Harga Jasa Pasang Atap Bitumen

Harga Jasa Pasang Atap Bitumen Per Meter : Terbaru Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – Harga Jasa Pasang Atap Bitumen Per Meter : Terbaru Saat Ini. Dalam dunia konstruksi dan atap, Harga Jasa Pasang Atap Bitumen menjadi tiang keunggulan. Artikel ini menjelajahi dunia layanan atap Bitumen di Indonesia, memberikan wawasan berharga dan keahlian bagi siapa pun yang mencari informasi dalam bidang ini. Dari pemahaman dasar hingga menjelajahi faktor biaya dan pertanyaan yang sering diajukan, kami telah meng-cover kalian.

Pengertian Atap Bitumen

Atap bitumen adalah jenis atap yang terbuat dari bahan utama berupa bitumen. Bitumen adalah suatu zat yang memiliki kekentalan dan kelekatannya yang tinggi, biasanya digunakan sebagai bahan penutup anti air, perekat material, dan keperluan lainnya. Bitumen dapat ditemukan secara alami, namun juga dapat dihasilkan melalui proses distilasi minyak bumi.

Proses ini melibatkan pemanasan minyak bumi hingga komponen-komponen yang lebih ringan seperti solar dan bensin menguap, meninggalkan residu berupa bitumen. Bahan ini terdiri dari campuran hidrokarbon kompleks dan unsur-unsur lain seperti belerang, kalsium, hidrogen, dan besi.

Karena sering digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan jalan raya, bitumen seringkali disamakan dengan aspal, meskipun keduanya memiliki perbedaan. Aspal merupakan campuran dari agregat, pasir, dan bitumen sebagai bahan perekat. Sifat bitumen yang lengket, lekat, dan tahan terhadap air membuatnya sangat cocok sebagai campuran pelapis jalan aspal dan juga sebagai bahan atap.

Secara global, sekitar 80% dari produksi bitumen digunakan untuk pembuatan jalan raya, sementara 10% sisanya digunakan sebagai bahan untuk atap. Oleh karena itu, atap bitumen juga sering disebut sebagai genteng atau sirap aspal.

Atap bitumen bukanlah suatu bahan yang baru dalam dunia konstruksi. Jenis atap ini telah digunakan sejak lama. Biasanya, bitumen digunakan sebagai lapisan penutup pada material atap. Saat ini, atap bitumen umumnya tersedia dalam bentuk lembaran. Atap bitumen memiliki masa pakai yang cukup lama, dapat bertahan hingga lebih dari 20 tahun.

Ukuran Standar Atap Bitumen

Seperti dalam hal harga paket pemasangan genteng, biaya jasa pemasangan atap bitumen juga biasanya bergantung pada ukuran atau dimensi materialnya. Untuk atap bitumen jenis ubin, ukurannya biasanya berkisar antara 28 cm x 100 cm dan 30 cm x 100 cm, dengan ketebalan sekitar 2 hingga 3 mm.

Selain itu, di pasar Indonesia, atap bitumen tersedia dalam beberapa bentuk, termasuk bentuk gelombang dan datar. Berikut adalah ukuran standar atap bitumen untuk kedua bentuk tersebut:

1. Atap Bitumen Bentuk Gelombang

KeteranganUkuran
Lebar95 cm
Panjang200 cm
Luas Efektif1.53 m2/lembar
Tebal0.3 cm
Berat6.5 kg (3.42 kg/m2)
Tinggi Gelombang4 cm
Jumlah Gelombang10

2. Atap Bitumen Bentuk Datar

KeteranganUkuran
Lebar1.000 mm
Panjang333 mm
Exposure143 mm
Headlap50 mm
Jumlah per Bundle21
Coverage per Bundle3 m2
Berat11 kg/m2

Harga Jasa Pasang Atap Bitumen Per Meter

Harga jasa pasang atap bitumen per meter adalah informasi penting yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk mengadakan proyek pemasangan atap bitumen. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dengan baik.

Pertama-tama, atap bitumen memiliki keunggulan dalam hal harga jika dibandingkan dengan atap spandek. Ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih ekonomis. Namun, perlu diingat bahwa harga jasa pasang atap bitumen tidaklah tetap, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

1. Tingkat Kerumitan

Harga pemasangan atap bitumen dapat berbeda tergantung pada tingkat kerumitan proyek. Jika atap memiliki desain atau bentuk yang rumit, mungkin diperlukan lebih banyak waktu dan tenaga kerja, yang bisa mengakibatkan biaya lebih tinggi.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Lem Granit : Tips Lengkap dan Mudah

2. Kondisi Atap

Kondisi atap yang sudah ada sebelumnya juga memengaruhi harga. Jika atap lama harus dihapus atau diperbaiki sebelum pemasangan atap bitumen baru, biaya tambahan akan diperlukan.

3. Risiko Pemasangan

Beberapa proyek pemasangan atap bitumen mungkin memiliki risiko tertentu, seperti cuaca buruk atau kondisi tanah yang sulit. Ini juga dapat mempengaruhi harga jasa pasang atap bitumen.

Harga jasa pasang atap bitumen biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per meter persegi. Namun, perlu diingat bahwa harga ini hanya mencakup biaya tenaga kerja untuk pemasangan atap bitumen itu sendiri. Biaya keseluruhan proyek bisa lebih tinggi jika ada tambahan pekerjaan seperti pemasangan dek atap, underlayment, nok, jurai dalam, rangka atap, atau aksesoris lainnya.

Sebelum memulai proyek pemasangan atap bitumen, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan para kontraktor atau pemborong. Mereka dapat memberikan estimasi biaya yang lebih akurat berdasarkan situasi khusus proyek kalian. Ini akan membantu kalian menghindari masalah anggaran selama proses pemasangan dan memastikan bahwa proyek berjalan lancar sesuai rencana.

Cara Merawat Atap Bitumen ( Atap aspal )

Merawat atap bitumen (atap aspal) adalah langkah penting dalam menjaga kualitas dan daya tahan atap kalian. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat atap bitumen kalian:

1. Membersihkan Atap Secara Berkala

Rajinlah membersihkan atap kalian secara berkala, terutama saat musim hujan atau setelah badai. Hal ini akan membantu mencegah kotoran seperti daun, ranting, sampah, lumut, atau jamur mengendap di permukaan atap. Gunakan alat yang tepat, seperti sapu atau selang air bertekanan rendah, untuk membersihkannya. Pastikan juga untuk menghapus daun atau sampah yang mungkin terjebak di sela-sela atap.

2. Ventilasi yang Bersih

Periksa lubang ventilasi di atap kalian secara rutin. Pastikan tidak ada sampah atau bahan lain yang menyumbat ventilasi. Ventilasi yang bersih akan membantu menjaga sirkulasi udara yang baik di bawah atap, mencegah kondensasi, dan mengurangi risiko timbulnya bau yang tidak sedap akibat kelembapan berlebih.

3. Pemeriksaan Plafon

Selama proses perawatan atap, perhatikan juga kondisi plafon di dalam rumah kalian. Pemeriksaan ini akan membantu kalian mendeteksi dini tkalian-tkalian kebocoran yang mungkin disebabkan oleh kerusakan pada atap. Periksa apakah ada noda air, kelembaban, atau retakan pada plafon. Jika kalian menemukan masalah ini, segeralah tindak lanjuti dengan perbaikan atap yang diperlukan.

4. Perbaikan Tepat Waktu

Jika kalian menemukan kerusakan pada atap bitumen, segeralah perbaiki. Jangan biarkan kerusakan tersebut memburuk karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti kebocoran air dan kerusakan struktural. Hubungi profesional atap jika diperlukan agar perbaikan dilakukan dengan benar.

5. Pengecatan Atap

Atap bitumen biasanya memerlukan pengecatan ulang setelah beberapa tahun. Pengecatan ulang akan membantu melindungi atap dari sinar UV dan cuaca ekstrem. Pastikan untuk menggunakan cat yang sesuai dengan jenis atap bitumen kalian.

6. Perawatan Reng

Jika atap kalian memiliki reng, periksa keadaan reng secara berkala. Pastikan reng tidak berkarat atau rusak. Reng yang rusak dapat mengurangi kekuatan atap dan perlu segera diganti atau diperbaiki.

7. Pemeliharaan Rutin

Buatlah jadwal pemeliharaan rutin untuk atap kalian. Dengan menjaga atap bitumen kalian dalam kondisi baik, kalian akan memperpanjang umur atap dan menghindari biaya perbaikan yang mahal di masa depan.

Penutup

Dalam rangka mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai harga jasa pasang atap bitumen, penting bagi kalian untuk mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi biaya proyek ini. Meskipun harga dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis, ukuran atap, tingkat kesulitan pekerjaan, dan penyedia jasa yang kalian pilih.

Dalam rangka mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai harga jasa pasang atap bitumen, penting bagi kalian untuk mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi biaya proyek ini. Meskipun harga dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis, ukuran atap, tingkat kesulitan pekerjaan, dan penyedia jasa yang kalian pilih, berikut ini beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan.

Baca Juga :  Pengertian Batching Plant : dan Jenisnya Lengkap

Nah mungkin itu saja ulasan yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Harga Jasa Pasang Atap Bitumen. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *