Cara Membersihkan Lantai Berminyak

Lantai Berminyak Bahaya Lho!! Ini Dia Cara Membersihkan Lantai Berminyak

Posted on

Empat Pilar – Lantai Berminyak Bahaya Lho!! Ini Dia Cara Membersihkan Lantai Berminyak. Ingin tahu cara membersihkan lantai berminyak tanpa ribet? Baca artikel ini untuk mendapatkan tips dan triknya. Dapatkan lantai yang bersih dan berkilau kembali!

Lantai yang berminyak dapat menjadi masalah yang menjengkelkan. Kelebihan minyak dari masakan atau cairan lainnya bisa meninggalkan lapisan yang licin dan mengurangi kilau alami lantai. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan kalian panduan langkah demi langkah tentang cara membersihkan lantai berminyak dengan mudah.

Dari bahan alami hingga pembersih komersial, kami memiliki semua tips yang kalian butuhkan untuk mengembalikan kilau lantai kalian.

Cara Membersihkan Lantai Berminyak

Noda minyak yang menempel pada lantai dapur memang umumnya sulit untuk hilang hanya dengan air. Noda tersebut cenderung tetap lengket dan licin saat disentuh, bahkan mungkin masih terlihat. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk membersihkan noda minyak secara efektif:

1. Menggunakan Kertas Koran

Pilihan pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan kertas koran untuk membersihkan lantai berminyak. Kertas koran memiliki pori-pori yang mampu menyerap minyak dari permukaan lantai dengan baik. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Letakkan beberapa lembar kertas koran di atas area lantai yang baru saja terkena tumpahan minyak.
  • Biarkan kertas koran tersebut menyerap minyak selama beberapa saat.
  • Gantilah kertas koran jika sudah penuh dengan minyak, dan ulangi langkah di atas sampai sebagian besar minyak terangkat.
  • Setelah minyak terserap, Anda dapat membersihkan sisa-sisa minyak dengan lap bersih.
  • Akhirnya, lap kembali lantai dengan kain bersih untuk memastikan tidak ada sisa minyak atau kertas koran yang tertinggal.

2. Menggunakan Tepung Terigu

Ternyata, tepung terigu juga bisa menjadi solusi untuk membersihkan noda minyak di lantai. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Taburkan secukupnya tepung terigu di atas area noda minyak.
  • Diamkan tepung terigu selama beberapa saat agar dapat menyerap minyak dengan baik.
  • Setelah noda terserap oleh tepung, sapulah tepung tersebut bersama dengan noda yang terangkat menggunakan sapu bersih.
  • Langkah terakhir, bilas lantai dengan air dan lap bersih untuk menghilangkan sisa tepung dan minyak.

3. Menggunakan Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang serbaguna untuk membersihkan berbagai jenis noda, termasuk noda minyak di lantai keramik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Campurkan setengah gelas air, dua per tiga cangkir baking soda, dua sendok makan cuka putih, dan setengah gelas detergen dalam sebuah botol semprot.
  • Kocok atau aduk campuran tersebut hingga merata untuk membuat solusi pembersih.
  • Semprotkan solusi pembersih yang telah dibuat ke area lantai yang berminyak dan lengket.
  • Diamkan solusi tersebut bekerja pada noda selama beberapa saat.
  • Setelah cukup waktu, bilas lantai dengan kain bersih yang telah dibasahi air untuk menghilangkan sisa solusi pembersih dan minyak.

4. Penggunaan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring memang diciptakan untuk mengatasi berbagai jenis kotoran, termasuk minyak, di peralatan dapur Anda. Oleh karena itu, sabun ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat efektif untuk membersihkan minyak dari lantai dapur Anda.

Caranya, langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air dalam sebuah wadah.
  • Basahi spons atau kain bersih dengan larutan sabun yang telah dibuat.
  • Gosokkan spons atau kain yang sudah dibasahi pada area lantai yang terkena minyak. Usahakan untuk membersihkan secara merata.
  • Setelah noda minyak terangkat, bilas lantai dengan air bersih seperti biasa.
  • Pastikan untuk meratakan bilasan air agar tidak ada sisa sabun yang bisa membuat lantai menjadi licin.
Baca Juga :  Panduan Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

5. Menggunakan Garam dan Cuka Apel

Apabila lantai terkena noda dan kotoran seperti minyak, Anda dapat membuat larutan pembersih alami menggunakan garam dan cuka apel. Kedua bahan ini efektif dalam mengatasi noda tanpa merusak permukaan lantai keramik.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan sejumlah garam dengan cuka apel dalam sebuah wadah dan aduk hingga larutan merata.
  • Semprotkan larutan pembersih yang telah dibuat ke area noda pada lantai.
  • Jika noda sulit dihilangkan, biarkan larutan tersebut bekerja selama beberapa jam dengan mendiamkannya pada noda.
  • Setelah larutan bekerja, lap noda dengan menggunakan kain kering hingga bersih.
  • Pastikan untuk menghilangkan semua sisa larutan pembersih dan kotoran agar lantai kembali bersih dan tidak licin.

6. Pemanfaatan Pasir Kucing

Pasir kucing juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan minyak dari lantai keramik. Pasir kucing memiliki kemampuan menyerap cairan dengan baik.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Taburkan pasir kucing secara merata di atas area lantai yang kotor dan lengket akibat minyak.
  • Biarkan pasir bekerja selama 10 hingga 30 menit agar minyak terserap dengan baik.
  • Setelah waktu tertentu, sapulah pasir bersama dengan minyak yang telah diserap.
  • Untuk membersihkan sisa-sisa pasir, lanjutkan dengan mengepel lantai seperti biasa.

7. Penggunaan Garam

Metode terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan garam. Cara ini membantu mencegah agar lantai tidak menjadi licin akibat sisa-sisa minyak.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Taburkan garam dengan merata di atas lantai keramik yang terasa lengket akibat minyak.
  • Diamkan selama beberapa saat agar garam dapat menyerap sisa minyak.
  • Bersihkan garam yang telah menyerap minyak menggunakan lap, tisu, atau koran.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menyapu dan mengepel lantai keramik seperti biasa agar bersih maksimal.

Dengan mengaplikasikan salah satu metode di atas, Anda dapat membersihkan noda dan minyak dari lantai dapur dengan efektif dan menjaga agar lantai tetap bersih serta tidak licin.

Trik Penting Bikin Lantai Dapur Bersih Tak Berminyak

Ada tiga langkah krusial dalam menjaga kebersihan lantai dapur. Sangat penting bagi Sahabat Dream untuk mengikuti langkah-langkah ini di rumah.

1. Sapu setiap hari

Jangan biarkan lantai dapur menjadi kotor, lengket, atau berminyak. Sebelum memulai proses pel, pastikan Anda menyapu terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk. Pastikan setiap sudut dapur termasuk debu-debu kasar telah tersapu bersih. Jangan lupa membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh ke lantai.

2. Manfaatkan lap microfiber

Anda disarankan untuk melakukan penyekaan lantai sebanyak dua kali dalam seminggu. Pastikan Anda memiliki lap microfiber yang selalu siap digunakan dan dapat dicuci setelah digunakan. Anda bisa mendapatkan lap ini di toko-toko peralatan rumah tangga dengan harga terjangkau. Simpanlah lap ini di dapur dan gunakan saat ada noda membandel atau lengket yang perlu segera dihapus.

Namun, setelah digunakan, lap tersebut harus segera dicuci dan dibilas. Dengan begitu, lap akan selalu siap digunakan dalam kondisi bersih. Hindari meninggalkan lap yang kotor dalam waktu lama karena bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap dan menjadi sarang kuman.

3. Gunakan sabun

Jika lantai terasa sangat berminyak atau lengket, penting untuk membersihkannya dengan menggunakan sabun. Mungkin sebelumnya Anda telah menggunakan sabun khusus pembersih lantai. Namun, untuk mengatasi lantai dapur yang berminyak, lebih baik menggunakan sabun pencuci piring yang memiliki formula khusus untuk mengangkat lemak. Jenis sabun ini lebih efektif dalam menghilangkan minyak dan membuat lantai kembali bersih dan tidak berminyak.

Penutup

Sebagai simpulan dari empatpilar.com ini, pentingnya memahami cara membersihkan lantai berminyak tidak dapat diabaikan. Lantai yang berminyak tidak hanya merusak estetika ruangan tetapi juga bisa menjadi bahaya potensial karena meningkatkan risiko tergelincir.

Baca Juga :  Urutan Tata Cara Debat yang Baik dan Benar Yaitu

Dengan menggunakan metode dan produk pembersihan yang tepat, kalian dapat memastikan lantai rumah atau kantor kalian selalu dalam kondisi optimal. Jadi, jangan tunggu sampai ada kecelakaan terjadi. Terapkan langkah-langkah yang telah kita bahas di artikel ini untuk memastikan lantai kalian selalu bersih dan aman dari minyak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *