Komponen Mesin Cuci 1 Tabung

Komponen Mesin Cuci 1 Tabung Secara Lengkap, Kenali Juga Fungsinya

Posted on

Empat Pilar – Komponen Mesin Cuci 1 Tabung Secara Lengkap, Kenali Juga Fungsinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam komponen mesin cuci 1 tabung secara lengkap, menjawab FAQ seputar mesin cuci, dan memberikan tips perawatan.

Membahas tentang Komponen Mesin Cuci 1 Tabung Secara Lengkap bisa menjadi topik yang menarik, terutama bagi Kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang perangkat rumah tangga ini.
Sebelum kita mulai, mari kita pahami dulu kegunaan mesin cuci 1 tabung dan apa yang membuatnya begitu istimewa.

Mengenal Mesin Cuci 1 Tabung

Kualitas mesin cuci satu tabung sebaiknya tidak diremehkan. Mesin cuci satu tabung dilengkapi dengan teknologi wobble yang inovatif, yang dapat menjaga kehalusan kain dan mencegah kerusakan akibat gesekan.

Dengan teknologi ini, kinerja mesin cuci satu tabung tidak akan terpengaruh. Teknologi wobble yang digunakan pada mesin cuci ini juga dapat membersihkan pakaian dengan maksimal dan mencegah kusut.

Cara penggunaannya pun mudah dipelajari, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan mesin cuci satu tabung.

Selain itu, mesin cuci satu tabung juga hemat listrik. Misalnya, mesin cuci satu tabung seperti AQUA dan Polytron, memiliki kapasitas besar dan hemat listrik.

Mesin cuci AQUA hanya membutuhkan daya sekitar 500 watt untuk setiap pencucian, yang tentunya sangat hemat.

Mesin cuci satu tabung juga hemat air, terutama dengan kapasitas hingga 100 kg yang dimiliki oleh mesin cuci satu tabung Samsung. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir untuk membeli mesin cuci satu tabung.

Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung memiliki kelebihan pada tingkat pengeringan yang sangat baik. Selain itu, mesin cuci ini juga hemat air karena dilengkapi dengan teknologi otomatis yang akan menghentikan air ketika air sudah mencukupi, sehingga bisa menghemat listrik.

Mesin cuci 1 tabung juga membuat pekerjaan lebih efisien dan praktis karena tidak perlu memindahkan ke tabung pengering.

Mesin cuci satu tabung akan bekerja secara otomatis mencuci, mengisi air, mengurangi air, membilas, dan mengeringkan.

Komponen Mesin Cuci 1 Tabung Secara Lengkap

Memahami komponen penting dari mesin cuci satu tabung juga akan membantu Kalian memahami cara kerja mesin cuci Kalian untuk membersihkan pakaian Kalian. Selain itu, memahami cara kerja komponen mesin cuci Kalian akan menghindarkan Kalian dari masalah pada mesin cuci yang ditimbulkan karena penggunaan yang salah.

Berikut Komponen Mesin Cuci 1 Tabung, yang akan kita bahas kali ini akan sangat membantu jika Kalian menemui masalah dengan mesin cuci satu tabung:

1. Body Rangka

Rangka dan tubuh pada mesin cuci dibuat dengan konstruksi yang kuat dan presisi. Selain sebagai pembungkus dan untuk menambah estetika mesin cuci, rangka tubuh juga berfungsi untuk menopang tabung mesin cuci agar memiliki pegangan yang kuat saat mesin cuci sedang beroperasi.

2. Pintu

Desain pintu pada mesin cuci 1 tabung bukaan atas memiliki banyak variasi, namun memiliki sistem kerja yang sama.

Pintu terhubung dengan sensor, di mana ketika pintu terbuka, mesin cuci akan otomatis mati.

Beberapa mesin cuci juga menggunakan sensor magnet pada pintunya, di mana ketika pintu ditutup, mesin akan mulai bekerja dan sebaliknya, ketika pintu dibuka, magnet menjauh dan mesin berhenti bekerja.

Fungsi pintu ini adalah sebagai sensor keamanan dan juga untuk mencegah cucian keluar dari mesin cuci.

3. LID Switch

Lid switch ini tersambung dengan pintu mesin cuci dan berfungsi sebagai saklar untuk memutus dan menyambung arus listrik pada mesin cuci.

Ketika pintu dibuka maka saklar akan memutus dan mesin akan mati.

4. Modul Mesin Cuci

Modul adalah perangkat elektronik yang terdiri dari papan PCB sebagai tempat dari komponen-komponen kecil yang dirangkai untuk dapat digunakan dalam melakukan perintah kerja pada mesin cuci.

Selain digunakan untuk mengoperasikan mesin cuci, modul juga berfungsi untuk menampilkan kode error pada mesin cuci.

5. Water inlet / water supply valve

Katup Inlet Air terhubung dengan kelistrikan mesin cuci dan terhubung juga dengan modul, sehingga sistem kerjanya diatur oleh modul mesin cuci.

Baca Juga :  Apakah Hoodie Boleh Masuk di Mesin Cuci? Ini Penjelasannya

Fungsi dari katup inlet air adalah untuk mensuplai air masuk ke dalam tabung mesin cuci. Di dalam katup inlet air juga terdapat water filter sebagai penyaring air yang masuk ke dalam tabung mesin cuci.

6. Sensor Water level

Sensor Level Air juga terhubung dengan modul. Jika katup inlet air berfungsi untuk masuknya air ke dalam tabung mesin cuci, maka Sensor Level Air berfungsi untuk membaca kapasitas air yang masuk.

Jika air sudah memenuhi kapasitas yang diatur pada modul, maka sensor level air akan memberitahukan modul agar katup inlet air berhenti, kemudian melakukan proses berikutnya.

7. Safety switch

Saklar Keamanan juga merupakan sensor pada tabung mesin cuci. Cara kerjanya adalah ketika mesin cuci bekerja dan tabung menghasilkan getaran di luar batas wajar, maka sensor ini akan bekerja dan membuat mesin cuci berhenti.

Hal ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada tabung mesin cuci. Saran kami, letakkan mesin cuci pada posisi yang datar agar tabung bisa seimbang.

8. Tabung Mesin Cuci

Tabung Mesin Cuci sebenarnya terdiri dari dua bagian, yaitu tabung dalam (inner tube) dan tabung luar (outer tube). Tabung luar atau outer tube sebenarnya hanya digunakan sebagai wadah bagi tabung dalam.

Ketika melakukan pengeringan cucian, tabung dalam akan berputar kencang, kemudian sisa air akan turun ke tabung luar selanjutnya ke jalur pembuangan. Maka dari itu, tabung dalam sering juga disebut sebagai spin tube.

Fungsi dari tabung mesin cuci tentunya sebagai wadah cucian untuk melakukan proses cuci, bilas, dan pengeringan.

9. Agitator dan Pulsator

Agitator dan Pulsator umumnya terbuat dari plastik kuat dan tebal sehingga awet digunakan dan sangat jarang mengalami kerusakan.

Pulsator berbentuk piringan yang memiliki lekukan sedangkan agitator lebih memanjang ke atas dengan bentuk ulir.

Alat ini berfungsi untuk melakukan proses pencucian di mana alat ini akan berputar ke kiri dan ke kanan dengan jeda waktu.

10. Per gantung

Pada mesin cuci top loading otomatis terdapat 4 kaki penyangga untuk menjaga stabilitas tabung mesin cuci.

Jika kaki ini mengalami kerusakan, maka saat proses pengeringan, mesin akan bergoyang dan menimbulkan suara berisik karena tabung berbenturan dengan body mesin cuci.

11. Gear Box

Gear box pada mesin cuci juga terbuat dari plastik, hanya beberapa bagian saja yang terbuat dari besi seperti as dan lekukan yang menggunakan bahan besi.

Gear box ini berfungsi untuk mengubah kecepatan putaran dari motor dinamo mesin cuci. Sehingga putaran pada pulsator tidak terlalu kencang tapi memiliki daya yang kuat.

Selain itu, terdapat gigi untuk melakukan proses pengeringan.

12. Vanbelt

Walaupun sederhana namun vanbelt sangat penting fungsinya karena sebagai penghubung antara mesin dinamo mesin cuci dan gearbox. jika vanbelt putus tentunya mesin tidak tersambung dan pulsator tidak akan berputar.

13. Dinamo Motor

Motor Dinamo pada mesin cuci memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan motor dinamo pada mesin cuci 2 tabung.

Motor dinamo dapat dikatakan sebagai jantung mesin cuci karena sebagai sumber tenaga, jika rusak maka mesin cuci ini tidak bisa digunakan.

14. Kopling

Sistem kopling pada mesin cuci hampir sama dengan pada kendaraan bermotor. Pada dinamo listrik, perpindahan kecepatan tinggi terjadi lebih cepat.

Kopling ini dibuat untuk mengantisipasi getaran akibat putaran tinggi dan juga memudahkan start up mesin dinamo.

15. Kapasitor

Kapasitor berbentuk tabung atau persegi yang memiliki 2 kaki dan 4 kaki. Jenis kapasitor pada mesin cuci adalah jenis kapasitor start.

Fungsi kapasitor sendiri adalah sebagai alat bantu saat pengangkatan mesin dan juga saat mesin bekerja.

Jadi ketika kapasitor mengalami kerusakan, maka dinamo mesin cuci tidak akan berputar karena dinamo membutuhkan kapasitor untuk bekerja.

Daftar Harga Mesin Cuci 1 Tabung Terbaru

Berikut kami berikan rekomendasi Daftar Harga mesin cuci 1 tabung Terbaru :

ProdukHarga
AQUA Mesin Cuci Top Loading 1 Tabung 7KG AQW-77DH (BK) / AQW 77D H DH Garansi ResmiRp1,949,000
MESIN CUCI AQUA 1 TABUNG TOP LOADING 77 DH 7 KG GARANSI RESMIRp1,959,000
MESIN CUCI 1 TABUNG 7.5KG POLYTRON PAW7527 PAW 7527 ZERO PRESSURE TECHNOLOGY TOP LOADINGRp2,299,900
Mesin Cuci Sharp ES-F950P-GY / ESF950PGY Top Loading 1 Tabung 7.5kgRp2,599,000
Samsung Mesin Cuci 1 Tabung 9 Kg Top Loading dengan Wobble Technology - WA90H4200SGRp3,498,000
PANASONIC MESIN CUCI TOP LOADING 12,5 KG NA-FD12AR1BSRp6,139,000
Samsung WA10M5120SG/SE Mesin Cuci 1 TabungRp3,680,505
Mesin Cuci Aqua 1 Tabung 9 Kg Top Loading AQW-98DDRp2,570,000
Aqua AQW-88DD Mesin Cuci - Merah [1 Tabung]Rp2,418,000
LG Mesin Cuci 1 Tabung 8.5KG T2185VSPCK / T 2185 VSPCK Smart Inverter Garansi ResmiRp3,349,000
Baca Juga :  4 Kelebihan Dan Kekurangan TV Polytron : Spesifikasi Terbarunya

Kesimpulan

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas secara lengkap mengenai berbagai komponen mesin cuci 1 tabung beserta fungsinya.

Kita telah mengetahui bahwa mesin cuci 1 tabung memiliki komponen-komponen penting seperti motor, pompa air, katup pengisian air, transmisi, sabuk penggerak, dan lain-lain yang semuanya bekerja secara harmonis untuk memastikan proses pencucian berjalan efisien.

Dengan memahami komponen-komponen tersebut dan fungsinya, kita menjadi lebih bijaksana dalam memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Selain itu, kita juga dapat melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga kinerja mesin cuci agar tetap optimal.

Terlebih, dengan mengetahui lebih detail mengenai mesin cuci, kita dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada mesin cuci kita.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi Kalian yang ingin memahami lebih jauh mengenai komponen mesin cuci 1 tabung dan fungsinya.

Selamat mencuci dan jaga mesin cuci Kalian agar tetap awet dan efisien!

Artikel terkait lainnya :

Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/komponen-mesin-cuci-1-tabung/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *