Apa itu Saklar DPST

Apa itu Saklar DPST (Double Pole Single Throw) : Spesifikasi dan Cara Kerja

Posted on

Empat Pilar – Apa itu Saklar DPST (Double Pole Single Throw) : Spesifikasi dan Cara Kerja. Ingin tahu apa itu saklar DPST dan istilah terkait lainnya? Temukan jawabannya di sini! Pelajari tentang jenis-jenis saklar, cara kerja, dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kamu ingin mengganti lampu di rumah atau memasang perangkat listrik baru, istilah seperti saklar DPST mungkin sering kamu dengar.

Tapi, apa sih itu saklar DPST? Dan apa hubungannya dengan istilah-istilah listrik lainnya? Artikel ini akan membahas topik tersebut secara mendalam.

Simak ulasan Apa itu Saklar DPST berikut ini untuk menambah wawasan kamu tentang saklar DPST dan mengenal istilah lainnya yang sering digunakan dalam dunia kelistrikan.

Apa itu Saklar DPST

Apa itu Saklar DPST ? Sakelar DPST merupakan jenis sakelar yang memiliki dua input dan dua output, dimana setiap inputnya mengontrol satu output yang sesuai.

Sakelar ini memiliki terminal yang dapat dinyalakan atau dimatikan pada posisi ON/OFF. Simbol untuk sakelar DPST dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

DP pada sakelar ini merupakan kependekan dari double pole, sedangkan ST merupakan kependekan dari single throw.

Pada sakelar DPST, kata Pole mengacu pada jumlah sirkuit yang dikendalikan melalui sakelar, sedangkan Throw mengacu pada posisi ujung dari aktuator.

Sakelar DP hanya mengontrol dua sirkuit terpisah, sedangkan sakelar ST hanya menutup sirkuit pada satu posisi saja, karena posisi handle yang lain akan berada pada posisi off.

DPST merupakan singkatan dari Double Pole Single Throw yang dalam bahasa Indonesia berarti dua sambungan arus listrik yang terhubung pada satu pasangan saja.

Saklar ini mirip dengan jenis saklar SPST, tetapi dilakukan penggandaan. Oleh karena itu, saklar DPST ini disebut sebagai saklar ganda.

Seperti yang terlihat pada gambar, saklar DPST memiliki dua kontak hubung yang disebut Pole untuk menghubungkan arus listrik.

Setiap sambungan Pole tersebut memiliki sambungan masing-masing yang disebut Throw. Dengan kata lain, saklar DPST ini mirip dengan saklar SPST, hanya saja dilakukan penggandaan.

Cara Kerja Saklar DPST

Saklar DPST dapat menghidupkan atau mematikan dua rangkaian sekaligus hanya dengan menggunakan satu tombol. Saklar ini memiliki empat terminal dengan dua input dan dua output.

Contoh penggunaan yang umum dari saklar ini adalah untuk mengontrol perangkat dengan tegangan sekitar 240 volt.

Kedua saluran suplai perangkat tersebut harus dihidupkan terlebih dahulu, sedangkan kabel netral dapat disambungkan secara permanen.

Ketika saklar dimatikan, arus listrik akan mulai mengalir melalui dua rangkaian dan akan terputus ketika saklar dihidupkan.

Prinsip kerja saklar DPST adalah untuk mengontrol dua sirkuit yang berbeda secara bersamaan, baik dengan mematikan kedua sirkuit atau hanya menggunakan satu aktuator tunggal seperti pushbutton atau saklar.

Saklar ini memiliki empat terminal yang terdiri dari dua input dan dua output. Sumber listrik yang berbeda dapat terhubung ke saklar DPST tunggal.

Saklar ini menerima dua input yang mampu mendorong dua output yang berbeda pada sirkuit. Pada dasarnya, saklar DPST terdiri dari dua saklar SPST yang dibangun menjadi satu, mempengaruhi sirkuit terpisah namun dikendalikan oleh satu aktuator yang sama.

Spesfikasi Saklar DPST (Double Pole Single Throw)

Setelah mengetahui Apa itu Saklar DPST, berikutnya adalah spesifikasi sakelar DPST tercantum dibawah ini :

  1. Jenis terminal adalah 4,8mm × 0,8mm Connect Solder Tail Solder.
  2. Gap kontak adalah ≥ 3mm.
  3. Jarak untuk isolasi adalah ≥ 8mm.
  4. Kontak Resistance <20 MΩ Awalnya.
  5. Kekuatan dielektrik hingga 3,5 kV.
  6. Resistensi isolasi adalah> 50 MΩ.
  7. Mechanical lifetime adalah ≥ 100.000 siklus.
  8. Electrical liftime ≥ 20.000 siklus pada beban penuh.
  9. Ketebalan minimum panel adalah 1mm.
  10. Ukuran cut-out adalah 19,3mm × 13mm.
  11. Ketebalan maksimum panel adalah 3mm.
  12. Ukuran cut-out adalah 19,5mm × 13mm.
  13. Double-Pole (Max) : 10.
  14. Single-Pole (Max) : 7.
  15. Tombol atau body dibuat dengan nilon 6/6.
  16. Tombol yang diterangi (illuminated button) terbuat dari polikarbonat.
  17. Terminal terbuat dari paduan tembaga.
  18. Kontak terbuat dari paduan perak.
Baca Juga :  Cara Kerja Op-Amp Serta Pengertiannya Secara Lengkap dan Detail

Diagram Sirkuit Sakelar DPST

Gambar sirkuit sakelar DPST terlihat di bawah ini. Untuk memahami cara kerja sakelar ini, berikut ini penjelasannya.

Diagram sirkuit sakelar DPST

Setiap beban listrik atau catu daya listrik mempunyai minimal dua terminal.

Dikarenakan sakelar ini memungkinkan dua input dan dua output, maka kamu dapat mengendalikan satu beban menggunakan satu catu daya tunggal, jika tidak, kamu harus menggunakan dua jenis beban yang berbeda dengan dua catu daya yang berbeda.

Pada sirkuit di atas, dua jenis beban yang berbeda terhubung dengan dua catu daya yang berbeda.

Dapat diamati bahwa beban seperti Lamp1 terhubung ke baterai B1 pertama dan beban seperti Lamp2 terhubung ke baterai kedua B2.

Kamu bisa menggunakan Baterai 1 sebagai Sumber 1 dan Baterai 2 sebagai Sumber 2. Demikian juga, kamu bisa menggunakan LAMP1 sebagai Beban 1 dan LAMP2 sebagai Beban 2.

Setiap kali kamu menyalakan sakelar, kedua lampu akan menyala bersamaan.

Begitu pula, ketika kamu mematikan sakelar, kedua lampu akan padam bersamaan. Dengan cara ini, sakelar DPST mengontrol lampu dalam sirkuit.

Kelebihan Dan Kekurangan Sakelar DPST

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan sakelar DPST:

1. Kelebihan:

  • Dengan menggunakan sakelar ini, dua sirkuit independen dapat dibuka atau ditutup secara bersamaan.
  • Berfungsi dengan dua sirkuit independen.
  • Kedua fungsi pasangan input-output dapat dilakukan secara bersamaan.
  • Sakelar ini setara dengan sakelar 2-SPDT.

2. Kekurangan:

  • Fungsi switching yang disediakan adalah ON atau OFF.
  • Sakelar ini adalah sakelar on-off yang agak lebih rumit di mana ia menghubungkan atau melepaskan (disconnect) dua sirkuit secara bersamaan.
  • Setelah sakelar ini diaktifkan maka arus mulai mengalir ke kedua beban dan saat dimatikan maka kedua beban akan dimatikan.

Aplikasi DPST (Double Pole Single Throw)

Setelah memahami Apa itu Saklar DPST, berikutnya adalah beberapa aplikasi sakelar DPST:

  • Sakelar ini sangat berguna untuk mengalihkan pasokan listrik.
  • Digunakan dalam sirkuit logika kontrol pemutus listrik dan juga sebagai selector switch industri.
  • Sakelar ini hanya mengontrol dua sirkuit secara bersamaan, salah satu sirkuit hidup atau mati.
  • Digunakan untuk mengisolasi daya dari beban.
  • Dua sumber daya independen dapat dialihkan atau di-switch secara bersamaan.
  • Digunakan dalam aplikasi 240V.
  • Jenis sakelar ini terutama digunakan untuk mengontrol alat yang mencakup kedua jalur pasokan dan kabel netral.
  • Sering digunakan dalam mengendalikan beban pemanasan listrik yang memiliki komponen yang mendeteksi suhu untuk membuka atau menutup kontak secara otomatis melalui perubahan suhu eksternal. Jika sakelar ini digunakan untuk tujuan ini, maka dapat disebut sebagai termostat.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Apa itu Saklar DPST (Double Pole Single Throw) merupakan jenis saklar yang memiliki dua kutub dan satu lemparan.

Fungsinya adalah untuk mengendalikan dua rangkaian listrik yang terpisah sekaligus dengan satu tombol. Spesifikasi yang dimiliki oleh saklar DPST meliputi kapasitas daya dan arus yang lebih besar, serta kemampuan untuk mengendalikan tegangan listrik yang lebih tinggi.

Cara kerja saklar ini sederhana, yaitu dengan menghubungkan atau memutuskan aliran listrik pada kedua rangkaian sekaligus saat tombol saklar ditekan.

Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai apa itu Saklar DPST, spesifikasi, dan cara kerjanya, kita bisa memilih dan menggunakan saklar ini dengan tepat untuk berbagai kebutuhan dalam sistem kelistrikan.

Selalu pastikan untuk memperhatikan keamanan saat bekerja dengan alat-alat listrik dan konsultasikan dengan ahli jika diperlukan.

Baca Juga :  Temukan, Perbedaan Resistansi dan Impedansi Secara Lengkap

Semoga artikel dari empatpilar.com ini memberikan wawasan yang bermanfaat dan mempermudah Kalian dalam mengenal berbagai jenis saklar yang ada di pasaran. Selamat mencoba! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/apa-itu-saklar-dpst/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *