Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik

14 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik : di Pasar Indonesia

Posted on

Empat Pilar – 14 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik : di Pasar Indonesia. Ingin beralih ke mobilitas ramah lingkungan? Simak rekomendasi mobil listrik terbaik yang kami sajikan untuk kalian. Temukan pilihan mobil listrik dengan performa, efisiensi, dan teknologi terdepan di pasaran.

Dalam era di mana perhatian terhadap lingkungan semakin meningkat, mobilitas ramah lingkungan telah menjadi fokus utama. Salah satu inovasi terbesar dalam industri otomotif adalah mobil listrik. Mobil listrik tidak hanya mengurangi emisi gas rumah kaca, tetapi juga memberikan performa yang luar biasa dan teknologi canggih.

Jika kalian sedang mencari rekomendasi mobil listrik terbaik, kalian telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan mendalam rekomendasi mobil listrik terbaik yang tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan.

Apa Itu Mobil Listrik?

Mobil listrik adalah jenis kendaraan empat roda yang menggunakan tenaga dari baterai sebagai sumber daya. Walaupun bukan suatu inovasi baru pada abad ke-20, sejarah mobil listrik sebenarnya dimulai sejak abad ke-18.

Meskipun teknologinya tidak secanggih yang ada sekarang, fakta bahwa konsep ini telah ada sejak lama seharusnya mendorong pemahaman lebih lanjut. Konsep mobil berdaya listrik memiliki nilai positif karena dapat membantu melindungi lingkungan dari dampak pemanasan global yang disebabkan oleh emisi gas.

Daya tarik utamanya terletak pada sifat ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakarnya, yang menarik banyak individu untuk memilih mobil listrik sebagai pilihan mereka.

Komponen-Komponen Mobil Listrik

Mobil konvensional membutuhkan mesin bakar untuk mengubah energi panas menjadi energi mekanik, tapi mobil listrik tidak demikian. Energi mekanik didapat dari sebuah motor yang mendapat pasokan listrik dari baterai setelah melewati inverter.

Beberapa elemen kunci yang ada dalam mobil listrik meliputi:

  1. Paket Baterai:
    Ini bertindak sebagai penyimpan energi listrik dalam bentuk Direct Current (DC). Paket baterai sering kali merupakan bagian termahal dari mobil listrik dan juga yang terberat.
  2. Inverter Daya:
    Alat ini mengkonversi listrik DC dari baterai menjadi Alternating Current (AC) yang kemudian disalurkan ke motor listrik. Selain itu, inverter ini bisa mengkonversi AC kembali ke DC, yang penting untuk fitur pengereman regeneratif.
  3. Motor Listrik:
    Bagian ini mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang menggerakkan mobil. Motor listrik memiliki beberapa bagian utama seperti coil, stator, rotor, dan magnet.
  4. Baterai Pendukung:
    Biasa dikenal sebagai aki. Meskipun mobil listrik memiliki paket baterai besar, mereka masih memerlukan aki untuk memberi daya ke aksesori mobil.
  5. Port Pengisian:
    Ini memungkinkan mobil untuk terhubung dengan sumber daya eksternal untuk mengisi ulang baterainya.
    Sistem Manajemen Termal: Bertugas menjaga suhu motor listrik dan paket baterai agar tetap aman dan tidak terlalu panas.
  6. Transmisi:
    Seperti mobil konvensional, mobil listrik juga memerlukan transmisi untuk mentransfer tenaga dari motor ke roda.

Tergantung pada model dan merek, spesifikasi dari komponen-komponen ini bisa berbeda. Sebagai contoh, beberapa mobil listrik premium memiliki dua motor listrik, satu untuk roda depan dan satu lagi untuk roda belakang, memungkinkan mobil untuk memiliki fitur penggerak empat roda.

14 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik yang ada di Pasar Indonesia

Berdasarkan kelebihan yang diberikan, banyak individu yang akhirnya tertarik untuk beralih ke mobil berbasis listrik. Fenomena ini tampaknya juga disikapi oleh para pembuat kendaraan yang giat bersaing untuk meluncurkan mobil listrik unggulan di segmen mereka.

Walaupun dari sisi harga mungkin belum terjangkau bagi semua kalangan, namun hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk memiliki salah satunya. Jika Kalian ingin mengetahui pilihan mobil listrik yang layak dipertimbangkan, berikut daftarnya.

Kini pasaran menawarkan beragam opsi mobil listrik dengan fitur dan kelebihan masing-masing. Jika Kalian sedang mencari mobil listrik yang hKalianl dan berkualitas, inilah beberapa rekomendasi yang dapat Kalian pertimbangkan :

1. Toyota Corolla Cross

Dengan kekuatan dan torsi yang tinggi, Toyota Corolla Cross menjadi opsi menarik untuk kebutuhan mobil listrik dengan harga 500 jutaan. Sebagai salah satu produk terbaik dari Toyota, kendaraan ini memiliki desain unik dengan performa yang kuat.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Salon Mobil : Ketahui Sebelum Melakukannya

Mobil listrik ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang akan meningkatkan keamanan perjalanan. Termasuk di dalamnya adalah airbag depan dan samping ganda (dual front dan side SRS), sabuk pengaman, serta sistem ISOFIX. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur tambahan seperti Engine Immobilizer dan Theft Deterrent System.

Tipe BodiSUV
Jenis PenggerakCVT
Kapasitas Mesin1.8 Hybrid AT
Varian2
HargaRp460.000.000 – Rp510.000.000

2. Nissan Kicks E-Power

Rekomendasi berikutnya dalam dunia mobil listrik adalah Nissan Kicks E-Power. Mobil bertenaga listrik ini patut mendapat perhatian karena memiliki dua mesin, yakni mesin 3 silinder sebagai sumber tenaga utama dan mesin listrik sebagai penggerak utama.

Dari segi penampilan, mobil ini terlihat sangat elegan dengan sentuhan artistik yang menjadi ciri khas produk Nissan. Fitur-fitur menarik juga telah disematkan pada kendaraan ini, termasuk Intelligent Driving, Intelligent Mobility, dan Intelligent Integration.

Tipe BodiSUV
Jenis PenggerakAT
Kapasitas Mesin1.200 cc
Varian2
HargaRp428.000.000 – Rp483.000.000

3. Toyota Corolla Altis Hybrid

Pilihan mobil listrik berikutnya adalah Toyota Corolla Altis Hybrid. Mobil sedan ini memperlihatkan tampilan yang elegan namun tetap memiliki sentuhan sporty, lengkap dengan desain interior yang tak kalah mewah.

Dengan harga di bawah Rp600 juta, mobil ini memiliki beberapa keunggulan yang patut diperhatikan. Salah satunya adalah efisiensi bahan bakar hingga 70%, performa yang kuat, serta fitur keselamatan yang memadai.

Tipe BodiSedan
Jenis PenggerakCVT
Kapasitas Mesin1.800 cc
Varian2
HargaRp491.000.000 – Rp592.000.000

4. Toyota Camry Hybrid

Salah satu rekomendasi mobil listrik untuk tahun 2022 yang tetap menarik adalah Toyota Camry Hybrid. Mobil ini dipersenjatai dengan mesin bensin berkapasitas 2,5 liter dan sistem baterai hybrid. Dengan performa yang tangguh, mobil ini sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Tipe BodiSedan
Jenis PenggerakCVT
Kapasitas Mesin2.500 cc
Varian1
HargaRp848,000,000

5. Hyundai Kona Electric

Daya tarik utama dari mobil listrik ini adalah desainnya yang futuristik. Ditenagai oleh baterai Lithium-Ion Polymer berkapasitas 39,2 kWh dan mesin dengan performa mencapai 146 HP, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang hanya memerlukan waktu 75 menit.

Tipe BodiSUV
Jenis PenggerakAT
Kapasitas Mesin-L
Varian1
HargaRp697,000,000

6. Mitsubishi Outlander PHEV

Saran berikutnya untuk mobil listrik di Indonesia adalah Mitsubishi Outlander PHEV. Mobil listrik ini menarik perhatian karena menghadirkan kenyamanan dalam berkendara sambil tetap peduli lingkungan, ditambah dengan desain yang elegan.

Tipe BodiSUV
Jenis Penggerak
Kapasitas Mesin2.400 cc
Varian1
HargaRp1,310,000,000

7. Lexus ES 300h

Mobil listrik ini sungguh cocok untuk dimiliki, karena memiliki fitur pengisian diri yang memungkinkan mobil mengisi daya saat berhenti maupun sedang dalam perjalanan. Desain interior dan eksteriornya juga terlihat sangat mewah, dilengkapi dengan beragam fitur keamanan yang menjadikannya pilihan yang tepat.

Tipe BodiSedan
Jenis PenggerakCVT
Kapasitas Mesin2.500 cc
Varian1
HargaRp890.000.000 – Rp1.127.000.000

8. Lexus UX300e

Untuk rekomendasi mobil listrik dengan jangkauan terjauh, terdapat Lexus UX300e yang dipersembahkan oleh PT Toyota Astra Motor. Mobil listrik ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 54,3 kWh, memungkinkannya untuk menempuh jarak hingga 300 km. Proses pengisian dayanya memakan waktu 24 jam.

Tipe BodiSUV
Jenis Bahan BakarElectric
Kapasitas Mesin
Varian
HargaRp1,245,000,000

9. BMW i3

Sebagai salah satu produsen mobil sport terkemuka, BMW juga telah meluncurkan mobil listrik dengan spesifikasi unggul dan kinerja yang handal. Kendaraan ini menawarkan proses pengisian daya yang relatif cepat, menjadikannya pilihan yang sangat sesuai untuk keperluan mobilitas sehari-hari.

Tipe BodiHatchback
Jenis Bahan BakarHybrid/Electric
Kapasitas Mesin647 cm3
Varian1
HargaRp1,320,000,000

10. BMW i3s

Rekomendasi berikutnya dalam kategori mobil listrik adalah BMW i3s, yang hadir dengan dimensi bodi yang lebih kecil dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Jenis mobil ini tentunya sangat cocok untuk kebutuhan di lingkungan perkotaan yang sering mengalami kemacetan. Dari segi harga, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan BMW i3.

Tipe BodiHatchback
Jenis PenggerakTenaga motor listrik
Kapasitas Mesin
Varian1
HargaRp1,350,000,000

11. Tesla Model 3

Tidak lagi menjadi rahasia bahwa Tesla dianggap sebagai salah satu produsen mobil listrik terbaik. Model 3 mereka memiliki dua varian, yaitu long range dan short range, yang memiliki daya tahan baterai yang berbeda. Meskipun desainnya terlihat sederhana, namun tetap memancarkan nuansa futuristik.

Tipe BodiSedan
Jenis PenggerakCVT
Kapasitas Mesin-L
Varian2
HargaRp1,500,000,000

12. Tesla Model X

Disediakan dengan harga yang tinggi, melebihi Rp2 miliar, Tesla Model X menjadi salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan dalam jajaran mobil listrik. Kendaraan ini dapat menampung hingga 7 penumpang dan dilengkapi dengan fitur self-driving yang sangat canggih.

Baca Juga :  Yuk, Kenali Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125 Secara Lengkap

Tipe BodiSUV
Jenis PenggerakCVT
Kapasitas Mesin-L
Varian1
HargaRp2,600,000,000

13. Porsche Taycan

Saran selanjutnya yang patut diperhatikan adalah Porsche Taycan yang dilengkapi dengan transmisi 2-percepatan dan sistem listrik 800 v. Bahkan untuk varian turbo S, kendaraan ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 260 km/jam.

Tipe BodiSedan
Jenis PenggerakEV/AT
Kapasitas Mesin-L
Varian2
HargaRp2,850,000,000

14. Tesla Model S P1000D

Sebagai salah satu produsen mobil listrik yang sedang populer, Tesla memperkenalkan beberapa varian mobil listrik dengan spesifikasi yang mengesankan. Salah satunya adalah Tesla Model S P1000D yang dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas hingga 100 kWh.

Desain sedan mobil ini menampilkan elemen futuristik yang mewah dan elegan. Dengan performa yang menghasilkan tenaga sebesar 412 HP, mobil ini memiliki daya tariknya sendiri yang membuatnya semakin menonjol di pasar otomotif global.

Tipe BodiCoupe
Jenis PenggerakCVT
Kapasitas Mesin-L
Varian1
HargaRp4,400,000,000

Penutup

Sebagai teknologi yang kini mendominasi industri otomotif, mobil listrik telah menawarkan berbagai pilihan bagi konsumen. Dari beragam model yang tersedia di pasaran, memilih yang terbaik tentunya memerlukan pertimbangan mendalam.

Semoga rekomendasi mobil listrik terbaik yang telah kita ulas di artikel ini bisa menjadi panduan kalian dalam menentukan pilihan. Ingatlah, keputusan bijak dalam memilih mobil bukan hanya berdasarkan popularitas, namun juga kinerja, efisiensi, dan fitur yang ditawarkan.

Itu saja uraian yang bisa empatpilar.com berikan mengenai Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik. Selamat memilih dan nikmati perjalanan ramah lingkungan kalian dengan mobil listrik pilihan kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *