Merk Cat Genteng Terbaik

10+ Rekomendasi Merk Cat Genteng Terbaik Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – 10+ Rekomendasi Merk Cat Genteng Terbaik Saat Ini. Selamat datang di panduan lengkap tentang rekomendasi merk cat genteng terbaik. Atap rumah adalah salah satu elemen penting dalam memastikan keamanan dan kenyamanan rumah Kalian. Cat genteng adalah lapisan pelindung yang penting untuk melindungi genteng dari kerusakan akibat cuaca ekstrem dan paparan sinar matahari.

Memilih cat genteng yang tepat adalah langkah penting dalam memastikan ketahanan genteng Kalian dalam jangka panjang. Artikel ini akan membahas berbagai merk cat genteng terbaik yang akan membantu Kalian membuat pilihan yang tepat dan berkualitas tinggi untuk atap rumah Kalian.

Kenapa Genteng Perlu Dicat ?

Mengecat genteng bukanlah demi alasan estetika saja. Ada berbagai manfaat yang dimilikinya diantaranya adalah:

1. Anti Jamur dan Lumut

Atap rumah merupakan area yang mudah lembab. Hal ini mengakibatkan jamur dan lumut bisa dengan mudah tumbuh dan berkembang biak. Jika sudah begitu tidak hanya tak sedap dilihat saja namun bisa merusak permukaan genteng itu sendiri. Genteng akan beresiko retak dan bocor. Cat genteng memiliki bahan yang mampu menutupi pori-pori genteng. Dengan begitu air hujan tidak akan terserap. Alhasil jamur dan lumut tidak akan tumbuh dengan mudahnya.

2. Perlindungan Terhadap Sinar UV

Genteng juga menjaga rumah dari sengatan sinar matahari. Warna gelap mampu meningkatkan suhu dari dalam ruangan. Memakai cat untuk atap ini akan membuat sinar UV bisa dipantulkan. Walaupun suhu sedang tinggi bagian dalam rumah bisa terasa lebih sejuk. Cat genteng juga mampu bertahan dari guyuran hujan maupun teriknya sinar matahari.

3. Rumah Lebih Indah

Pilihan cat untuk atap rumah sangat beragam. Ada yang berwarna cerah hingga gelap. Hal ini sangat meningkatkan nilai keindahan dari hunian tersebut. Daya lekat catnya juga kuat sehingga warna tidak mudah pudar. Mengecat genteng dapat memberikan sentuhan estetika yang menarik, sesuai dengan selera pemilik rumah.

10+ Rekomendasi Merk Cat Genteng Terbaik Saat Ini

Atap adalah elemen krusial yang menjaga rumah kita dari terik matahari dan guyuran hujan. Bukan hanya penting dalam memilih jenis genteng yang sesuai untuk atap, tetapi juga pemilihan materialnya perlu dipertimbangkan. Tujuannya adalah untuk membuatnya lebih kuat dan bertahan lebih lama.

Untuk lebih menjaga atap dari potensi kerusakan, Kalian bisa menambahkan lapisan cat genteng anti bocor. Namun, jangan sembarang memilih cat genteng. Pastikan memilih yang berkualitas tinggi dan memiliki warna yang tahan lama meskipun terkena sinar matahari dan hujan.

Berikut ini kami telah merangkum beberapa rekomendasi merek cat genteng anti bocor yang bisa Kalian pertimbangkan. Urutan merek tersebut berdasarkan abjad, ya :

1. Cat Genteng Avian Paint Avitex Roof

Cat genteng Avian ini merupakan solusi anti bocor yang layak untuk dipertimbangkan. Tidak hanya memiliki daya tahan yang lama, tetapi juga cepat kering saat diaplikasikan. Cat genteng ini mampu melindungi atap dari kebocoran dengan baik, bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem sekalipun.

Avian Paint Avitex Roof dirancang khusus untuk genteng berbahan dasar tanah liat dan seng. Harga untuk produk ini adalah Rp 119.000 untuk ukuran 4 kg.

2. Cat Genteng Belazo Roof Paint

Belazo Roof Paint adalah cat genteng premium yang diformulasikan berbahan dasar air, dengan tujuan melindungi dan mempercantik atap rumah Anda. Dengan teknologi terkini dan bahan pewarna anti-UV, cat ini dirancang khusus untuk menahan sinar matahari, mencegah retak halus yang dapat menyebabkan kebocoran, serta melindungi dari pertumbuhan jamur dan lumut.

Cat ini dapat diaplikasikan pada berbagai media seperti genteng, tembok, seng, besi, dan baja. Harganya sekitar Rp 216.000 untuk ukuran 2,5 liter.

3. Cat Genteng Disnilux

Cat genteng Disnilux berbahan dasar emulsi akrilik, memberikan tampilan semi kilap yang cantik. Selain memiliki sifat anti bocor, cat ini juga memiliki ketahanan terhadap cuaca, air hujan, dan lumut. Anda dapat menggunakannya untuk pengecatan genteng baru maupun genteng lama yang sudah pernah dicat sebelumnya.

Warnanya awet dan tahan lama, serta memiliki daya tutup yang baik. Harga cat genteng Disnilux ini cukup terjangkau, yakni Rp 140.000 untuk ukuran 2,5 liter.

4. Cat Dulux Weathershield

Dulux Weathershield merupakan cat khusus untuk eksterior yang memiliki kualitas unggul. Cocok digunakan untuk mengecat dinding bagian luar atau atap rumah. Cat dari Dulux ini memiliki kemampuan anti-jamur dan anti-lumut. Hasil akhirnya berkilau (glossy) dan mengering dengan cepat hanya dalam 1-2 jam.

Baca Juga :  √ Cara Membersihkan Alat Masak Berbahan Aluminium

Dengan harga Rp 167.000 untuk ukuran 2,5 liter, Mama bisa mendapatkan cat genteng yang cantik dengan finishing berkilau di atap rumah!

5. Cat Genteng Envi Roof Paint

Cat Genteng Envi Roof Paint berbahan dasar air dan mengering dengan cepat hanya dalam 1-2 jam saja. Tersedia dalam beragam pilihan warna. Selain cocok untuk genteng, cat dari Envi ini juga dapat digunakan untuk mengecat plafon dan dinding bagian luar.

Cat genteng Envi ini memiliki harga yang terjangkau, yaitu Rp 52.000 untuk ukuran 1 kg.

6. Cat Genteng Jotun Jotaroof

Jotun Jotaroof adalah cat genteng anti bocor yang dapat digunakan pada semua jenis atap kecuali beton. Cat ini memberikan hasil akhir dengan efek matte dan tahan lama dalam segala jenis cuaca. Bahkan pada cuaca ekstrem seperti hujan dan panas yang tak menentu, atap tetap terlindungi dari kebocoran.

Mama yang ingin membeli cat genteng anti bocor dari Jotun bisa mendapatkannya dengan harga Rp 146.000 untuk ukuran 2,5 liter.

7. Cat Genteng Mowilex Roof Paint

Mowilex Roof Paint dirancang khusus untuk meningkatkan ketahanan atap agar tidak bocor. Cat genteng anti bocor ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan atap rumah. Sinar UV langsung dan hujan dapat dengan mudah ditangkal oleh cat ini.

Cat genteng Mowilex secara efektif mampu menghentikan rembesan air pada bahan atap, sehingga menghindari kebocoran ke dalam rumah. Mama dapat memperoleh cat genteng ini dengan harga Rp 180.000 untuk ukuran 2,5 liter.

8. Cat Nippon Paint Matex

Keunggulan utama dari Nippon Paint Matex adalah kemampuannya dalam menangkal panas masuk ke dalam rumah. Selain itu, cat ini tidak mudah mengelupas dan memiliki banyak pilihan warna favorit. Dengan sifat yang tidak mudah pudar, cat ini akan lebih tahan lama.

Nippon Paint Matex bisa didapatkan dengan harga Rp 50.000 untuk ukuran 1 liter.

9. Cat Genteng Nippon Roof Coating

Dengan waktu pengeringan yang cepat, Nippon Roof Coating sangat mudah diaplikasikan. Cat genteng anti bocor ini memiliki daya tahan terhadap cuaca ekstrem yang baik. Lapisan filmnya yang keras dan kuat semakin meningkatkan ketahanannya, sehingga atap tidak bocor ke dalam rumah saat hujan deras.

Cat genteng anti bocor ini cocok untuk diaplikasikan pada atap berbahan asbes, tanah, dan jenis lainnya. Dengan hasil akhir yang mengkilap, cat ini bisa dibeli dengan harga Rp 269.500 untuk ukuran 2,5 liter.

10. Cat Genteng No Drop

Dengan lapisan cat yang tebal, No Drop mampu mengatasi rembesan air ke dalam rumah dengan baik. Sangat tahan lama dan kuat dalam menghadapi berbagai cuaca ekstrem di Indonesia, termasuk panas dan hujan yang tak menentu. Selain sebagai cat genteng anti bocor, No Drop juga dapat digunakan sebagai cat dinding bagian luar rumah.

Mama bisa memperoleh cat ini dengan harga Rp 269.500 untuk ukuran 2,5 liter untuk mengecat genteng di rumah.

11. Cat Genteng Propan Glasskote

Salah satu keunggulan Propan Glasskote adalah warnanya yang pigmented, sehingga tidak mudah pudar. Cat genteng anti bocor ini juga memiliki kelebihan dalam sifat anti-jamur dan anti-lumut. Dengan daya rekat yang kuat, cat ini cocok untuk atap berbahan asbes, tanah liat, hingga beton.

Mama dapat membeli Propan Glasskote dengan harga Rp 240.000 untuk ukuran 2,5 liter.

12. Cat Genteng Tamitex

Tamitex adalah cat genteng acrylic khusus yang dirancang tahan terhadap segala cuaca. Selain ramah lingkungan karena berbahan dasar air dan bebas timbal serta merkuri, cat ini juga memiliki kemampuan anti-UV, anti-jamur, dan anti-lumut.

Cat genteng Tamitex bisa diperoleh dengan harga Rp 160.000 untuk ukuran 2,5 liter.

Cara Memilih Cat Genteng yang Bagus

Bingung memilih cat genteng terbaik untuk atap rumahmu? Nah, ini dia beberapa tips memilih cat genteng yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Water-Based Vs Oil-Based

Secara umum, cat genteng yang tersedia di pasaran dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berbasis minyak dan berbasis air. Cat berbasis minyak biasanya memberikan efek mengkilap karena mengandung minyak dan memiliki daya tahan yang baik. Jenis cat ini mampu menjaga warna genteng dalam jangka waktu lama dan tidak mudah pudar.

Namun, cat berbasis minyak harus diencerkan dengan pelarut khusus seperti thinner. Sayangnya, karena mengandung senyawa organik mudah menguap (VOC), cat berbasis minyak memiliki dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia. Selain itu, bau cat ini juga lebih menyengat.

Sementara itu, cat berbasis air menggunakan air sebagai bahan dasar sehingga lebih cepat mengering. Cat jenis ini mengering lebih cepat, aman bagi lingkungan, dan tidak memiliki bau yang menyengat. Cat berbasis air dapat diencerkan dengan air, namun sayangnya cat ini lebih mudah mengelupas.

2. Pilih Warna yang Kontras dan Sesuai Selera

Tips memilih cat genteng yang bagus selanjutnya adalah mempertimbangkan efek warna yang diinginkan. Misalnya, pilih cat hitam untuk tampilan yang lebih tegas, abu-abu untuk gaya minimalis modern, ungu atau merah marun untuk tampilan yang mencolok, putih untuk kesan rumah yang elegan dengan nuansa putih, dan cokelat untuk suasana yang hangat dan alami. Pilihlah warna yang kontras dan sesuai dengan selera Kalian untuk menciptakan tampilan genteng yang menarik dan harmonis dengan desain rumah Kalian.

Baca Juga :  Cara Kerja Vacuum Advancer pada Mesin Mobil

3. Pilih Hasil Efek Akhir

Sesuai dengan jenisnya, tiap cat akan memberikan efek atau hasil akhir yang berbeda. Terdapat beberapa pilihan hasil akhir, seperti glossy atau mengilap, semi-gloss, matte, dan eggshell. Jika kamu menginginkan gentengmu tampil dengan kilau yang menonjol, pilihan yang tepat adalah efek glossy. Hasil akhir glossy akan memberikan sentuhan kemewahan pada genteng, mencerminkan cahaya dengan indah, dan menciptakan tampilan yang elegan.

Namun, jika kamu menginginkan tampilan genteng yang lebih tenang dan tidak mengilap, kamu dapat memilih efek semi-gloss atau matte. Efek semi-gloss memberikan kilau yang lebih rendah dari glossy, sedangkan efek matte akan memberikan tampilan datar tanpa kilau sama sekali. Sementara itu, efek eggshell memberikan hasil yang di tengah-tengah antara semi-gloss dan matte, memberikan sedikit kilau yang lembut dan menarik.

4. Daya Sebar

Daya sebar merupakan kemampuan cat dalam melapisi area tertentu per liter cat yang digunakan. Rata-rata, setiap 1 kg cat dapat digunakan untuk melapisi sekitar 10-12 m2 permukaan genteng. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis cat mungkin memerlukan lebih dari 1 kali lapisan agar hasil akhirnya maksimal. Oleh karena itu, sebelum memulai pengecatan, pastikan kamu sudah menghitung dengan baik berapa banyak cat yang dibutuhkan agar gentengmu memiliki penutupan yang merata dan tampil sempurna.

5. Ketahui Waktu yang Dibutuhkan agar Cat Kering dan Daya Tahan

Umumnya, cat berbasis air akan lebih cepat kering dibandingkan cat berbasis minyak. Ini penting untuk diperhatikan agar genteng tidak terkena kontaminasi saat proses pengeringan. Pastikan kamu mengetahui waktu kering yang diperlukan sebelum melakukan penanganan lebih lanjut pada genteng.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui daya tahan cat. Pada umumnya, cat genteng memiliki daya tahan sekitar 5 tahun sebelum memerlukan pembaruan atau perawatan ulang. Namun, faktor-faktor lingkungan, cuaca, dan perawatan yang tepat dapat memengaruhi daya tahan cat tersebut. Pastikan untuk memilih cat dengan kualitas yang baik agar gentengmu tetap tampil indah dan terlindungi dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kesimpulan

Dalam merenovasi atau mempercantik rumah, pemilihan cat genteng merupakan aspek penting yang tidak boleh diabaikan. Maka dari itu, menggunakan merk cat genteng terbaik sangat dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan tahan lama. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa rekomendasi merk cat genteng terbaik yang dapat dijadikan referensi dalam memilih cat genteng.

Setiap merk tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun, yang terpenting adalah bagaimana merk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan Kalian. Jangan ragu untuk melakukan riset lebih lanjut atau bertanya kepada para ahli sebelum memutuskan merk cat genteng mana yang akan digunakan.

Ingat, pengecatan genteng bukanlah proses yang sering dilakukan, maka pilihlah dengan bijak dan cermat. Semoga rekomendasi merk cat genteng terbaik dalam artikel ini dapat membantu Kalian dalam mengambil keputusan. Selamat memilih dan semoga rumah Kalian semakin tampak indah dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *