Cara Setting Smart TV Samsung

Cara Setting Smart TV Samsung dengan Langkah Mudah : Panduan Pemula

Posted on

Empat Pilar – Cara Setting Smart TV Samsung dengan Langkah Mudah : Panduan Pemula. Halo, pengguna Smart TV Samsung yang cerdas! Apakah Kalian telah menemukan teknologi menonton terbaru dan terbaik namun masih bingung tentang cara mengatur semuanya?

Jangan khawatir, Kalian berada di tempat yang tepat! Artikel ini akan membantu Kalian memahami Cara Setting Smart TV Samsung dengan mudah dan efisien.

Smart TV Samsung dikenal karena fitur-fitur modern dan terintegrasi yang menawarkan pengalaman menonton yang tak tertandingi.

Namun, untuk mengoptimalkan semua fungsi ini, Kalian harus tahu cara mengatur Smart TV Samsung Kalian dengan benar.

Smart TV Samsung

Samsung Smart TV adalah pilihan unggulan dalam era teknologi modern ini. Serangkaian kelebihan yang ditawarkannya dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

Mulai dari resolusi gambar yang tinggi, pilihan ukuran layar, prosesor dengan performa luar biasa, hingga fitur-fitur pendukung lainnya yang melimpah.

Beragam model Samsung Smart TV disediakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tentu saja, setiap model memiliki spesifikasi yang unik, termasuk konsumsi daya listriknya.
Sebagai ilustrasi, Samsung Smart TV 50 Inch Crystal 4K UHD 50AU9000 membutuhkan daya listrik maksimal sebesar 140 watt.

Dengan konsumsi daya tersebut, penonton dapat menikmati tampilan gambar yang sangat jelas, karena smart TV ini dilengkapi dengan layar resolusi 4K UHD HDR 10+.

Tidak hanya itu, kualitas suara yang dikeluarkan juga sangat impresif, berkat penggunaan Dolby Audio Digital Plus. Dengan kualitas gambar dan suara yang ditawarkan, konsumsi daya 140 watt ini cukup efisien dalam penggunaan listrik.

Keunggulan Smart TV Samsung

Sebelum memahami Cara Setting Smart TV Samsung, nah Selain berfungsi sebagai televisi biasa, Smart TV memiliki fitur-fitur seperti yang ada pada smartphone.

Smart TV memberikan Kalian kemudahan dalam streaming video, mendengarkan musik, bermain game, dan juga mengakses browser. Kalian juga bisa dengan mudah menginstal aplikasi seperti Netflix, Disney+ Hotstar, dan Spotify pada Smart TV.

Jadi, apa yang membuat Smart TV Samsung unggul dibandingkan dengan merk lainnya?

1. Brand yang Terpercaya

Samsung adalah perusahaan elektronik yang telah mendapatkan pengakuan luas. Dengan pusat layanan Samsung yang tersebar di banyak kota, Kalian tidak akan kesulitan untuk melakukan penggantian suku cadang atau servis.

2. Produk yang Tahan Lama

Smart TV Samsung diketahui memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan merk lainnya.

Samsung merakit produk elektroniknya dengan menggunakan bahan dan komponen berkualitas tinggi yang memastikan operasional dalam jangka waktu yang panjang.

3. Fitur yang Berlimpah

Salah satu fitur unggulan pada Smart TV Samsung adalah sistem operasi pintar yang disebut SmartHub.

Fitur ini juga akan memberikan Kalian rekomendasi tayangan berdasarkan pola tontonan Kalian selama beberapa bulan terakhir.

4. Dapat Dioperasikan Melalui Smartphone

Bagi Kalian yang merupakan pengguna smartphone Samsung, Kalian dapat memanfaatkan aplikasi SmartThings.

Aplikasi ini memudahkan Kalian untuk mengendalikan televisi langsung dari ponsel Kalian.
Bahkan, Kalian bisa merelokasi suara dari televisi ke ponsel dan mendengarkannya melalui headset, sehingga tidak mengganggu orang lain di sekitar Kalian.

Cara Setting Smart TV Samsung

Smart TV Samsung umumnya menggunakan sistem operasi Tizen yang dilengkapi dengan banyak fitur layaknya pada smartphone.

Ini memungkinkan Kalian untuk menghubungkan Smart TV Samsung ke Wi-Fi atau internet, menggunakan remote wireless dan login menggunakan akun Samsung. Berikut ini langkah-langkah Cara Setting Smart TV Samsung yang benar:

1. Persiapan Awal yang Diperlukan

Langkah pertama adalah menghidupkan televisi (TV). Kalian dapat menekan tombol [Power] pada remote control.

Setelah itu, layar TV akan menampilkan panduan pengaturan remote TV yang meminta Kalian untuk menekan salah satu tombol agar remote terhubung ke TV. Kalian juga dapat mengatur TV pintar Samsung melalui ponsel Kalian dengan mengunduh aplikasi SmartThings.

2. Hubungkan Perangkat ke Port HDMI

Jika Kalian memiliki Set Top Box (STB), konsol game, Chromecast, atau perangkat lainnya, hubungkan salah satu perangkat tersebut ke port HDMI yang tersedia di bagian belakang TV. Atau, jika Kalian menggunakan antena, sambungkan kabel antena ke tuner TV.

Baca Juga :  √ Mengatasi TV Samsung Tidak Dapat Siaran Digital

3. Menghubungkan Samsung Smart TV ke Wi-Fi

Kalian perlu menghubungkan Samsung Smart TV Kalian ke internet untuk melanjutkan proses pengaturan.

Pastikan Wi-Fi atau Hotspot telah aktif, sehingga TV secara otomatis akan mendeteksi jaringan Wi-Fi yang tersedia. Pilih jaringan Wi-Fi yang ingin Kalian sambungkan dan masukkan kata sandi jika diperlukan.

4. Menyetujui Syarat dan Ketentuan Samsung Smart Hub

Secara singkat, kebijakan privasi Samsung Smart Hub mencakup informasi yang dikumpulkan tentang TV Kalian dan bagaimana informasi tersebut dikelola.

Kebijakan ini cukup panjang dan ditulis dalam bahasa Inggris. Jika Kalian mengerti, disarankan untuk membacanya secara lengkap.

Atau, Kalian dapat langsung memilih opsi [Saya Setuju dengan Semua] dan pilih [OK]. Langkah ini sebenarnya dapat dilewati, tetapi Kalian tidak akan dapat menggunakan aplikasi dan layanan lain dari Samsung Smart Hub.

5. Masuk dengan Akun Samsung

Setelah itu, masuk ke akun Samsung Kalian. Jika Kalian belum memiliki akun, Kalian dapat membuatnya terlebih dahulu di account.samsung.com dari ponsel Kalian.

Setelah berhasil membuat akun, kembali ke layar TV dan pilih [Masuk] lalu masukkan alamat email dan kata sandi akun Samsung yang telah Kalian buat sebelumnya.

6. Pilih Asisten Suara yang Diinginkan

Umumnya, Smart TV Samsung terbaru menawarkan dua asisten suara, yaitu Amazon Alexa dan Bixby.

Fitur ini sangat berguna, karena nantinya Kalian dapat membuka pengaturan, mengetik, atau membuka aplikasi hanya dengan perintah suara. Langkah ini juga dapat dilewati dengan memilih opsi [Pilih Nanti].

7. Cadangkan Data TV

Menurut pendapat kami, langkah ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Hal ini akan memudahkan Kalian jika suatu saat perlu mengatur ulang Smart TV Samsung ke pengaturan pabrik tanpa khawatir kehilangan data atau pengaturan yang sebelumnya tersimpan di Smart TV.

Semua data TV akan disimpan cadangan ke penyimpanan cloud (awan) akun Samsung yang telah Kalian masukkan sebelumnya. Data yang akan dicadangkan meliputi:

  • PIN.
  • Negara.
  • Kode Pos.
  • Nama TV.
  • Model TV.
  • Tipe Antena.
  • Akun Samsung.
  • Informasi Channel.
  • Pengaturan Layar Utama (Home Screen).
  • Daftar aplikasi yang pernah diunduh.
  • Perangkat yang pernah terhubung ke Smart TV.

8. Isikan Kode Pos

Smart TV Samsung meminta informasi tentang lokasi Anda, termasuk kode pos, untuk dapat menemukan pusat layanan terdekat berdasarkan lokasi yang tersimpan.

Mohon isi dengan kode pos yang sesuai dengan daerah Anda sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

9. Konfirmasikan Perangkat yang Terhubung

Jika Anda telah menghubungkan perangkat ke port HDMI (seperti yang dijelaskan pada langkah 2), maka akan ada informasi yang muncul di layar TV yang memberitahu bahwa Anda dapat mengendalikan perangkat tersebut menggunakan remote Samsung.

Namun, jika Anda telah melewati langkah kedua (tidak menghubungkan perangkat apa pun ke port HDMI), maka langkah kesembilan ini akan dilewati secara otomatis dan Anda akan langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.

10. Masuk ke Akun Amazon Prime (Opsional)

Pada langkah ini, Anda dapat masuk menggunakan akun Amazon Prime. Namun, jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat langsung melewati langkah ini dengan memilih opsi [Lewati] dan Anda dapat menambahkan akun Amazon Prime nanti.

11. Tambahkan Aplikasi ke Smart Hub

Layanan Smart Hub dari Samsung menyediakan berbagai aplikasi yang berguna, seperti Netflix atau Amazon Prime Video yang dapat digunakan untuk menonton serial favorit, Apple Music, PBS, CBS, Disney Now, HGTV, dan banyak lagi.

Pada langkah ini, Anda perlu memilih aplikasi yang ingin ditambahkan ke Smart Hub. Setelah itu, pilih [Selesai] untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

12. Pelajari Cara Menggunakan Fitur Tap View di Smart TV Samsung

Tap View memungkinkan Kalian untuk melakukan screen mirroring atau memindahkan tampilan layar dari HP Samsung ke Smart TV dengan hanya beberapa sentuhan. Menurut informasi yang dikutip dari situs resmi Samsung, fitur Tap View ini dapat digunakan langsung tanpa koneksi internet atau Wi-Fi.

Fitur Tap View pada Smart TV Samsung juga sangat mudah digunakan. Jika Kalian ingin mentransfer konten seperti foto atau video dari HP Samsung, Kalian hanya perlu mendekatkan HP ke TV. Pastikan sebelumnya HP Samsung Kalian telah dipasang aplikasi SmartThings.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan screen mirroring HP Samsung ke Smart TV Samsung dengan menggunakan Tap View:

  • Unduh dan pasang aplikasi SmartThings di HP Samsung Kalian.
  • Buka aplikasi SmartThings dan ketuk ikon menu (tiga garis horizontal) di bagian kiri atas layar.
  • Pilih ikon pengaturan (gear) dan aktifkan opsi [Tap View, Tap Sound].
  • Selanjutnya, dekatkan HP ke Smart TV dan ketuk [Izinkan] pada notifikasi yang muncul di layar HP Kalian.
  • Setelah berhasil terhubung, Kalian dapat mengendalikan TV melalui smartphone Kalian. Misalnya, Kalian dapat menaikkan atau menurunkan volume TV dengan menekan tombol volume di HP.
  • Tekan tombol [Kembali] pada remote Smart TV untuk menonaktifkan fitur Tap View.
Baca Juga :  Komponen Mesin Cuci 1 Tabung Secara Lengkap, Kenali Juga Fungsinya

Catatan:

  1. Fitur Tap View hanya dapat digunakan pada aplikasi SmartThings versi 1.7.45 atau yang lebih baru.
  2. Screen Mirroring tidak akan berfungsi jika mode Hemat Daya masih aktif pada HP.
  3. Pastikan pengaturan Smart View di Smart TV telah diaktifkan. Caranya, buka Pengaturan > Umum > Manajer Perangkat Eksternal > Manajer Koneksi Perangkat > Pemberitahuan Akses (ikuti langkah ini pada Smart TV Samsung).
  4. Fitur ini hanya didukung oleh Smart TV Samsung terbaru.
  5. Pada langkah ke-12 ini, hanya terdapat informasi singkat mengenai cara menggunakan Tap View. Silakan pilih [Lanjut] untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

13. Mencoba Remote TV

Langkah terakhir adalah memastikan apakah remote control sudah berfungsi atau belum. Cobalah untuk menurunkan atau menaikkan volume. Jika Smart TV merespons, maka dapat dipastikan bahwa remote control berfungsi dengan baik. Setelah itu, pilih opsi [Mulai Menonton TV].

Penutup

Dengan demikian, telah empatpilar.com bahas bersama langkah-langkah mudah untuk Cara Setting Smart TV Samsung.

Melalui pengetahuan ini, Kalian dapat merasakan manfaat penuh dari teknologi canggih dan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Smart TV Samsung.

Jangan biarkan kebingungan teknis menghambat Kalian menikmati hiburan kelas dunia yang tersedia di ujung jari Kalian.

Manfaatkan panduan mengenai Cara Setting Smart TV Samsung ini dan atur Smart TV Samsung Kalian sesuai kebutuhan dan preferensi.

Selamat mencoba dan menikmati serunya berinteraksi dengan Smart TV Samsung Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *