Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester : Wajib Diketahui

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester : Wajib Diketahui. Polyester adalah bahan populer yang dikenal karena serbaguna dan harganya yang terjangkau. Bahan ini digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari pakaian hingga perabot rumah. Dalam artikel ini, kita akan menggali Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester untuk membantu kalian memahami mengapa bahan ini begitu banyak digunakan.

Polyester, sejenis polimer sintetis, telah mendapatkan popularitas yang besar selama bertahun-tahun. Penting untuk mengetahui pro dan kontra dari bahan ini, karena dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Mari kita eksplorasi apa yang membuat polyester menjadi pilihan yang disukai dan kelemahannya.

Bahan Polyester Adalah?

Bahan polyester adalah salah satu komposisi yang umum digunakan dalam pembuatan pakaian sehari-hari dan berbagai produk lainnya. Bahan ini memiliki beragam penggunaan dan merupakan bahan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Polyester terbuat dari beberapa senyawa kimia utama, yang meliputi asam tereftalat (ethylene glycol) yang dikombinasikan dengan polyethylene terephthalate (PET). PET adalah zat kimia yang dihasilkan dari minyak bumi, yang sering disebut sebagai petroleum.

Proses pembuatan bahan polyester melibatkan serangkaian tahapan yang cukup panjang. Serat polyester sering dicampur dengan serat lainnya, tergantung pada kebutuhan penggunaan dan kenyamanan pakaian atau produk tersebut. Inilah sebabnya mengapa Anda akan menemukan label pada pakaian yang menyebutkan persentase kandungan polyester, seperti 75%, 80%, dan sebagainya.

Meskipun lebih dikenal dalam industri pakaian, bahan polyester juga digunakan dalam berbagai kebutuhan lainnya. Salah satu penggunaan lainnya adalah sebagai bahan penghalus pada beberapa perabot yang terbuat dari kayu. Proses ini dikenal sebagai finishing dan merupakan tahapan terakhir dalam pembuatan suatu benda untuk meningkatkan penampilannya.

Namun, finishing dengan bahan polyester biasanya diterapkan pada kayu berkualitas tinggi, seperti alat musik seperti gitar dan piano. Hal ini dilakukan untuk memberikan sentuhan akhir yang halus dan estetis pada produk-produk tersebut.

Jadi, bahan polyester adalah bahan serbaguna yang digunakan dalam berbagai aplikasi, tidak hanya dalam pakaian tetapi juga dalam berbagai produk lainnya, termasuk perabot rumah tangga dan finishing pada kayu berkualitas tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester

Sebagian besar pakaian yang tersedia di seluruh dunia diproduksi menggunakan bahan polyester. Baik itu pakaian formal maupun pakaian olahraga, semuanya dapat terbuat dari polyester. Namun demikian, setiap jenis kain memiliki keunggulan dan kelemahan uniknya, begitu juga dengan bahan polyester. Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester secara lengkap :

A. Kelebihan Bahan Polyester

Berikut beberapa kelebihan dari bahan polyester yang perlu kalian ketahui :

1. Harga Murah

Biaya produksi bahan polyester lebih ekonomis dibandingkan dengan kain katun maupun wol. Bahan ini dapat diproduksi secara massal dengan biaya yang lebih rendah, membuatnya menjadi pilihan yang terjangkau bagi berbagai kebutuhan.

2. Daya Tahan Tinggi

Bahan polyester memiliki daya tahan yang tinggi karena panjangnya polimer dan stabilitasnya. Hal ini membuat bahan polyester menjadi kuat dan tidak mudah menyusut atau berubah ukuran, sehingga pakaian dari polyester tetap terlihat baik bahkan setelah penggunaan yang intens.

3. Elastis

Pakaian yang terbuat dari bahan polyester memiliki elastisitas yang baik. Mereka dapat kembali ke bentuk semula setelah direntangkan, memberikan kenyamanan dan kebebasan bergerak saat dikenakan.

4. Tahan Panas

Kain polyester tahan terhadap suhu tinggi dan memiliki resistensi terhadap api yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa bahan lainnya. Oleh karena itu, kain polyester sering digunakan dalam pakaian tidur anak-anak yang rentan terhadap risiko berbahaya. Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa kain polyester masih dapat terbakar jika terpapar api langsung.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Lampu LED yang Rusak : Lengkap

5. Mudah Dibersihkan

Selain harganya yang terjangkau dan ketahanannya yang baik, bahan polyester juga mudah untuk dibersihkan. Bahan ini cepat kering dan dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Selain itu, pakaian dari polyester tidak perlu sering disetrika karena mereka cenderung tidak mudah kusut. Selain itu, bahan polyester tidak mudah menyerap cairan, sehingga kotoran dan noda dapat dengan mudah dihilangkan dari pakaian, menjadikannya pilihan yang praktis untuk pemeliharaan sehari-hari.

B. Kekurangan Bahan Polyester

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, bahan polyester juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari kain polyester:

1. Tidak Mudah Menyerap Cairan

Salah satu kekurangan utama dari bahan polyester adalah ketidakmampuannya untuk menyerap cairan dengan baik. Meskipun ini bisa menjadi kelebihan dalam hal tahan terhadap air, hal ini membuat pakaian dari polyester tidak efisien dalam menyerap keringat saat cuaca panas. Sebagai akibatnya, pakaian polyester sering terasa lengket pada kulit, memberikan rasa tidak nyaman.

Karena masalah ini, banyak pakaian olahraga menggunakan campuran polyester dengan bahan lain, seperti polycotton, untuk mengatasi ketidakmampuan menyerap keringat.

2. Masalah Lingkungan

Proses produksi polyester memerlukan banyak energi dan menghasilkan gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim. Oleh karena itu, penggunaan berkelanjutan bahan polyester bisa menjadi masalah lingkungan yang serius. Selain itu, polyester tidak mudah terurai secara alami, sehingga dapat mencemari lingkungan ketika dibuang.

3. Menyerap Bau

Pakaian berbahan polyester cenderung menyerap bau dengan mudah, terutama jika Anda berkeringat. Bau badan dapat menjadi lebih tercium dan sulit dihilangkan, sehingga perlu perawatan khusus dalam hal mencuci dan menjaga pakaian polyester agar tetap segar.

4. Masalah Kesehatan

Terdapat banyak isu kesehatan terkait dengan bahan polyester. Pakaian polyester sering kali mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memengaruhi hormon tubuh dan memicu reaksi alergi kulit pada beberapa individu. Selain itu, bahan kimia yang digunakan selama proses produksi polyester juga dapat berpotensi berbahaya bagi kesehatan pekerja pabrik dan lingkungan sekitarnya.

Tipe Bahan Polyester

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester, selanjutnya bahan polyester memiliki tiga tipe utama yang sering digunakan, yaitu:

1. Polyethylene Terephthalate (PET)

Polyester PET adalah jenis bahan polyester yang paling umum digunakan dan memiliki sifat dapat didaur ulang. Keunggulan utama dari PET adalah ketahanannya terhadap berbagai senyawa kimia, serta tidak berinteraksi dengan makanan atau minuman.

Karena alasan ini, PET banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, tidak hanya dalam pembuatan pakaian, tetapi juga sebagai wadah untuk makanan dan minuman. Ini menjadikan PET sebagai pilihan yang aman dan praktis dalam industri kemasan.

2. Poly1,4-cyclohexylene dimethylene terephthalate (PCDT)

PCDT adalah jenis bahan polyester yang memiliki sifat elastis dan lentur. Karena karakteristik ini, PCDT sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kain untuk tirai jendela dan penutup furnitur.

Proses pembuatan PCDT melibatkan pencampuran bahan kimia tertentu dengan zat asam, termasuk senyawa poly-1,4-cyclohexylene-dimethylene. Hasilnya adalah kain yang tahan lama, mudah diatur, dan ideal untuk digunakan dalam aplikasi dekoratif.

3. Benang Sintetis

Tipe polyester ini terbuat dari berbagai jenis benang sintetis seperti filamen, benang pintal, dan nilon. Benang-benang tersebut digabungkan dan diproses dengan teknik khusus yang melibatkan memutar benang untuk menciptakan bahan polyester.

Kain yang dihasilkan dari benang sintetis ini memiliki tampilan yang mirip dengan kain alami seperti kapas. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk berbagai produk tekstil yang memerlukan tampilan dan tekstur yang menyerupai bahan alami, sementara tetap mempertahankan keunggulan sintetis seperti ketahanan terhadap kerutan dan kelembaban.

Baca Juga :  Daftar Satelit TV Gratis (Frekuensi C Band dan Ku Band) Terbaru

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai aspek mengenai bahan polyester, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristik material ini, kita dapat membuat keputusan yang lebih bijak saat menggunakannya dalam berbagai aplikasi.

Itu saja pembahasan yang bisa empatpilar.com berikan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *