Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV : Dengan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV : Dengan Mudah. Apakah Kalian pernah merasa kesulitan mencari remote TV yang hilang? Atau mungkin remote TV Kalian rusak? Jangan khawatir, sekarang Kalian bisa menggunakan HP Kalian sebagai remote TV dengan cara yang mudah dan praktis. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menjadikan HP sebagai remote TV untuk mengontrol TV Kalian dengan mudah.

Remote TV adalah perangkat yang sangat penting di rumah kita karena digunakan untuk mengontrol TV. Namun, seringkali remote TV hilang atau rusak, membuat kita kesulitan mengontrol TV. Kini, dengan kemajuan teknologi, Kalian bisa mengontrol TV Kalian hanya dengan menggunakan HP Kalian. Kalian tidak perlu repot mencari remote TV yang hilang atau membeli remote TV baru yang mahal.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara menjadikan HP sebagai remote TV dan mengontrol TV Kalian hanya dengan menggunakan HP.

Kelebihan Remote TV Universal

Remote TV universal menjadi alternatif pilihan jika remote TV bawaan rusak. Selain mudah ditemukan di pasaran, remote TV universal juga memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihan dari remote TV universal adalah sebagai berikut :

1. Dapat digunakan pada berbagai merek televisi

Kelebihan pertama dari remote TV universal adalah dapat digunakan pada berbagai merek televisi. Namun, untuk dapat menggunakannya, diperlukan pengetahuan mengenai kode merek televisi yang digunakan sebagai penyambung antara remote TV universal dan televisi.

2. Memiliki pengaturan yang mudah

Kelebihan kedua dari remote TV universal adalah memiliki pengaturan yang mudah. Setelah setting remote TV universal dilakukan, pengguna dapat langsung menggunakannya untuk berbagai aktivitas yang berhubungan dengan televisi.

3. Mudah dioperasikan

Kelebihan ketiga dari remote TV universal adalah mudah dioperasikan. Jumlah tombol yang dimiliki remote TV universal lebih sedikit daripada remote TV bawaan, sehingga pengoperasiannya menjadi lebih mudah. Selain itu, jenis tombol yang dimiliki juga lebih sederhana.

Cara Cek Infrared di Android

Disarankan untuk memeriksa apakah hp android Kalian mendukung untuk menggunakan aplikasi remote TV yang dapat diunduh di Play Store dengan langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama adalah menggunakan kode #0# pada menu panggilan untuk memunculkan gambar kotak yang terdapat tabel IR LED. Jika gambar tersebut tidak muncul, artinya hp android Kalian tidak memiliki fitur infrared.
  • Hp android yang mendukung fitur infrared ini umumnya terdapat pada tipe-tipe hp seperti Lenovo, Asus, Xiaomi, Vivo, Oppo, Samsung, dan beberapa tipe hp lainnya. Apabila hp android Kalian sudah mendukung fitur infrared, maka hp Kalian bisa langsung digunakan sebagai remote TV.

Cara Menjadikan Hp Sebagai Remote Tv Tanpa Infrared

Jika Kalian sudah mengetahui bahwa ponsel Kalian tidak memiliki fitur infrared, jangan khawatir karena Kalian masih bisa menggunakan aplikasi remote TV. Berikut adalah penjelasan mengenai Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV lengkapnya:

  1. Pertama, cari aplikasi Zaza Remote di Play Store, lalu download dan install aplikasi tersebut.
  2. Setelah berhasil di-install, buka aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya, klik icon menu yang berada di pojok bagian kiri atas tampilan aplikasi, kemudian tap pada icon +.
  4. Pilih perangkat yang ingin Kalian gunakan sebagai remote TV (bisa berupa AC, DVD, atau TV).
  5. Cari merk TV yang akan Kalian setting remote-nya dengan ponsel Kalian.
  6. Pilih nama merk perangkat, kemudian tap tombol power.
  7. Jika tidak ada respon di TV, tap pada no response.
  8. Kemudian, tap lagi pada tombol power dan tunggu sampai ada respon.
  9. Setelah ada respon, tap pada has response.
  10. Selamat mencoba dan selesai.
Baca Juga :  Cara Setting Remote TV Universal : Pahami Langkah-Langkahnya

Aplikasi Remote TV Tanpa Infrared yang Bisa Dipasang di Android

Berikut adalah aplikasi remote tv tanpa infrared yang dapat dipasang di smartphone:

1. Smart IR Remote

Smart IR Remote merupakan aplikasi yang cocok digunakan jika remote televisi rusak. Selain dapat digunakan untuk mengontrol televisi, aplikasi ini juga dapat mengontrol AC, DSLR, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store dengan harga yang harus dibayar terlebih dahulu.

2. Remote untuk TV Samsung

Aplikasi remote TV tanpa fitur infrared yang dapat digunakan pada perangkat android selanjutnya adalah Remote untuk TV Samsung.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja. Untuk menggunakan aplikasi ini, perangkat harus terkoneksi dengan internet. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dari Google Play Store.

3. Google Home

Google Home adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai pengganti remote televisi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengontrol aktivitas di rumah seperti menyalakan lampu, memutar musik, dan masih banyak lagi.
Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan, tetapi memerlukan koneksi Wi-Fi untuk mengoperasikannya. Beberapa menu dalam aplikasi ini hanya dapat digunakan di tempat tertentu.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Ulasan dari pengguna aplikasi ini juga cukup positif.

4. LG TV Plus

Aplikasi remote tv tanpa infrared yang bisa dipasang di android nomor 4 adalah LG TV Plus. Selain berguna untuk mengontrol televisi, apk ini juga berguna untuk memutar video dan melihat foto yang dihubungkan dengan screen di televisi. Apk ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dan bisa diinstal gratis.

5. Mi Remote Controller

Banyak orang yang sangat tertarik dengan aplikasi ini terutama saat remote TV mereka mengalami masalah. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi tayangan TV, mengganti channel dengan mudah, mengatur volume, dan masih banyak lagi. Selain digunakan untuk TV, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengontrol AC.

Aplikasi Mi Remote Controller dapat dipasang di berbagai jenis smartphone seperti Redmi 4X, Samsung S5 S6, dan lain-lain. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Lebih dari 50 juta kali aplikasi Mi Remote Controller sudah diunduh dan ulasan yang diberikan oleh pengguna juga sangat positif. Apakah Kalian tertarik untuk mencobanya?

Hp yang Bisa Menajdi Remote dengan Infrared

Berikut adalah beberapa pilihan hp yang dilengkapi dengan fitur infrared yang dapat digunakan sebagai remote TV:

1. Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A adalah salah satu pilihan hp yang dilengkapi dengan fitur infrared yang dapat digunakan sebagai remote TV. Selain itu, hp ini juga memiliki spesifikasi yang cukup baik dengan harga yang terjangkau.

2. Redmi 8

Redmi 8 juga dapat digunakan sebagai remote TV dengan fitur infrared yang dimilikinya. Selain itu, hp ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dari Redmi 5A, termasuk desain yang kekinian, layar Corning Gorilla Glass 5, dan baterai besar 5000 mAh.

3. Redmi 7

Redmi 7 juga memiliki fitur infrared yang dapat digunakan sebagai remote TV. Hp ini memiliki desain yang kekinian dengan layar 6,26 inci yang dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

4. Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi 5 adalah flagship Xiaomi yang juga dilengkapi dengan fitur IR Blaster. Penggunaannya mudah dengan memanfaatkan aplikasi Mi Remote yang sudah tersedia secara default.

5. Samsung Galaxy S6

Fitur IR Blaster juga disematkan pada seri Samsung Galaxy S6, sehingga dapat difungsikan sebagai remote untuk TV dan AC. Selain itu, Samsung juga menyematkan fitur tambahan seperti fungsi reminder, TV guide, dan rekomendasi konten yang dapat ditonton pengguna.

 

Baca juga artikel terkait :

Baca Juga :  Ketahui, Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua 2 Pintu Terlengkap

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Kalian dapat mengontrol TV Kalian dengan mudah melalui HP Kalian.

Namun, pastikan Kalian selalu berhati-hati saat menggunakan perangkat elektronik dan jangan lupa untuk memperbarui perangkat lunak Kalian secara teratur agar selalu dapat menggunakan fitur-fitur terbaru dengan optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin menjadikan HP sebagai remote TV. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *