Pasta Solder Yang Bagus

Pasta Solder Yang Bagus : Tips Memilih & Cara Menggunakannya

Posted on

Empat Pilar – Pasta Solder Yang Bagus : Tips Memilih & Cara Menggunakannya. Pasta solder merupakan bahan yang sangat penting dalam proses penyolderan komponen elektronik. Dengan menggunakan pasta solder yang bagus, Kalian dapat memastikan kualitas penyolderan yang baik dan menghindari masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Namun, dengan banyaknya pilihan pasta solder yang tersedia di pasaran, memilih yang terbaik untuk proyek elektronik Kalian dapat menjadi tugas yang menantang.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa rekomendasi pasta solder yang bagus serta tips memilih yang tepat untuk proyek Kalian.

Apa itu Pasta Solder ?

Pasta solder atau flux merupakan cairan kental yang sangat berguna bagi para Tuser dalam menyolder atau mematri komponen elektronik.

Pasta solder dapat membantu timah solder menempel dengan mudah pada PCB maupun kaki komponen. Selain itu, pasta solder juga berfungsi sebagai pencegah oksidasi saat proses penyolderan berlangsung.

Sebagai seorang Tuser, penggunaan pasta solder sangatlah penting. Hal ini karena pasta solder dapat mempercepat pekerjaan menyolder dan juga mempermudah menempelnya timah solder dengan PCB dan kaki-kaki komponen.

Saat ini, di pasaran terdapat banyak merek pasta solder yang beredar dan semuanya memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, bagi para Tuser, penting untuk mengetahui pasta solder yang bagus dan dapat membantu mempermudah serta mempercepat pekerjaan menyolder.

Fungsi Pasta Solder

Faktanya, Pasta Solder Yang Bagus juga terkandung di dalam timah solder. Saat melakukan proses penyolderan, mungkin Kalian akan memperhatikan bahwa ada minyak yang keluar bersamaan dengan melelehnya timah atau flux.

Namun, meskipun pasta solder sudah terkandung dalam timah, terkadang timah solder yang memiliki kualitas buruk hanya mengandung sedikit pasta solder. Oleh karena itu, para pengguna tetap harus menggunakan pasta solder tambahan agar proses penyolderan dapat berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Pasta Solder Yang Bagus, harus Kalian ketahui:

1. Mencegah Oksidasi

Pasta solder atau solder paste merupakan jenis senyawa yang memiliki fungsi penting dalam proses penyolderan. Pasta solder digunakan untuk meminimalkan terjadinya lapisan oksidasi pada komponen elektronik selama proses penyolderan.

Oksidasi pada timah dapat menyebabkan korosi pada sambungan dan membuat sambungan tidak tahan lama. Selain itu, kontak antara komponen dengan papan sirkuit PCB juga menjadi buruk.

Oleh karena itu, penggunaan pasta solder sangat penting untuk memastikan hasil penyolderan yang baik dan tahan lama.

Pasta solder membantu timah solder menempel dengan baik tanpa terjadi oksidasi. Jika terjadi oksidasi pada hasil penyolderan, maka sambungan menjadi tidak sempurna dan aliran arus listrik pada rangkaian menjadi terhambat.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui cara menyimpan pasta solder dengan baik. Pasta solder harus disimpan dalam kondisi yang tepat dan wadah tertutup kedap udara untuk mencegah terjadinya oksidasi. Dengan cara ini, pasta solder akan tetap efektif dan membantu proses penyolderan dengan baik.

2. Memudahkan Timah Untuk Menempel

Selain berfungsi untuk menghilangkan oksidasi saat menyolder seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi pasta solder berikutnya yaitu dapat memudahkan timah menempel pada permukaan saat dipanaskan dengan solder sehingga timah benar-benar menempel pada permukaan komponen yang disolder.

3. Fungsi Lainnya

Fungsi lain dari pasta solder adalah agar hasil penyolderan tidak retak saat terjadi panas pada rangkaian PCB, sambungan tetap tersambung dengan baik, dan tidak menghambat arus listrik pada rangkaian.

Penggunaan pasta solder secara rutin juga secara tidak langsung dapat membuat mata solder lebih awet karena tercegahnya korosi pada besi solder.

Tips Memilih Pasta Solder yang Tepat

Ada beragam pasta solder yang beredar di pasaran. Olehnya, Kalian perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri Pasta Solder Yang Bagus dan bagaimana cara memilihnya:

Baca Juga :  √ Fungsi Trafo Pada Rangkaian Elektronik : Penjelasan Lengkap

1. Hindari pasta solder yang mengandung timbal

Perhatikan kandungan pasta solder yang akan Kalian gunakan. Hindari pasta solder yang mengandung timbal karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan Kalian.

2. Pilih pasta solder yang tidak terlalu encer

Suhu leleh pada setiap paduan pasta solder berbeda-beda. Pasta solder yang bagus tidak terlalu encer dan cepat mengering jika terkena panas saat proses penyolderan.

3. Beli di toko terpercaya

Untuk memastikan Kalian mendapatkan pasta solder yang terbaik, belilah pasta solder di toko atau produsen yang terpercaya dan memahami produk yang dijual secara lengkap.

Dengan memperhatikan beberapa tips tersebut, Kalian dapat memilih pasta solder yang bagus dan membantu proses penyolderan Kalian berjalan dengan lancar dan hasil yang baik.

Rekomendasi Pasta Solder Yang Bagus

Kali ini kami akan membahas tentang 10 Pasta Solder Yang Bagus dan dapat membantu Kalian dalam melakukan proyek elektronik, baik untuk pemula maupun insinyur elektronik profesional. Berikut daftar pasta solder terbaik yang perlu Kalian miliki:

1. Pro’sKit 8S005 Pasta Solder Asam Bebas Timah 50g (4,5 $)

Pasta solder ini terdiri dari fluks dan agen pencampur logam yang diaktifkan. Pasta ini tidak korosif dan mudah menyebar.

2. Pasta solder Fluks Rosin ($ 8)

Pasta ini mencegah oksidasi dan dapat bertindak sebagai agen pembasah sehingga meningkatkan efisiensi seluruh proses.

3. Oatey 30013 ($ 8,60)

Pasta solder ini bersih dan meleleh pada saat bersamaan. Pasta ini 100% bebas timah tetapi mungkin tidak efektif untuk aluminium.

4. LA-CO Regular Solder Flux Paste ($ 14)

Pasta solder ini bebas seng dan paling baik untuk tembaga, kuningan, dan besi galvanis.

5. Pasta Solder Rosin Padat PD-10 ($ 2)

Pasta solder ini sangat ideal untuk pemula dengan harga hanya dua dolar dan tidak menyebabkan erosi.

6. Hot Max 24171 Solder Pastes ($ 10,43)

Pasta solder ini enak dan kebanyakan komentar positif dari pelanggan, meskipun terutama untuk penyolderan obor, tapi juga dapat bekerja untuk elektronik.

7. Rubyfluid Solder Flux Paste ($ 6,42)

Pasta solder ini melekat relatif cepat dan bahkan dapat bekerja untuk perak sterling dan kabel nichrome.

8. SRA Pasta Solder Bebas Timah Suhu Rendah ($ 14)

Pasta solder ini dirancang untuk suhu rendah karena titik lelehnya 137C dan sangat ideal untuk aplikasi penyolderan.

9. MG Solder Paste 4860P-35G ($ 14)

Pasta solder ini tidak memerlukan aliran tambahan karena bahan sudah dicampur dan mudah disolder.

10. Rosin Paste Flux # 135 dalam toples 2 ons ($ 8,50)

Pasta solder ini sangat ideal untuk pekerjaan elektronik yang harus dilakukan dengan cepat dan dapat bekerja dengan bahan yang sulit dilas.

Dengan memilih pasta solder yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Kalian, proses penyolderan dapat berjalan lebih lancar dan hasil yang lebih baik.

Cara Menggunakan Pasta Solder

Cara penggunaan pasta solder ini sendiri yaitu bisa diberikan ke permukaan yang akan disolder dan ketika dipanaskan, pasta solder akan meleleh dan mengalir ke dalam ruang antara kaki komponen dan base pcb sehingga menghasilkan solderan yang baik.

Pasta Solder Yang Bagus saat ini merupakan bahan yang paling umum digunakan dalam proses perakitan PCB baik dalam industri maupun penggunaan sehari-hari.

Namun, perlu diingat bahwa penyimpanan pasta solder harus dilakukan dengan benar. Pastikan pasta solder disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara untuk mencegah oksidasi :

  • Pertama, Silahkan oleskan pasta solder ke permukaan Sirkuit PCB yang akan di sambungkan dengan komponen.
  • Lelehkan pasta solder dengan cara di oleskan mata solder ke area yang sudah di oleskan pasta solder
  • Dengan demikian, Pasta solder yang panas dan leleh tersebut akan mengalir ke ruangan antara Bagian PCB dan kaki komponen.
  • Setelah itu, silahkan lakukan proses penyolderan dengan menghubungkan kaki-kaki komponen dan bagian -Sirkuit PCB dengan menggunakan Timah.
    Dengan menggunakan Pasta solder, proses penghubungan antara komponen akan jauh lebih mudah, hasilnya lebih baik dan rapih.
  • Silahkan coba dan latihan sendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat menggunakan pasta solder:

  1. Jika pasta solder terkena kulit, segera bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir. Begitu juga dengan pakaian yang terkena pasta solder harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.
  2. Jangan pernah menghirup asap yang dihasilkan oleh pasta solder karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Selalu gunakan pasta solder di tempat yang terlalu berventilasi dan pastikan Kalian tidak terpapar langsung oleh asap yang dihasilkan saat proses penyolderan berlangsung.

Jenis-jenis Flux Solder

Berikut adalah beberapa jenis flux solder:

1. Intermediate Flux

Merupakan jenis flux dengan tingkat koreosif yang lebih rendah dan dapat dihilangkan menggunakan air.

2. Korosif Flux

Merupakan flux yang terbuat dari garam anorganik dan asam inorganik, cocok untuk menghilangkan oksidasi kuat seperti pada stainless steel.

3. Non-Korosif Flux

Merupakan jenis flux yang terbuat dari bahan utama rosin dan solventnya adalah IPA (75%). Ketika dipanaskan, flux menjadi cair.

Baca Juga :  Mengenal Ukuran Tekanan Freon AC Secara Lengkap

4. Low Residue Flux

Flux jenis ini menghasilkan sedikit residu setelah proses penyolderan selesai.

5. Water-Based Flux

Flux jenis ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah terurai oleh air.

6. Rosin Activated (RA)

Flux jenis ini memiliki kandungan asam rosin yang aktif.

7. Rosin Mildly Activated (RMA)

Flux jenis ini memiliki kandungan asam rosin yang lebih rendah dibandingkan dengan RA.

Dengan mengetahui jenis-jenis flux solder, Kalian dapat memilih flux yang sesuai dengan kebutuhan Kalian dalam proses penyolderan.

Ciri-ciri sebuah Flux Solder bagus

  • Tidak menimbulkan asap terlalu banyak
  • Tidak terlalu encer dam cepat kering
  • Tidak mengandung Timbal

Tips Agar Proses Solder Lebih baik

Bila sobat benar-benar ingin menjadi seorang teknisi profesional, sebaiknya sobat benar-benar mahir dalam proses solder menyolder dan berani berinvestasi lebih besar untuk alat-alat terbaik :

Berikut adalah beberapa tips yang penting diperhatikan saat melakukan proses penyolderan:

1. Gunakan solder dengan kualitas baik

Pilihlah solder dengan kualitas yang baik seperti Gordak 936A yang dilengkapi dengan selektor switch untuk mengatur panas. Penggunaan solder berkualitas rendah dapat menyulitkan proses penyolderan.

2. Gunakan timah yang baik

Pilih timah dengan ukuran yang sesuai, seperti ukuran 0,3 yang dapat mempermudah proses belajar menyolder. Pastikan timah yang digunakan memiliki kualitas yang baik.

3. Gunakan pasta timah

Pasta timah dapat mempermudah proses penyolderan, sehingga sangat disarankan untuk digunakan.

4. Bersihkan sirkuit PCB

Pastikan sirkuit PCB bersih dari minyak dan kotoran sebelum melakukan penyolderan, karena timah cenderung enggan menempel pada area yang kotor atau berbeda.

5. Teruslah mencoba

Keterampilan dalam bidang penyolderan tidak hanya didapat dari alat yang digunakan, tetapi juga dari latihan dan pengalaman. Teruslah berlatih dan asah keterampilan Kalian dalam melakukan proses penyolderan.

Dengan memperhatikan beberapa tips tersebut, proses penyolderan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efektif.

 

Baca juga :

Penutup

Dengan memperhatikan beberapa tips dalam memilih dan menggunakan pasta solder yang baik, diharapkan proses penyolderan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efektif.

Selalu perhatikan kualitas alat dan bahan yang digunakan, serta teruslah berlatih dan meningkatkan keterampilan dalam melakukan proses penyolderan.

Demikian ulasan mengenai Pasta Solder Yang Bagus : Tips Memilih & Cara Menggunakannya, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *