Pengering Mesin Cuci Berdengung

5+ Penyebab dan Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung : Lengkap

Posted on

Empat Pilar – 5+ Penyebab dan Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung : Lengkap. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari “Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung”. Penyebab dan solusi yang mungkin untuk memperbaiki masalah ini akan dibahas secara mendalam.

Jika Kalian mendengar dengungan yang terdengar aneh dari pengering mesin cuci Kalian, tidak usah panik.

Masalah ini cukup umum dan bisa diperbaiki. Artikel ini akan menunjukkan cara memperbaiki pengering mesin cuci berdengung dengan langkah-langkah praktis dan mudah.

Ketika mesin cuci Kalian berdengung, itu bisa menunjukkan beberapa masalah yang berbeda. Mari kita cermati cara-cara untuk menemukan dan memperbaiki masalah tersebut.

Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan perangkat yang dirancang khusus untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan seprai.

Pemakaiannya biasanya terkait dengan penggunaan air, berbeda dengan cuci kering yang memanfaatkan cairan pembersih alternatif dan umumnya dilakukan oleh bisnis yang spesifik.

Mesin cuci adalah peralatan yang memiliki fungsi untuk mencuci pakaian atau kain, baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk kepentingan bisnis.

Penggunaan mesin ini sangat menguntungkan, khususnya dalam meringankan beban kerja ibu rumah tangga.

Dengan menggunakan mesin cuci, mereka dapat melakukan aktivitas lain tanpa terganggu oleh proses mencuci.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 1886, wanita mengambil air delapan hingga sepuluh kali sehari dari pompa air, sumur, atau sumber air lainnya.

Proses pencucian pakaian secara tradisional sangat melelahkan dan memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari merendam pakaian, menyikatnya satu per satu, kemudian membilasnya dengan air bersih.

Tahap yang paling melelahkan adalah memeras pakaian dengan tangan dan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar

Kalian tidak perlu bingung apabila terjadi kondisi demikian. Jangan terburu-buru membawanya ke jasa reparasi mesin cuci. Mungkin saja Kalian bisa memperbaikinya sendiri apabila menemukan penyebabnya.

Misalnya saja pengering mesin cuci berdengung tidak berputar sebagaimana biasnaya.

1. Ada Kabel Mesin yang Putus

Kemungkinan terjadinya pengering mesin cuci berdengung adalah karena putusnya kabel.

Sebelum panik dan memanggil tukang servis, periksalah bagian kabel terlebih dahulu. Kebanyakan kasus putusnya kabel disebabkan oleh gigitan tikus.

Tikus bisa masuk ke dalam saluran pembuangan dan merusak kabel mesin cuci. Untuk itu, pastikan ruangan tempat mesin cuci Kalian selalu bersih agar terhindar dari tikus.

Selalu bersihkan area sekitar agar hewan pengerat tidak bersarang di dalam mesin cuci atau merusaknya.

2. Pintu Pengering Mesin Cuci Tidak Tertutup dengan Sempurna

Beberapa jenis pengering mesin cuci mungkin tidak berfungsi jika pintunya tidak tertutup dengan sempurna.

Oleh karena itu, pastikan Kalian menutup pintu dengan rapat saat ingin mengeringkan pakaian.

Selain itu, kemungkinan kotoran yang menempel pada pintu juga dapat mengganggu penutupan yang sempurna.

Maka dari itu, Kalian perlu membersihkannya agar mesin kembali berfungsi dengan baik. Pastikan pintu tidak terhalang oleh kotoran sehingga Kalian dapat menutupnya dengan sempurna.

3. Elemen Pemanas yang Rusak

Selain itu, pengering mesin cuci yang berdengung dan tidak berputar mungkin disebabkan oleh kerusakan pada elemen pemanas. Ini adalah gejala kerusakan yang umum terjadi pada mesin cuci.

Jika Kalian memiliki pengetahuan yang cukup, Kalian bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

Namun, jika Kalian tidak yakin, lebih baik segera memanggil teknisi yang ahli dalam bidang ini agar perbaikan dapat dilakukan dengan aman dan kompeten.

4. Kapasitor Mengalami Kerusakan atau Terbakar

Salah satu kemungkinan keempat adalah kerusakan atau terbakarnya komponen mesin, seperti kapasitor. Akibatnya, mesin cuci tidak memiliki daya untuk berputar.

Jika hal ini terjadi, Kalian perlu memperbaiki atau mengganti kapasitor yang rusak. Biasanya, kerusakan atau terbakarnya kapasitor disebabkan oleh penggunaan yang terlalu sering.

Hal ini dapat menyebabkan kapasitor bekerja terus-menerus dan mengakibatkan kebocoran atau penurunan kapasitas.

Usahakan untuk memperbaiki kapasitor jika masih memungkinkan. Namun, jika kerusakan sudah parah, Kalian perlu membeli kapasitor baru untuk menggantinya pada mesin cuci. Dengan demikian, mesin cuci akan kembali berfungsi normal seperti sebelumnya.

5. Tali Rem pada Pengering Putus

Tali rem pada mesin pengering berfungsi untuk menghentikan putaran saat penutup dibuka.

Baca Juga :  Cara Cek dan Memasukkan Kode Area TV Digital Secara Mudah

Jika tali rem putus, maka pengering mesin cuci tidak akan berfungsi. Ketika komponen dinamo diberhentikan oleh rem, pengering juga akan berhenti bekerja.

Umumnya, mesin pengering hanya akan mengeluarkan suara berdengung tanpa berputar dengan baik. Untuk memperbaikinya, Kalian perlu mengganti tali rem yang baru.

6. Dinamo Mengalami Kerusakan atau Terbakar

Dinamo mesin cuci berfungsi untuk menghasilkan putaran. Jika dinamo mengalami kerusakan, maka pengering tidak akan berputar.

Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh putusnya lilitan pada dinamo atau terjadinya korsleting.

Jika Kalian mendapati pengering mesin cuci berdengung, segera gantilah dinamo yang rusak. Namun, perlu diingat bahwa komponen ini memiliki harga yang relatif mahal.

Jika mesin cuci Kalian merupakan produk lama, mungkin lebih baik membeli mesin cuci baru secara keseluruhan.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Namun Berputar Pelan

Alasan mengapa pengering mesin cuci berdengung namun berputar pelan dapat bervariasi.

Gejalanya sering kali disertai dengan kecepatan putaran yang rendah. Hal ini tidak terjadi tanpa alasan.

Ada beberapa kemungkinan penyebab mesin cuci berputar lambat tersebut. Salah satunya adalah ketika mesin tidak mampu menangani beban yang terlalu berat atau motor dinamo yang melemah.

Kerusakan juga bisa terjadi jika nilai kapasitor berkurang. Untuk mengenali gejala kerusakan yang disebabkan oleh ketiga faktor ini, mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Beban Terlalu Berat

Memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam pengering dapat menyebabkan putaran pengering menjadi lambat.

Coba kurangi jumlah pakaian yang dimasukkan dan periksa apakah putaran pengering kembali normal.

Jika setelah mengurangi pakaian putarannya tetap sama, kemungkinan masalah terletak pada motor dinamo atau kapasitor pengering mesin cuci.

2. Motor Dinamo Melemah

Motor dinamo adalah komponen yang menghasilkan putaran pada pengering. Jika motor dinamo melemah, maka putarannya juga akan menjadi lambat.

Penyebab pengering mesin cuci berdengung dan putarannya lambat biasanya karena faktor usia. Semakin lama digunakan, kinerja motor dinamo akan semakin menurun.

3. Kapasitor Mengalami Penurunan Nilai

Selain motor dinamo, penyebab lain pengering mesin cuci berputar lambat adalah penurunan nilai kapasitor.

Kapasitor adalah komponen yang menyediakan daya untuk motor dinamo. Jika nilai kapasitor berkurang, maka motor dinamo akan berputar dengan kecepatan yang lebih rendah secara otomatis.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung

Cara memperbaiki mesin 2 tabung tidak berputar cukup mudah dibandingkan mesin cuci yang sudah otomatis.

Karena Kalian tidak perlu mengotak-atik bagian PBC mesin cuci. Bagaimana, apakah masih belum tergambar jelas penyebab tersebut?

Mari kita pahami melalui panduan cara memperbaiki pengering mesin cuci berdengung di bawah ini.

Kalian bisa mengecek dengan mendeteksi beberapa kemungkinan kerusakan berikut :

1. Cara Memperbaiki Putus Kabel

Kerusakan kabel sering terjadi akibat tikus yang menggigit bagian kabel dengan luas yang signifikan.

Hewan pengerat ini dapat masuk melalui saluran pembuangan atau jalur lain yang memungkinkannya masuk.

Untuk mengembalikan pengering ke kondisi normal, diperlukan perbaikan pada sambungan kabel yang putus.

Pastikan Kalian menghubungkan kabel dengan benar. Pertama-tama, buka bagian penutup atas mesin cuci.

Selanjutnya, cari lokasi sambungan yang terputus. Kemudian, segera sambungkan kembali atau ganti kabel yang rusak agar fungsi mesin dapat pulih sepenuhnya.

2. Cara Memperbaiki Putus pada Tali Rem

Komponen ini dapat menjadi sumber masalah pada pengering mesin cuci Kalian. Tali rem terhubung dengan kampas rem pada dinamo, sehingga jika terputus, dinamo tidak akan dapat berputar.

Untuk memperbaikinya, cobalah tarik bagian tali rem untuk memeriksa mekanisme pengeremannya.

Dengan cara ini, Kalian akan menemukan di mana letak kendalanya. Jika terjadi kerusakan pada bagian kawat sling, segera gantilah dengan yang baru.

3. Cara Memperbaiki Motor Dinamo

Langkah selanjutnya dalam memperbaiki pengering mesin cuci yang berdengung namun tidak berputar adalah memeriksa bagian motor dinamo.

Bagian ini sangat penting karena sebagian besar putaran mesin dipengaruhi oleh performa motor dinamo tersebut.

Selain itu, komponen ini juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan komponen lainnya.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pemeriksaan pada motor dinamo, pastikan bahwa komponen lainnya berfungsi dengan normal.

Motor dinamo terpasang tepat di bawah pengering. Komponen ini memiliki dua lilitan atau spul yang terhubung dengan kabel.

Lakukan pengukuran pada spul menggunakan ohm meter dengan rentang ×10 Ohm. Jika hasil pengukuran spul dalam keadaan normal, artinya tidak ada masalah pada lilitan tersebut.

Namun, jika hasil pengukuran menunjukkan sebaliknya, yaitu ada sambungan lilitan yang terputus, maka Kalian perlu menggantinya dengan motor dinamo baru. Alternatif lainnya, Kalian dapat mengganti gulungan lilitan motor dinamo tersebut.

4. Cara Memperbaiki Kapasitor

Apabila motor dinamo dalam keadaan normal, kemungkinan masalah selanjutnya terletak pada kapasitor.

Kapasitor berfungsi untuk memberikan daya yang diperlukan agar motor dinamo dapat bergerak dengan lancar. Jika ada masalah pada kapasitor, pergerakan motor dinamo juga akan terganggu.

Kapasitor yang rusak biasanya memiliki bentuk yang tidak normal, sering kali terlihat membengkak.

Baca Juga :  √ Apa Itu Blower? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jika Kalian menemukan kapasitor dengan kondisi seperti ini, segera gantilah dengan yang baru. Pastikan kapasitor pengganti memiliki nilai yang sama dengan yang diganti.

Namun, jika kapasitor memiliki bentuk yang normal, Kalian perlu melakukan pengukuran menggunakan alat tes pendek (test short pin). Namun, metode ini sebaiknya tidak dilakukan oleh pemula.

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Untuk menjaga mesin cuci tetap optimal dan umurnya panjang, perhatikan penggunaannya dengan baik. Dengan pengoperasian yang benar, mesin cuci akan terhindar dari kerusakan.

Berikut adalah beberapa tips merawat mesin cuci agar tetap awet:

  1. Gunakan deterjen khusus mesin cuci yang sesuai dengan petunjuk penggunaan. Hindari deterjen dari home industry dan pilihlah deterjen dari pabrikan terkemuka yang memiliki kontrol kualitas baik.
  2. Bersihkan mesin cuci secara rutin, termasuk tempat sabun, saluran pembuangan, dan bodi mesin. Mengeringkan tabung setelah mencuci juga disarankan untuk menghindari penumpukan kuman dan bau pada pakaian.
  3. Hindari membuka pintu atau memasukkan benda ke dalam mesin cuci saat mesin sedang menyala. Hal ini dapat merusak dinamo dan mesin putar mesin.
  4. Jangan menyemprotkan air ke panel kontrol mesin cuci untuk menghindari korsleting. Pastikan juga memutar timer ke arah kanan jika masih menggunakan putaran.
  5. Sesuaikan pengaturan mencuci dengan jenis pakaian yang akan dicuci. Gunakan pengaturan yang sesuai agar mesin cuci bekerja optimal dan pakaian tetap awet dan bersih.
  6. Matikan mesin dan cabut kabel dari stop kontak setelah selesai digunakan. Jangan biarkan pakaian terlalu lama di dalam mesin cuci setelah selesai dicuci untuk menghindari bau yang kembali dan keharusan mencuci ulang.

Dengan merawat mesin cuci sesuai dengan tips di atas, Kalian dapat memperpanjang usia mesin cuci dan mengurangi biaya servis.

Penutup

Demikianlah beberapa langkah yang bisa Kalian coba untuk memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung.

Ingatlah selalu bahwa keamanan harus menjadi prioritas utama saat melakukan perbaikan perangkat listrik.

Jika Kalian merasa tidak yakin atau tidak memiliki keahlian dalam perbaikan mesin cuci, segera hubungi teknisi profesional.

Memperbaiki sendiri dapat merusak komponen lebih lanjut atau bahkan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Jadi, bijaklah dalam memilih cara terbaik untuk mengatasi pengering mesin cuci Kalian yang berdengung.

Mesin cuci yang berfungsi dengan baik tidak hanya memudahkan pekerjaan rumah, tetapi juga dapat menghemat energi dan waktu Kalian.

Semoga artikel dari empatpilar.com ini dapat membantu Kalian memahami cara memperbaiki pengering mesin cuci yang berdengung. Selamat mencoba! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/pengering-mesin-cuci-berdengung/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *