Cara Membuat Lampu LED Strip

Cara Membuat Lampu LED Strip yang Bisa Mengikuti Musik Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Membuat Lampu LED Strip yang Bisa Mengikuti Musik Secara Lengkap. Ketahui cara membuat lampu LED strip yang menawan dan kreatif dengan langkah demi langkah mudah. Jadilah penguasa iluminasi dengan panduan ini!

Di era modern ini, lampu LED strip telah menjadi tren yang populer dalam mendekorasi rumah, kantor, dan berbagai tempat lainnya.

Cara membuat lampu LED strip menjadi penting untuk menghemat biaya dan menciptakan tampilan yang unik dan menarik. Artikel ini akan menunjukkan langkah demi langkah bagaimana cara membuat lampu LED strip dengan mudah dan kreatif.

Apa itu LED Strip ?

LED Strip adalah sebuah jenis lampu yang terdiri dari susunan chip SMD LED yang dipasang di atas sebuah sirkuit panjang. Lampu ini memiliki bentuk yang fleksibel dan dilengkapi dengan perekat yang kuat di bagian belakangnya.

Selain itu, LED Strip juga dikenal dengan beberapa istilah lain seperti LED Tape, Ribbon light, lampu selang, flexible LED Strip, dan sebagainya.

LED Strip merupakan papan sirkuit multi-fungsi yang serbaguna karena dilengkapi dengan sel dioda pemancar cahaya (LED) yang dipasang di permukaannya, serta komponen listrik lainnya dan lapisan perekat yang mudah dilepas.

Awalnya, lampu strip LED hanya digunakan untuk pencahayaan tugas, aksen, lampu latar, dan langit-langit. Namun, saat ini, strip LED juga banyak digunakan untuk aplikasi signage.

Garis atau strip LED dapat ditemukan pada peralatan restoran seperti penerangan di atas kompor dan konter, lampu neon, dan bahkan pada spanduk untuk iklan bisnis.

Cara Membuat Lampu Led Strip Mengikuti Musik

Sebelum lampu disco dapat mengikuti musik, perlu dilakukan perakitan terlebih dahulu.

Hal ini disebabkan oleh susunan listrik yang harus dipasang agar lampu LED dapat mengikuti irama musik yang sedang diputar.

Oleh karena itu, sebelum memasang, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang dibutuhkan untuk merakit lampu LED dengan musik.

Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk merakit lampu LED dengan musik:

  • Lampu LED Strip
  • Ada berbagai jenis lampu LED Strip yang tersedia, tergantung pada jenis, motif, dan panjang lampu LED yang dibutuhkan. Berikut adalah contoh gambar salah satu jenis lampu LED Strip yang bisa digunakan.
  • Resistor 22K yang digunakan sebagai penghambat arus listrik.
  • Mosfet IRFZ44N yang digunakan untuk mengatur tegangan (menurunkan atau menaikkan tegangan).
  • Mic Condenser yang digunakan untuk menangkap suara.
  • Solder dan timah.
  • Kabel jepitan buaya.
  • Aki motor.

Semua orang dapat membuat lampu LED Strip mengikuti musik, namun perlu memastikan bahwa susunan listrik pada lampu LED dan penangkap sinyal suara telah terpasang dengan benar agar lampu LED Strip dapat mengikuti irama musik.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat lampu LED Strip mengikuti musik:

Solder kaki tengah dari mosfet IRFZ44N dengan salah satu sisi dari resistor 22K menggunakan solder dan timah.

Kemudian, sisi lain dari resistor 22K ditekuk dan dihubungkan dengan salah satu kaki lain dari mosfet IRFZ44N. Jika panjang kawat resistor terlalu panjang, maka kawat resistor tersebut bisa dipotong sedikit.

Langkah selanjutnya adalah memasang mic condenser. Pastikan bahwa mic condenser tersebut sudah memiliki kabel positif dan negatif di posisi yang benar.

Bagian kabel negatif dari mic condenser digabungkan dengan mosfet kaki kanan. Sedangkan bagian kabel positif digabungkan dengan mosfet kaki kiri yang sebelumnya terhubung dengan resistor.

Pasang lampu LED Strip pada mosfet.

Pasang kabel jepitan buaya positif pada lampu LED Strip dan kabel jepitan buaya negatif pada salah satu bagian mosfet.

Hubungkan rangkaian kabel tersebut dengan aki motor sebagai sumber listrik.

Baca Juga :  Cara Menghitung Daya Listrik : Panduan Mudah Lengkap

Lampu LED Strip akan menyala dan mengikuti musik.

Terdapat juga tipe rangkaian lainnya yang dapat digunakan untuk merangkai LED Strip agar mengikuti musik, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Harga Lampu LED Mengikuti Irama Musik

Harga lampu LED yang dapat mengikuti irama musik bervariasi, biasanya berkisar antara 100 hingga 150 ribu rupiah.

Harga tersebut bergantung pada ukuran dan daya listrik yang digunakan, serta kelengkapan yang terdapat pada lampu LED Strip.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih lampu LED yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Kalian.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Kalian dapat memilih lampu LED yang cocok untuk membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup dan berwarna-warni sesuai dengan irama musik yang diputar.

Cara Instalasi Pemasangan LED STRIP

Jika ingin menyambung LED Strip DC dengan panjang lebih dari 5 meter menggunakan hanya 1 unit Power Supply, berikut adalah cara yang dapat dilakukan:

  • Pastikan tegangan listrik yang digunakan adalah 12V atau 24V DC, karena LED Strip DC menggunakan tegangan tersebut.
  • Perhatikan watt yang dibutuhkan, semakin besar watt maka arus semakin besar.
  • Satu gulung/roll LED Strip biasanya memiliki panjang hanya 5 meter. Jika panjang yang dibutuhkan lebih dari 5 meter, maka penyambungan harus dilakukan dengan sistem paralel.
  • Hindari penyambungan dengan sistem seri (bukan paralel), karena akan membuat cahaya tidak merata dan terangnya tidak maksimal antara roll pertama dan roll berikutnya.

Dengan cara yang benar, Kalian dapat menyambung LED Strip DC dengan panjang lebih dari 5 meter menggunakan hanya 1 unit Power Supply.

1. Berikut ini adalah rekomendasi skema instalasi LED STRIP:

  • Gambar pertama menunjukkan skema instalasi yang benar, yaitu dengan sistem paralel.
  • Cara pemasangan dapat dilakukan dengan menarik kabel dari setiap roll led strip ke terminal power supply, atau dengan menarik kabel induk ukuran besar dari unit Power Supply dan menghubungkan setiap roll (5 meter) ke kabel induk tersebut.
  • Sangat penting untuk menggunakan kabel dengan ukuran besar yang sesuai dengan kapasitas Ampere karena dengan daya yang sama, listrik dengan tegangan rendah akan memiliki arus yang jauh lebih besar dibandingkan dengan listrik yang memiliki tegangan tinggi.
  • Sebagai contoh, dengan daya 120 Watt, listrik dengan tegangan 220V akan mengalirkan arus sebesar 1,83 Ampere, sedangkan dengan daya yang sama, tegangan 12V DC akan mengalirkan arus sebesar 10 Ampere.
  • Jika menggunakan kabel yang kecil, arus tidak dapat mengalir dengan baik sehingga cahaya yang dihasilkan tidak maksimal dan kabel dapat menjadi cepat panas dan berbahaya.

2. Gambar kedua adalah skema Instalasi LED STRIP yang salah :

  • Gambar kedua penyambungan dengan sistem seri, roll 5 meter pertama langsung disambung ke roll berikutnya dan seterusnya.
  • Pemasangan dengan cara ini akan membuat cahaya tidak rata antara roll pertama dan roll berikutnya.
  • Selain itu unit led strip akan panas dikarenakan arus yang melewati led strip menjadi besar

Keunggulan Lampu LED Strip

Sebagai jenis penerangan yang populer, lampu LED strip memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

Beberapa kelebihan dari lampu LED strip antara lain:

  • Dapat menghemat daya dan biaya penggunaan listrik.
  • Merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan karena dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Dapat menekan tagihan biaya listrik secara bertahap.
  • Memberikan penerangan maksimal meskipun menggunakan daya yang kecil.
  • Memiliki fleksibilitas dalam penggunaan dan penerapan pada berbagai jenis dekorasi interior.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Lampu LED Strip yang Bisa Mengikuti Musik.

Semoga artikel ini membantu Kalian dalam memahami proses pembuatan dan penerapan lampu LED strip yang interaktif ini.

Lampu LED strip yang mengikuti musik ini tidak hanya akan membuat suasana ruangan Kalian lebih hidup, tetapi juga menambahkan elemen estetika yang menarik.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disampaikan, Kalian pun dapat mengekspresikan kreativitas Kalian dalam menerapkan teknologi ini untuk berbagai keperluan.

Baca Juga :  Arti Loss Listrik PLN dan Cara Loss Listrik PLN

Selamat mencoba dan nikmati semarak warna yang berirama dengan musik kesukaan Kalian! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-membuat-lampu-led-strip/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *