Cara Melihat Rating TV

Cara Melihat Rating TV Melalui Situs Resmi : Pengertian Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Melihat Rating TV Melalui Situs Resmi : Pengertian Lengkap. Cara Melihat Rating TV Melalui Situs Resmi adalah topik yang menarik bagi siapa saja yang ingin mengetahui seberapa banyak penonton yang menonton acara TV tertentu.

Rating TV sangat penting bagi stasiun TV dan produsen acara karena dapat membantu mereka dalam menentukan popularitas acara dan menyesuaikan program mereka dengan keinginan penonton.

Banyak orang berpikir bahwa melihat rating TV sangat sulit dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Namun, sekarang Anda dapat dengan mudah melihat rating TV melalui situs resmi tanpa perlu membayar biaya langganan atau menggunakan alat yang rumit.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang Cara Melihat Rating TV Melalui Situs Resmi. Mari kita mulai!

Apa itu Rating TV ?

Rating TV adalah angka hasil pengukuran, penilaian, atau evaluasi kuantitatif bahkan kualitatif yang dilakukan oleh pihak profesional terhadap stasiun televisi.

Penilaian ini terfokus pada jumlah penonton di acara TV tertentu atau program pada jam tayang tertentu.

Namun, hasil rating TV bersifat rahasia dan tidak akan disebarkan secara bebas oleh perusahaan penghitung rating kecuali seizin pemerintah atau stasiun TV yang telah terikat kontrak dengannya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan hasil rating untuk persaingan usaha yang tidak sehat.

Selain itu, hasil rating TV juga tidak langsung dikeluarkan setelah pengukuran dilakukan. Dibutuhkan waktu untuk menganalisis dan menyimpulkan data dengan tingkat “margin error” serendah mungkin, serta melakukan analisis kualitatif untuk memastikan hasil penilaian yang lebih akurat.

Oleh karena itu, hasil rating untuk program yang dinilai hari ini akan keluar besok.

Manfaat Adanya Rating Televisi

Perlu ditegaskan bahwa rating TV menjadi dasar bagi industri TV untuk menentukan tarif iklan per 15 atau 30 detik. Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin tinggi juga harga iklannya.

Bahkan, dalam acara yang memiliki rating tinggi, alokasi 15 detik untuk pasang iklan dapat ditebus dengan harga 80 juta.

Tidak hanya itu, jika tidak ada rating, perusahaan TV akan kesulitan meyakinkan calon investor atau pemegang saham tentang prestasi yang telah dicapai.

Tanpa rating, sulit untuk menentukan apakah suatu acara banyak ditonton atau tidak secara pasti. Hal ini hanya bisa diukur dengan cara mengira-ngira dan menelaah secara kualitatif semata.

Penghitungan rating bertujuan untuk memberikan informasi akhir tentang suatu program televisi kepada pihak yang telah membayar (biasanya stasiun TV) serta pihak pemerintah yang memiliki kepentingan hukum untuk mengetahui data tersebut.

Hal ini menjelaskan mengapa sering terjadi perubahan dalam program televisi, seperti perubahan jam tayang, durasi, tokoh atau pembawa acara, bahkan dihentikan siarannya.

Semua ini terjadi karena rating TV pada program tertentu mengalami lonjakan atau penurunan hingga titik terendah.

Cara Melihat Rating TV Terkini

Dalam melihat rating TV, kamu dapat mengacu pada lembaga umum dari Nielsen Media Research. Sebab, pihak eksternal bersifat objektif dan stasiun televisi tidak dapat melakukan tugas sendiri.

Buka Layanan Situs Resmi Nielsen

Nielsen merupakan salah satu lembaga pengukuran rating yang paling populer di Indonesia. Untuk mengakses layanan Nielsen, kita bisa menggunakan browser dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi browser favorit, seperti Google Chrome.
  • Kunjungi website resmi Nielsen Indonesia melalui browser.
  • Login ke member area.
  • Pilih lokasi pengukuran untuk negara Indonesia.
  • Gulir dan cari opsi “Top 10 & Trends” pada layar.
  • Tekan opsi “TV” untuk melihat data rating acara terkini.
  • Data pengukuran akan ditampilkan sesuai keinginan member.

Namun, untuk mengakses detail data rating Nielsen, menjadi syarat wajib untuk terdaftar sebagai member. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan registrasi dan memiliki akun resmi pada website.

Alat Ukur Rating Televisi

Alat Ukur Rating Televisi

Rating diukur menggunakan alat tertentu dengan menggunakan perbandingan skala dan indikator yang sudah pasti. Salah satu alat yang digunakan untuk mengukur rating adalah people meter.

Baca Juga :  Pahami, Cara Kerja Kipas Angin Listrik dan Komponennya

Namun, alat dan ilmu untuk mengukur rating hanya dimiliki oleh perusahaan khusus. Di satu negara, mungkin hanya ada satu pengelola penghitungan rating TV, seperti yang terjadi di Indonesia.

Lalu, di mana alat pengukur rating dipasang atau diletakkan? Alat tersebut terhubung dengan televisi rumah di beberapa kota. Alat ini bisa diletakkan di dekat televisi agar mudah diakses oleh penonton, tetapi tidak semua kota atau TV terkoneksi dengan alat tersebut.

Selain itu, tidak semua orang dapat meminta untuk diberikan alat people meter. Perusahaan penghitung rating hanya mengambil sampel dari ribuan penonton untuk mewakili jutaan penonton.

Mekanisme Rating TV

Tidak hanya memberikan informasi tentang jumlah penonton, pengelola rating juga memberikan data tentang jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendapatan, dan pengeluaran bulanan penonton.

Data tersebut diperoleh dari survei dan wawancara yang dilakukan oleh petugas perusahaan pengelola rating kepada seluruh anggota rumah tangga yang TV-nya terhubung dengan alat people meter.

Setelah memperoleh data mentah dari alat canggih yang terpasang di berbagai kota, perusahaan penghitung rating TV mengolah dan menganalisis datanya untuk menghasilkan informasi yang mudah dipahami dan digunakan oleh klien (stasiun TV).

Hasil rating biasanya diterima oleh stasiun TV pada pukul 10 pagi setiap hari kerja. Jika terdapat acara TV dengan rating rendah, stasiun TV harus siap melakukan rapat darurat dengan produser dan pengatur program. Oleh karena itu, pukul 10 pagi merupakan waktu yang sangat menegangkan bagi para pengelola program TV.

Rating program televisi tidak ditentukan oleh kepopuleran, trending topic, tokoh atau artis yang terlibat di dalamnya, maupun sutradara yang ada di balik layar. Rating ditentukan oleh jumlah penonton. Seberapa populer suatu acara TV di media sosial, jika tidak ada yang menonton, maka ratingnya rendah. Jika ini terus berlanjut, maka acara tersebut akan dihentikan.

Sebelum menghitung rating suatu program TV, ada beberapa istilah yang harus dipahami, antara lain:

  • Universe: total seluruh pemilik TV
  • TVR: TV Rating, persentase jumlah penonton dibagi total seluruh pemilik TV
  • TVS: TV Share, persentase jumlah penonton dibagi total penonton di semua TV yang sedang menonton

Perbedaan antara TVR dan TVS adalah TVR dibagi dengan seluruh Pemilik TV, sedangkan TVS dibagi dengan semua orang yang sedang menonton.

Mari kita ambil contoh perhitungan sederhana: jumlah pemilik TV di Kota Bandung adalah 20 juta, dengan 3 stasiun TV. Untuk menghitung TVR dan TVS TV pada jam 7-8 malam, data yang didapat adalah: Stasiun RCTI ditonton oleh 5 juta orang, Stasiun SCTV ditonton oleh 4 juta orang, dan Trans 7 ditonton oleh 2 juta orang.

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa:

  • Universe: 20 juta
  • RCTI: 5 juta penonton
  • SCTV: 4 juta penonton
  • Trans 7: 2 juta penonton

Jumlah penonton TV pada jam tersebut adalah 5+4+2 = 11 juta orang.

Selanjutnya, rating dapat dihitung sebagai berikut:

TVR:

  • Rating RCTI: Jumlah penonton RCTI / Universe x 100% = 5 juta / 20 juta x 100% = 25,0%
  • Rating SCTV: Jumlah penonton SCTV / Universe x 100% = 4 juta / 20 juta x 100% = 20,0%
  • Rating Trans 7: Jumlah penonton Trans 7 / Universe x 100% = 2 juta / 20 juta x 100% = 10,0%

TVS:

  • Share RCTI: Jumlah penonton RCTI / total penonton x 100% = 5 juta / 11 juta x 100% = 45,5%
  • Share SCTV: Jumlah penonton SCTV / total penonton x 100% = 4 juta / 11 juta x 100% = 36,4%
  • Share Trans 7: Jumlah penonton Trans 7 / total penonton x 100% = 2 juta / 11 juta x 100% = 18,2%

Dengan demikian, rating suatu program TV dapat dihitung berdasarkan jumlah penonton, TVR, dan TVS. Semakin tinggi ratingnya, semakin banyak pula penonton yang menonton program tersebut.

 

Artikel terkait :

Penutup

Dalam artikel ini, telah dibahas secara lengkap mengenai cara melihat rating TV melalui situs resmi. Rating TV menjadi salah satu parameter penting dalam menilai popularitas acara televisi.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan AC Akari : Lengkap dengan Spesifikasi

Melalui situs resmi yang disediakan oleh lembaga yang berwenang, penonton dapat dengan mudah mengetahui rating TV dari acara televisi yang mereka tonton.

Dengan mengetahui rating TV, penonton dapat mengetahui seberapa banyak orang yang menonton acara tersebut dan seberapa populer acara tersebut di mata masyarakat.

Dalam kesimpulannya, melalui artikel ini kita telah mempelajari tentang cara melihat rating TV melalui situs resmi.
Namun, kita harus tetap mengingat bahwa rating TV bukanlah satu-satunya patokan dalam menilai kualitas suatu acara televisi. Terima kasih telah membaca artikel ini. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-melihat-rating-tv/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *