Kode Meteran Listrik Prabayar PLN

Tabel Kode Meteran Listrik Prabayar PLN : Terlengkap dan UPDATE

Posted on

Empat Pilar – Tabel Kode Meteran Listrik Prabayar PLN : Terlengkap dan UPDATE. Selamat datang di panduan lengkap tentang daftar kode meteran listrik prabayar PLN. Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal yang perlu Kalian ketahui tentang daftar kode meteran listrik prabayar PLN, dari pengertian hingga cara penggunaannya.

Jadi, jika Kalian pengguna listrik prabayar PLN, Kalian berada di tempat yang tepat untuk menemukan informasi yang Kalian butuhkan.

Setiap pelanggan listrik prabayar PLN perlu memiliki pengetahuan tentang berbagai kode meteran listrik prabayar.

Mengapa demikian? Nah, tanpa pengetahuan ini, Kalian mungkin akan mengalami kesulitan ketika harus melakukan pengecekan saldo, pemecahan masalah, atau bahkan ketika ingin mengisi ulang pulsa listrik.

Oleh karena itu, artikel ini dikhususkan untuk memberikan Daftar Kode Meteran Listrik Prabayar PLN yang lengkap untuk memudahkan Kalian dalam menggunakan layanan ini.

Pengertian Meteran Listrik

Ketika melakukan pemasangan instalasi listrik, petugas akan memasang meteran dan kabel listrik. Kabel listrik berperan dalam mengalirkan listrik ke berbagai perangkat elektronik yang akan digunakan nantinya. Selain itu, petugas juga akan memasang meteran listrik.

Untuk yang belum tahu, meteran listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah energi listrik yang digunakan oleh pelanggan setiap harinya.

Dengan adanya meteran listrik, yang juga dikenal sebagai KwH Meter, pengguna dan petugas dapat melihat seberapa banyak listrik yang digunakan setiap hari.

Karena fungsinya yang sangat penting, meteran listrik ini harus ada di setiap bangunan pelanggan, termasuk rumah, sekolah, kantor, dan bangunan lainnya.

Di masa lalu, meteran analog merupakan satu-satunya jenis meteran yang digunakan. Namun sekarang, meteran listrik sudah tersedia dalam beberapa jenis yang lebih canggih.

Mengenal Kode Meteran Listrik

Kode meteran listrik merupakan gabungan beberapa angka yang dientrikan ke meteran listrik prabayar lewat tombol digit pada meter kWh dengan tujuan pemeriksaan atau pengisian pulsa.

Selain itu, kode meteran listrik ini juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan alarm listrik yang berdering ketika token listrik nyaris habis.

Metode memasukkan kode meteran listrik ini cukup simpel, yaitu hanya dengan menekan angka pada tombol di meteran kemudian tekan “Enter” atau “Accept”. Setelah itu, kode perintah yang telah diinput akan terlihat di layar tampilan.

Tabel Kode Meteran Listrik Prabayar PLN

Sistem listrik prabayar mengharuskan pembayaran listrik dilakukan sebelum digunakan, serupa dengan penggunaan telepon genggam pra bayar yang biasa kita gunakan.

Perbedaannya hanya terletak pada istilah yang digunakan. Jika pada telepon genggam kita menyebutnya pulsa, pada listrik prabayar kita menyebutnya sebagai token listrik pra bayar. Secara pribadi, saya lebih menyukai sistem listrik prabayar ini.

Selain tidak ada biaya bulanan, penggunaan listrik juga lebih terkontrol. Privasi juga lebih terjaga karena tidak ada lagi kunjungan petugas pencatat meteran listrik setiap bulannya.

Yang paling saya sukai adalah kemudahan dalam membeli token listrik prabayar, baik secara offline maupun online. Kita tidak perlu lagi pergi dari rumah atau mengantre untuk membayar listrik. Seperti halnya dengan perangkat elektronik lainnya, dibutuhkan waktu untuk terbiasa dan menggunakannya.

Terutama jika harus memasukkan kode-kode untuk mengoperasikannya. Kode-kode Meteran Listrik Prabayar yang Sebenarnya Bukanlah Rahasia Kode-kode ini sebenarnya bukanlah rahasia. Namun karena kita belum mengetahuinya, maka kode-kode tersebut menjadi rahasia bagi kita.

Petugas pemasang meteran listrik jarang memberikan buku petunjuk penggunaan meteran yang dipasang kepada kita, sengaja atau tidak.

Jadi jika kita ingin mengetahui kode-kode yang bisa dimasukkan ke dalam meteran listrik yang dipasang di tempat tinggal kita, kita perlu meminta petugas yang memasangnya.

Untuk itu, berikut beberapa kode penting yang perlu diketahui agar tidak lagi menjadi rahasia. Dengan mengetahui kode-kode ini, kita dapat menggunakan meteran listrik digital dengan baik.

Berikut adalah Tabel Kode Meteran Listrik Prabayar PLN yang telah saya kumpulkan untuk beberapa merek yang sering digunakan di rumah tangga :

1. Kode Rahasia untuk Meteran Listrik ITRON

Meteran listrik kWh bermerk ITRON / itron adalah salah satu yang paling umum digunakan. Keuntungan lainnya adalah banyaknya kode rahasia yang tersedia untuk merk ini.

Kode-kode berikut juga berlaku untuk meteran listrik prabayar merk smart:

Kode MeteranFungsi Kode Rahasia
00 EnterMerestart meteran. Gunakan saat terjadi kesalahan/error
03 EnterMelihat total kWH listrik yang telah digunakan
07 EnterMelihat batas kWH
09 EnterMelihat daya listrik yang telah digunakan
123xx EnterMengubah delay alarm. Contohnya: 12310 untuk 10 menit
41 EnterMelihat tegangan listrik
44 EnterMenampilan arus (ampere) yang sedang terpakai
456xx EnterMengubah batas kwh minimal alarm. Contohnya: 45610 untuk 10 kWH
47 EnterMenunjukkan daya yang sedang terpakai
54 EnterMenunjukkan kode token listrik terakhir yang dimasukkan
59 EnterMelihat jumlah kWH pengisian terakhir
69 EnterMelihat jumlah berapa kali listrik mati
75 EnterMelihat jumlah berapa kali listrik mati
78 EnterMelihat delay alarm dalam menit
79 EnterMelihat batas minimal alarm
90 EnterMematikan lampu indikator LED
Baca Juga :  Arti Kode 9898 Pada Meteran Listrik dan Solusinya

2. Kode Rahasia untuk Meteran Listrik Hexing

Berikut ini merupakan kode-kode rahasia untuk meteran listrik Hexing:

Kode MeteranFungsi Kode Rahasia
01 EnterUntuk test relay pemutus kWh meter
02 EnterUntuk test alarm/ buzzer
05 EnterMelihat index tarif kWh meter
08 EnterMelihat indikasi gangguan kWh meter, seharusnya menunjukkan “nihil”
37 EnterMelihat sisa kWh
38 EnterMelihat total kWH listrik yang telah digunakan
40 EnterMelihat daya yang sedang digunakan dalm satuan kVA
41 EnterMelihat tegangan listrik dalam satuan Volt
44 EnterMelihat arus listrik yang digunakan dalam satuan Ampere
456XX EnterMerubah batas alarm kWh akan berbunyi
47 EnterMelihat penggunaan daya salam satuan Watt
75 EnterMelihat nomor kWh meter, harus sama dengan tertera di stiker
79 EnterMelihat batas alarm kWh buzzer akan berbunyi
81 EnterMelihat info sisa kWh akan habis dalam hitungan hari dan jam
81 EnterMelihat sisa kWH akan habis dalam hitungan hari

3. Kode Rahasia untuk Meteran Listrik Conlog

Tabel berikut memperlihatkan kode-kode rahasia untuk meteran listrik Conlog:

Kode MeteranFungsi Kode Rahasia
#1#Melihat daya rata-rata yang digunakan
#2#Melihat jumlah kWH pemakaian terakhir
#6#Melihat jumlah kWH yang dimasukkan terakhir
#11#Melihat kode token terakhir

4. Kode Rahasia untuk Meteran Listrik Glomet

Tabel berikut ini menampilkan kode-kode rahasia untuk meteran listrik Glomet:

Kode MeteranFungsi Kode Rahasia
37 EnterMelihat sisa kWH
38 EnterMelihat total kWH listrik yang telah digunakan
41 EnterMelihat tegangan listrik
47 EnterMelihat daya yang sedang terpakai
54 EnterMelihat kode token listrik terakhir yang dimasukkan
59 EnterMelihat jumlah kWH pengisian terakhir
75 EnterMelihat ID kWH meter Prabayar
79 EnterMelihat batas minimal alarm

5. Kode Rahasia untuk Meteran Listrik STAR

Berikut ini adalah tabel yang memuat kode-kode rahasia untuk meteran listrik STAR:

Kode MeteranFungsi Kode Rahasia
07 EnterMelihat sisa kWH
12 EnterMelihat batas minimal alarm
37 EnterMelihat delay alarm dalam menit
65 EnterMelihat ID meteran PLN Prabayar
76 EnterMelihat jumlah kWH yang dimasukkan terakhir

Cara Memasukkan Kode Token Listrik pada MCB

Setelah memahami Kode Meteran Listrik Prabayar PLN, nah tentu, berikut adalah langkah-langkah lebih detail tentang cara memasukkan kode token listrik pada MCB atau Miniature Circuit Breaker:

1. Mempersiapkan Kode Token

Langkah pertama adalah mempersiapkan kode token listrik yang ingin Kalian masukkan. Biasanya kode ini terdiri dari 20 digit angka, yang bisa Kalian peroleh setelah melakukan pembelian token listrik dari tempat pembayaran resmi seperti bank, minimarket, atau aplikasi pembayaran online.

2. Memasukkan Kode Token

Setelah kode token siap, langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam meteran listrik. Caranya adalah dengan menekan tombol input pada meteran listrik, biasanya berbentuk tombol dengan angka 0 sampai 9.

Kalian harus memasukkan setiap digit kode token satu per satu dengan menekan tombol yang sesuai. Misalkan, jika kode token Kalian adalah “00112233445566778899”, maka Kalian harus menekan tombol “0” dua kali, lalu “1” dua kali, dan seterusnya hingga seluruh digit kode token dimasukkan.

3. Konfirmasi Kode Token

Setelah seluruh digit kode token dimasukkan, Kalian harus menekan tombol “enter” atau “ok” pada meteran listrik untuk mengkonfirmasi kode token tersebut.

Jika kode token yang dimasukkan benar, maka akan muncul informasi pada layar MCB tentang jumlah kredit listrik yang baru saja Kalian tambahkan.

4. Pengecekan Kredit Listrik

Setelah itu, Kalian bisa melakukan pengecekan saldo atau kredit listrik Kalian untuk memastikan bahwa jumlahnya sudah bertambah sesuai dengan nilai token yang baru saja Kalian masukkan.

Mengatasi Kode Reset Meteran Listrik “Periksa”

KWH meter listrik prabayar kadang-kadang mengalami kesalahan, dan yang paling umum adalah munculnya kode “Periksa” pada layar LCD KWH. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  • Grounding yang tidak memadai.
  • Kabel yang terkelupas menyebabkan kebocoran listrik.
  • Kabel instalasi yang terkena air.

Untuk memperbaikinya sendiri, Kalian memerlukan kode reset meteran listrik yang sayangnya hanya bisa didapatkan dari call center PLN. Untuk itu, hubungi call center PLN melalui telepon dengan nomor 123, dan masukkan kode area yang sesuai. Misalnya, untuk area Jakarta, gunakan nomor 021-123.

Saat menghubungi call center, Kalian akan diminta untuk menyediakan data berikut:

  • Nomor ID pelanggan PLN (lihat artikel Cara cek id pelanggan PLN).
  • Alamat lengkap rumah.
  • Nomor telepon yang dapat dihubungi.
Baca Juga :  Pengertian High Pass Filter dan Cara Kerjanya Secara Lengkap

Setelah itu, Kalian akan diberikan kode tamper berupa 20 digit angka untuk mereset KWH meter.

Ingatlah sebelum memasukkan “kode reset meteran listrik periksa” yang Kalian dapatkan dari call center, pastikan Kalian telah mengetahui penyebab kesalahan tersebut.

Jika penyebabnya tidak diperbaiki, kemungkinan besar pesan error “Periksa” pada KWH meter akan muncul kembali dalam waktu singkat.

Manfaat Kode Meteran Listrik

Meteran listrik prabayar atau kWh meter prabayar memiliki berbagai kelebihan yang sangat bermanfaat bagi pengguna.

Sudah memahami Kode Meteran Listrik Prabayar PLN kan? selanjutnya ada Beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

1. Kontrol Penggunaan

Pelanggan memiliki kontrol penuh atas penggunaan listrik mereka. Mereka hanya menggunakan sejumlah listrik sesuai dengan jumlah token yang telah dibeli. Ini memungkinkan mereka untuk mengatur penggunaan listrik mereka sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

2. Memantau Penggunaan

Pelanggan dapat memantau penggunaan listrik mereka secara real-time. Hal ini sangat membantu dalam mengidentifikasi kebiasaan penggunaan listrik dan menentukan cara-cara untuk menghemat energi.

3. Kode Rahasia

kWh meter prabayar memiliki kode rahasia yang sangat berguna bagi pelanggan. Kode-kode ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mematikan alarm token listrik yang hampir habis, melihat kode token terakhir yang dimasukkan, melihat daya yang sedang dipakai, mencari ID pelanggan meteran listrik, mengetahui tegangan saat digunakan, dan mengetahui arus (Ampere) yang sedang digunakan.

4. Fleksibilitas

Karena kode rahasia tersebut berbeda-beda tergantung pada merk meteran yang digunakan, ini memberikan fleksibilitas bagi pelanggan untuk memilih merk meteran yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Hemat Biaya

Dengan adanya kontrol penuh dan kemampuan memantau penggunaan listrik, pelanggan dapat mengatur penggunaan listrik mereka dengan lebih efisien, sehingga dapat menghemat biaya.

6. Menghindari Pemadaman Listrik

Dengan meteran listrik prabayar, risiko pemadaman listrik akibat tagihan listrik yang tidak dibayar dapat dihindari.

Dengan demikian, penggunaan meteran listrik prabayar memberikan banyak keuntungan bagi pelanggan. Dengan kontrol dan pemantauan yang baik, pelanggan dapat menghemat pengeluaran dan memanfaatkan energi listrik dengan lebih efisien.

Kesimpulan

Demikianlah artikel dari empatpilar.com mengenai “Tabel Kode Meteran Listrik Prabayar PLN”. Semoga informasi yang kami sajikan dapat membantu Kalian dalam memahami dan menggunakan kode meteran listrik prabayar dengan lebih baik. Jangan lupa, manfaatkan teknologi ini untuk memudahkan dan mengoptimalkan penggunaan listrik Kalian di rumah.

Memahami tabel kode meteran listrik prabayar PLN bukanlah hal yang rumit, tetapi penting untuk kita menggunakannya dengan bijak.

Ingatlah bahwa setiap kWh energi listrik yang kita gunakan berarti kita telah berkontribusi pada konsumsi energi nasional. Oleh karena itu, mari kita jadikan pemakaian listrik kita lebih efisien untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini kepada orang lain yang mungkin membutuhkan informasi ini. Selamat memanfaatkan listrik dengan bijak dan efisien!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *