Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) : Fungsi dan Cara Kerja Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) : Fungsi dan Cara Kerja Lengkap. Pelajari apa itu ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), fungsi pentingnya, dan bagaimana cara kerjanya dalam artikel mendalam ini. Kami membahas Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) : Fungsi dan Cara Kerja Lengkap.

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu ELCB dan bagaimana cara kerjanya? Dalam dunia elektronik, ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker merupakan alat penting yang sering digunakan.

ELCB adalah perangkat yang berfungsi untuk melindungi seseorang dari bahaya kebocoran arus listrik. Jadi, apa sih sebenarnya Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) : Fungsi dan Cara Kerja Lengkap?

ELCB adalah switch otomatis yang bekerja untuk memutus aliran listrik ketika terdeteksi adanya kebocoran arus listrik ke tanah. Alat ini memberikan proteksi terhadap bahaya kebakaran dan kecelakaan listrik lainnya.

Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

ELCB, atau Earth Leakage Circuit Breaker, adalah suatu komponen dalam sistem listrik yang bertugas untuk melindungi instalasi listrik.

Fungsinya adalah untuk mendeteksi dan memutus sirkuit listrik ketika ada kebocoran listrik terdeteksi.

ELCB beroperasi tanpa unit termal magnetik, oleh karena itu, tidak diperbolehkan untuk dipasang dalam situasi di mana arus singkat melebihi 6 A.

Satu fitur tambahan dari ELCB adalah kemampuan untuk dioperasikan secara manual. Prinsip kerjanya mirip dengan saklar. Fitur ini memungkinkan ELCB untuk mendeteksi dan menangani kebocoran listrik sejak tahap awal.

Simbol ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Ada banyak simbol ELCB yang dapat Kalian ketahui, Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar simbol ELCB dibawah ini.

Fungsi ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Sebagaimana telah kita ulas sebelumnya mengenai Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), selanjutnya tugas utama dari ELCB adalah melacak perubahan dalam aliran listrik yang bisa berujung pada kebocoran. Selanjutnya, ELCB berfungsi melindungi sistem listrik secepat mungkin.

Tetapi, bukan hanya itu, ELCB memiliki beberapa fungsi lain yang penting untuk Anda ketahui.

Beberapa di antara fungsi ELCB meliputi:

ELCB bertugas memberikan peringatan ketika penggunaan listrik melampaui batas yang ditentukan.

ELCB berperan dalam mendeteksi lonjakan arus listrik dalam sistem jaringan, yang biasanya disebabkan oleh korsleting listrik.

ELCB juga digunakan untuk mendeteksi adanya kebocoran dalam instalasi listrik.

Jika ada seseorang yang tanpa sengaja menyentuh kabel listrik atau mengalami sengatan listrik, ELCB akan beraksi dalam waktu kurang dari 0,1 detik untuk memutus aliran listrik.
Terakhir, ELCB berfungsi sebagai pengaman yang berperan dalam menurunkan risiko kebocoran listrik pada perangkat yang sensitif.

Cara Kerja ELCB

ELCB beroperasi berdasarkan prinsip deteksi kebocoran arus listrik, apakah kebocoran tersebut disebabkan oleh masalah grounding atau lonjakan arus listrik yang besar.

Dalam beberapa situasi, ELCB juga bertugas mendeteksi korsleting listrik yang diakibatkan oleh arus pendek.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja ELCB:

  • Prinsip operasi ELCB didasarkan pada pembandingan antara nilai arus dalam fase dan netral dalam sistem listrik. Dalam keadaan normal, nilai arus keluar pada kedua bagian ini seharusnya seimbang atau berbanding lurus.
  • Jadi, jika terjadi ketidakseimbangan antara arus fase dan netral, ELCB akan langsung bertindak untuk memutus aliran listrik yang mengalir pada jaringan tersebut. Ini adalah langkah protektif yang penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut atau bahaya bagi pengguna listrik.
  • Sebagai contoh, jika seseorang tersengat listrik, ini akan menyebabkan nilai arus fase dan netral menjadi tidak seimbang. Ini karena bagian dari arus yang seharusnya kembali ke sumber melalui jalur netral malah mengalir melalui tubuh orang tersebut.
  • Ketika keadaan seperti ini terjadi, ELCB akan langsung mendeteksi perubahan tersebut. Kemudian, ELCB akan memicu sistem relay pada MCB (Miniature Circuit Breaker) untuk memutus aliran listrik pada jaringan. Ini bertujuan untuk mencegah cedera lebih lanjut akibat sengatan listrik.

Dengan demikian, ELCB merupakan bagian penting dalam sistem listrik yang bertugas melindungi pengguna dan instalasi listrik dari berbagai potensi bahaya.

Baca Juga :  Tips, Cara Pasang Saklar Ganda dengan Baik dan Benar

Jenis-Jenis ELCB

Setelah memahami Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), selanjutnya berdasarkan sejumlah referensi, terdapat tiga jenis ELCB yaitu berdasarkan tipenya, sensitivitasnya, dan operasinya, yang dijelaskan sebagai berikut:

1. Jenis ELCB Berdasarkan Tipenya

ELCB dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe berdasarkan fitur dan aplikasinya, sebagai berikut:

  • Tipe AC
    Tipe ini dirancang untuk digunakan dengan arus listrik bolak-balik atau AC. ELCB tipe AC lebih cocok digunakan untuk perangkat listrik biasa dan kurang sesuai untuk digunakan pada perangkat elektronik.
  • Tipe A
    ELCB jenis ini direkomendasikan untuk digunakan dalam sistem dengan arus listrik AC dan DC. Jenis ini biasanya digunakan dalam aplikasi pada perangkat elektronik.
  • Tipe B & F
    Tipe B dan F dapat digunakan untuk sistem dengan arus searah atau DC dan juga arus bolak-balik atau AC. Jenis ini biasanya lebih disarankan untuk digunakan dalam perangkat listrik biasa.

2. Jenis ELCB Berdasarkan Sensitivitasnya

ELCB juga bisa dikategorikan berdasarkan tingkat sensitivitasnya, yang mencakup tiga kategori, yakni:

  • Sensitivitas Tinggi
    ELCB dengan tingkat sensitivitas tinggi biasanya digunakan untuk tujuan melindungi keselamatan di tempat kerja. Arusnya berkisar antara 6 mA hingga 30 mA.
  • Sensitivitas Sedang
    ELCB dengan tingkat sensitivitas sedang digunakan untuk melindungi objek yang berpotensi terbakar. Arus untuk jenis ini berkisar antara 100 mA hingga 1000 mA.
  • Sensitivitas Rendah
    ELCB yang memiliki sensitivitas rendah biasanya digunakan untuk melindungi berbagai perangkat listrik. Arus untuk jenis ini berkisar antara 3 A hingga 30 A.

3. Jenis ELCB Berdasarkan Waktu Operasinya

ELCB juga dapat diklasifikasikan berdasarkan kecepatan responsnya, yang terbagi menjadi dua tipe, yakni:

  • Tipe Cepat
    Tipe ini memiliki kecepatan respons yang sangat cepat, yaitu hingga 0,1 detik saat terjadi kebocoran arus. Karenanya, jenis ELCB ini biasanya digunakan untuk mendeteksi potensi kebakaran atau dalam rangka melindungi keselamatan manusia.
  • Tipe Lambat
    Jenis ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendeteksi risiko kebakaran pada instalasi listrik. ELCB tipe ini umumnya digunakan pada mesin atau peralatan listrik sehari-hari.

Cara Memasang ELCB

Sudah memahami Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) kan? nah pemasangan ELCB pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu ELCB 1 fase dan ELCB 3 fase, dengan prosedur pemasangan yang sedikit berbeda.

Mari kita bahas cara pemasangan ELCB untuk kedua jenis ini :

  1. Pertama, mari kita bicara tentang pemasangan ELCB 1 Fase. Penting untuk diingat bahwa ELCB 1 fase bertugas memutus aliran listrik jika terjadi kebocoran arus. Oleh karena itu, tidak diperlukan tambahan proteksi seperti MCB untuk memutus aliran listrik jika terjadi kelebihan beban atau korsleting. Ini adalah alasan mengapa pemasangan ELCB 1 fase menjadi lebih sederhana.
  2. Kemudian, kita beralih ke pemasangan ELCB 3 Fase. Sama seperti pemasangan ELCB 1 fase, ELCB 3 fase juga memerlukan proteksi tambahan berupa MCB. MCB biasanya berfungsi untuk melindungi kabel fase dan kabel netral. Pada sistem 3 fase, ketiga fase dan kabel netral harus dipasangkan dengan ELCB dan MCB yang sesuai, memastikan bahwa setiap fase dan netral memiliki proteksi yang memadai.

Harap dicatat bahwa pemasangan ELCB harus dilakukan oleh tenaga profesional atau orang yang memahami dasar-dasar instalasi listrik untuk memastikan keselamatan dan keamanan.

Sensitivitas ELCB

ELCB hadir dalam berbagai tingkat sensitivitas, yang harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik seperti jenis dan skala tempat yang dilindungi.

Misalnya, instansi atau perusahaan besar mungkin membutuhkan ELCB dengan sensitivitas yang berbeda dibandingkan dengan rumah.

Oleh karena itu, tingkat sensitivitas ELCB biasanya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

ELCB dengan sensitivitas 10 mA, yang berfungsi untuk memberikan perlindungan di tempat dengan kebutuhan sensitivitas tinggi, seperti rumah sakit.

ELCB dengan sensitivitas 30 mA, yang memiliki fungsi untuk melindungi dari kontak langsung manusia atau hewan dengan aliran listrik.

ELCB dengan sensitivitas 300 mA, yang bertugas untuk melindungi dari kontak tidak langsung atau potensi kebakaran.

A. Keuntungan Menggunakan ELCB

Berikut beberapa keuntungan dari penggunaan ELCB:

  • ELCB menunjukkan tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap kebocoran dan korsleting. Saat terjadi korsleting, ELCB dapat memutuskan aliran listrik dalam waktu 0,1 detik.
  • ELCB menawarkan perlindungan yang lebih baik sebagai alat pengaman listrik. Perlindungan ini tidak hanya ditujukan untuk instalasi listrik, tetapi juga melindungi individu dari bahaya sengatan listrik.
  • ELCB memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Ini adalah alasan mengapa standar pemasangannya digunakan dalam beberapa industri berskala besar.
Baca Juga :  Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN : Pahami dengan Baik

B. Kerugian Menggunakan ELCB

Walaupun memiliki banyak keuntungan, ELCB juga memiliki beberapa kerugian. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Meski memiliki rating arus yang sama dengan MCB, ELCB memiliki harga yang lebih tinggi.
  • Jika instalasi listrik kurang baik, ELCB bisa sering trip, yang berakibat pada pemutusan aliran listrik secara berulang.
  • Pemasangan ELCB sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang berpengalaman atau ahli dalam bidangnya.

Penutup

Secara keseluruhan, ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) memainkan peran penting dalam perlindungan sistem listrik dan manusia dari bahaya kebocoran arus.

Mengerti dan memahami fungsi serta cara kerja ELCB menjadi esensial untuk memastikan keamanan dan efisiensi dalam penggunaan listrik.

ELCB bukan hanya alat yang melindungi perangkat dan instalasi listrik, namun juga sebagai pelindung kehidupan kita. Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) ini, bisa membantu kalian untuk lebih memahami dan menghargai peran penting ELCB.

Selalu ingat, keselamatan adalah prioritas utama dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam penggunaan energi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *