saham online trading

Cara Aman Bermain Saham Online Trading

Empat PilarInvestasi saham online trading kini lebih mudah dengan adanya aplikasi saham. Terlebih lagi, ada banyak fitur yang membantu investor pemula yang bergabung di pasar modal melalui aplikasi tersebut.

Namun, ketika anda memutuskan untuk bermain saham, hal penting yang harus anda lakukan adalah memahami cara bermain saham dengan baik. Karena selain keuntungan yang besar, resiko yang akan terjadi juga tidak kalah besar. Berikut ini kami bagikan cara aman bermain saham online trading yang bisa anda lakukan.

Tips Bermain Saham Online Trading

Siapkan Modal Investasi

Tentunya anda harus memiliki modal yang cukup sebelum memasuki bisnis ini. Anda bisa memakai dana tabungan untuk investasi saham. Investasikan modal sesuai kemampuan finansial anda. Jika anda memiliki modal Rp 5 juta, dan tertarik untuk membeli saham perusahaan A seharga Rp 2.000 per lembar, maka anda mendapatkan 25 lot saham.

Pilih Broker Saham Terpercaya

Salah satu kunci sukses Investasi saham online trading kini lebih mudah dengan adanya aplikasi saham. Terlebih lagi, ada banyak fitur yang membantu investor pemula. adalah pemilihan perusahaan sekuritas. Dalam memilih, pastikan perusahaan tersebut merupakan anggota BEI dan memiliki izin OJK. Selanjutnya, lacak rekam jejaknya agar anda aman dan nyaman berinvestasi.

Jadi, anda tidak terjerat dalam berinvestasi dengan perusahaan palsu. Anda dapat menemukan banyak broker di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pilih broker yang terdaftar, karena yang terdaftar secara finansial memenuhi syarat karena harus memenuhi modal minimum sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga :  Tata Cara Melakukan Trading Binary Tanpa Rugi

Buka Rekening Saham

Sebelum melakukan transaksi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat rekening saham. Jika anda ingin jual beli saham online, anda harus memilih broker yang menyediakan fasilitas aplikasi trading online yang mudah anda gunakan.

Buka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Setelah membuka rekening saham, anda harus membuka Rekening Dana Pelanggan (RDN). Jadi, RDN berfungsi sebagai tempat modal yang anda setorkan untuk transaksi saham dan hasil penjualan saham. Jadi, meski punya rekening saham, tapi belum membuat RDN, maka belum bisa memulai transaksi saham.

Biasanya perusahaan sekuritas menyediakan jasa pembuatan RDN online, sehingga tidak perlu datang ke bank. Jika ingin membuka RDN, coba cek security policy untuk melengkapi dokumen apa saja yang anda perlukan.

Deposit Dana

Setelah memiliki akun, anda harus menyetor sejumlah dana ke dalam akun. Hal ini agar anda bisa membeli saham secara online. Akun ini hanya anda gunakan untuk menyimpan dana sebelum membeli saham.

Lebih baik untuk investasi saham, anda hanya menggunakan cadangan dana darurat dan kebutuhan lainnya sudah terpenuhi sebelum mengalokasikan uang anda untuk berinvestasi saham online trading.

Instal Aplikasi Trading Online

Jangan lupa untuk menginstal aplikasi online trading. Umumnya softwarenya gratis tanpa biaya pemakaian. Anda dapat login dengan username dan password yang telah terkirim ke email anda. Setelah masuk, ubah kata sandi agar lebih aman. Dalam aplikasi trading online ini, anda dapat melihat saldo anda.

Transaksi dengan Aplikasi

Agar dapat bertransaksi, anda harus memasukkan PIN. Sebab, tanpa PIN anda tidak akan bisa melakukan transaksi. Jangan lupa untuk memasukkan jumlah lot saham yang anda inginkan. Minimum pembelian adalah 1 lot atau 100 buah.

Baca Juga :  Volt+, Aplikasi Trading Saham Terbaik untuk Para Pemula

Jika ingin bertransaksi, pilih menu Sell (jual). Jika ada keuntungan dari penjualan saham tersebut, maka akan langsung masuk ke saldo anda. Itulah beberapa cara aman bermain saham online trading yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.