Cara Membersihkan Sepatu Suede

Cara Membersihkan Sepatu Suede : Tips Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Membersihkan Sepatu Suede : Tips Lengkap. Sepatu suede dapat memberikan sentuhan elegan pada penampilan, namun seringkali lebih rentan terhadap kotoran dan noda jika dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya. Oleh karena itu, perawatan yang tepat diperlukan agar sepatu suede tetap terlihat bersih dan terawat. Bagi para penggemar sepatu berbahan ini, penting untuk mengetahui cara membersihkan sepatu suede dengan benar.

Membersihkan sepatu suede bisa menjadi tugas yang menantang, mengingat sifat bahan yang rentan terhadap air dan noda. Namun, dengan beberapa langkah sederhana dan bahan-bahan yang mudah ditemukan, kalian dapat merestorasi kecantikan sepatu suede kalian tanpa merusak teksturnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah praktis dan efektif dalam membersihkan sepatu suede. Mulai dari persiapan bahan, teknik pembersihan, hingga tips perawatan agar sepatu tetap terjaga keindahannya. Simak informasi lengkapnya untuk menjaga sepatu suede favorit kalian tetap bersih dan tahan lama.

Pengertian Bahan Suede

Bahan suede merupakan jenis kain yang terbuat dari berbagai jenis kulit hewan dengan permukaan yang halus, mirip dengan beludru. Umumnya, suede diproduksi dari kulit sapi, kambing, domba, dan rusa. Asal-usul istilah “suede” berasal dari bahasa Perancis, yaitu “Gants de Suède.” Pada awalnya, bahan ini sering digunakan untuk membuat sarung tangan dengan tekstur lembut yang diimpor dari Swedia. Namun, seiring berjalannya waktu, bahan suede kini ditemukan luas di berbagai tempat.

Khususnya dalam industri tekstil, suede digunakan untuk memproduksi pakaian dan sepatu dengan bahan kulit yang halus dan lembut. Perbedaan antara suede dan beludru lainnya adalah kecenderungan bahan suede untuk tidak mudah terbakar. Bahan suede merupakan bagian dari kulit atau lapisan kulit yang diperoleh melalui proses dan teknik khusus.

Jenis kulit hewan yang digunakan dapat memengaruhi hasil akhir dari kain suede. Penggunaan kulit sapi dan rusa yang lebih tebal, misalnya, menghasilkan serat kain suede dengan kualitas yang baik. Serat ini lebih kasar dan tidak sehalus suede yang biasanya digunakan. Kain suede yang berkualitas tinggi memiliki tekstur yang terangkat.

Karena suede diperoleh dari lapisan kulit yang dekat dengan daging, yang merupakan lapisan kulit paling tipis, keawetannya sedikit kurang dibandingkan dengan bahan lain yang mungkin berasal dari lapisan luar atau full-grain. Suede umumnya terbuat dari kulit sapi dan merupakan jenis yang paling umum dan sering digunakan.

Bagian kulit yang belum diampelas atau split dengan cara apa pun disebut “full-grain leather.” Terkadang, full-grain leather hanya dibuat dari bagian terbaik dari kulit, yang tidak hanya merupakan yang paling mahal tetapi juga yang paling tahan lama dan premium.

Cara Membersihkan Sepatu Suede

Meskipun sepatu suede terlihat keren saat dipakai, sayangnya, permukaan berbulunya membuatnya rentan terhadap noda dan debu. Air menjadi musuh utama yang perlu dihindari agar sepatu tetap bersih. Bagaimana cara merawat sepatu suede dengan benar?

Agar sepatu suede tetap awet, berikut adalah cara Cara Membersihkan Sepatu Suede dan dapat kalian praktekkan:

1. Simpan di Tempat Kering

Seperti perawatan bahan kulit pada umumnya, sepatu suede sebaiknya tidak disimpan di tempat yang lembap. Kelembapan dapat menyebabkan jamur atau kerusakan pada sepatu.

2. Hindari Air

Air dapat mengubah warna dan tekstur suede. Saat cuaca hujan atau berlumpur, sebaiknya hindari mengenakan sepatu suede dan pilih sepatu pria lainnya. Jika sepatu suede basah, segera angin-anginkan sampai kering. Gunakan pengering rambut dengan suhu sedang. Jangan membasahi atau mengelap sepatu suede dengan air. Jika kalian perlu membersihkannya dengan air, lakukan dengan hati-hati sambil menyikat seluruh permukaan sepatu agar warnanya tetap merata. Meskipun agak sulit, namun hal ini mungkin dilakukan demi warna sepatu yang rata dan alami.

Baca Juga :  Cara Mengukur SCR (Silicon Controlled Rectifier) Menggunakan Multimeter Digital dan Analog

3. Bersihkan Pakai Sikat Halus

Suede merupakan jenis kulit hewan bagian bawah yang memiliki tekstur lembut dan berambut. Agar tetap terlihat kinclong dan rapi, sebaiknya kalian menyikat permukaan suede secara berkala. Gunakan sikat halus atau bahkan sikat gigi biasa.

Ketika sepatu suede kalian secara tidak sengaja terkena noda, selalu andalkan sikat berbulu halus untuk menghilangkan kotoran. Sikat dengan gerakan maju-mundur hingga kotoran terangkat sepenuhnya.

4. Pakai Tepung atau Bedak

Salah satu life hacks yang perlu kalian ketahui adalah penggunaan tepung atau bedak untuk membersihkan sepatu suede yang terkena minyak atau sisa makanan. Taburkan tepung atau bedak di area yang kotor, biarkan semalaman. Tepung akan menyerap dan mengangkat noda dari permukaan kulit. Sikat sisa tepung dengan sikat halus, dan sepatu kalian akan kembali bersih seperti baru.

5. Manfaatkan Penghapus, Handuk, atau Cuka

Bahan-bahan dapur yang ada di rumah dapat digunakan untuk merawat sepatu berbahan suede. Untuk noda ringan, coba gosok lembut menggunakan penghapus karet berwarna putih. Kalian juga bisa menggunakan handuk kecil yang dibasahi dengan cuka. Cobalah, kalian mungkin akan terkejut dengan hasilnya!

6. Beli Spray Pelindung

Sebelum sepatu terkena noda, lakukan langkah pencegahan dengan menyemprotkan spray pelindung khusus. Spray jenis ini dapat dibeli di toko reparasi atau toko sepatu. Bahan kimia dalam spray akan melindungi permukaan suede dari kotoran dan air. Agar permukaan suede tetap rapi, kalian dapat menyisirnya dengan sikat halus setelah penyemprotan.

Rekomendasi Sepatu Bahan Suede

Setelah mengetahui cara membersihkan sepatu berbahan suede, mungkin banyak di antara kalian yang tertarik untuk membeli sepatu seperti itu. Nah, jika kalian bingung dalam memilih sepatu suede, referensi di bawah ini diharapkan dapat membantu kalian menemukan sepatu terbaik.

1. Kuzatura MORZA-KZYS702

Rekomendasi pertama berasal dari merek Kuzatura yang menggunakan bahan Original Leather Suede. Bahan premium yang digunakan dalam sepatu ini menjamin keawetan dan kenyamanan saat digunakan. Bagian sol sepatu ini sudah dilengkapi dengan jahitan yang kuat dan kokoh.

Kuzatura menyediakan nomor sepatu dari 39 sampai 43 dengan ukuran kaki mulai dari 27,5 cm sampai 30 cm. Sepatu ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu navy, hitam, dan coklat. Harganya sekitar Rp190 ribuan. Dengan desain yang modern dan harga yang terjangkau, kalian pasti akan terlihat keren saat menggunakan sepatu ini.

2. Kuzatura MTA-11815833

Masih dari merek Kuzatura, kali ini bahan yang digunakan adalah Suede Sol TPR dengan ketersediaan ukuran mulai dari 39 sampai 44 dan ukuran kaki mulai dari 24,5 cm sampai 27,0 cm. Sepatu ini adalah sepatu tali dengan warna marun yang dikombinasikan dengan warna putih di bagian bawahnya.

Teknik sol TPR yang digunakan untuk jahitan sepatu ini membuatnya lebih kuat. Sepatu ini cocok digunakan baik untuk acara formal maupun non formal. Jika kalian tertarik dengan sepatu yang multifungsi dan keren ini, siapkan anggaran sekitar Rp160 ribuan.

3. PUMA Unisex Suede Trim DLX Shoes

Jika kamu tengah mencari sepatu olahraga yang menggunakan bahan suede, maka pilihan yang tepat mungkin adalah sepatu PUMA ini. Desainnya sporty dengan jahitan rapi, eyelets, dan outsole yang nyaman. Cocok digunakan untuk aktivitas olahraga sehari-hari.

Ukuran sepatu ini tersedia mulai dari 36 sampai 47, atau dalam ukuran UK mulai dari 3.5 sampai 12, dengan panjang kaki berkisar dari 22.5 cm sampai 31 cm. Sepatu dengan kombinasi warna hitam dan putih ini dihargai sekitar Rp460 ribu.

4. PUMA 37199501 Sega Suede Sonic Jr

Rekomendasi keempat adalah sepatu suede PUMA khusus untuk anak-anak. Desainnya modern dengan jahitan rapi dan outsole yang menjamin kenyamanan anak saat mengenakannya. Tersedia dalam dua ukuran, yaitu 4 dan 5 untuk ukuran UK.

Seperti namanya, sisi sepatu ini didekorasi dengan gambar Sonic berwarna biru, sementara sepatunya sendiri berwarna hitam dengan aksen putih di bagian bawah. Jika kamu ingin memberikannya sebagai hadiah untuk adik atau anak, harganya sekitar Rp340 ribu.

5. Keds Double Decker Sepatu Suede

Pindah ke brand Keds yang juga menghasilkan sepatu suede jenis slop. Sepatu slop berbahan suede untuk wanita ini dirancang secara trendy dengan jahitan rapi dan outsole yang memberikan kenyamanan saat dipakai. Tersedia dalam lima ukuran, mulai dari ukuran 36 sampai 40, dengan panjang kaki berkisar dari 23 sampai 26 cm.

Baca Juga :  Daftar Persamaan Flyback 154 177B : Paling Lengkap

Harga sepatu ini sekitar Rp560 ribu. Meskipun bagi beberapa orang mungkin terlihat mahal, namun perlu diingat bahwa harga ini sebanding dengan kualitas dan kenyamanan yang akan kamu dapatkan saat mengenakannya.

Penutup

Dengan demikian, membersihkan sepatu suede bukanlah tugas yang sulit jika kita mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dengan perawatan yang benar, sepatu suede favorit kalian akan tetap terlihat bersih dan terawat. Ingatlah untuk selalu menghindari penggunaan air secara berlebihan dan memilih produk pembersih yang sesuai. Dengan begitu, kalian dapat memastikan bahwa sepatu suede kalian tetap tampil stylish dan awet untuk waktu yang lama.

Itu saja pembahasan yang bisa empatpilar.com berikan mengenai Cara Membersihkan Sepatu Suede. Semoga tips ini bermanfaat dan memberikan panduan yang jelas bagi kalian dalam merawat sepatu suede kesayangan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *