Agar Suara Bass Empuk

Tips Agar Suara Bass Empuk dan Enak di Dengar

Posted on

Empat Pilar – Tips Agar Suara Bass Empuk dan Enak di Dengar, Suara bass yang empuk adalah impian bagi banyak musisi dan penggemar musik. Namun, mencapai suara bass yang empuk dan merdu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pengaturan yang tepat dan teknik yang benar untuk memastikan suara bass Anda tidak terdengar kasar atau kehilangan nada.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda mencapai suara bass yang empuk yang selalu Anda inginkan.

Mengenai Suara Bass

Bass

Bas merupakan suara terendah penyanyi pria yang biasanya memiliki rentang nada antara E2 hingga E4.[1] Beberapa penyanyi dapat mencapai nada C2 yang sangat ekstrem.

Suara bas dapat dihasilkan oleh manusia atau alat musik. Bas berfungsi sebagai akar atau dasar sebuah lagu. Bas merupakan suara yang diperlukan dalam setiap komposisi paduan suara campuran mixed choir atau paduan suara sejenis pria male choir.

Beberapa alat musik yang menghasilkan suara bas adalah gitar bas (listrik) dan kontrabas (akustik).

Tips Agar Suara Bass Empuk dan Enak di Dengar

Tips Agar Suara Bass Empuk, suara bass merupakan elemen di dalam sound sistem yang menjadi fokus bagi hampir semua penggemar perangkat audio. Umumnya mereka menginginkan suara bass yang menggelegar namun namun terasa empuk atau soft.

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan agar perangkat sound sistem anda mampu menghasilkan nada rendah atau bass yang empuk dan enak didengar.

1. Pilih equalizer yang baik

Equalizer adalah perangkat audio yang berfungsi untuk mengatur dan menyeimbangkan frekuensi audio agar terdengar harmonis. Jika equalizer tidak diatur dengan baik, maka akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker.

Untuk mendapatkan suara audio yang seimbang dan jernih, pemilihan equalizer yang baik dan berkualitas harus dipertimbangkan. Equalizer yang berkualitas mampu memisahkan setiap level frekuensi audio secara sempurna, sehingga memudahkan pengaturannya.

Ada banyak jenis dan merk equalizer yang ada di pasaran saat ini. Mulai dari equalizer yang hanya memiliki beberapa channel frekuensi hingga equalizer profesional yang memiliki pengatur level frekuensi hingga 31 channel.

Makin banyak channel yang disediakan oleh equalizer tentunya akan semakin baik. Karena kita dapat dengan leluasa untuk memotong atau memboost frekuensi audio yang diinginkan.

Pada perangkat audio rumahan, umumnya hanya menggunakan satu unit equalizer dengan sepasang speaker box yang berisi speaker bass dan tweeter.

Namun, pada sistem audio lapangan yang menggunakan banyak speaker dengan berbagai jenis dan fungsi, diperlukan lebih dari satu unit equalizer agar setiap frekuensi dapat diatur dengan lebih baik.

2. Gunakan amplifier berkarakter bass

Pada umumnya, amplifier yang tersedia di pasaran mampu menerima rentang frekuensi audio yang lebar. Hal ini bertujuan agar amplifier dapat menguatkan frekuensi pada beberapa jalur, seperti bass, mid-range, atau high.

Namun, meskipun amplifier pada umumnya mampu menerima dan menguatkan sinyal frekuensi dengan rentang yang lebar, setiap jenis amplifier kadang memiliki karakteristik spesifik pada frekuensi tertentu.

Ada jenis amplifier yang menghasilkan suara bass yang lebih dominan dan terasa enak, namun ada juga jenis amplifier yang lebih cocok untuk frekuensi tinggi.

Jika anda ingin mendapatkan suara nada bass yang lebih berkarakter, pertimbangkan untuk memilih jenis amplifier yang mampu mengeluarkan frekuensi rendah dengan baik dan jernih.

3. Gunakan speaker yang berkualitas

Speaker merupakan komponen terakhir dalam sistem audio yang berfungsi untuk mengubah sinyal audio menjadi gelombang suara yang dapat didengar. Sebagai komponen terakhir, speaker tidak boleh diabaikan karena dapat mempengaruhi hasil suara yang dihasilkan.

Desain dan ukuran speaker sangat bervariasi dengan fungsi dan merek yang berbeda. Speaker yang dirancang khusus untuk mengeluarkan nada bass atau frekuensi rendah dikenal sebagai subwoofer atau woofer.

Kedua jenis speaker tersebut memiliki rentang frekuensi output yang cukup sempit, biasanya maksimal hanya sekitar 100-300 Hz. Hal ini karena frekuensi rendah audio hanya berkisar antara 60 Hz hingga 200 Hz.

Baca Juga :  Daftar Harga Pasang Keramik Per Meter : Lengkap

Speaker bass berkualitas biasanya dapat dilihat dari elemen magnet yang dimilikinya. Umumnya mempunyai bentuk yang besar dengan daya magnet yang tinggi. Selain itu resistensi yang dimiliki oleh jenis speaker ini pun cukup rendah, sekitar 2 – 3 Ohm saja.

4. Rancangan box speaker yang tepat

Meskipun terlihat sepele, box speaker juga mengambil peran yang ttidak bisa diabaikan dalam menghasilkan suara bass yang enak. Rancangan speaker yang asal asalan akan menghasilkan suara bass yang tidak sesuai keinginan.

Karena itu, cara membuat bass empuk salah satunya adalah dengan memilih box speaker yang berkarakter low. Banyak jenis box speaker yang dapat anda pergunakan untuk keperluan ini. Diantaranya adalah jenis planar ataupun super scoope.

Menurut beberapa rekan teknisi audio, jenis box ini memiliki karakter menghasilkan nada bass yang lumayan enak didengar. Sehingga banyak juga yang menggunakan jenis box speaker ini untuk perangkat audio sistemnya.

5. Power supply yang cukup

Untuk mendapatkan suara bass yang empuk, perlu memperhatikan kebutuhan daya amplifier. Speaker membutuhkan daya listrik yang besar untuk menghasilkan karakter bass yang kuat. Oleh karena itu, perhitungkan kebutuhan daya dengan baik. Pastikan memiliki power supply atau sumber daya yang cukup agar amplifier dapat mengeluarkan suara bass secara maksimal.

Cara Membuat Box Speaker Bass Empuk

Cara membuat box speaker bass empuk bisa kamu lakukan dengan mengumpullkan alat dan bahan, membuta skema, lalu merakitnya.

1. Siapkan Alat dan Bahan untuk Membuat Box Speaker

Agar pekerjaan lebih mudah, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan, seperti mixer audio sederhana, power amplifier, crossover, speaker, dan kayu yang cocok untuk bahan box speaker.

Selanjutnya, buatlah desain box speaker dengan ukuran yang telah ditentukan dan pastikan untuk mengukur kotak speaker yang diinginkan agar sesuai dengan ukuran speaker yang akan digunakan.

2. Buat Lubang dengan Teknik Diameter Tepian Body Speaker

Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggunakan keahlianmu dalam membagi potongan papan. Box speaker dibuat dari partikel berserat dengan kepadatan sedang, dengan ukuran:

Atas dan Bawah 25,59 inch × 16,33 inch.
Depan 22,93 inchi × 15,91 inch.
Belakang 25,59 inch × 15,91 inch.
Kiri 14,92 inch × 15,91 inch.
Kanan 15,63 inch × 15,91 inch.

Jika sudah, buat lubang dengan teknik diameter tepian body speaker. Teknik ini digunakan untuk membuat lingkaran driver speaker. Pastikan posisinya berada di tengah papan bagian depan. Setelah selesai diberi lubang, coba pasang body speaker untuk memastikan ukurannya.

3. Rekatkan Papan Menjadi Satu Kotak

Buatlah lubang kecil pada kotak speaker yang telah dirancang untuk menempatkan panel konektor, pegangan samping kanan dan kiri, serta lubang ventilasi. Rekatkan semua papan menjadi satu kotak menggunakan lem kayu. Lapisi dengan karpet yang halus agar tampilan lebih menarik dan suara lebih kedap.

Pasanglah speaker driver, horn driver, dan panel konektor ke dalam kotak speaker yang telah dirancang. Gunakan sekrup agar kokoh dan kuat. Kemudian, hubungkan kabel dari speaker ke horn driver dan sambungkan ke panel konektor. Setelah selesai, kotak speaker untuk bass yang empuk siap untuk digunakan.

 

7 Speaker dengan Suara Bass Empuk dan Enak di Dengar

1. Polytron PAS 8C28 (Mulai dari Rp2 Jutaan)

Polytron PAS 8C28 merupakan speaker aktif terbaik yang terkenal di masyarakat. Speaker ini dilengkapi teknologi XBR Woofer yang menghasilkan bass mantap, detail, dan merata.

Super bass juga menambah kemantapan suara sehingga terdengar lebih kuat. Kamu bisa memutar lagu dari ponsel dengan koneksi bluetooth + EDR. Speaker ini juga bisa dikontrol melalui aplikasi Polytron Audio Connect yang bisa diunduh di Play Store.

Polytron PAS 8C28 memiliki Top Panel Control dengan equalizer yang dapat diatur menggunakan 5-Band User EQ sesuai preferensi. Speaker ini tersedia dalam 7 pilihan warna dan memiliki ukuran minimalis.

2. Baretone Max 15h (Mulai dari Rp8 Jutaan)

Baretone Max 15h adalah speaker aktif 15 inch terbaik. Merek speaker terbaik ini dilengkapi sejumlah fitur. Suara yang dihasilkan dari speaker ini luar biasa dengan bass yang mantap. Tenaga dari speaker ini juga tak usah diragukan lagi.

3. Yamaha DBR 15 (Mulai dari Rp10 Jutaan)

Yamaha DBR 15 adalah speaker aktif terbaik dengan suara yang mantap dan desain minimalis, elegan, dan praktis dengan ukuran 15 inch. Speaker berkualitas ini menawarkan suara bass yang jelas dan jernih, meskipun tenaganya terbilang kurang. Speaker ini sangat cocok untuk digunakan di kafe atau studio musik, tetapi harganya sangat mahal. Produk ini hanya dapat ditemukan di Tokopedia!

4. JBL EON615 (Mulai dari Rp10 Jutaan)

JBL EON615 adalah speaker aktif bluetooth terbaik dengan sistem two-way 15 inch. Speaker ini dilengkapi dengan wireless remote control dan interface bluetooth v4.0 untuk iOS dan Android. Speaker ini menghasilkan suara treble yang jernih dan bass yang mantap.

Baca Juga :  Kendang Dimainkan Dengan Cara? Berikut Step By Stepnya

Selain itu, speaker JBL ini memiliki fitur lain seperti pengendalian volume master, pengaturan 5-way, parametric EQ yang dapat didefinisikan oleh pengguna, dan kemampuan untuk menyimpan dan menarik kembali preset pengguna.

5. Roadmaster PRO BEAT 12 (Mulai dari Rp2 Jutaan)

Speaker aktif ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Speaker aktif bluetooth terbaik ini memiliki fitur USB play music, SD card, dan ekstra bass berkualitas tinggi. Speaker ini sangat cocok untuk penggemar karaoke di rumah.

Roadmaster Pro Beat 12 Inch juga memiliki kelebihan yang mampu mengatur volume bass, xbass, dan treble. Selain itu, terdapat fitur kontrol mic seperti volume dan echo.

6. Polytron Pas 78 (Mulai dari Rp2 Jutaan)

Polytron PAS 78 adalah speaker yang cukup besar dengan ukuran 520 x 310 x 710 cm. Speaker ini dilengkapi dengan remote control, USB Play Movie, dan USB input sehingga dapat memutar berbagai film dan lagu untuk karaoke.

Dengan teknologi XBR khas Polytron, speaker ini menghasilkan suara bass yang mantap dan detail. Polytron PAS 78 sangat cocok digunakan sebagai speaker home theater di rumah, Property People.

7. Huper AK 15 (Mulai dari 10 Jutaan)

Huper adalah speaker aktif terbaik yang sudah melegenda. Suara yang dihasilkan dari speaker ini luar biasa dengan bass yang mantap. Power dari speaker ini juga tak diragukan lagi. Banyak yang memilih speaker ini karena kualitasnya yang sangat baik.

 

Penutup

Demikianlah beberapa tips untuk membuat suara bass pada speaker menjadi lebih empuk dan enak didengar. Dengan mengatur beberapa hal seperti pengaturan EQ, posisi speaker, dan menambahkan bantalan atau isolator, kamu bisa memaksimalkan kualitas suara bass pada speaker.

Selain itu, memilih speaker yang berkualitas juga menjadi faktor penting dalam menghasilkan suara bass yang mantap dan enak didengar. Semoga tips ini bermanfaat bagi para penggemar musik dan audio. Nah itulah ulasan secara lengkap mengenai Tips Agar Suara Bass Empuk dan Enak di Dengar, Selamat mencoba! Kata Pencarian TerpopulerAgar suara bass empuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *