Kelebihan Kekurangan Lantai Teraso

Kelebihan Kekurangan Lantai Teraso : Pahami Sebelum Membeli

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan Kekurangan Lantai Teraso : Pahami Sebelum Membeli. Lantai Teraso, juga dikenal sebagai lantai Terrazzo, telah menjadi pilihan populer sebagai opsi yang bergaya dan tahan lama untuk ruang hunian maupun komersial.

Dalam panduan komprehensif ini, kami akan menjelajahi Kelebihan Kekurangan Lantai Teraso, membahas keunggulan dan kekurangannya. Apakah kalian sedang mempertimbangkan lantai Terrazzo untuk proyek baru kalian atau hanya ingin tahu tentang fiturnya, artikel ini akan memberikan kalian wawasan yang kalian butuhkan.

Apa Itu Lantai Teraso?

Lantai merupakan unsur yang bisa memberikan sentuhan estetika yang memperindah bangunan. Di antara berbagai jenis lantai yang tersedia, lantai teraso adalah salah satunya. Lantai teraso dapat digunakan pada berbagai jenis bangunan, memberikan sentuhan unik dan estetik yang memikat.

Bahan utama dari lantai teraso adalah campuran semen dan pasir yang menampilkan potongan-potongan marmer pada permukaan beton yang dipoles hingga halus. Jenis lantai dengan motif ini dapat diaplikasikan pada beragam jenis bangunan, termasuk rumah, kantor, sekolah, dan tempat ibadah.

Keunikan lantai teraso terletak pada variasi motif yang bisa disesuaikan dengan karakteristik bangunan. Permukaan lantai teraso memiliki tekstur yang ada yang halus dan yang lain kasar, tergantung pada penggunaan pecahan marmer yang kasar atau halus.

Perbedaan dalam tekstur ini berasal dari material komposit yang digunakan dalam pembuatan lantai teraso, yang juga membuatnya lebih kokoh. Selain marmer, lantai teraso dapat terbuat dari potongan granit, kuarsa, kaca, atau bahkan kerang laut.

Di Indonesia, ada tiga kota yang dikenal sebagai produsen lantai teraso terbesar, yaitu Surabaya, Bandung, dan Bali. Metode pembuatannya menggunakan sistem precast dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 20cm x 20cm hingga 60cm x 60cm.

Karakteristik Lantai Terrazzo

Lantai terrazzo memiliki ciri-ciri khas yang membuatnya unik dibandingkan dengan jenis ubin kebanyakan. Berikut adalah beberapa karakteristik lantai terrazzo:

1. Dua Tekstur yang Berbeda

Salah satu keunikan dari jenis ubin lantai terrazzo adalah adanya dua tekstur permukaan yang berbeda: tekstur kasar dan halus. Kedua tekstur ini memiliki ciri khas masing-masing:

a. Tekstur Terrazzo Halus: Lantai terrazzo dengan tekstur halus biasanya digunakan di dalam ruangan. Meskipun halus, permukaannya cukup tahan terhadap goresan. Namun, perlu diingat bahwa tekstur halus cenderung licin, terutama jika terkena tumpahan air.

b. Tekstur Terrazzo Kasar: Tekstur kasar lantai terrazzo umumnya digunakan di area luar ruangan atau outdoor. Di bawah sinar matahari, tekstur kasar ini akan sedikit lebih menonjol. Selain itu, tekstur kasar sering digunakan di ruang kamar mandi, karena sifatnya yang tidak mudah licin.

2. Motif Unik dan Menarik

Lantai terrazzo memiliki motif yang unik, menyerupai pecahan batuan. Meskipun serpihan atau kepingan batuan ini memiliki berbagai ukuran, bentuk, dan warna yang berbeda, hal itulah yang membuat terrazzo terlihat menarik. Perpaduan warna pada lantai terrazzo disesuaikan dengan jenis batuan yang digunakan, dan karena batuan tersebut berasal dari berbagai tempat, bentuknya menjadi beragam.

3. Terbuat dari Bahan Alami dan Daur Ulang

Bahan utama dalam pembuatan lantai terrazzo adalah material alami dan bahan daur ulang, sehingga ramah lingkungan. Sebagai contoh, pecahan batu marmer merupakan hasil sisa penambangan batu marmer, dan bahan lainnya juga berasal dari daur ulang. Hal ini memberikan nilai seni tinggi pada lantai terrazzo, sebagaimana halnya dengan lantai parket.

4. Penyesuaian dengan Suhu Ruangan

Salah satu keunikan lantai terrazzo adalah kemampuannya untuk menyesuaikan dengan suhu ruangan. Ketika cuaca luar ruangan panas, lantai terrazzo akan terasa dingin saat diinjak. Sebaliknya, saat cuaca atau suhu luar dingin, permukaan lantai terrazzo akan terasa hangat. Hal ini terjadi karena faktor porositas dan sifat penyerap cahaya pada jenis lantai terrazzo ini.

Baca Juga :  Pahami, Ciri-Ciri Pasir yang Bagus untuk Bangun Rumah

Kelebihan Kekurangan Lantai Teraso

Bagi pecinta desain rumah bergaya vintage, lantai Teraso adalah hal yang sudah sangat dikenal. Jenis lantai ini terbuat dari campuran semen, pecahan marmer, dan pasir. Keunikan dari lantai Teraso terletak pada motifnya yang tak kalah menarik, serta kemampuannya untuk menonjolkan keindahan visual.

Jika kalian tertarik untuk mengadopsi lantai Teraso, ada beberapa manfaat dan keterbatasan yang perlu kalian ketahui, agar kalian bisa lebih memahami sifat-sifat material ini. Berikut ini kita akan membahas Kelebihan Kekurangan Lantai Teraso di bawah ini:

A. Kelebihan Lantai Teraso

Lantai Teraso memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikannya pilihan yang menarik untuk penggunaan di berbagai ruang. Berikut adalah 5 keunggulan lantai Teraso yang dapat semakin meyakinkan kalian untuk menggunakannya:

1. Permukaan Halus dan Anti Gores

Keunggulan utama dari lantai Teraso adalah permukaannya yang halus dan tahan terhadap goresan. Ini berlaku baik untuk lantai Teraso yang memiliki kilauan permukaan yang mengkilap atau yang lebih kasar. Kelebihan ini memberikan ketenangan pikiran ketika kalian perlu memindahkan atau menggeser perabotan di atasnya, karena kalian tidak perlu khawatir merusak lantai.

2. Tahan Lama

Lantai Teraso memiliki daya tahan yang sangat baik jika dibandingkan dengan keramik biasa. Hal ini disebabkan oleh komposisi campuran marmer, semen, ubin, dan pasir dalam lantai Teraso. Bahan-bahan ini menghasilkan lantai yang mampu bertahan dari berbagai tekanan dan penggunaan sehari-hari, sehingga kalian tidak perlu khawatir tentang perawatan yang intensif.

3. Tidak Licin

Lantai Teraso yang memiliki tekstur kasar sangat cocok untuk digunakan di area seperti dapur atau kamar mandi. Kelebihan ini membantu mencegah anak-anak kecil dan orang tua dari potensi tergelincir saat berjalan. Meskipun demikian, penting untuk tetap menjaga kebersihan lantai agar terhindar dari pertumbuhan lumut dan jamur yang bisa membuatnya menjadi licin.

4. Mudah untuk Dirawat

Perawatan lantai Teraso jauh lebih sederhana dibandingkan dengan lantai marmer. kalian hanya perlu melakukan penyapuan rutin untuk menghilangkan debu dan kotoran, kemudian membersihkannya dengan kain pel yang telah direndam dalam air hangat yang dicampur dengan cairan pembersih lantai. Ini membuat perawatan lantai Teraso menjadi tugas yang lebih mudah dan lebih efisien.

5. Corak yang Elegan

Dari segi estetika, lantai Teraso menawarkan berbagai corak yang unik dan menawan. Ini dapat membuat ruangan terlihat lebih elegan dan memikat. kalian dapat memilih dari beragam pilihan corak dan warna yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan kalian, menjadikan lantai Teraso sebagai elemen daya tarik dalam hunian kalian.

B. Kekurangan Lantai Teraso

Lantai Teraso memiliki sejumlah kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian memutuskan untuk menggunakannya. Berikut adalah 5 kekurangan lantai Teraso:

1. Harga yang Relatif Mahal

Lantai Teraso sering dianggap sebagai alternatif mahal untuk lantai marmer. Harganya cenderung lebih tinggi daripada sejumlah jenis ubin keramik lainnya. Hal ini dapat menjadi kendala bagi banyak orang yang ingin memangkas biaya renovasi atau pembangunan rumah.

2. Proses Pemasangan yang Rumit

Proses pemasangan lantai Teraso tergolong cukup rumit dan memerlukan tenaga ahli yang berpengalaman. Ini termasuk dalam proses pembuatan permukaan yang mengkilap. Pemasangan yang kurang tepat dapat menghasilkan lantai yang tidak rata atau memiliki masalah lainnya.

3. Cara Pasang yang Berbeda dengan Jenis Ubin Lainnya

Lantai Teraso memerlukan penggunaan sealer untuk memastikan pemasangan yang baik. Jika pemasangan tidak dilakukan dengan benar, lantai Teraso mungkin tidak akan menempel dengan kuat, dan ini dapat menyebabkan masalah yang memerlukan perbaikan.

4. Tidak Tahan Air (Permeabilitas Kuat)

Lantai Teraso memiliki banyak celah dan retakan, yang membuatnya kurang tahan terhadap air. Cairan dapat dengan mudah meresap melalui celah-celah ini, meninggalkan noda pada lantai. Oleh karena itu, perawatan yang cermat dan perlindungan dari kebocoran penting untuk menjaga keindahan lantai Teraso.

Baca Juga :  Harga Kusen Aluminium Per Meter : Update Terbaru

5. Lantai Teraso Bersuhu Dingin

Lantai Teraso memiliki kemampuan bagus dalam menyerap panas, yang dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk pada musim panas. Namun, pada musim dingin, lantai Teraso dapat terasa sangat dingin. Hal ini sering membuat beberapa orang menutupinya dengan karpet atau mencari solusi lain untuk menjaga suhu yang nyaman selama musim dingin.

Penutup

Dalam mengambil keputusan tentang apakah lantai teraso adalah pilihan yang tepat untuk kalian, sangat penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya secara menyeluruh. Pertimbangkan kebutuhan dan anggaran kalian serta sejauh mana kalian bersedia merawat dan merawat lantai teraso.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang aspek positif dan negatif lantai teraso, kalian dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Itu saja pembahasan yang bisa empatpilar.com berikan mengenai Kelebihan Kekurangan Lantai Teraso. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *