Penyebab Outdoor AC Mati

Kenali Secara Lengkap Penyebab Outdoor AC Mati

Posted on

Empat Pilar – Kenali Secara Lengkap Penyebab Outdoor AC Mati. Saat suhu mulai naik, AC outdoor yang tiba-tiba mati bisa menjadi masalah yang mengganggu. Matinya AC outdoor bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang bervariasi, mulai dari masalah teknis hingga kesalahan penggunaan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa Penyebab Outdoor AC Mati dan solusi yang dapat diambil untuk mengatasinya.

Outdoor AC Adalah?

Outdoor AC, atau biasa disebut juga unit kondensor, adalah bagian dari sistem pendingin udara yang terletak di luar bangunan atau ruangan. Fungsi utamanya adalah untuk mengeluarkan panas dari dalam ruangan dan memindahkannya ke udara luar. Berikut adalah beberapa komponen utama yang dimiliki oleh outdoor AC:

  1. Kompresor:
    Merupakan bagian yang bertanggung jawab untuk memampatkan refrigeran atau pendingin udara yang berfungsi mengubahnya menjadi bentuk cair dan gas secara bergantian. Ini merupakan salah satu komponen kunci dalam proses pendinginan.
  2. Kondensor:
    Kondensor adalah penukar panas yang mengubah refrigeran dari bentuk gas menjadi cair dengan melepaskan panas ke udara luar. Biasanya terdiri dari kumparan pipa berkelok-kelok yang diberi lamina aluminium atau lainnya untuk meningkatkan efisiensi pendinginan.
  3. Overload:
    Overload adalah komponen perlindungan yang berfungsi untuk mematikan unit jika terjadi beban berlebih atau arus lebih tinggi dari batas yang aman. Ini membantu mencegah kerusakan pada komponen-komponen lain dalam sistem.
  4. Pipa Kapiler:
    Pipa kapiler adalah saluran yang sangat kecil yang digunakan untuk mengatur aliran refrigeran dalam sistem pendingin udara. Ini membantu mengontrol tekanan dan suhu refrigeran saat bergerak melalui berbagai komponen.
  5. Dryer:
    Dryer, atau sering disebut juga sebagai filter pengering, adalah komponen yang bertugas untuk menyaring dan menghilangkan kelembaban serta kotoran dari sistem. Ini membantu mencegah kerusakan pada komponen lain dan menjaga kinerja sistem.
  6. Fan Outdoor:
    Fan outdoor adalah kipas yang berfungsi untuk mengalirkan udara melalui kondensor. Udara yang bergerak membantu dalam proses perpindahan panas, membantu kondensor untuk membuang panas ke udara luar dengan lebih efisien.

Outdoor AC merupakan bagian integral dari sistem pendingin udara yang bekerja sama dengan unit indoor untuk menyediakan lingkungan yang nyaman dan sejuk di dalam ruangan. Dengan menjaga komponen-komponen outdoor AC dalam kondisi baik, Anda dapat memastikan bahwa sistem AC Anda beroperasi secara efisien dan efektif dalam mengatasi suhu yang panas.

Penyebab Outdoor AC Mati

Di bawah ini merupakan beberapa Penyebab Outdoor AC Mati. Beberapa di antaranya bahkan membuatmu harus service AC agar masalah tersebut bisa teratasi :

1. Ada Baut yang Longgar

Sebelum membenamkan diri dalam pemeriksaan yang lebih rinci, langkah awal yang bijak adalah memeriksa apakah ada baut yang kendur. Meskipun kelihatannya sepele, seringkali detail ini terlupakan, sementara perhatian teralihkan pada bagian lain dari sistem. Baut yang kendur dapat disebabkan oleh pemasangan AC yang kurang sempurna, dan ini bisa menjadi penyebab kegagalan fungsi pada unit.

2. Thermistor Indoor Rusak

Jika terdapat kegagalan listrik yang mencegah aliran daya dari unit indoor ke outdoor, maka komponen yang perlu segera diperiksa adalah thermistor. Thermistor adalah bagian krusial dari sistem AC yang mengatur kinerja berdasarkan suhu ruangan. Saat suhu ruangan tidak sesuai dengan pengaturan yang ada di remote, thermistor akan mengirimkan sinyal yang diteruskan ke PCB kontrol.

Sinyal ini akan mengatur kembali aktivitas kompresor. Ketika suhu ruangan mencapai level yang diinginkan, kompresor akan berhenti beroperasi secara otomatis. Namun, ketika suhu kembali meningkat, kompresor akan aktif kembali. Kerusakan pada thermistor dapat menghentikan proses ini, menyebabkan matinya unit outdoor AC.

Baca Juga :  Berapa Biaya Tambah Daya Listrik 900 ke 1300 VA?

3. Kabel Input Outdoor yang Sudah Putus

Salah satu penyebab umum dari kegagalan unit outdoor AC adalah putusnya kabel input. Kabel input ini bertanggung jawab menghubungkan antara unit indoor dan outdoor. Oleh karena itu, sebelum mengasumsikan adanya masalah yang lebih serius, disarankan untuk memeriksa kabel tersebut terlebih dahulu.

Langkah yang bisa diambil adalah menghidupkan AC dan menunggu beberapa menit sehingga rangkaian PCB mengirimkan tegangan ke unit outdoor. Setelah itu, Anda dapat memeriksa tegangan menggunakan tespen. Jika tegangan terdeteksi, langkah berikutnya adalah menuju unit outdoor.

Di sini, pastikan untuk memeriksa apakah tegangan telah mencapai unit outdoor atau tidak. Jika tidak ada tegangan yang terdeteksi, kemungkinan besar masalahnya adalah karena kabel yang putus. Hal ini juga bisa terjadi karena baut yang perlu disikat kembali untuk memastikan koneksi yang baik.

4. Fluktuasi Tegangan Listrik

Penyebab lain dari kegagalan pada unit outdoor AC adalah fluktuasi tegangan listrik dari sumber daya PLN. Fluktuasi ini berkaitan dengan perubahan tegangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik, termasuk AC.

Tegangan yang tidak stabil atau tidak sesuai dapat mengganggu kinerja kompresor secara signifikan. Penting untuk memastikan bahwa tegangan kembali stabil karena fluktuasi dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor dan komponen lainnya. Perbaikan tegangan listrik yang stabil menjadi kunci untuk memastikan operasi yang lancar dan memperpanjang umur perangkat AC Anda.

5. Kerusakan Pada Start Kapasitor Kompresor

Di dalam unit outdoor AC, terdapat dua start kapasitor yang memiliki fungsi yang berbeda. Salah satunya digunakan untuk mengaktifkan kipas, sementara yang lainnya untuk mengaktifkan kompresor. Start kapasitor ini memainkan peran penting dalam memulai operasi kompresor, memastikan bahwa kompresor dapat berfungsi dengan baik. Salah satu tanda bahwa start kapasitor ini mengalami kerusakan adalah jika Anda mendengar suara berdengung yang tidak biasa dari kompresor. Suara ini biasanya lebih keras dan tidak terdengar dalam kondisi normal kompresor.

Jika Anda menghadapi masalah ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa start kapasitor menggunakan multi tester. Jika ternyata start kapasitor rusak, solusi yang diperlukan adalah menggantinya dengan yang baru agar kompresor dapat kembali berfungsi dengan baik.

6. Kompresor Rusak

Selain empat penyebab sebelumnya yang dapat menyebabkan matinya unit outdoor AC dan memerlukan servis, penyebab kelima adalah kerusakan pada kompresor itu sendiri. Kompresor adalah salah satu komponen paling vital dalam sistem pendingin udara. Kerusakan pada kompresor dapat sangat memengaruhi kinerja keseluruhan AC dan bahkan menyebabkan AC tidak dapat berfungsi sama sekali.

Jika terjadi kerusakan pada kompresor, perlu dilakukan penggantian kompresor yang baru agar sistem AC dapat kembali beroperasi dengan baik. Ini merupakan tindakan yang lebih kompleks dan membutuhkan perhatian khusus dari teknisi berpengalaman dalam perbaikan AC.

 

BACA JUGA :

  1. Tips Penempatan AC Outdoor Yang Tepat
  2. √ Cara Pasang Kabel AC Sharp Indoor ke Outdoor
  3. Warna Kabel Kipas Outdoor AC dan Skema Jalur Kabel Dinamo Motor Fan Indoor AC

Kesimpulan

Dalam menjaga performa AC, penting untuk memahami berbagai Penyebab Outdoor AC Mati. Dari baut yang kendur hingga fluktuasi tegangan listrik, setiap masalah memiliki potensi untuk mengganggu operasi yang lancar. Dengan pemahaman yang mendalam tentang penyebab-penyebab ini, kalian dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga AC tetap berfungsi optimal. Ingatlah, memeriksa secara berkala dan melakukan perawatan rutin dapat membantu mencegah kegagalan dan memperpanjang umur AC kalian.

Jangan ragu untuk menghubungi teknisi profesional jika kalian mengalami masalah yang lebih kompleks atau memerlukan bantuan tambahan. Dengan demikian, kalian dapat menikmati kesejukan udara yang menyegarkan dengan lebih aman dan nyaman. Penyebab Outdoor AC Mati bukanlah hal yang bisa diabaikan, namun dengan perhatian yang tepat, kalian dapat memastikan bahwa unit AC kalian tetap berjalan dengan baik untuk waktu yang lama.

Baca Juga :  Prinsip Kerja DC Power Supply (Adaptor) Secara Lengkap

Itu saja pembahasan mengenai Penyebab Outdoor AC Mati, yang bisa empatpilar.com sampaikan secara lengkap untuk kalian. Semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *