fungsi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagai jantung bagi sebuah unit AC, kompresor berperan penting salah satunya sebagai penyedot freon.

Secara lebih spesifik, kompresor memainkan peran dalam proses sirkulasi yang berujung pada efek pendinginan pada hasil akhir yang kita rasakan.

2. Pendistribusi Freon

Tidak hanya sebagai alat penyedot freon, kompresor AC juga bertugas mendistribusikan freon tersebut ke seluruh bagian AC. Dengan demikian, pengguna akan merasakan sensasi dingin sesuai keinginan.

Karena peran utama dan pentingnya kompresor AC, perawatan dan pemeliharaan terhadap kompresor AC sangatlah penting.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelumas atau oli secara rutin atau memeriksa saluran agar tidak ada sumbatan. Kerusakan pada kompresor dapat menyebabkan AC menjadi rusak dan tidak dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan.

3. Pembentuk Area Tekanan

Untuk memahami apa itu kompresor, kita harus memperhatikan proses kerjanya. Salah satu manfaat dari kompresor yang tidak kalah penting adalah terkait dengan tekanan.

Baca Juga :  Cara Vakum AC Lama dan Baru : Panduan Lengkap

Kompresor mampu menciptakan dua tekanan yang berbeda, di mana satu memiliki tekanan rendah dan yang lainnya memiliki tekanan tinggi.

4. Penekan Uap Refrigeran

Posisi kompresor AC sangat mempengaruhi sebagai salah satu bagian penting dari proses sirkulasi AC. Fungsi lain yang perlu dipahami dari komponen ini adalah proses yang berhubungan dengan evaporator.

Kompresor akan menarik dan menekan uap refrigeran yang berasal dari evaporator dalam setiap prosesnya.

5. Pompa Ke Kondensor

Fungsi selanjutnya dari kompresor AC adalah proses yang berkaitan erat dengan kondensor dan juga evaporator.

Bagian kompresor terdiri dari dua bagian yang memainkan peran penting dan memiliki keunikan tersendiri.

Saluran hisap pada kompresor ini memiliki tekanan rendah yang kemudian dihubungkan ke evaporator. Sedangkan saluran pembuangan memiliki tekanan yang cukup tinggi.

Bagian ini akan berinteraksi dengan kondensor dalam proses kerjanya sehingga menghasilkan kinerja AC yang optimal.

Cara Kerja Kompresor AC

Membahas mekanisme kerja AC (Air Conditioner) memang sangat menarik.

Tidak bisa diabaikan bahwa kemajuan teknologi membuat AC terbaru menjadi semakin canggih dan rumit.

Kompresor adalah unit utama (seperti jantung) dari seluruh sistem AC. Tanpa itu, AC Kalian tidak akan bisa menghasilkan suhu yang dingin.

Kompresor berfungsi untuk mengubah gas bertekanan rendah menjadi gas bertekanan tinggi.

Mirip dengan fungsi jantung manusia yang memompa darah ke seluruh tubuh, kompresor juga memiliki peran yang sama, yaitu memompa gas/cairan ke seluruh sistem AC.

Freon (refrigerant) adalah cairan yang berfungsi untuk menyerap panas dari dalam rumah dan membawanya keluar.

Freon memiliki fungsi yang serupa dengan darah, yaitu menyerap dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Berikut adalah penjelasan yang lebih detail tentang bagaimana Cara Kerja Kompresor AC dan AC memproses refrigerant serta peran kompresor di dalamnya :

Langkah 1

Kompresor akan memompa refrigerant dari unit luar (kondensor) ke unit dalam (evaporator). Di sini, refrigerant dalam bentuk cairan dingin akan menyerap panas dari dalam rumah Kalian.

Semakin banyak panas yang diserap, cairan dingin tersebut berubah menjadi uap. Seiring waktu, uap panas ini akan terkumpul hingga mencapai titik tertentu, lalu menuju ke kompresor.

Langkah 2

Setelah uap dari refrigerant kembali ke unit luar, kompresor akan menyerap refrigerant dan memanaskannya kembali menjadi uap super panas.

Uap panas secara alami akan bergerak ke area yang lebih dingin. Lama kelamaan, uap super panas ini akan kehilangan panasnya karena berpindah ke udara luar yang lebih dingin.

Dengan kehilangan panas yang cukup, refrigerant akan berubah menjadi cairan lagi.

Langkah 3

Ketika refrigerant telah kehilangan sebagian besar panasnya, kompresor akan mengirimkannya kembali ke dalam ruangan untuk menyerap panas dan mengulangi proses tersebut hingga ruangan Kalian menjadi dingin sesuai dengan pengaturan yang ditentukan.

Tips Merawat AC agar Kompresornya Tahan Lama

Setelah mengetahui Cara Kerja Kompresor AC, selanjutnya untuk memastikan kompresor AC tetap tahan lama dan kinerjanya optimal, diperlukan perawatan yang teliti.

Hindari agar kompresor AC tidak cepat rusak, yang akan mengakibatkan AC tidak dapat mendinginkan dengan baik dan biaya penggantian yang tinggi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Kalian lakukan untuk menjaga agar kompresor AC tetap tahan lama:

1. Jangan mengatur suhu AC di bawah 22°C.

Apabila Kalian menetapkan suhu yang terlalu rendah pada AC, terutama mencapai 16°C, kompresor AC akan bekerja ekstra keras untuk mendinginkan ruangan.

Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, usia pakai kompresor akan cepat berkurang dan risiko kerusakan meningkat.

2. Berikan jeda sebelum menyalakan kembali AC.

Ketika terjadi kesalahan dalam menekan tombol remote AC, sering kali orang secara refleks menekannya kembali, seperti ketika AC tidak sengaja dimatikan.

Lebih baik tidak terburu-buru menekan tombol remote AC lagi karena dibutuhkan waktu bagi oli kompresor dan gas freon untuk kembali ke kompresor.

Menyalakan dan mematikan AC secara berturut-turut dapat mengganggu sistem kerja kompresor. Sebaiknya, berikan jeda selama sekitar 2 menit sebelum menyalakan AC kembali melalui remote.

3. Lakukan pembersihan AC secara rutin.

Waktu yang ideal untuk membersihkan AC adalah setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Jangan biarkan AC terlalu kotor karena hal ini dapat membebani kinerja kompresor dalam mendinginkan ruangan.

Disarankan untuk membersihkan AC secara menyeluruh dan memeriksa tingkat freon secara bersamaan, sehingga teknisi profesional dapat menambahkan freon jika tekanannya berada di bawah batas normal.

Baca Juga :  Review Polytron Cinemax Smart Soundbar Secara Lengkap

4. Bersihkan filter AC secara teratur.

Selain melakukan pembersihan unit AC dari luar dan dalam, penting juga menjaga kebersihan filter AC dengan teliti.

Upayakan membersihkan filter AC setidaknya 2 minggu sekali untuk meringankan beban kerja kompresor.

Berbeda dengan membersihkan AC secara keseluruhan yang terbilang rumit, membersihkan filter AC sangat praktis dan Kalian dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi.

 

Baca juga :

Kesimpulan

Dalam penutupan, cara kerja kompresor AC dan pentingnya perawatannya adalah dua aspek yang tidak bisa dipisahkan dalam menjaga kinerja AC.

Kompresor AC yang merupakan jantung dari sistem pendingin ini, memiliki peran yang sangat penting dalam siklus pendinginan dan mempengaruhi efisiensi keseluruhan dari AC itu sendiri.

Mengetahui cara kerja dan melakukan perawatan secara rutin akan memastikan kompresor AC berfungsi dengan optimal, menghindari kerusakan, serta memperpanjang usia pakai AC.

Meskipun perawatan dapat tampak rumit, namun dengan pengetahuan yang tepat dan keterampilan yang cukup, kita semua bisa menjaga kenyamanan suhu di rumah atau kantor kita.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Cara Kerja Kompresor AC ini, bisa membantu pembaca memahami lebih dalam tentang bagaimana kompresor AC bekerja dan cara merawatnya dengan baik.

Tetap jaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan Kalian dengan memahami dan merawat perangkat AC Kalian secara optimal. Selalu ingat, perawatan yang baik adalah kunci untuk efisiensi dan daya tahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *