Pengertian Fitting Lampu

Pengertian Fitting Lampu : Fungsi, Jenis dan Cara Memasangnya

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Fitting Lampu : Fungsi, Jenis dan Cara Memasangnya. Pahami apa itu fitting lampu dalam artikel ini, “Pengertian Fitting Lampu : Fungsi, Jenis dan Cara Memasang”. Selain itu, temukan juga berbagai jenis fitting lampu dan cara memasangnya dengan benar.

Ada kalanya kita harus berurusan dengan lampu di rumah kita, baik itu mengganti lampu yang sudah mati atau memasang lampu baru.

Salah satu komponen yang sangat penting dalam proses ini adalah fitting lampu. Lantas, apa sebenarnya pengertian fitting lampu, fungsi, jenis, dan cara memasangnya? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang akan kita jawab di dalam artikel ini.

Fitting lampu, biasanya disebut juga sebagai lampu soket atau pemegang lampu, adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan lampu ke sumber listrik.

Fitting lampu berfungsi sebagai penghubung antara lampu dengan sumber listrik serta menopang lampu agar tetap tegak dan stabil.

Pengertian Fitting Lampu

Fitting lampu adalah perangkat listrik yang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan bola lampu dan memfasilitasi koneksi lampu ke dalam sirkuit listrik. Fitting juga dikenal dengan sebutan dudukan lampu.

Tidak hanya berfungsi sebagai dudukan lampu, fitting lampu juga memiliki fungsi penting lainnya.

Salah satunya adalah untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan lampu. Dengan demikian, saat melakukan instalasi lampu, tangan kita akan lebih terlindungi dan dapat menghindari risiko tersengat listrik.

Fungsi Fitting Lampu

Setelah pembahasan Pengertian Fitting Lampu, selanjutnya Fungsi fitting lampu sangat penting dalam instalasi listrik, khususnya dalam penggunaan lampu. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang fungsi fitting lampu:

1. Penghubung Lampu ke Sumber Listrik

Fungsi utama fitting lampu adalah menjadi penghubung antara lampu dan sumber listrik. Tanpa fitting lampu, kita tidak akan bisa menghubungkan lampu ke sumber listrik dan tentu saja lampu tidak akan dapat menyala.

2. Perlindungan

Fitting lampu juga memiliki fungsi untuk melindungi lampu dari kerusakan fisik. Bahan yang digunakan untuk membuat fitting lampu biasanya kuat dan tahan lama, sehingga dapat melindungi lampu dari benturan atau gangguan lainnya.

3. Penyambungan

Fungsi lainnya adalah sebagai penyambungan atau soket antara lampu dengan instalasi listrik.

Dengan adanya fitting lampu, kita bisa dengan mudah mengganti lampu tanpa harus merusak instalasi listrik.

4. Estetika

Fitting lampu saat ini juga dibuat dengan berbagai desain dan model yang menarik, sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan estetika ruangan.

Fitting lampu bisa dipilih berdasarkan selera dan kebutuhan pengguna, misalnya fitting lampu gantung, fitting lampu dinding, dan lainnya.

5. Penyesuaian Jenis Lampu

Fungsi fitting lampu juga bergantung pada jenis lampu yang digunakan. Misalnya, untuk lampu LED biasanya menggunakan fitting yang berbeda dengan lampu pijar biasa. Dengan fitting yang tepat, lampu bisa bekerja dengan maksimal dan efisien.

Dengan demikian, fitting lampu memiliki berbagai fungsi yang sangat penting dalam instalasi dan penggunaan lampu di rumah, kantor, atau tempat lainnya.

Jenis-Jenis Fitting Lampu Berdasarkan Ukuran

Sebelum memilih fitting lampu, penting bagi Kalian untuk mengetahui ukuran lampu yang akan digunakan.

Fitting lampu sendiri memiliki berbagai ukuran yang sesuai dengan kebutuhan lampu yang Kalian gunakan.

Agar tidak bingung dan bisa mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa jenis fitting lampu yang umum digunakan berdasarkan ukurannya:

1. Fitting Lampu E12

Fitting Lampu E12 ini ideal untuk lampu berukuran kecil, karena fittingnya sendiri juga kecil. Biasanya digunakan untuk lampu hias dan lampu tidur.

Selain itu, fitting ini dapat digunakan sebagai dudukan lampu untuk pemanasan burung atau anak ayam karena ukurannya yang kecil dan ringan.

2. Fitting Lampu E14

Fitting Lampu E14 memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari E12, umumnya digunakan untuk pemasangan lampu di dalam kafe, restoran, dan ruangan kecil. Fitting jenis ini sering digunakan untuk tujuan dekoratif.

Baca Juga :  Berapa Kedalaman Grounding Listrik Menurut Ahli? Simak Ulasannya

3. Fitting Lampu E27

Fitting dengan ukuran E27 biasanya digunakan untuk lampu berukuran normal, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil, dan tentunya lebih besar dari E14.

Biasanya dipasang untuk lampu penerangan di rumah seperti di kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruangan yang tidak terlalu besar.

4. Fitting Lampu E40

Jika Kalian memiliki ruangan yang lebih besar dan ingin menggunakan lampu berukuran besar, Kalian perlu memilih fitting lampu dengan ukuran E40. Fitting ini memiliki ukuran paling besar dibandingkan fitting lampu lainnya.

Jenis-Jenis Fitting Lampu Berdasarkan Penggunaan

Masih dalam pembahasan Pengertian Fitting Lampu, nah terdapat juga beberapa jenis lampu yang dibedakan berdasarkan fungsi dan penggunaannya. Untuk menghindari kebingungan, berikut ini adalah beberapa jenis fitting lampu berdasarkan penggunaannya:

1. Fitting Lampu Langit-langit

Umumnya, lampu dipasang pada langit-langit rumah atau plafon. Fitting lampu langit-langit biasanya dipasang secara permanen agar lampu dapat menyala dan menerangi ruangan dengan baik.

2. Fitting Gantung

Fitting gantung digunakan ketika langit-langit rumah tidak memiliki tempat untuk memasang fitting lampu.

Jenis fitting ini juga sering digunakan untuk tujuan dekorasi di rumah, kafe, restoran, dan tempat-tempat estetik lainnya.

3. Fitting Kedap Air

Jika Kalian ingin memasang lampu di taman atau sedang mengadakan pesta di luar ruangan, fitting kedap air sangat cocok digunakan, terutama saat musim hujan.

Fitting kedap air terbuat dari porselen dan karet yang mampu menyerap air, sehingga Kalian tidak perlu khawatir tentang korsleting listrik.

4. Fitting Lampu Colok

Terdapat jenis fitting lampu yang sangat fleksibel, yaitu fitting lampu colok. Ketika mengalami masalah dengan lampu, Kalian dapat menggunakan alternatif yang lebih mudah dengan mencolokkannya ke stop kontak.

Dengan fitting lampu colok ini, Kalian dapat memasang lampu di mana pun, asalkan terdapat stop kontak.

5. Fitting Otomatis

Teknologi semakin canggih seiring berjalannya waktu. Segala sesuatu dirancang menjadi lebih otomatis.

Termasuk fitting lampu yang tersedia dalam versi otomatis. Fitting ini dilengkapi dengan sensor yang secara otomatis membuat lampu menyala saat suasana ruangan mulai gelap.

Jenis fitting ini cocok dipasang di luar ruangan dan sangat berguna saat Kalian sedang bepergian dan meninggalkan rumah.

Tips Instalasi Fitting Lampu

Sudah memahami Pengertian Fitting Lampu kan? nah untuk mempertimbangkan fungsi fitting lampu sebagai peningkatan keamanan saat proses instalasi lampu, penting bagi kalian untuk memasangnya secara tepat. Ini berlaku juga saat mengganti dan memasangnya.

Apabila kalian melakukan kesalahan dalam pemasangan, dapat berpotensi menyebabkan korsleting dan kebakaran. Berikut adalah panduan untuk menginstal fitting lampu dengan benar:

  1. Pastikan pilihan jenis fitting lampu telah sesuai dengan tujuan penggunaan dan penempatannya.
  2. Ukuran fitting harus cocok dengan lampu yang akan dipasang.
  3. Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan bahwa sumber listrik di rumah sudah dimatikan. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya sengatan listrik selama proses pemasangan.
  4. Persiapkan alat yang dibutuhkan untuk instalasi fitting, seperti lakban listrik, tang, obeng, cutter, dan pengupas kabel.
  5. Jika kalian hendak mengganti fitting, periksa sekrup yang terpasang pada fitting lama dengan teliti dan lepaskan kabel yang terhubung di dalamnya.
  6. Setelah fitting lama dilepaskan, hubungkan kabel listrik ke fitting baru.
  7. Pastikan kabel telah dikencangkan dengan baik.
  8. Gunakan lakban listrik untuk melindungi kabel. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya korsleting antara kabel.
  9. Sekarang kalian dapat memasang fitting lampu yang baru.
  10. Periksa apakah sekrup sudah dikencangkan dengan baik agar fitting tidak jatuh,
  11. Selanjutnya, lampu dapat dipasang pada fitting yang baru.
  12. Hidupkan kembali sumber listrik untuk memastikan bahwa lampu telah dipasang dengan benar.

Selama proses instalasi fitting, kalian harus memastikan bahwa tidak ada suara percikan yang muncul dari fitting. Ingatlah hal ini, ya!

Daftar Harga Fitting Lampu Terbaru

Anda sedang mencari fitting lampu untuk rumah Anda? Saat ini, ada beragam merek fitting dengan kisaran harga yang sangat beragam. Berikut ini adalah daftar harga terkini untuk fitting lampu di pasaran:

MerekHarga
GALVEE Smart Lamp Socket E27 Slampher/Fitting Lampu Wifi Wireless IoTRp160,000
Panasonic Fitting Lampu Tempel Plafon Bulat E27Rp10,600
Broco 1212 Fitting Lampu Plafon BulatRp10,500
VETTO Fitting Plafon Lampu – Segi 8RRp13,000
12101 (B) Fitting Plafon Besar LuxRp34,000
Fitting Lampu Spotlight E27Rp26,000
TRO FA-224P Fitting Lampu OtomatisRp70,000
Baca Juga :  Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air? Ini Dia Penjelasannya

Penutup

Sebagai penutup, kami berharap artikel ini memberi Kalian pengetahuan yang lebih baik tentang pengertian fitting lampu, fungsi, jenis, dan cara memasangnya.

Berbagai jenis fitting lampu memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda, dan memahami ini akan membantu Kalian memilih yang paling sesuai untuk kebutuhan Kalian.
Penggunaan dan pemasangan fitting lampu yang tepat tidak hanya akan meningkatkan efisiensi dan durabilitas lampu Kalian, tetapi juga akan menambah estetika ruangan.

Semoga informasi dari empatpilar.com mengenai Pengertian Fitting Lampu ini, bisa bermanfaat dan memberi Kalian wawasan baru dalam memilih dan memasang fitting lampu.

Selamat mencoba dan teruslah berinovasi dalam pencahayaan ruangan Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *