Aplikasi Catatan Finansial

Saran Aplikasi Catatan Finansial Untuk Atur Cashflow Pribadi

Aplikasi Catatan FinansialPenghasilan bulanan kalian akan tampak kurang jika tidak diatur dengan baik. Untuk itu, kalian perlu mencatat pendapatan dan pengeluaran yang terjadi tiap harinya. Cobalah memakai aplikasi catatan finansial terbaik yang dapat diunduh secara gratis di ponsel pintar kalian.

Beberapa aplikasi membagikan banyak fitur menarik untuk mempermudah kalian mencatat tiap aktivitas finansial yang terjadi. Kalian juga bisa mengunduh lebih dari satu aplikasi di ponsel pintar untuk keperluan berbeda. Jadi, catatan finansial pribadi tidak tercampur dengan catatan finansial yang lain.

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

1. Mengetahui cashflow

Mencatat pendapatan dan pengeluaran pastinya akan memberikan kalian informasi finansial secara terperinci. Kalian jadi tahu berapa jumlah finansial yang dimiliki dan berapa besar yang bisa digunakan.

Pencatatan ini juga memberikan kalian gambaran tentang jumlah uang yang masih dimiliki. Hal ini bisa menjauhi kalian melakukan pengeluaran melampaui batasan.

2. Menentukan skala prioritas

Mengatur finansial dengan baik perlu diawali dengan menentukan skala prioritas. Kalian perlu membagi dulu pengeluaran wajib seperti membayar pinjaman, tagihan rutin, dan kebutuhan sehari- hari.

Setelah itu, lanjutkan dengan menabung dan berinvestasi. Jika memang terdapat sisa, barulah maanfaatkan untuk

keperluan konsumtif.

3. Mencegah kebocoran

Pengaturan finansial ini akan memberikan kalian peringatan. Kalian bisa melihat pengeluaran mana saja yang nyatanya sangat memberatkan dalam satu periode perhitungan.

Kadang, pengeluaran kecil bisa menggerus finansial kalian. Salah satu contohnya merupakan membeli kopi susu kekinian setiap hari.

 

Tips Mencatat Finansial dengan Baik

1. Merancang budget

Budgeting wajib dicoba pertama kali apalagi sebelum kalian menerima pemasukan teratur. Kalian bisa mulai dengan memakai persentase untuk tiap pengeluaran.

Beberapa orang memakai rasio 50 persen untuk kebutuhan sehari- hari, 30 persen untuk biaya dan tagihan, dan 20 persen buat tabungan dan investasi. Tetapi, kalian bisa memilah rancangan sendiri, kok.

2. Membuat kategori pengeluaran

Kategori pengeluaran akan membuat kalian bisa tahu rincian bisnis yang terjadi. Lebih baiknya lagi, kalian membuat kategori yang lebih khusus lagi. Jadi, kalian tahu pengeluaran mana yang tidak dapat diusik dan pengeluaran mana yang bisa dihilangkan.

3. Lakukan pencatatan tiap hari

Jangan tunda sampai esok apalagi sampai satu bulan. Segera tulis pemasukan serta pengeluaran yang terjadi pada hari itu juga. Sempatkan waktu buat mencatat dikala transaksi terjadi.

4. Lakukan evaluasi rutin

Kalian bisa melaksanakan evaluasi setiap hari setiap kali melakukan pencatatan. Ketahui pengeluaran tidak terduga yang terjalin pada hari ini. Berikutnya, lakukan juga evaluasi bulanan untuk melihatnya dari kacamata yang lebih besar. Segera benahi pengeluaran jika terdapat banyak pemborosan di dalamnya.

5. Maanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan

Untuk mempermudah, kalian bisa memakai aplikasi pengatur finansial di ponsel pintar. Kalian cukup membuka aplikasinya setelah menerima atau mengeluarkan uang. Sebagian aplikasi juga memiliki fitur sinkronisasi ke email. Jadi, kalian bisa mengaksesnya di mana pun.

 

Saran aplikasi catatan finansial terbaik

Cek Play Store ataupun App Store sekarang untuk menemukan aplikasi pencatatan finansial terbaik. Biar tidak bingung, simak rekomendasinya di bawah ini:

 

1. Finansialku

Finansialku ialah aplikasi finansial yang terhitung lumayan lengkap. Aplikasi ini bisa membagi secara otomatis informasi finansial yang kalian masukkan ke dalamnya.

Di samping itu, terdapat juga informasi finansial di dalam aplikasinya. Kalian juga bisa mencermati podcast dari para financial planner mengenai manajemen finansial.

2. Catatan Keuangan

Buat kalian yang tidak ingin ribet, aplikasi Catatan Keuangan jadi pemecahan yang dapat kalian andalkan. Pengaturan pendapatan dan pengeluaran dalam aplikasinya terhitung sangat mudah.

Kalian juga bisa menata kategori dari bisnis yang terjadi. Kalkulasi finansial kalian pun bisa dipindahkan ke bulan selanjutnya.

3. Money Lover

Jenis dalam aplikasi ini lebih detail lagi. Kalian bisa men catat bisnis finansial kalian untuk berbelanja, nongkrong, ataupun melunasi tagihan teratur.

Tampilannya juga lumayan ramah untuk user, apalagi buat kalian yang baru pertama kali memakainya. Aplikasi ini juga dapat dipakai oleh ponsel pintar Android serta iOS, loh.

4. Dompetku

Keunggulan aplikasi ini adalah pengelompokan informasi finansial yang kalian jalani. Kalian bisa membagi sampai 5 sumber finansial di dalam aplikasi memo finansial ini, loh. Pastinya ini sangat membantu buat kalian memiliki upaya ataupun rekening tabungan lebih dari satu.

5. Sribuu

Aplikasi pengatur finansial yang satu ini lebih hebat lagi. Alasannya, aplikasi ini bisa dihubungkan dengan rekening bank kalian. Kalian juga akan memperoleh informasi analisis mengenai situasi keuangan dari pengeluaran dan pendapatan tiap hari. Setelah itu, kalian bisa bertanya dengan financial planner lewat fitur chat. Ingin coba?

 

Demikian sharing dari kami mengenai Saran Aplikasi Catatan Finansial Untuk Atur Cashflow Individu yang mungkin bisa membantu kalian dalam mengatur finansial individu agar tidak berantakan. Mudah- mudahan BERMANFAAT