Cara Menggunakan CH341A Programmer

Cara Menggunakan CH341A Programmer Yang Mudah Buat Pemula

Posted on

Empat Pilar – Cara Menggunakan CH341A Programmer Yang Mudah Buat Pemula. CH341A adalah alat yang sering digunakan dalam dunia elektronik untuk memprogram IC seperti EEPROM, Flash, dan lain-lain.

Alat ini sangat berguna untuk para teknisi, pemrogram, dan penggemar elektronik yang ingin mengembangkan proyek mereka sendiri.

Namun, untuk dapat menggunakan CH341A dengan benar, Kalian memerlukan pemahaman yang cukup tentang cara menghubungkan, mengunduh driver, dan menggunakan software yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang Cara Menggunakan CH341A Programmer.

Mengenal CH341A Programmer

Sebelum mengetahui Cara Menggunakan CH341A Programmer, aplikasi CH341A Programmer khusus untuk pemrograman chip memori dengan berbagai kemampuan, antara lain:

  • Format chip memori
  • Mengisi chip memori kosong
  • Membaca data dari chip memori yang sudah berisi firmware
  • Mengembalikan firmware pada chip memori dari berbagai perangkat elektronik yang menggunakan chip memori dan masih banyak lagi.

Kalian pasti sering menemukan firmware-firmware televisi, receiver, dan berbagai firmware lainnya di internet. Dari mana asal firmware-firmware tersebut? Firmware-firmware tersebut berasal dari data yang tersimpan dalam chip memori, dan salah satu cara mengambilnya adalah dengan menggunakan aplikasi CH341A Programmer, lalu diunggah ke internet untuk dibagikan.

Kalian mungkin juga pernah membeli chip memori yang ditawarkan dalam keadaan kosong atau sudah terisi. Bagaimana bisa ada chip memori yang dijual dalam keadaan sudah terisi? Salah satu aplikasi untuk mengisi chip memori tersebut adalah CH341A Programmer.

Kalian juga dapat melakukan semua hal ini dengan membaca artikel ini sampai selesai dan menjadi seorang programmer chip memori profesional. Untuk menggunakan aplikasi CH341A Programmer, dibutuhkan beberapa alat penunjang, seperti:

  • 1 komputer, bisa laptop atau desktop
  • 1 perangkat CH341A Programmer yang bisa dibeli di toko komputer atau online
  • Driver dan software CH341A Programmer
  • Chip memori kosong
  • Chip memori yang sudah terisi
  • Firmware-firmware yang dibutuhkan.

Cara Menggunakan CH341A Programmer

Sebelum menggunakan CH341A Programmer, pastikan driver sudah terinstal di komputer. Kamu dapat dengan mudah mencari driver dan software CH341A Programmer di internet.

  1. Selanjutnya, buka folder USB driver dan instal dengan mengklik kanan, pilih “run as Administrator”, dan pilih file CH341A.
  2. Setelah driver terinstal, sambungkan CH341A Programmer yang sudah dipasangi chip kosong atau yang sudah terisi dan akan di-flash ulang. Masukkan ke USB port untuk menyambungkannya.
  3. Pastikan chip memori terpasang dengan baik. Jalankan software CH341A yang sudah diunduh dan cari folder CH341A_V1.29.

Cara Backup Data Firmware dari Chip Memori dengan CH341A Programmer

Jika ingin melakukan backup data, maka gunakan chip memori yang sudah terisi. Berikut adalah panduannya:

  • Pilih “detect” untuk mengetahui apakah chip memori terbaca dan tidak ada masalah serta sudah terpasang dengan baik. Beberapa informasi akan muncul, seperti:
  • Manufacture (pembuat memori)
  • Memory name (nama memori)
  • Memory size (ukuran memori)
  • Manufacture ID (kode memori)
  • Memory Type (jenis memori)
  • Memory Capacity (kapasitas penyimpanan memori)
  • Device ID (ID perangkat CH341A)
  • Setelah proses pendeteksian chip memori selesai, klik “read” dan tunggu hingga pemrosesan mencapai 100%.
  • Jika proses pembacaan firmware dalam chip sudah selesai, selanjutnya klik “save” dan simpan file firmware tersebut dengan memberikan nama.

Proses backup data menggunakan CH341A Programmer sudah selesai. Mudah bukan? Selanjutnya, tutorial akan menjelaskan cara mengisi data firmware ke chip kosong.

Baca Juga :  Konfigurasi Rangkaian Transistor Paling Lengkap

Tutorial Lengkap Mengisi Data ke Chip Memori Kosong Menggunakan CH341A Programmer

Pastikan chip yang dimasukkan kosong sebelum mengisi data firmware ke dalamnya. Penting untuk memperhatikan bahwa kapasitas penyimpanan memori harus lebih besar dari ukuran firmware.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengisi data ke dalam chip memori kosong :

  1. Langkah pertama sama seperti sebelumnya, yaitu pada tampilan software CH341A programmer, klik “detect” untuk memeriksa apakah chip bisa dibaca dengan baik.
  2. Kemudian, pilih “open” dan buka file firmware yang akan dimasukkan ke dalam chip, dan masukkan ke dalam software.
  3. Setelah file firmware dimuat, klik “write”, artinya software akan menulis data ke dalam chip memori yang kosong. Tunggu hingga proses ini selesai mencapai 100%.
  4. Langkah terakhir, hanya perlu memilih “verify”. Proses pengisian data ke dalam chip memori kosong selesai.

Cara Flash Ulang Data Firmware Menggunakan CH341A Programmer

Proses ini biasanya dilakukan jika terjadi kesalahan pada chip memori yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti upgrade sistem yang tidak berhasil atau kesalahan saat memasukkan firmware pada perangkat.

Proses flashing data firmware menggunakan CH341A sangat mudah dilakukan, asalkan kamu sudah memiliki firmware yang sesuai sebelumnya.

Dan inilah Langkah-Langkah Cara Flash Data Firmware Menggunakan CH341A.

Pada tampilan depan software CH341A programmer, seperti pada awalnya, klik “detect” untuk membaca apakah chip set sudah terdeteksi dengan baik atau tidak.

  1. Jika ternyata chip memori tidak terdeteksi karena kesalahan yang parah, proses flashing tidak dapat dilakukan dan akan gagal.
  2. Namun, jika memori dapat terdeteksi dan aman, klik tombol “erase” untuk menghapus data yang korup pada chip tersebut dan tunggu hingga selesai.
  3. Setelah penghapusan data korup selesai, langkah berikutnya adalah klik “open” untuk memilih file firmware yang sudah disiapkan untuk dimasukkan.
  4. Unggah file tersebut ke dalam software, dan ikuti instruksi selanjutnya hingga semuanya selesai. Jika file sudah dimuat, pilih “write” dan tunggu hingga prosesnya mencapai 100%.
  5. Terakhir, tinggal klik tombol “verify”, tunggu dan pastikan tidak ada kesalahan hingga proses selesai.

Itulah tutorial penggunaan CH341A programmer.

Kegunaan dari tombol-tombol pada aplikasi CH341A

Cara Menggunakan CH341A Programmer, berikut adalah kegunaan dari tombol-tombol pada aplikasi CH341A:

  • Tombol nomor satu digunakan untuk membaca seri eeprom.
  • Tombol nomor dua digunakan untuk membuka file.
  • Tombol nomor tiga digunakan untuk menyimpan file.
  • Tombol nomor empat digunakan untuk membaca software.
  • Tombol nomor lima digunakan untuk mengunggah software.
  • Tombol nomor enam digunakan untuk menghapus software.
  • Tombol nomor tujuh digunakan untuk memverifikasi data.

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas mengenai cara menggunakan CH341A Programmer untuk melakukan flashing atau memprogram chip IC.

Setelah memahami langkah-langkah yang dijelaskan, Kalian sekarang sudah bisa mencoba untuk menggunakan CH341A Programmer sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa dalam penggunaannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan jenis chip IC yang sesuai dan pengaturan tegangan yang tepat.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu menggunakan perangkat dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk penggunaan yang benar.

Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini dapat membantu Kalian dalam menggunakan CH341A Programmer dengan lebih efektif dan efisien. Selamat mencoba! Kata Pencarian Terpopulercara menggunakan ch431

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *